10 Opsi Software Edit Video untuk Youtuber yang Gratis Terbaik

Pilih software edit video untuk youtuber yang gratis dengan fitur terbaik. Manfaatkan dengan baik untuk menghasilkan konten secara maksimal.

Ada banyak pilihan software yang bisa Anda gunakan baik di laptop maupun smartphone. Yang terpenting, kenali fiturnya kemudian biasakanlah diri Anda untuk menggunakan setiap fitur tersebut agar hasilnya lebih optimal.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai beberapa pilihan software-nya. Selamat menyimak.

Rekomendasi software edit video untuk youtuber di HP yang mudah digunakan

Setidaknya, ada dua hal penting yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih software untuk mengedit video. Pertama, kelengkapan fiturnya. Kedua, kemudahan dalam pengoperasiannya.

Dengan dua bekal ini, akan jauh lebih mudah buat pemula untuk beradaptasi terhadap sebuah aplikasi. Juga, fiturnya akan tetap bisa memberikan kepuasan pada mereka yang sudah profesional.

Berikut ini adalah beberapa pilihan software yang dapat kami rekomendasikan:

1. Kinemaster

Kinemaster menjadi salah satu aplikasi populer yang sering digunakan oleh para editor video pemula. Aplikasi ini menawarkan sejumlah fitur yang lengkap secara praktis sehingga mudah dioperasikan oleh penggunanya.

Rekomendasi software edit video untuk youtuber di HP yang mudah digunakan - Kinemaster

Yang membuatnya makin menarik, ukuran file-nya tidak terlalu besar sehingga tak perlu membebaskan RAM dalam jumlah yang luas. Cukup sediakan minimal 70-an MB di memori HP Anda, maka aplikasi ini sudah siap dioperasikan setiap saat.

Selain fiturnya yang cukup lengkap, yang perlu dijadikan perhatian dari Kinemaster adalah watermark-nya. Kinemaster versi gratis meninggalkan watermark berupa huruf K besar di pojok video. Apabila ingin watermark ini hilang, maka penggunanya cukup upgrade ke versi pro.

Sebagai tambahan, proses rendering di Kinemaster juga tergolong cepat karena tidak terlalu berat. Ini adalah salah satu poin positif yang perlu Anda pertimbangkan saat hendak memilih software editing video. Khususnya aplikasi yang fleksibel dan bisa dipakai di smartphone.

2. PowerDirector

Apabila konten yang sering Anda buat adalah vlog, maka PowerDirector adalah software edit video Youtube gratis yang dapat kami rekomendasikan berikutnya.

Lihat juga >>  Cara Masuk ke Creator Studio Youtube di Android dan PC

Pemakaiannya mudah dan fiturnya lengkap. Itulah yang membuat PowerDirector sangat digemari.

Terlebih, aplikasi ini tidak hanya bisa berfungsi untuk Youtube saja. Lebih dari itu, bila Anda mau membuat video untuk IG story dengan bentuk potret, maka PowerDirector juga bisa dimanfaatkan dengan baik.

Tersedia pula banyak template bawaan yang sangat menarik dan kece untuk mempermudah proses editing.

Sama dengan Kinemaster, PowerDirector juga meninggalkan watermark. Apabila mau menghilangkannya, tinggal upgrade saja ke versi premium.

3. Filmora Go

Aplikasi gratis untuk edit video Youtube berikutnya adalah Filmora Go. Sama dengan Kinemaster, software satu ini juga sudah sangat populer.

software edit video untuk youtuber di HP yang mudah digunakan - Filmora Go

Yang menarik, Anda tidak hanya bisa menggunakan software-nya di HP saja, tetapi juga di laptop atau PC. Jadi, lebih fleksibel dan leluasa dipakai.

Dulu, Software ini meninggalkan watermark dalam bentuk cuplikan video di 5 detik terakhir. Namun sekarang, konsepnya seperti Kinemaster yang bisa muncul di sepanjang video dalam bentuk tulisan “created with Wondershare FilmoraGo”.

Untuk menghilangkan watermark-nya secara resmi, silakan upgrade aplikasinya ke versi Pro.

4. Adobe Premiere Clip

Software edit video untuk youtuber ini memiliki ukuran yang sangat ringan. Hanya dengan menyediakan ruang sekitar 60-an MB, Anda sudah bisa memasangnya di HP.

Artinya, spesifikasi HP yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. Apabila Anda tidak punya HP dengan spesifikasi tinggi dan ingin mengedit video, maka Adobe Premiere Clip ini bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Dengan Adobe Premiere Clip, Anda bisa melakukan editing secara otomatis dan manual. Tergantung pilihan masing-masing saja.

5. Quik

Yang menarik dari software Quik ini adalah pengguna bisa menghubungkan aplikasinya dengan action cam dan smartphone. Pengguna bisa menambahkan 50 foto dan video kemudian diedit secara otomatis sehingga memudahkan penggunanya.

Lihat juga >>  5 Cara Download Lagu di Youtube untuk PC dan HP, Mudah!

Setelah editing, user bisa mengunggah hasilnya ke media sosial dan YouTube. Tergantung kebutuhannya pada saat itu.

Ukurannya hampir 100-an MB, jadi silakan disesuaikan saja dengan spesifikasi smartphone yang Anda gunakan.

6. Magisto

Dalam Magisto, Anda akan menemukan fitur smart video editor. Fitur ini bisa membantu Anda untuk melakukan editing dalam waktu yang cepat dengan bantuan AI yang sangat canggih.

Oleh karena itu, Magisto sangat cocok buat pengguna yang tidak punya cukup waktu untuk melakukan editing video alias ingin yang ringkas dan cepat.

Aplikasi edit video free untuk laptop/PC

Aplikasi edit video free untuk laptop

Apabila Anda lebih sering menggunakan PC atau laptop untuk mengedit video, berikut ini beberapa software yang dapat dipakai:

7. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro ini sudah terkenal di kalangan para profesional yang sering melakukan edit video. Banyak sekali tools yang tersedia di aplikasi ini sehingga bisa membingungkan buat pemula yang baru pertama kali belajar editing.

Oleh karena itu, apabila ingin mahir, disarankan buat para pengguna untuk melihat tutorial penggunaan yang sudah banyak dibagikan melalui Youtube atau media sosial.

8. HitFilm Express

HitFilm Express memiliki setidaknya 180 efek khusus yang sangat keren dan kece untuk dipakai oleh pengguna. Yang membuatnya makin menarik adalah Anda bisa mengunduhnya secara gratis.

Software ini bisa dipakai di PC atau laptop yang bersistem operasi Windows 8, 8.1, atau 10 dengan 64 bit. Ukuran memorinya sekitar 8 GB dengan storage 5 GB.

Beberapa fitur yang akan ditemui oleh user HitFilm Express adalah masking, layers, compositing tools, filter audio dan video, juga dukungan untuk menghasilkan video 3D.

9. iMovie (buat pengguna Mac dan Macbook)

Software edit video untuk youtuber ini mirip sekali dengan Windows Movie Maker. Hanya bedanya, pemakaiannya khusus buat laptopnya apple atau yang bersistem operasi MacOS, yakni Mac dan Macbook.

Lihat juga >>  Yuk Benerin Ukuran Thumbnail Youtube Biar Dolar Jadi Lancar

Dengan iMovie, Anda bisa mengubah foto dan potongan video menjadi sebuah film yang terlihat sangat profesional. Yang menarik, interface iMovie sangat sederhana sehingga cukup memudahkan penggunanya. Bahkan oleh pemula sekalipun.

10. Movavi video editor

Hal yang menarik dan unik dari Movavi adalah dia sudah terintegrasi langsung ke Youtube. Dengan fitur ini, proses uploading bisa dilakukan dengan praktis dan cepat begitu videonya selesai diedit dan siap ditayangkan.

Tersedia berbagai fitur pada Movavi video editor ini. Di antaranya adalah sticker, green screen, teks, animasi, hingga efek audio.

Jika Anda sering melakukan live streaming game dengan cara merekam layar, maka Movavi adalah pilihan editor yang tepat. Caranya adalah dengan melakukan upgrading ke versi suite.

Memang diperlukan sejumlah uang untuk melakukan upgrading ini, tapi sebagai gantinya Anda akan memperoleh fitur-fitur jempolan.

Itulah beberapa pilihan software yang bisa Anda gunakan. Selain aplikasi di atas, Anda juga bisa menggunakan Wondershare Filmora9, DaVinci Resolve, atau yang lainnya.

Yang jelas, setelah melakukan editing dengan software edit video untuk youtuber terbaik, segera lakukan optimasi agar viewer dan subscriber channel Anda meningkat. Buatlah channel secara profesional dimulai dengan edit sampul saluran Youtube.

meri puspita
 

Seorang penulis dan penggiat sosial media yang selalu gatal untuk menulis tentang hal-hal baru seputar dunia teknologi dan sosial media dengan bahasa yang mudah dimengerti tanpa embel-embel IT

Butuh Bantuan? Chat dengan kami