Skip to content

Begini 2 Cara Cek Playlist Tonton Nanti di Aplikasi YouTube!!

Cara Cek Playlist Tonton Nanti di YouTube

Sebagai pengguna YouTube, cara cek playlist tonton nanti sangat penting untuk diketahui. Fitur tonton nanti atau watch later sendiri berguna ketika pengguna YouTube ingin menonton suatu video di lain waktu.

Tak hanya itu, fitur tonton nanti ini juga bisa digunakan untuk menyimpan beberapa video dalam satu playlist. Nah, agar lebih paham mengenai cara menggunakan tonton nanti di YouTube, yuk simak pembahasan selengkapnya berikut.

Bagaimana Cara Cek Playlist Tonton Nanti di YouTube?

Cara Cek Playlist Tonton Nanti di YouTube

Sekarang ini, kebanyakan orang lebih senang untuk memasukkan video dengan fitur tonton nanti atau mengunduhnya melalui aplikasi YouTube Go agar bisa diputar secara offline. Namun, terkadang beberapa pengguna tidak mengetahui cara untuk mengecek playlist tonton nanti.

Bahkan, hal ini yang membuat para pengguna menjadi lupa dengan video yang sudah disimpan sebelumnya dalam fitur watch later tersebut. Untuk mengetahui cara mengecek playlist tonton nanti, ada dua cara yang bisa dilakukan, yakni:

Cek playlist tonton nanti di web

Biasanya, menambahkan video ke tonton nanti lebih mudah dilakukan dibandingkan harus menyimpannya di playlist. Sebab, pengguna dapat menambahkan video ke watch later atau tonton nanti bahkan tanpa membuka halaman video.

Cara menambahkan video bisa dilakukan dengan mengarahkan kursor ke gambar mini video, lalu klik tombol “Tonton Nanti” atau ikon Jam. Beberapa langkah untuk mengecek playlist tonton nanti pun cukup mudah, yakni:

  • Pertama, video yang ditambahkan akan berada di tab Library dari sidebar jika dibuka di YouTube versi website.
  • Kemudian, akan terlihat bagian “Histori”. Gulir kursor ke bawah sampai menemukan opsi “Tonton Nanti”.
  • Pada bagian “Tonton Nanti”, bisa klik “See All” atau “Lihat Semua” sehingga akan terlihat seluruh playlist yang ditambahkan sebelumnya.

Ketika memilih playlist tonton nanti, maka akan terbuka dalam tampilan daftar putar di sebelah kanan. Apabila ingin mengatur ulang video dalam daftar putar, maka bisa ambil ikon “Tangani” dan pindahkan video ke atas maupun bawah sesuai keinginan.

Cek playlist tonton nanti di seluler

Selain tersedia dalam versi web, fitur watch later di aplikasi YouTube juga terdapat pada perangkat smartphone. Cara menyimpan video di fitur tonton nanti bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, ketuk tombol “Menu” lalu pilih opsi “Simpan ke Tonton Nanti”.

Cara kedua, apabila sudah membuka video dan berada di halaman video, maka bisa ketuk tombol “Save” atau “Simpan”. Ketika ingin mengecek playlist tonton nanti di seluler pun cukup mudah, yaitu:

  • Langkah pertama, klik opsi “Library” atau “Perpustakaan” di bilah bawah aplikasi YouTube seluler.
  • Lalu, gulirkan ke bawah dan ketuk tombol “Tonton Nanti”.
  • Ketika sudah melihat daftar video di playlist, ketuk satu video untuk memulai pemutaran.

Berbeda dengan versi web, fitur tonton nanti di aplikasi YouTube seluler secara langsung akan memuat daftar putar sehingga video diputar satu demi satu. Pada bagian tonton nanti ini, pengguna juga bisa ketuk dan seret tombol “Tangani” untuk memindahkan video.

4 Langkah Menghapus Video dalam Playlist Tonton Nanti

Menghapus Video dalam Playlist Tonton Nanti

Jika sadar privasi, biasanya pengguna yang menggunakan fitur YouTube satu ini akan secara otomatis menghapus riwayat Tonton Nanti setelah jangka waktu tertentu. Adapun beberapa cara untuk menghapus video yang masuk ke dalam playlist tonton nanti, antara lain:

  • Buka aplikasi YouTube terlebih dahulu, kemudian akses menu Tonton Nanti.
  • Setelah itu, pilih video yang ingin dihapus dari playlist dengan klik tombol elipsis vertikal atau tiga titik di sebelah kanan video.
  • Jika sudah muncul beberapa pilihan, maka segera menghapus video dengan menekan opsi “Hapus dari Tonton Nanti”.
  • Terakhir, video yang terhapus dari playlist akan ada pemberitahuan “Dihapus dari Tonton Nanti”.

Cara menghapus video di menu Tonton Nanti sebenarnya cukup mudah. Selain itu, apabila video di watch later atau tonton nanti sudah selesai dilihat, maka bisa segera dihapus dengan memilih opsi “Remove watched videos”.

Apa Saja Manfaat YouTube Bagi Pengguna?

Setelah memahami cara cek playlist pada fitur tonton nanti, manfaat YouTube bagi pengguna juga perlu diketahui. Baik bagi pengunggah dan penonton, YouTube dapat memberikan berbagai manfaat, seperti:

Sebagai sumber informasi

Untuk para pengguna atau penonton, manfaat YouTube yang pertama adalah dapat dijadikan sebagai sumber informasi. Pasalnya, YouTube menghadirkan berbagai informasi menarik, mulai dari berita, review barang, hiburan, hingga musik.

Media promosi

Salah satu manfaat YouTube yang dirasakan, baik pengunggah dan penonton, yakni menjadi media promosi. Dengan YouTube, promosi apapun bisa dilakukan, seperti jasa, produk, tempat wisata, bahkan trailer film.

Sumber penghasilan

Manfaat YouTube yang paling populer dan dirasakan oleh pengunggah, yaitu menjadi sumber penghasilan. Biasanya, agar video bisa mendapatkan penghasilan, maka pihak pengunggah harus mendaftarkan channel YouTube  ke Google AdSense.

Demikian informasi terkait cara cek playlist tonton nanti di YouTube yang wajib diketahui para penggunanya. Apabila sedang sibuk, namun tidak ingin ketinggalan video yang ingin dilihat, maka pastikan untuk menggunakan fitur tonton nanti ini, ya.

Pojoksosmed merupakan website social media marketing agency. Kami menawarkan berbagai macam jasa untuk mengembangkan channel youtube kamu dengan cepat. Kamu bisa membeli berbagai macam kebutuhan untuk channel youtube kamu seperti untuk menambah subscriber channel youtubebeli viewer video youtube maupun jasa tambah jam tayang 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *