Cara Cek Penghasilan Youtuber dan Rumus Income Adsense

Penasaran dengan gaji Raffi Ahmad dari youtube? Coba cara cek penghasilan youtuber. Dengan trik yang tepat, Anda akan tahu estimasi pendapatan konten kreator yang mengaktifkan Google Adsense.

Begitu tahu penghasilannya, dijamin Anda akan tergiur dan tertarik untuk mencoba bisnis ini. Bayangkan saja, Anda tetap digaji saat sedang tidur atau beraktivitas lain. Penghasilan tetap akan berjalan selama ada yang menonton konten Anda unggah ke Youtube.

Pada kesempatan kali ini, kami akan buka rahasia pendapatan para youtuber. Jadi, selamat menyimak sampai akhir.

Sumber pendapatan youtuber dari konten yang diunggah

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara cek penghasilan youtuber, perlu diketahui bahwa ada beberapa sumber penghasilan yang bisa dioptimalkan saat seorang konten kreator mengunggah video di youtube.

Sumber pendapatan youtuber dari konten yang diunggah
  1. Google Adsense.
  2. Endorsement.
  3. Affiliate Marketing (Afiliasi).
  4. Berjualan.

Berikut ini keterangan untuk masing-masing sumber penghasilan di atas:

Google Adsense

Mayoritas youtuber yang sudah berpenghasilan pasti punya akun Google Adsense. Ini merupakan penghasilan umum yang diterima oleh para youtuber. Pendapatannya dari iklan yang dipasang pada konten yang diunggah.

Istilah yang umum dipakai adalah konten yang sudah dimonetisasi. Sederhananya, konten tersebut sudah dipasangi iklan.

Untuk bisa mendapatkan akun Google Adsense, ada syarat yang harus dipenuhi oleh para pengguna Youtube. Di antaranya adalah jumlah subscribers dan total jam tayang dalam beberapa bulan terakhir.

Syarat lainnya yang paling penting adalah konten harus original, bukan duplikat, dan tidak mengandung copyright.

Untuk bisa diterima di Google Adsense, para pengguna youtube akan ditinjau secara ketat sehingga harus mau menunggu keputusan dari Google. Keputusan dari Google pun bersifat mutlak, mau menerima atau menolak dengan catatan.

Kalau menolak dengan catatan, maka biasanya Anda diberikan kesempatan untuk memperbaiki apa yang dijadikan sebagai catatan agar pengajuan dapat diterima.

Lihat juga >>  Berapakah Pendapatan YouTuber Atta Halilintar?

Endorsement

Kini, ada banyak sekali artis atau youtuber yang mengenalkan produk atau mengajak memakai produk tertentu di awal, tengah, atau bagian akhir video. Mereka kadang menyertakan link langsung di bagian deskripsi.

Nah, produk seperti inilah yang dinamakan endorse. Jadi, pemilik produk mengendorse sang youtuber secara langsung untuk mempromosikan produknya.

Afiliasi

Afiliasi memiliki sistem perhitungan berdasarkan penjualan. Jadi, youtuber akan memasarkan produk tertentu. Kemudian, pada saat produknya terjual, maka pemilik produk akan memberikan komisi kepada sang youtuber.

Persentase komisinya atau nominalnya sudah disepakati oleh kedua belah pihak di awal. Namun, nominal ini berbeda untuk masing-masing produk. Jadi tidak bisa dihitung secara detail.

Berjualan

Konten youtube juga dapat dipakai untuk memasarkan produk sendiri. Anda dapat memberikan link call to action di kotak deskripsi sehingga orang yang tertarik bisa langsung terkoneksi dengan produk yang dimaksud.

Laba dari penjualan produk ini langsung menjadi miliki pembuat konten. Jumlah nominalnya tidak bisa ditentukan karena masing-masing orang punya ketentuan persentase profit margin sendiri-sendiri.

Dari keempat sumber penghasilan di atas, yang paling bisa dihitung besarnya adalah Google Adsense. Sebab ada situs yang bisa dipakai sebagai tools untuk mengintip penghasilan para youtuber.

Cara cek penghasilan youtuber melalui socialblade

Untuk melihat berapa jumlah pendapatan seorang konten kreator yang sukses di youtube, Anda bisa mengunjungi SocialBlade. Agar lebih jelas, silakan ikuti langsung langkahnya di bawah ini.

Cara melihat penghasilan youtube di android

Cara cek penghasilan youtuber melalui socialblade di android

Jika Anda menggunakan smartphone, khususnya android untuk mengecek penghasilan di youtube. Silakan ikuti langkah di bawah ini:

  1. Buka browser di HP Anda.
  2. Atur tampilan situs desktop.
  3. Kunjungi situs socialblade.
  4. Pada kolom yang tersedia, silakan ketikan nama channel yang ingin dicek. Misalnya: Rans Entertainment.
  5. Klik ikon Search.
  6. Layar akan memunculkan hasil pencarian berdasarkan nama channel. Klik Select Channel pada kanal yang sesuai.
  7. Smartphone akan menayangkan informasi detail mengenai estimasi penghasilan bulanan dan tahunannya.
Lihat juga >>  11 Cara Menambah Viewer Youtube yang Aman dan Terhitung

Silakan lihat pada kolom “estimated monthly earnings” dan “estimated yearly earnings”. Jika Anda mau scroll ke bawah, maka ada estimasi pendapatan harian juga.

Cara melihat penghasilan google adsense melalui laptop

Cara melihat penghasilan google adsense melalui laptop

Anda juga bisa melihat pendapatan para youtuber melalui laptop atau PC. Caranya hampir sama seperti di atas.

  1. Buka browser yang ada di PC atau laptop.
  2. Kunjungi situs socialblade.
  3. Ketikan nama channel yang hendak diintip pendapatannya. Misalnya: Deddy Corbuzier.
  4. Klik ikon Search atau enter.
  5. Layar akan memunculkan hasil pencarian, klik Select Channel pada kanal yang ingin dilihat.
  6. Layar akan memunculkan informasi estimasi pendapatan harian, bulanan, dan tahunannya.

Ingat bahwa informasi pendapatan ini sifatnya masih estimasi atau perkiraan. Jadi, masih ada kemungkinan benar dan salahnya. Bisa jadi lebih besar dari estimasi, bisa jadi lebih kecil.

Selain itu, penghasilan yang diperkirakan juga hanya yang diperoleh dari adsense. Padahal, para youtuber bisa mendapatkan tambahan gaji dari endorsement, afiliasi, dan berjualan. Pendapatan adsense ini bisa dibilang sebagai income pokok saja.

Contoh pendapatan artis yang jadi youtuber

Berikut ini tersaji beberapa pendapatan artis yang jadi youtuber versi socialblade:

  1. Rans Entertainment (Raffi Ahmad): 31.800 sampai 508.400 dolar per bulan.
  2. Deddy Corbuzier: 22.700 sampai 362.500 dolar per bulan.
  3. Baim Paula (Baim Wong): 36.500 sampai 583.200 dolar per bulan.
  4. Sule Channel (Sule): 17.400 sampai 277.900 dolar per bulan.
  5. Ari lasso TV (Ari lasso): 3.300 sampai 52.100 dolar per bulan.
  6. Taulany TV (Andre taulany): 12.100 sampai 193.900 dolar per bulan.

Masih banyak lagi artis-artis yang terjun ke youtube. Semuanya memiliki gaji yang lumayan besar karena sudah punya nama dan terkenal sebelumnya.

Lihat juga >>  Cara Mengganti Foto Profil di Youtube dan Ketentuannya

Ketika mereka membuat kanal, para fansnya langsung mau jadi subscribers. Mudah buat mereka mendapatkan views atau jumlah tontonan.

Tak seperti orang biasa yang harus memulai dari nol. Bahkan, untuk mendapatkan jam tayang agar bisa mendaftar ke adsense saja terkadang kesulitan.

Tapi jangan khawatir, bila saat ini Anda ingin mendaftar tapi terkendala jam tayang, silakan coba beli jam tayang youtube terbaik.

Rumus cara menghitung penghasilan youtuber, pemula dan pro

Sekali lagi, pendapatan di atas sifatnya hanya estimasi. Untuk mendapatkan angka eksak atau riil, berikut kami sajikan rumus perhitungan adsense dari para youtuber.

Gaji yang diperoleh para youtuber dihitung berdasarkan CPM dan CPC. Apa itu?

CPM (Cost per Mile) adalah income yang diperoleh untuk 1000 kali tayangan iklan pada video yang dimonetisasi.

Sedangkan CPC (Cost per click) adalah income yang diperoleh saat ada seseorang yang mengklik iklan yang tayang di video Anda.

Nominal CPM dan CPC ini berbeda tergantung niche, iklan yang tayang, dll. Maka dari itu, penghasilan para youtuber juga berbeda-beda. Bahkan ada yang secara tayangan banyak si A, tapi penghasilannya lebih banyak si B.

Nah, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memperoleh penghasilan lebih tinggi adalah dengan cara menampilkan subtitle di youtube. Trik ini akan memperluas kans video Anda ditonton oleh orang dari belahan dunia lain sehingga dapat menaikkan jumlah view.

Demikian informasi tentang cara cek penghasilan youtuber dan rumus mudah penghitungan Google Adsense. Kami yakin, melihat angka penghasilannya Anda akan tergiur dan makin semangat bikin konten berkualitas. Jadi, ganbatte!

meri puspita
 

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Butuh Bantuan? Chat dengan kami