Cara Daftar Gratis Ongkir Shopee & Detail Programnya

Tidak semua penjual di Shopee punya fitur gratis ongkir, hanya mereka yang sudah melakukan cara daftar gratis ongkir Shopee saja yang memiliki fitur free ongkir ini.

Jika saat ini Anda baru buka toko di marketplace tersebut, maka cobalah untuk mendaftarkan diri supaya bisa mendapatkan gratis biaya kirim. Fitur ini bisa menjadi salah satu faktor laris tidaknya toko Anda ke depannya.

Hal ini karena mayoritas pembeli cenderung lebih suka dan memilih toko berfitur gratis ongkir ketimbang yang tidak.

Jangan pikirkan sesulit apa caranya, sebab faktanya cara ini sangat mudah dan tidak ribet sama sekali. Semua bisa dilakukan langsung dari layar HP.

Program gratis ongkir shopee untuk penjual

Setiap bulan, Shopee selalu mengadakan program free ongkos kirim. Promo ini bisa diikuti oleh semua toko yang sudah terdaftar fitur gratis ongkir sesuai dengan syarat dan ketentuannya. Berikut ini adalah beberapa promo yang biasanya dihadirkan oleh marketplace yang identik dengan warna oranye ini:

  1. Gratis ongkir Xtra sampai 10 ribu dengan belanja minimal 30 ribu. Berlaku untuk ekspedisi JNT, Si Cepat, ninja xpress, dan ShopeeXpress.
  2.  Gratis ongkir Xtra sampai 50 ribu dengan belanja minimal 200 ribu. Berlaku untuk ekspedisi JNT, Si Cepat, ninja xpress, dan ShopeeXpress.
  3. Gratis ongkir sampai 20 ribu dengan belanja minimal 90 ribu. Berlaku untuk ekspedisi JNT, Si Cepat, ninja xpress, dan ShopeeXpress.
  4. Gratis ongkir sampai 20 ribu dengan belanja minimal 120 ribu. Berlaku untuk ekspedisi JNE, Yes, JTR, Gram Express, GoSend. Khusus untuk Shopee Mall dan Star Seller.
  5. Gratis ongkir sampai 20 ribu dengan belanja minimal 150 ribu. Berlaku untuk ekspedisi JNE, Yes, JTR, Gram Express, GoSend. Khusus untuk toko dengan tanda free di truk hijau.
  6. Gratis ongkir sampai 50 ribu dengan minimal belanja 300 ribu. Berlaku untuk ekspedisi JNT, Shopee Xpress, JTR, si Cepat, JNE, ninja xpress, Yes. Khusus untuk Shopee Mall dan Shopee24.

Kebanyakan penjual yang baru mendaftar bisa mengikuti program nomor 3, 4, dan 5. Pihak marketplace boleh menentukan toko berada di program mana setelah pendaftaran dilakukan.

Jika program dan promo di atas dimanfaatkan dengan baik, maka akan mendatangkan penjualan yang besar dan jumlah follower bisa bertambah. Untuk menambah follower, Anda juga bisa beli follower Shopee.

Cara daftar gratis ongkir shopee dari Smartphone

Para penjual yang ingin mendapatkan fitur gratis ongkos kirim untuk tokonya harus menyiapkan KTP dan foto selfie dengan membawa KTP yang kualitasnya bagus dan tulisannya bisa terbaca. Berikut ini adalah tutorial daftar fitur free ongkos kirim di Shopee:

Gambar Cara Daftar Gratis Ongkir Shopee
  1. Buka aplikasi.
  2. Klik menu Gratis Ongkir (Gratis Ongkir Xtra).
  3. Klik Semua Ongkos Kirim.
  4. Scroll ke bawah, pilih menu Daftar Sekarang.
  5. Masukkan nomor KTP.
  6. Upload swafoto dengan KTP, pastikan kualitas gambar bagus agar memudahkan verifikasi.
  7. Klik kirimkan.
  8. Biasanya akan ada menu pemberitahuan bahwa permintaan Anda sedang diproses dan butuh waktu sekitar 1 hari kerja untuk proses verifikasi data.

Tunggulah sampai data Anda diverifikasi oleh pihak e-commerce.

Anda bisa mengecek permintaan ini dengan mengulang langkah di atas. Jika sudah disetujui biasanya akan ada informasi bahwa fitur free ongkir sudah diaktifkan dan Anda diminta untuk melengkapi data-data yang diperlukan, yakni:

  1. Anda wajib update berat barang setiap kali upload produk.
  2. Anda perlu mengaktifkan Jasa Kirimku setiap kali upload produk. Pilihlah ekspedisi yang didukung oleh program yang sudah tertulis di atas.
  3. Jika Anda sudah mengirimkan barang, usahakan untuk langsung memasukkan nomor resi ke aplikasi agar pembeli bisa cek resi Shopee segera. Kecuali jika Anda menggunakan ekspedisi yang resinya ter-generate secara otomatis seperti JNT. Kalau pakai ekspedisi ini, Anda tidak perlu input nomor resi manual.

Bagaimana? Cara daftar gratis ongkir di Shopee sangat simpel, bukan? Coba sekarang! Biar toko Anda cepat terkenal.

meri puspita