Instagram merupakan salah satu media sosial yang tidak hanya digunakan untuk berbagi konten, tetapi juga sarana komunikasi kerabat, teman, rekan kerja, dan lainnya. Ketika terjadi masalah tertentu, akun Instagram kerap menjadi sasaran pemblokiran. Kamu sudah tahu belum ciri-ciri akun IG di report

Sekilas Tentang Fitur Report Instagram

report melalui profil akun

source: techuntold.com

Untuk menjaga keamanan akun dan meningkatkan kepuasan pengguna Instagram, maka hadirlah fitur report yang bisa digunakan sesuai kebutuhan. Fitur report adalah layanan dari Instagram yang bisa digunakan untuk melaporkan akun instagram yang dianggap melanggar dan mengganggu privasi pengguna lain. 

Dengan melakukan report akun, maka akan membuat akun tersebut menjadi tidak aktif dan tidak bisa digunakan kembali. Kamu yang ingin melakukan report akun Instagram, perlu memberikan alasan kuat penyebab akun tersebut pantas untuk dinonaktifkan atau di banned. 

Bagaimana Ciri-Ciri Akun IG di Report Oleh Pengguna Lain?

Apa Kode Instagram Itu

Sebenarnya ada beberapa ciri-ciri yang terjadi ketika suatu akun Instagram telah di report oleh pengguna lain. Walaupun pemilik akun tidak mendapatkan pemberitahuan dari pihak Instagram, kamu bisa mencoba mencari tahu sendiri siapa kira-kira pemilik akun yang telah melakukan report tersebut. 

  • Pengguna Tidak Dapat Melakukan Login

Biasanya akun Instagram yang di report dan sudah ditangguhkan memiliki ciri-ciri tidak dapat melakukan login seperti biasanya. Pengguna Instagram akan mendapatkan semacam pop up notifikasi bahwa akun sudah dinonaktifkan karena melanggar kebijakan Instagram yang berlaku. 

Lihat juga >>  4 Cara Menghapus Postingan yang Disukai di Instagram dengan Mudah!!

Jika kamu mendapatkan pesan notifikasi tersebut saat melakukan login Instagram, maka sudah dapat dipastikan bahwa akun instagram kamu sudah dinonaktifkan. Akun Instagram yang tidak diaktifkan bisa disebabkan karena adanya pengguna lain yang melakukan report pada akun tersebut. 

  • IG Eror dan Tidak Dapat Memuat Pemberitahuan Baru

Ciri ciri akun Instagram di report asli lainnya yaitu sering mengalami error dan pengguna tidak pernah mendapatkan notifikasi baru. Hal ini tentunya akan membingungkan pemilik akun, bahkan untuk memposting ataupun membuat story IG tidak bisa dilakukan seperti biasanya.

Setelah mengalami error berkali-kali, lama-kelamaan akun Instagram akan keluar sendiri dan pengguna kesulitan saat melakukan login kembali. Jika kondisi tersebut berlangsung lama, maka sudah bisa dipastikan bahwa akunmu masih dinonaktifkan oleh pihak Instagram. 

  • Halaman Profil Tidak Dapat Dimuat

Disisi lain, ciri-ciri akun IG di report juga bisa terlihat ketika halaman profilnya tidak dapat dimuat bahkan jumlah pengikut dan profil tidak muncul. Ketika kamu keluar dan ingin login akun kembali, maka muncul notifikasi bahwa akun sudah dinonaktifkan karena melanggar kebijakan Instagram. 

Apa yang Menyebabkan Akun Instagram di Report?

Video Call di Instagram

Pastinya kamu merasa bingung alasan pihak Instagram menonaktifkan akun, bukan? Pada umumnya Instagram akan menonaktifkan akun yang dianggap telah melanggar kebijakan. Selain konten dianggap sensitif, report akun juga bisa terjadi karena pengaduan dari pengguna Instagram lainnya. 

  • Pemilik Sering Posting Konten Tidak Berfaedah

Sering melakukan posting konten tidak baik menurut kacamata Instagram, apalagi dalam sehari konten yang dibagikan lebih dari 10 feed. Jika kamu sering melakukan hal ini, maka jangan heran kalau akun Instagram akan terkena shadowban dan tidak bisa digunakan kembali. 

  • Mengeluarkan Argumen Nyentrik (Mencemarkan Nama Baik Orang Lain)

Setelah mengetahui ciri ciri akun IG di report block, maka kamu perlu tahu bahwa penyebabnya bisa karena akun sering mengeluarkan argumen menyinggung. Oleh sebab itu, hindari untuk melakukan ujaran kebencian kepada pengguna lainnya agar tidak melanggar Undang-Undang ITE. 

  • Melanggar Kebijakan Copyright

Ciri-ciri akun IG di report salah satunya tidak bisa login, bisa disebabkan karena pemilik akun melakukan pelanggaran copyright. Misalnya kamu sering meng-upload konten milik orang lain tanpa izin, maka pengguna lain berhak untuk melaporkannya pada pihak Instagram. 

Lihat juga >>  Pengertian, Penyebab, dan 4 Ciri Ciri Akun IG Dibatasi 2022

Bagaimana Cara Melakukan Report Akun?

Bagi kamu yang ingin melakukan report akun instagram, tapi belum tahu caranya bisa mengikuti langkah berikut ini. Fitur report bisa digunakan untuk menghilangkan akun palsu ataupun banned akun yang melanggar kebijakan bermedia sosial pastinya. 

  1. Masuk halaman Instagram, kemudian temukan akun IG yang ingin di report. Jika sudah masuk halaman profil pengguna, klik icon “Titik Tiga” kemudian tap “Laporkan”. 
  2. Tuliskan alasanmu melaporkan akun atau bisa memilih beberapa opsi yang disediakan oleh pihak Instagram. Silahkan tunggu konfirmasi dari pihak Instagram untuk memproses laporan tersebut. 

Bisakah Mengembalikan Akun Instagram yang Terkena Banned?

akun instagram

Ada alternatif yang bisa dilakukan untuk mengembalikan akun Instagram yang terkena report. Biasanya pengguna perlu konfirmasi data diri kemudian melakukan verifikasi wajah. Kamu bisa meminta bantuan dari pihak Instagram melalui opsi “Hubungi Kami” untuk masuk ke halaman berikutnya. 

Masukkan alasan penggunaan akun, baik untuk kepentingan pribadi ataupun bisnis. Pengguna juga diminta memasukkan nama lengkap, email, username, dan negara kemudian dikirimkan kepada pihak Instagram. Jangan lupa menyiapkan foto diri secara jelas dengan memegang kertas berisi kode!

Ciri-ciri akun IG di report diantaranya sulit melakukan login, halaman beranda sering eror, dan Instagram tidak dapat memuat halaman profil. Pihak Instagram memang sengaja menonaktifkan akun tertentu karena dianggap sudah melanggar kebijakan dalam bermedia sosial.

Pojoksosmed merupakan website penyedia jasa sosial media. Kami menawarkan berbagai macam jasa seperti jasa tambah followers instagramjasa tambah likes instagram maupun jasa tambah viewer instagram yang bisa membantu kamu mengembangkan akun instagram kamu dengan cepat.


morgan

Social Media merupakan trend terbaru dalam 10 tahun belakangan ini dan akan tetap eksis selama 20 tahun kedepan. Saya mencoba untuk membedah serta memanfaatkan sosial media yang ada untuk keperluan bisnis maupun pribadi.

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *