Menghapus Google Smart Lock di Instagram dapat menggunakan beberapa cara yang bisa dipilih sesuai dengan tingkat kenyamanan. Saat akan melakukan prosesnya, pastikan untuk menggunakan jaringan internet memadai. Jangan sampai prosesnya tertunda akibat ngelag atau kesalahan jaringan.

Belakangan ini memang Google Smart Lock banyak digunakan karena menawarkan kepraktisan bagi para penggunanya. Ketika perangkat telah ditautkan dengan sistem tersebut, maka Anda tidak perlu lagi mengetikkan password saat akan masuk ke akun Instagram pribadi. Dengan begitu lebih menghemat waktu, selain itu meskipun lupa dengan sandinya namun pengguna tetap dapat mengakses akun tertaut.

Apa Sebenarnya Google Smart Lock Itu?

Gambar Ilustrasi Google Smart Lock di Instagram

Google Smart Lock merupakan sebuah fitur yang disediakan oleh Google untuk mengelola sekaligus mengatur keamanan data-data pengguna supaya tidak diketahui apalagi disalahgunakan orang lain. Sistemnya juga menyajikan beragam keunggulan misalnya saja membuka dan mengunci ponsel secara otomatis.

Fungsi lain yang tidak kalah mengesankan adalah pengguna dapat menautkan password akun media sosial mulai dari IG, Facebook, ataupun lainnya. seperti yang telah disinggung sebelumnya, ketika Anda menautkan akun media sosial maka bisa langsung masuk ke aplikasi hanya dengan sekali klik saja.

Tingkat keamanannya sudah bisa dibilang baik, wajar jika banyak orang menggunakannya dari berbagai kalangan. Sistemnya sendiri dilakukan pembaharuan secara berkala untuk menunjang kebutuhan para penggunanya.

Lihat juga >>  5 Efek IG untuk Selfie yang Sempurna

Perhatikan Dua Cara Menghapus Google Smart Lock di Instagram

Hanya saja meskipun digadang-gadang cukup aman, namun belakangan ini tidak sedikit orang mulai berhati-hati. Penyebabnya yaitu, Google Smart Lock bisa saja disalahgunakan orang lain apabila mereka teledor.

Guna menghindari terjadinya penyalahgunaan data penting yang terdapat di Instagram, tidak sedikit dari pengguna mulai menghapus Google Smart Lock/ sebenarnya bagaimana caranya? Begini penjelasan lebih lengkapnya

1. Menggunakan Web Browser

Menghapus Google Smart Lock di Instagram pertama yang dapat Anda jadikan sebagai rujukan adalah dengan menggunakan web browser. Cara ini terbilang simpel karena tidak perlu tambahan aplikasi pihak ketiga lagi. Mengenai langkah-langkahnya akan dijelaskan pada pemaparan di bawah ini

  • Operasikan aplikasi web browser yang telah diinstal di ponsel Anda.
  • Tunggu sampai sistem mengarahkan ke halaman utama web browser.
  • Pada kolom pencarian ketikkan alamat https://passwords.google.com/.
  • Pastikan menggunakan koneksi internet mendukung baik WiFi maupun data seluler.
  • Klik pada akun Google yang Anda daftarkan Instagram.
  • Pilih opsi instagram yang tertampil di layar.
  • Masukkan sandi keamanan Google baik berupa PIN atau sidik jari.
  • Tunggu hingga pilihan delete muncul.
  • Klik pada opsi tersebut.
  • Jika prosesnya berhasil, maka Google Smart Lock akan terhapus.

2. Langsung di Menu Pengaturan

Langkah lainnya yang dapat Anda gunakan untuk menghapus Google Smart Lock yaitu langsung melalui menu pengaturan. Menariknya meski tidak memiliki koneksi internet, namun prosesnya tetap dapat berjalan. Silahkan mempraktikkan tata caranya berdasarkan penjelasan berikut:

  • Silahkan akses menu pengaturan yang terdapat pada ponsel Anda.
  • Pilih menu akun yang terdapat di pengaturan.
  • Klik opsi Google yang ditampilkan di layar.
  • Cari menu Smart Lock, biasanya terletak di bagian bawah layar.
  • Scrol tampilan sampai Anda menemukan opsi Google Smart Lock.
  • Lanjutkan dengan masuk ke menu tersebut.
  • Pilih nonaktifkan login otomatis untuk seluruh media sosial yang Anda inginkan.
  • Cara di atas khusus jika ingin menonaktifkan Google Smart Lock di seluruh platform.
  • Sedangkan jika hanya untuk Instagram, silahkan scrol ke bawah.
  • Pada menu jangan pernah simpan, klik tepat di opsi bagian bawahnya.
  • Tambahkan aplikasi yang diinginkan, misalnya saja Instagram.
  • Simpan perubahan yang telah Anda buat sebelumnya.
  • Proses selesai.
Lihat juga >>  Instagram Limit dan Apa Yang Harus Diketahui

Pertanyaan Mengenai Google Smart Lock

Ilustrasi Google Smart Lock

Berkat kecanggihannya yang cukup memukau, banyak orang menjadi penasaran mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan Google Smart Lock. Alhasil, muncul banyak pertanyaan terkait pembasahan ini. Berikut soal sekaligus jawabannya:

1. Apakah Google Smart Lock Bisa Dihapus?

Berdasarkan penjelasan yang telah diulas di atas, menyinggung bahwa Google Smart Lock dapat dihapus. Proses penghapusannya dapat dilakukan melalui menu pengaturan yang terdapat di dalam masing-masing perangkat.

Bukan hanya Google Smart Lock yang terhapus, namun data-data yang tersimpan juga dapat sekaligus Anda hapus jika merasa kurang aman atau berisiko besar disalahgunakan oleh orang lain.

2. Bisakah Cara di Atas Digunakan untuk Menghapus Google Smart Lock untuk Facebook?

Teknik penghapusan di atas dapat diaplikasikan untuk platform lain seperti halnya Facebook. Akan tetapi memang langkah-langkahnya tidak seluruhnya sama utamanya untuk di bagian akhirnya.

Jangan terpaku dengan langkah-langkah yang dijelaskan apabila ingin menghapus Google Smart Lock di platform lainnya. Pada saat akan memvalidasi tugas sistem, ganti pilihan yang mulanya Instagram menjadi Facevook atau media sosial sesuai keinginan.

Fitur Keamanan Tambahan yang Terdapat di Android

Apabila Anda sudah menghapus Google Smart Lock, namun ragu terkait dengan tingkat keamanan akun, maka bisa mencoba salah satu fitur yang disediakan oleh sistem. Penjelasan lebih lengkapnya silahkan simak pada pemaparan di bawah ini:

1. Pengenal Wajah

Tanpa memindai wajah pemilik, maka ponsel tidak akan bisa terbuka kecuali memasukkan PIN atau pola sesuai dengan pengaturan yang dibuat oleh pemilik. Sistem keamanan ini sudah banyak disematkan pada ponsel Android untuk meminimalisir terjadinya penyalahgunaan data penting.

Mode pengenal wajah ini umumnya ditempatkan pada halaman awal yaitu untuk membuka kunci. Saat menu perangkat Anda nyalakan, secara otomatis sistemnya bekerja mengenali wajah pemilik.

Lihat juga >>  Cara Membuat Link Email di Instagram

Akan tetapi perlu diketahui jika menggunakan fitur ini sangat disarankan berada pada tempat yang cukup terang. Sebab, pada beberapa ponsel cenderung tidak bisa bekerja jika minim cahaya.

2. Pengenal Suara

Mengingat tindak kejahatan semakin marak, kini keamanan pada perangkat-perangkat hasil kecanggihan teknologi semakin ditingkatkan kemampuannya. Jika awalnya program keamanannya masih dibuat sederhana, namun belakangan sudah dimunculkan fitur dengan teknologi unggul salah satunya yaitu pengenal suara.

Perangkat hanya dapat terbuka ketika mengenali suara dari pemiliknya. Penggunaan fitur ini akan mencegah orang lain baik itu keluarga, pasangan, ataupun orang jahat supaya tidak dapat mengakses menu-menu di dalam ponsel yang digunakan.

Alhasil, data-data penting yang terdapat pada perangkat terjaga keamanannya serta tidak sampai tersebar hingga orang lain.

3. Fitur Lokasi Terpercaya

Pada saat awal menggunakannya, Anda perlu mengatur terlebih dahulu lokasi tujuan. Setelah itu, program akan menjalankan tugasnya dengan menjaga keamanan data-data di dalam perangkat. Apabila sudah sampai di lokasi, secara otomatis sistem akan membuka kunci.

Hal menarik dari fitur ini adalah ketika Anda meninggalkan lokasi maka sistem akan mengunci perangkat secara otomatis sehingga privasi serta keamanan data di dalamnya terjaga dengan baik.

Mengetahui langkah-langkah dalam menghapus Google Smart Lock di Instagram bisa dibilang cukup penting, utamanya untuk Anda yang masih ragu jika data penting di aplikasi akan disalahgunakan.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *