Tidak perlu khawatir, kini terdapat cara mengembalikan postingan IG yang terhapus secara praktis dan mudah untuk diterapkan. Bahkan, Anda tidak perlu menginstal aplikasi tambahan sehingga bisa menghemat memori internal supaya tetap longgar tanpa khawatir ngelag.

Jika ingin prosesnya berjalan cepat, pastikan untuk menggunakan koneksi internet kuat baik WiFi maupun jaringan seluler. Hal penting lainnya yang perlu dilakukan adalah pastikan telah menggunakan aplikasi Instagram terbaru. Jika belum, silahkan unduh terlebih dahulu melalui Google Play Store atau App Store.

3 Cara Mengembalikan Postingan IG yang Terhapus

Gambar Cara Mengembalikan Postingan IG yang Terhapus

Sekarang ini para pebisnis beralih ke media sosial salah satunya yakni Instagram untuk mempromosikan produknya agar lebih diketahui khalayak luas. Trik yang umumnya dilakukan adalah dengn memposting foto atau video produk ke fitur khusus Instagram.

Hanya saja Instagram memiliki ketentuan khusus yaitu sistem akan melakukan penghapusan pada suatu konten misalnya Instagram Story setelah mencapai 1 x 24 jam. Jika ingin mengembalikannya, cobalah untuk menerapkan tekniknya berikut ini:

1. Cara Mengembalikan Postingan IG Secara Umum

Terdapat beberapa teknik khusus untuk mengembalikan postingan yang terhapus atau dihapus. Secara umum, teknik-tekniknya akan dibahas pada ulasan di bawah ini. Pastikan untuk memperhatikannya dengan teliti.

  • Buka aplikasi Instagram yang sudah Anda unduh dan akun masih aktif.
  • Kunjung menu profil yang terdapat di bagian pojok kanan bawah tampilan.
  • Pada ikon hamburger, tap pilihan tersebut.
  • Akses menu pengaturan, kemudian pilih opsi account.
  • Lanjutkan dengan memilih opsi recently deleted.
  • Sistem akan menampilkan postingan yang belum lama dibersihkan.
  • Cari postingan yang ingin Anda kembalikan.
  • Tap pada ikon titik tiga yang tertampil di sistem.
  • Apabila Anda ingin mengembalikan konten tersebut, pilih ops restore.
  • Beberapa waktu setelahnya, Anda akan mendapatkan kode verifikasi.
  • Masukkan kode yang telah dikirim oleh sistem.
  • Pilih menu confirm (konfirmasi).
  • Biarkan sistem menjalankan fungsinya sampai postingan terkait kembali ke feed.
Lihat juga >>  Pengertian, Penyebab, dan 4 Ciri Ciri Akun IG Dibatasi 2022

2. Cara Mengembalikan Foto di IG yang Terhapus

Akibat pengaturan dari sistem maupun tidak sengaja menghapus postingannya, Anda dapat mengembalikannya jika memang diinginkan. Mengenai tekniknya sendiri tidak begitu sulit, akan tetapi pastikan untuk melakukan setiap langkahnya secara berurutan. Penjelasan lengkapnya diulas pada pemaparan berikut:

  • Operasikan akun IG yang telah terinstal di ponsel Anda.
  • Tap pada menu add post yang ditandai dengan simbol plus (+).
  • Letaknya ada di bagian tengah bawah tampilan IG.
  • Pilih foto yang sebelumnya telah Anda upload.
  • Tambahkan caption sesuai keinginan.
  • Jika ingin lebih menarik, dapat memberikan filter yang tersedia.
  • Tap pilihan menu post, tunggu beberapa saat sampai upload selesai.

Catatan penting yang perlu diketahui adalah, sebelum menjalankan prosesnya adalah unduh terlebih dahulu file foto yang terhapus. Nantinya oleh sistem akan dikirimkan via email dam bentuk zip yang perlu di ekstrak terlebih dahulu. Proses pengekstrakan sendiri dapat dilakukan secara langsung jika perangkat mendukung atau menggunakan aplikasi pihak ketiga.

3. Mengembalikan Postingan Melalui Menu Pengaturan

Pastikan Anda masih mengingat kata sandi Instagram yang konten di dalamnya ingin diambil kembali. Tujuannya tentu supaya dapat mengakses konten di dalamnya sehingga proses pemulihan lebih mudah. Silahkan simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Lakukan login pada akun Instagram yang Anda tuju.
  • Masukkan username dan password, Anda juga bisa masuk dengan Facebook atau Gmail.
  • Tap pada ikon garis di bagian kanan atas layar.
  • Pilih menu setting, kemudian masuk ke opsi keamanan.
  • Klik pada unduh data.
  • Nantinya Anda akan diminta oleh sistem masuk dengan menggunakan email dan password.
  • Silahkan cek email.
  • Pengecekan email dilakukan di bagian spam, inbox, social, dan update.
  • Nantinya Anda akan mendapatkan data-data dari postingan terhapus.
  • Download file baik berupa foto, video, maupun audio yang diinginkan.
  • Ubah terlebih dahulu tipe file yang Anda dapatkan karena sistem mengirimnya dalam bentuk file zip.
  • Sebelum 4 hari setelah proses, segera download file yang diinginkan atau Anda perlu melakukan proses dari awal.
Lihat juga >>  4 Cara Melacak Akun Instagram, Super Cepat dan Akurat

Informasi Penting Mengenai Cara Mengembalikan Postingan IG yang Terhapus

Cara Mengembalikan Postingan IG yang Terhapus

Pada pembahasan sebelumnya telah disinggung perihal cara mengembalikan postingan IG terhapus secara praktis memanfaatkan fitur dari Instagram itu sendiri. Selain cara, ada beberapa hal penting lain yang perlu Anda ketahui supaya mempermudah proses selanjutnya. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Pahami Durasi Maksimal Penyimpanan Sistem

Sistem akan menyimpan postingan yang dihapus dalam jangka waktu 30 hari. Apabila sudah lebih dari jangka waktu yang diberikan, maka program secara otomatis menghapusnya secara permanen. Oleh karenanya sebelum menerapkan langkah-langkah pengembalian, periksa apakah sudah melewati tanggal kadaluarsa atau belum.

Jika belum kadaluarsa, maka postingan terhapus tersebut bisa dilihat kembali dengan membuka menu recently. Fitur ini disematkan pada aplikasi Instagram versi terbaru yang dapat diakses dengan mudah dan praktis. Oleh karenanya, jika belum tersedia fitur recently maka silahkan perbarui aplikasi.

2. Gunakan Aplikasi Instagram Versi Terbaru

Sebagai bentuk memaksimalkan pelayanan kepada para penggunanya, pihak developer melakukan pengembangan sistem dari waktu ke waktu. Salah satu perbaikannya yaitu dengan penambahan fitur berupa recently yang mendukung penggunanya untuk mengembalikan postingan terhapus kurang dari 30 hari.

Oleh sebab itu apabila membutuhkan postingan tersebut, maka silahkan sesegera mungkin untuk mengunjungi fitur recently. Nantinya akan dilanjutkan pada tahap pengembalian konten yang dipilih. Saat menjalankan prosesnya, disarankan menggunakan koneksi internet lancar.

3. Fitur Recently Bisa Diakses di Perangkat iOS maupun Android

Mayoritas ponsel pintar yang tersebar di banyak negara menggunakan sistem operasi Android. Namun belakangan pengguna iOS semakin meningkat pesat utamanya sari kalangan menengah ke atas.

Mengingat pengguna Instagram bukan hanya dari sistem operasi Android, program dari seluruh fitur dan kelengkapannya dibuat dapat dioperaskan pada iOS. Baru-baru ini disediakan futur recently yang bermanfaat untuk mengembalikan postingan terhapus.

Lihat juga >>  3 Alasan Kenapa Followers Instagram Berkurang Sendiri - 2022

Anda akan diberikan kesempatan selama 30 hari untuk mempertimbangkan apakah perlu menghapus postingan atau mengembalikannya. Perlu diketahui, apabila melebihi tenggang waktu yang diberikan, maka postingan akan secara otomatis dihapus oleh sistem.

4. Pilih Teknik Paling Sesuai

Di atas telah dijelaskan 3 teknik yang dapat Anda jadikan pilihan untuk mengembalikan data-data berupa foto atau video. Guna meminimalisir kegagalan, pastikan untuk menentukan langkah-langkah paling sesuai.

Jangan lupa untuk mempersiapkan perangkat pendukung yang memiliki memori masih mencukupi. Sebab, bukan tidak mungkin jika file pemulihan memiliki kapasitas besar apalagi berisi video panjang dan foto beresolusi tinggi.

Semakin banyak file yang ingin Anda pulihkan maka ukurannya juga besar. Oleh karenanya dibutuhkan ruang penyimpanan luas untuk menghindari hambatan misalnya ponsel tiba-tiba nge lag.

Cara mengembalikan postingan IG yang terhapus di atas dapat Anda praktekkan jika ingin mendapatkan file-file penting untuk diposting ulang tanpa harus membuat dari awal. Saat mengunduh file, biasanya berupa zip sehingga harus mengekstraknya.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *