Instagram saat ini bukan saja sebagai sosial media tempat berbagi foto kepada teman-teman namun jauh lebih dari itu, Instagram adalah platform yang digunakan untuk tak terbatas kebutuhan baik kebutuhan untuk bisnis seperti branding dan pemasaran, untuk personal branding, atau untuk menyebar luaskan konten blog.

Jika anda berseliweran di Instagram pasti akan menemukan sejumlah akun yang saat kita kunjungi profilnya akan melihat link blog di bagian profil Instagramnya.

Profil Instagram yang menyematkan url blog dimaksudkan agar orang lain dapat mengetahui bahwa pemilik akun juga terkait dengan url yang dimasukan.

Atau lebih jauh dari itu, akun Instagram secara keseluruhan berisi seputar konten yang ada di blog. Untuk alasan apapun itu, membuat blog di Instagram dengan menambahkan link di bagian bio adalah hal yang bermanfaat untuk menambah informasi kepada pengunjung akun.

Cara Membuat Blog di Instagram Lengkap

Sebelum dapat menambahkan blog anda di Instagram maka anda harus mengubah setelan Instagram anda dari akun profil personal ke akun profil kreator.

Cara Mengubah IG Akun Pribadi ke IG Akun Kreator

Berikut langkah yang harus anda ikuti:

  1. Buka aplikasi Instagram.
  2. Masuk ke menu profil lalu klik edit profil.
  3. Klik beralih ke Akun Profesional.
  4. Akan muncul jendela baru kemudian klik Lanjutkan.
  5. Pilih kategori. Anda dapat mengisinya dengan Blog Pribadi.
  6. AktifkanTampilkan label kategori lalu klik Selesai.
  7. Setelah itu muncul halaman konfirmasi yang mengingatkan perihal peralihan ke akun profesional. Klik OK.
  8. Selesai.
Lihat juga >>  Cara Menampilkan Reels di Kisi Profil dengan Mudah dan Praktis

Sekarang anda sudah berhasil beralih dari akun presonal ke akun kreator. Dari kategori yang tersedia, anda dapat memilih dari banyaknya pilihan lain yang tersedia seperti Blogger, Kreator Digital, Penulis atau yang lainnya.

Saat anda telah memutuskan untuk beralih ke akun bisnis maka anda tak dapat menggantinya menjadi mode privat.

Salah satu hal yang bermanfaat ketika menggunakan akun Instagram kreator adalah tersedianya statistik yang tersedia untuk melihat jangkauan akun, interaksi, dan transaksi lainnya. Ini semua tersedia dalam menu insight.

Kamu bisa membaca lebih detail tentang cara membuat akun ig bisnis dan manfaatnya di postingan tersebut.

Cara Menghapus Blog Pribadi di IG

Jika anda sudah membuat blog di Instagram anda masih dapat mengembalikannya ke IG personal. Sebagian orang mengubah setelan kembali ke profil personal lantaran terjadi masalah privasi atau blog sudah tak berjalan sebagaimana awalnya.

Oleh sebab itu kami menambahkan tutorial cara menghapus blog pribadi di Instagram.

Jika anda ingin menghapus blog pribadi di IG maka dapat mengikuti langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Instagram.
  2. Buka profil lalu klik ikon menu yang berada di sisi kanan atas.
  3. Pilih pengaturan.
  4. Pilih bagian akun.
  5. Scroll hingga ke bagian paling bawah. Anda akan menemukan pilihan Ubah Jenis Akun.
  6. Klik lalu pilih Beralih ke Akun Pribadi.

Setelah proses tersebut maka akun anda dari bisnis menjadi personal. Perubahan ini sekaligus menghapus kategori blog pribadi.

Tips Membuat Instagram untuk Blog

Jika anda tertarik untuk membuat akun Instagram untuk blog anda maka itu adalah keputusan yang bijak. Instagram adalah tempat yang tepat untuk mempromosikan blog. Terdapat jutaan pengunjung Instagram yang dapat anda alirkan ke blog anda.

Lihat juga >>  Arti Centang Biru di IG

Jika dimanfaatkan secara maksimal, Instagram dapat menjadi sumber trafik blog yang sangat besar. Namun sebaliknya jika anda tak melakukannya secara tepat maka segala usaha yang dilakukan tidak akan optimal.

Beerikut cara membuat Instagram untuk blog:

  1. Optimalkan Profil Instagram

Profil Instagram hanya memuat 150 karakter saja. Dalam jumlah yang singkat, anda harus mampu menjelaskan apa isi dari blog anda. Mengapa blog anda beda dengan yang lain, dan apa untungnya memfollow akun Instagram anda.

Anda bisa membaca postingan kami dengan judul contoh profil instagram yang menarik

  1. Gunakan Foto Profil yang Tepat

Profil yang anda gunakan adalah ikon blog atau pavicon blog. Logo di Instagram adalah identitas utama yang pertama kali dilihat. Ukuran logo Instagram adalah  110 kali 110 piksel. Pastikan logo yang diupload cukup jelas meskipun telah berbentuk lingkaran.

Untuk detail ukuran postingan instagram yang tepat anda bisa membaca postingan kami tentang ukuran posting instagram lengkap

  1. Buat Konten yang Menarik

Sebagai media sosial untuk berbagi konten gambar, aspek visual adalah hal paling penting. Anda harus membuat konten Instagram yang menarik dari segi visual.

Harapannnya adalah agar orang yang melihat konten yang anda bagikan menjadi tertarik untuk mengetahui lebih lanjut dengan mengunjungi blog anda.

Anda  juga bisa menggunakan fitur live instagram sebagai salah satu sarana menarik peminat follower anda. Untuk tutorial lebih detailnya bisa dibaca di postingan kami cara live di ig

  1. Sertakan Teks yang Menarik

Teks adalah aspek yang tak kalah penting dalam konten Instagram. Dalam deskripsi harus dijelaskan mengenai maksud konten anda. Dalam deskripsi dapat disertakan hingga 2200 karakter. Namun tidak baik untuk menggunakan semuanya.

Lihat juga >>  5 Tools untuk Membuat Link di Bio Instagram

Bagaimanapun tujuan anda adalah mengajak siapapun yang melihat konten yang anda bagikan tersebut mengunjungi situs anda bukannya membaca di deksripsi yang anda bagikan sebagai tujuannya.

Categories: instagram

morgan

Social Media merupakan trend terbaru dalam 10 tahun belakangan ini dan akan tetap eksis selama 20 tahun kedepan. Saya mencoba untuk membedah serta memanfaatkan sosial media yang ada untuk keperluan bisnis maupun pribadi.

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *