Ukuran Post Instagram Lengkap: Foto, Video, Iklan, dan IG TV

Mau komposisi postingan IG bagus? Pastikan ukuran post instagram sudah sesuai dengan rekomendasinya. Cek size foto, video, iklan, dan IG TV terbaik di sini.

Hampir semua pengguna IG pernah mengalami kejadian seperti gambar yang terpotong, pecah, atau blur pada saat diposting. Hal ini terjadi akibat kurangnya informasi mengenai ukuran yang direkomendasikan buat postingan IG.

Karena kurang informasi, para pengguna hanya mengambil foto atau selfie kemudian diposting begitu saja tanpa memedulikan berapa aspect ratio dan ukuran file yang diunggah. Inilah yang kemudian bisa menyebabkan masalah.

Masalah yang seringkali muncul adalah foto yang terpotong. Kalau yang diposting adalah foto selfie atau sendirian tidak masalah. Sebab mungkin yang terpotong hanya bagian pinggir kanan dan kirinya saja.

Akan tetapi yang jadi masalah adalah saat fotonya berisi gambar bersama orang lain atau dengan banyak orang. Biasanya, bila memang harus terpotong, wajah orang yang ada di pinggir jadi ikut terpotong juga.

Ukuran postingan foto instagram

Foto merupakan postingan yang paling sering ditemukan di feed IG dan instagram story. Bila Anda juga suka memposting foto, maka pastikan bahwa Anda tahu ukuran pasnya. Baik itu, ukuran story instagram maupun feed.

Ukuran postingan foto instagram

Pada pembahasan kali ini kami akan fokus pada ukuran postingan di feed instagram.

Sejak awal diluncurkan, rasio foto IG adalah 1:1. Jadi, bentuknya memang persegi saja. Namun, pada tahun 2015, instagram melakukan update dengan memperbolehkan foto dalam bentuk persegi panjang.

Postingan gambar persegi (square)

Jika saat ini Anda masih suka memposting foto dalam bentuk persegi, maka resolusi yang disarankan adalah 1080 x 1080 piksel.

Namun perlu diketahui bahwa saat dibuka lewat aplikasi di smartphone, ukuran foto ini akan secara otomatis tampil dalam resolusi 600 x 600 piksel.

Lihat juga >>  5 Link Penambah Followers Gratis Instagram Tanpa Following

Ukuran post instagram portrait (vertikal)

Jika saat mengambil gambar, Anda memakai pilihan portrait, maka rasio yang paling direkomendasikan adalah 4:5 atau 8:10.

Ukuran postingan foto instagram

Sementara untuk resolusinya berada di angka 1080 x 1350 piksel. Resolusi ini nantinya akan ditampilkan lewat aplikasi di angka 480 x 600 piksel.

Ukuran post instagram landscape (horizontal)

Jika gambar yang diunggah adalah landscape atau persegi panjang, maka rasionya adalah 16:9. Anda juga bisa mengunggah foto dengan rasio 1.91:1.

Agar tidak di-crop, gunakan resolusi foto 1080 x 566 piksel. Nantinya, pada aplikasi resolusinya akan berubah menjadi 598 x 396 piksel secara otomatis.

Catatan:

Ukuran resolusi maksimal postingan foto instagram adalah 1080 x 1080 piksel. Jika ukurannya lebih besar, maka IG secara otomatis akan menurunkannya ke angka 1080 piksel.

Sebaliknya, resolusi minimumnya adalah 320 piksel. Jika Anda memposting foto dengan resolusi di bawahnya, maka IG akan menaikkan resolusinya. Hasilnya, gambar akan terlihat agak pecah.

Sebagai tambahan, sebaiknya Anda tidak memposting foto yang ukuran resolusinya terlalu besar, yakni 5400 x 5400 piksel.

Sebab meskipun IG bisa mengompresnya secara otomatis, foto dengan resolusi ultra seperti ini bisa terlihat tak bagus di instagram. Dengan kata lain, kualitasnya justru akan menurun.

Ukuran video dan durasinya untuk instagram

Bila dulu para pengguna hanya bisa mengunggah video dalam durasi singkat (sekitar 15 detik) dan bisa meningkat tergantung jumlah follower, kini tidak demikian.

Anda bisa mengunggah video dengan durasi lebih panjang yakni maksimal 60 detik dan minimal 2 detik.

Soal ukurannya, jika versi persegi maka aspek rasionya adalah 1:1 dengan resolusi 1080 x 1080 piksel.

Jika videonya lanskap, maka aspek rasionya adalah 16:9 atau 1.91:1 dengan resolusi 1080 x 607 piksel.

Lihat juga >>  Tips Jitu Jualan di Instagram Untuk Pemula

Ukuran video instagram TV (IG TV)

IG TV merupakan salah satu fitur baru yang ada di instagram. Keberadaan instagram TV ini seolah jadi jawaban buat para pengguna yang ingin upload video dengan durasi lebih panjang tanpa perlu memotongnya jadi beberapa bagian.

Ukuran postingan foto instagram

Berikut ini adalah ketentuan ukuran yang ada untuk IG TV:

Durasi

Anda bisa mengunggah video dengan durasi minimal 1 menit. Sementara maksimalnya adalah 15 menit atau 60 menit.

Jika mengunggah lewat HP (aplikasi), maka durasi maksimalnya adalah 15 menit. Sebaliknya, jika video diunggah dari web, situs, atau browser, maka durasi maksimalnya bisa 1 jam atau 60 menit.

Jenis dan ukuran file untuk upload instagram TV

Jenis file yang bisa diunggah di IG TV hanya MP4. Sementara itu, untuk resolusi dan ukuran yang disarankan adalah:

  1. Video vertikal dengan rasio aspek 16:9.
  2. Video horizontal dengan rasio aspek 9:16.
  3. Frame rate minimalnya 30 Fps.
  4. Resolusinya minimal 720 piksel.
  5. Jika videonya berdurasi kurang dari atau sama dengan 10 menit, maka ukuran file maksimalnya adalah 650 MB.
  6. Jika videonya berdurasi up to 60 menit, maka ukuran file maksimalnya adalah 3,6 GB.

Dari sini, Anda bisa menyesuaikan video yang hendak di-posting dengan ukuran yang direkomendasikan untuk menghindari kejadian video tak terunggah sempurna atau terpotong begitu saja.

Ukuran foto sampul IGTV

Agar postingan Instagram TV makin bagus, Anda juga harus tahu ukuran gambar sampul yang disarankan.

Size foto sampul IG TV memiliki aspek rasio 1:1.55 dengan resolusi 420 piksel x 654 piksel. Sayangnya, saat ini Anda tidak bisa mengedit foto yang dijadikan sampul pada instagram TV.

Ukuran post instagram untuk iklan

Selain memposting di feed, baik berupa video maupun foto. Para pengguna juga bisa memasang iklan di instagram untuk mempromosikan produknya.

Lihat juga >>  Cara Endorse Instagram dan Rentang Harga Endorsement

Hal ini biasanya dilakukan oleh para pemilik toko online atau pebisnis untuk mendapatkan like, komentar, atau pengikut tambahan dalam jumlah cepat.

Untuk memasang iklan seperti ini, tentu ada biaya yang dibebankan kepada pengguna atau pemilik toko online tersebut.

Maka dari itu, sebelum memasang iklan, Anda harus benar-benar mengetahui ukuran postingan yang pas buat iklan tersebut.

Foto

Pada dasarnya ukuran fotonya hampir sama dengan ukuran foto feed biasa, yakni persegi, portrait, dan lanskap.

Untuk persegi, rasio aspeknya adalah 1:1 dengan resolusi 600 x 600 piksel. Bedanya, jika memakai lanskap, resolusi yang dibutuhkan adalah 600 x 315 piksel dengan aspek rasio 1.91:1.

Jika fotonya berbentuk portrait, maka rasionya adalah 4:5 dengan resolusi 600 x 750 piksel.

Ketentuan teks dan caption

Sebelum mengajukan ke IG, pastikan bahwa teks yang ada foto tak lebih dari 20% dari total gambarnya.

Selain itu, jika ada caption yang ditulis, maksimalkan dengan baik. Jumlah maksimal karakter caption IG adalah 2.200 karakter.

Dengan ukuran yang tepat, teks yang memikat, dan caption yang bagus, iklan Anda akan memberikan dampak bagus buat akun.

Ini bisa dilihat dari jumlah like, komentar, dan follower yang didapatkan setelah pasang iklan.

Apabila setelah memasang iklan masih belum banyak perubahan yang terlihat, Anda bisa coba beli likes instagram terbaik untuk meningkatkan engagement postingan.

Demikian informasi mengenai ukuran post instagram secara lengkap. Dengan size yang sesuai rekomendasi, maka postingan akan presisi dan like-nya akan banyak saat dikalkulasi.

meri puspita
 

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Butuh Bantuan? Chat dengan kami