Cara Ganti Username Instagram dengan Mudah – Username Instagram merupakan sebuah identitas untuk para pemilik akun. Nama pengguna tersebut nantinya bisa dilakukan penggantian berkali-kali sesuai keinginan.

Nah, bagi kamu yang belum mengetahui tentang cara ganti username Instagram, langsung saja ikuti penjelasan cara-caranya berikut ini.

Fungsi Username Instagram

cara ganti username Instagram

Pada dasarnya, semua hal yang terdapat di Instagram mempunyai fungsinya masing-masing. Hal itu termasuk juga untuk penggunaan username. Pastinya, pihak Instagram memberikan menu username dengan tujuan tertentu.

Seperti diketahui, penggunaan username pada media sosial baik Instagram maupun platform lainnya adalah hal wajib. Fungsinya tentu adalah sebagai sebuah identitas bagi para pengguna dari platform tersebut. Nama pengguna memudahkan setiap orang dalam menjangkau akun satu sama lainnya.

Pada Instagram, username juga dapat difungsikan sebagai tag pada sebuah postingan. Selain itu, nama tersebut bisa juga digunakan untuk mention akun IG seseorang. Jadi, tidak mengherankan apabila peranan dari username ini sangat penting bagi media sosial seperti Instagram.

Cara Mengganti Username Instagram Lewat HP

Mengatasi Gagalnya Simpan Foto Instagram

Pada waktu penggunaan akun IG, pastinya para pemilik bisa merasa bosan dengan nama akun mereka ataupun menemukan nama akun yang lebih keren. Oleh karena itu, pihak Instagram memang membekali aplikasinya tersebut dengan fitur untuk mengubah username.

Kamu dapat melakukan perubahan nama tersebut langsung menggunakan HP. Jadi, tidak akan terlalu ribet jikalau kamu sewaktu-waktu ingin melakukan perubahan nama. Nah, untuk melakukan ganti nama pengguna lewat HP, kamu dapat ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  • Pertama, buka dan masuklah ke aplikasi Instagram kamu
  • Selanjutnya, pilihlah atau ketuk menu profil akun yang terdapat di bagian bawah kanan
  • Setelah itu, pilih lagi menu “Edit Profil” yang terletak tepat dibawah profil Bio akun
  • Pada pilihan menu tersebut, akan ditampilkan detail Nama dan Username kamu
  • Selanjutnya, masukkanlah nama username baru yang ingin digunakan pada kolom “Username”
  • Jika sudah diubah, pilih pada bagian tanda check list di bagian kanan atas
  • Apabila nama memungkinkan digunakan, akan muncul check list warna hijau di sebelah username
  • Berikutnya, tinggal save saja username tersebut dan nama akun kamu akan otomatis terganti.
  • Selesai.
Lihat juga >>  2 Cara Mengganti Email Instagram yang Tidak Bisa Dibuka, Segera Coba!

Apabila sewaktu pengisian username baru tidak muncul tanda check list, artinya nama tersebut kemungkinan sudah digunakan atau bahkan dilarang. Jika seperti itu, kamu tinggal cari saja nama pengguna baru sampai disetujui oleh pihak IG untuk digunakan.

Cara Ganti Username Instagram Lewat Browser

Penjelasan Istilah dan Singkatan dalam Instagram

Penggantian username IG juga dapat dilakukan pada aplikasi browser. Untuk caranya, kurang lebih cukup mudah seperti halnya mengganti lewat HP. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan penggantian username IG lewat browser.

  • Langkah pertama, bukalah browser di HP atau perangkat PC
  • Selanjutnya, bukalah situs instagram.com
  • Lakukan login menggunakan akun kamu
  • Kemudian, masuklah ke bagian profil akun yang ada di bagian kanan atas
  • Jika sudah, pilih menu “Edit Profile” yang ada di samping username
  • Tinggal masuk saja pada bagian username baru pada kolom yang tersedia
  • Setelah itu, pilih menu “submit” untuk mengajukan perubahan nama tersebut.
  • Masukkan username baru yang akan digunakan
  • Jika disetujui, akan muncul check list hijau di samping username baru tersebut
  • Jika tidak, maka tinggal cari saja username baru untuk digunakan
  • Apabila sudah sesuai, segera simpan nama tersebut dengan pilih “Save”
  • Selesai.

Seperti itu saja cara ganti username IG kamu lewat browser. Cara ini bisa digunakan apabila memang kamu lebih nyaman untuk menggunakan Instagram versi PC. Namun, dari kedua cara tersebut kurang lebih langkah-langkahnya tidak jauh berbeda.

Bagaimana Jika Perubahan Username Instagram Tidak Berhasil?

gagal memuat filter bayi di instagram

Setelah mencoba kedua cara untuk mengganti username, tetapi masih gagal, lantas harus bagaimana? Meskipun mudah untuk dilakukan, namun terkadang banyak pengguna yang tidak berhasil untuk mengganti nama pengguna.

Apabila hal seperti itu terjadi, mungkin terdapat kesalahan saat pembuatan nama baru. Sebenarnya, pihak Instagram telah memberikan beberapa peraturan terkait penggunaan nama dalam aplikasinya. Jadi, tidak semua nama mungkin bisa diterapkan pada akun kamu.

Lihat juga >>  Lupa Kode Autentikasi Dua Faktor Instagram? Lakukan 2 Alternatif Ini Untuk Mengatasinya 2022

Pada umumnya, jenis username IG yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan angka, underscore, titik, dan juga huruf. Apabila kamu menggunakan berbagai simbol lain diluar aturan tersebut sudah pasti nama tidak akan disetujui oleh pihak IG.

Selain itu, jika nama baru yang diinginkan sudah digunakan oleh pengguna lainnya, itu juga membuat username baru kamu tidak bisa digunakan. Untuk mengakali hal tersebut, kamu dapat menambahkan angka ataupun titik pada nama tersebut.

Namun, jika tidak ingin terlalu ribet dengan nama yang telah digunakan tersebut, kamu tinggal cari saja nama baru untuk digunakan. Dengan begitu, username pasti akan langsung bisa diganti menggunakan cara-cara yang sudah diberikan sebelumnya.

Waktu Penggantian Username Instagram

Pertanyaan selanjutnya, apakah ganti username ini bisa dilakukan kapan saja? Terkait dengan pertanyaan tersebut tentu jawabannya adalah tidak. Hal itu tentu karena pergantian nama harus sesuai dengan peraturan yang telah dibuat oleh pihak Instagram.

Selain hanya dapat dibuat menggunakan kombinasi huruf, angka, dan juga simbol yang telah ditentukan, rupanya Instagram juga memberikan batasan waktu saat penggantian nama tersebut. Menurut aturan yang berlaku, paling tidak nama dapat diganti 14 hari sekali.

Jadi, apabila kamu ingin melakukan penggantian nama, sebaiknya dipikirkan baik-baik terlebih dahulu. Pasalnya, jika sampai kamu ingin menggantinya lagi, dibutuhkan waktu paling tidak dua minggu setelah pembuatan nama baru sebelumnya. Aturan tersebut digunakan agar nama pengguna tidak terlalu cepat berganti-ganti.

Adakah Cara Ganti Username Tanpa Harus Tunggu 14 Hari?

Gambar 2 - Kumpulan cara memperbanyak like di instagram secara manual dan aman

Sebenarnya, bagi kamu yang ingin ganti username IG tanpa perlu tunggu 14 hari sangat memungkinkan dilakukan. Hanya saja, untuk melakukannya dibutuhkan trik tertentu. Berikut adalah trik untuk membuat username baru tanpa menunggu 14 hari.

  1. De-active Akun 24 Jam

Trik pertama adalah dengan melakukan de-active akun selama 24 jam. Hal ini dapat membuat proses tunggu 14 hari penggantian username bisa diakali. Cara untuk de-active akun tersebut sangatlah mudah sekali. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama, buka Instagram lewat browser
  • Kemudian, buka menu setting profil
  • Jika sudah, cari “Nonaktifkan sementara akun saya”
  • Lanjutkan instruksinya hingga akun berhasil di non-aktifkan
  • Selesai.
  1. Tunggu Sampai Akun IG Aktif Kembali

Setelah proses de-active berhasil dilakukan, kamu hanya perlu menunggu selama 24 jam. Selanjutnya, akun IG akan aktif kembali. Kamu tinggal login kembali ke akun IG tersebut. Untuk selanjutnya, penggantian nama sudah dapat langsung dilakukan kembali tanpa menunggu 14 hari.

Lihat juga >>  9 Filter Instagram Selebgram Terpopuler 2022

Cara ini bisa dicoba jika memang kamu benar-benar ingin mengganti nama pengguna baru. Syaratnya tentu kamu harus betah untuk paling tidak 24 jam tanpa membuka halaman Instagram.

Itulah tadi berbagai cara ganti username Instagram yang dapat kamu coba gunakan. Secara keseluruhan, proses ganti nama ini bisa dilakukan dengan mudah. Apalagi, terdapat juga trik untuk membuat waktu penggantian bisa dilakukan dengan lebih cepat. Selamat mencobanya!

Pojoksosmed merupakan website penyedia jasa sosial media. Kami menawarkan jasa tambah followers instagramyoutubetiktok dan masih banyak lagi untuk mempermudah kamu mengembangkan akun sosial media kamu dengan cepat.


morgan

Social Media merupakan trend terbaru dalam 10 tahun belakangan ini dan akan tetap eksis selama 20 tahun kedepan. Saya mencoba untuk membedah serta memanfaatkan sosial media yang ada untuk keperluan bisnis maupun pribadi.

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *