Yuk Benerin Ukuran Thumbnail Video Youtube Kamu Biar Dolar Jadi Lancar

Jangan asal pasang, pastikan ukuran thumbnail yang kamu upload benar. Karena ini merupakan salah satu cara agar niat menghasilkan dari Google dapat terlaksana.

Hampir semua orang dari berbagai kalangan, khususnya artis dan anak muda kini melirik penghasilan melalui platform Youtube.

Salah satu caranya adalah dengan membuat thumbnail video yang sesuai dengan ketentuan dari Youtube.

Apa itu thumbnail?

Sebelumnya, kamu perlu tahu pengertian dari thumbnail. Jika diartikan kata per kata, thumb berarti jempol dan nail berarti kuku.

Namun secara keseluruhan, arti thumbnail adalah sebuah gambar yang bisa menceritakan isi dalam sebuah berkas.

Dari pengertian ini, maka bisa dikatakan bahwa thumbnail memiliki fungsi tersendiri pada sebuah video, di antaranya adalah:

Display pertama video

Ibarat orang yang sedang jualan online, thumbnail adalah display produk yang sedang dijual. Calon pembeli akan memilih produk mana yang akan dibeli melalui display-display produk tersebut.

Lewat thumbnail, calon penonton akan menentukan mana video yang akan mereka tonton dan mana yang tidak. Gambar display video ini akan bersaing dengan puluhan atau bahkan ratusan video serupa lainnya.

Menyampaikan isi video lewat gambar singkat

Gambar yang di-upload sebagai cover atau thumbnail harusnya adalah foto yang bisa menggambarkan isi atau poin terpenting yang disampaikan di dalamnya.

Namun, jangan hanya karena ingin mendapatkan banyak view, gambar yang di-upload mengandung unsur clickbait. Hindari hal semacam ini karena bisa membuat rasa percaya penonton pada channel kamu menurun.

Dari pada membuat clickbait yang berlebihan, lebih baik membeli subscriber. Agar sebagai pemula, kamu bisa mendapatkan 100 pelanggan pertama dengan mudah.

Ukuran thumbnail terbaik untuk video youtube

Gambar 1 - Ukuran thumbnail youtube yang disarankan

Ukuran yang disarankan adalah 1280 x 720 dengan lebar paling minimal adalah 640 piksel. Format file yang bisa digunakan adalah PNG, JPG, dan GIF.

Ukuran file-nya tidak boleh melebihi batas, yakni sebesar 2 MB. Kamu juga bisa menggunakan rasio 16:9 tinggi lebar. Hal ini karena rasio inilah yang sering dipakai dalam memutar dan membuka preview Youtube.

Cara membuat thumbnail youtube di PC

Sebelum mulai mencoba tutorial membuat foto cover atau preview dari sebuah video, perlu diketahui bahwa preview ini harus dibuat dengan menarik dan berkualitas.

Jadi, tidak hanya ukurannya saja yang diperhatikan, tetapi juga kejernihan dan pilihan warna-warna gambar.

Tips Thumbnail Youtube Yang Baik

Berikut ini adalah tips supaya thumbnail yang kamu buat menarik:

  1. Letakkan foto kamu sebagai preview.
  2. Pastikan bahwa foto yang masuk dalam preview adalah foto close up.
  3. Perhatikan perpaduan warna dan pilihlah warna-warna yang cerah.
  4. Masukkan beberapa kata pada thumbnail, kata-kata yang menarik.
  5. Jika perlu, tambahkan watermark yang menjadi ciri khas kamu.

Beberapa cara membuat thumbnail video di PC

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa mendapatkan foto preview yang menarik:

Langsung dari penyedia youtube

Pada saat uploading video, kamu akan ditawari untuk memilih salah satu dari 3 thumbnail yang direkomendasikan oleh youtube. Jika memang salah satunya sudah menarik dan sesuai harapan, pilih saja.

Membuat sendiri memakai aplikasi

Saat uploading, kamu juga akan diberi pilihan untuk mengunggah foto yang sudah kamu siapkan. Jika memilih opsi ini, pastikan kamu sudah membuat gambar preview-nya sebelum proses pengunggahan.

Proses pembuatan foto preview ini bisa melalui berbagai cara, misalnya:

  1. Pakai aplikasi ringan yang ada di PC atau HP.
  2. Pakai corel atau photoshop yang bisa dioperasikan via PC.

Kalau pakai aplikasi, biasanya size-nya sudah sesuai dengan ukuran thumbnail youtube yang disarankan. Kamu hanya tinggal mengubah-ubah isinya saja sesuai kebutuhan. Desainnya juga bagus-bagus. Contoh aplikasinya adalah Canva.

Gambar 2 - Beberapa cara membuat thumbnail video di PC

Kalau pakai corel atau photoshop, kamu perlu menciptakan desain sendiri. Cara ini memang ribet, tapi hasil desain yang didapatkan bisa mencirikan diri sendiri dan tidak ada yang menyamainya. Unik!

Mengaktifkan Fitur Custom Thumbnail di Youtube

Gambar 3 - Deskripsi youtube

Nah, setelah kamu selesai membuat thumbnail yang menarik, sekarang saatnya mengupload gambar yang telah dibuat ke video kamu.

Untuk mengupdate thumbnail video youtube kamu, kamu harus melakukan verifikasi terhadap channel terlebih dahulu, kamu bisa mengabaikan langkah ini jika channel kamu telah terverifikasi.

  1. Masuk ke Youtube studio atau studio.youtube.com
  2. Akan terlihat tulisan veriikasi di samping profil channel kamu, langsung saja klik tulisan verifikasi tersebut.
Cara Mengaktifkan Custom Thumbnail pada Video Youtube

3. Masukkan nomor hp kamu untuk mendapatkan SMS, pastikan nomor kamu hidup dan bisa menerima SMS.

Cara Mengaktifkan Custom Thumbnail pada Video Youtube

4. Tunggu sekitar 5 menit dan masukkan 6 digit kode yang diterima

Cara Mengaktifkan Custom Thumbnail pada Video Youtube

5. Proses Verfikasi Berhasil

Cara Mengaktifkan Custom Thumbnail pada Video Youtube

Setelah selesai melakukan proses verifikasi, kamu bisa menguplad custom thumbnail pada video-video kamu. Untuk video yang baru saja diupload, kamu bisa melakukannya dibagian bawah deskripsi.

Kalau video kamu sudah terlanjur di upload, kamu juga bisa mengedit thumbnail video kamu di studio youtube. Masuk ke bagian konten, dan edit video yang ingin kamu rubah thumbnail nya

Nah, itulah cara untuk mengubah dan membuat custom thumbnail youtube kamu dan juga cara mengaktifkannya untuk kamu-kamu yang channelnya belum di verifikasi. Selamat mencoba dan semoga video kamu semakin banyak ditonton!

meri puspita
 

Seorang penulis dan penggiat sosial media yang selalu gatal untuk menulis tentang hal-hal baru seputar dunia teknologi dan sosial media dengan bahasa yang mudah dimengerti tanpa embel-embel IT

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Butuh Bantuan? Chat dengan kami