Contoh Nama Channel Youtube Keren dan Cara Memilihnya

Disadari atau tidak, nama channel youtube keren bisa mempengaruhi jumlah subscriber dan viewer yang Anda dapatkan.

Bila salah dalam memilih dan menentukannya, bukan tidak mungkin performa channel Youtube Anda akan lambat bahkan cenderung stagnan atau tidak bergerak.

Maka dari itu, diperlukan trik khusus untuk memilih nama terbaik yang mudah diingat, keren, dan mewakili konten yang diterbitkan di channel tersebut.

Kami akan mengulas cara memilih atau membuat namanya sekaligus memberikan beberapa contoh sebagai inspirasi. Selamat menyimak.

Cara memilih nama channel Youtube keren

Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk memilih nama untuk saluran Youtube:

Memakai nama sendiri

Nama adalah identitas, maka Anda bisa mulai dari nama sendiri. Beberapa youtuber yang sudah cukup sukses dengan memakai namanya sendiri di platform ini adalah Baim Paula, Deddy Corbuzier, dan yang lainnya.

Cara memilih nama channel Youtube keren - memakai nama sendiri

Bagi artis seperti mereka, mengenalkan channel Youtube dengan nama sendiri memang terkesan mudah karena dari awal sudah terkenal. Namun, bagi para pemula hal ini cukup menyulitkan.

Maka dari itu, setelah membuat namanya, Anda perlu melakukan promosi secara gencar agar channel jadi makin dikenal.

Sebagai catatan, nama yang dipakai tidak harus lengkap. Cukup nama panggilan yang mudah diingat, dilafalkan, dan mudah dikenal.

Menyertakan keyword atau kata kunci

Cara berikutnya adalah dengan menyertakan kata kunci. Kata kunci yang dimaksud di sini berkenaan dengan tema konten yang sedang Anda usung. Misalnya, kalau membuat konten resep masakan, maka masukkan kata “Resep” atau “Memasak” ke dalam namanya.

Hal serupa juga berlaku untuk tema konten lainnya. Contohnya untuk konten tutorial make up, konten edukasi bertema khusus, dan yang lainnya.

Silakan sesuaikan saja dengan keperluan kontennya kemudian lakukan riset mengenai kata kunci yang paling sering dicari sesuai dengan tema konten tersebut. Gunakan kata kuncinya sebagai salah satu kata di channel Anda.

Lihat juga >>  Cara Membuat Intro Youtube di HP dan PC (Aplikasi & Online)

Singkat, simpel, dan mudah diingat

Pilihlah kata yang singkat dan sederhana. Nama semacam ini jauh lebih mudah diingat oleh orang. Jadi, saat baru pertama kali melihat channel, orang akan langsung bisa membaca namanya dan mengingatnya.

Penamaan yang singkat dan simpel ini juga berguna pada saat Anda sedang berinteraksi dengan pengguna lain di Youtube. Saat bertukar komentar misalnya, mereka akan langsung ‘ngeh dengan channel Anda bila nama yang dipilih easy listening dan mudah diingat.

Memakai tools untuk memilih nama

Meski terdengar klise, tapi ternyata penamaan bisa dilakukan dengan menggunakan tools tertentu. Salah satu tools yang bisa Anda gunakan adalah situs leandomainsearch.com.

Situs ini bisa men-generate ide-ide nama channel Youtube keren ketika Anda memasukkan kata atau tema kontennya di kolom yang sudah disediakan. Selanjutnya, Anda bisa memilih salah satu dari sekian banyak pilihan yang muncul dan memakainya pada channel Anda.

Menggunakan nama merek atau brand buat bisnis

Jika Anda membuat channel Youtube untuk sekalian branding atau mendirikan bisnis, maka cantumkan brand tersebut di namanya. Tujuannya adalah agar merek atau brand-nya juga jauh lebih cepat dikenal orang.

Selain itu, dengan menggunakan merek atau brand, channel juga akan terlihat lebih profesional dan tidak akan dipandang sebelah mata oleh para viewer.

Memakai singkatan dari gabungan nama

Apabila nama Anda panjang dan khawatir tidak bisa diingat orang. Atau, nama panggilannya juga tidak easy listening, maka solusinya adalah mencari singkatan yang bagus dan unik.

Cara memilih nama channel Youtube keren - pakai singkatan dari gabungan nama

Beberapa youtuber sudah menggunakan cara ini, salah satunya RANS entertainment. Di mana, kata RANS di sini merupakan gabungan dari Raffi Ahmad (RA) dan Nagita Slavina (NS). Kata berikutnya dalam penamaan channel ini semakin memantapkan profesionalitas channel tersebut.

Lihat juga >>  Syarat Monetasi Youtube Dan Menjadi Youtuber

Selain RANS entertainment, youtuber lain yang juga pakai singkatan untuk acaranya adalah Sara Wijayanto dengan konten DMS atau “Diary Misteri Sara” miliknya. Penamaan singkat ini akan mempermudah para subscriber menyebut dan mengingatnya.

Ada tambahan TV atau Official

Jika Anda perhatikan, sekarang ada banyak sekali channel yang menyertakan kata TV atau official di ekor namanya. Contohnya Ari Lasso TV, Ussy Andika Official atau yang lainnya.

Disadari atau tidak, nama semacam ini terlihat lebih keren dan profesional dibanding yang tidak pakai. Kecuali jika pemilik channel-nya memang sudah terkenal sebelum jadi youtuber.

Untuk itu, Anda juga bisa mencobanya dengan menggabungkan nama pribadi dengan kata TV atau Official sebagai ekor channel-nya.

Usahakan namanya relevan dengan konten atau isi channel

Setiap channel punya tema konten yang besar. Apabila Anda bingung mau memilih namanya maka silakan pilih penamaan yang selaras dengan kontennya saja.

Misalnya, mau buat konten untuk gaming, maka sertakan kara “Gaming” atau “Gamer”.

Contoh nama channel Youtube keren berdasarkan kontennya

Contoh nama channel Youtube keren berdasarkan kontennya

Berikut ini adalah beberapa contoh nama-nama saluran berdasarkan konten yang diterbitkan:

Nama channel youtube masakan

Berikut ini adalah beberapa contoh kanal Youtube yang bertema masakan atau makanan:

The Java Food, Goyang Lidah, Pasukan Makanan, Food TV, Makanan Jawa, Masak Simpel, Cek Resep, Resep Lengkap, Resep TV, Resep Masakan Indonesia, Baking TV, Masak Enak, Belajar Masak, Makanan Lezat, Bikin Makanan, Resep Makanan Enak, Makanan Unik, Food Official, Foody Official, Menu Makanan, Makan Apa, Masak Apa TV, dan yang lainnya.

Masih banyak contoh lain yang bisa Anda coba gunakan. Silakan kembangkan idenya sesuai dengan konten dan KW yang mau disasar.

Lihat juga >>  Amankah Beli Subscriber Via Pulsa? Kenali Sebelum Beli!

Inspirasi nama channel youtube edukasi

Apabila Anda menerbitkan konten edukasi, maka gunakan kata yang menarik dan informatif di nama channel-nya.

Anda bisa mencoba contoh di bawah ini:

Matematika Mudah, Tanya Jawab CPNS, Soal Jawaban TV, Sukses Matematika, Matematika Mudah, Belajar Cepat, (Nama brand) Education, Bimbingan Belajar, Bimbel Gratis, dan yang lainnya.

Nama-nama ini tinggal disesuaikan dengan tema utama dari konten edukasi yang Anda unggah.

Hal ini karena dalam konten edukasi Anda mungkin tidak membahas semua materi. Melainkan fokus di materi-materi tertentu seperti Matematika, Soal Olimpiade, Bahasa Inggris, Fisika, CPNS, atau yang lainnya.

Nama channel youtube keluarga

Jika Anda membuat konten yang berisi konten vlog keluarga, maka pilihlah penamaan yang mewakili keluarga tersebut. Sertakan kata Vlog di belakang namanya.

Contohnya adalah keluarga Anang Hermansyah yang menyingkat nama-nama anggota keluarganya menjadi A6 (A-six).

Nama channel youtube islami

Konten-konten islami juga menjadi salah satu informasi yang cukup banyak dicari di Youtube. Anda bisa menggunakan ide nama channel youtube keren berikut ini:

Berita Islam, Tanya Islam, Ustadz Menjawab, Belajar Islam, Belajar Tajwid, Sinau Islam, Baca Alquran, dan yang lainnya.

Ide nama channel youtube aesthetic lainnya

Selain nama-nama di atas, Anda juga bisa coba contoh berikut ini:

Tukang Foto, Tukang Ngegame, Belajar Youtube, Belajar NgeBlog, Blogger Vlogger, Game-in Aja, Jeda Waktu, Waktu Luang, Kreasi Luang, Saat Luang, Kenang An, Menang Game, atau yang lainnya.

Itulah beberapa tips memilih nama channel Youtube keren dan beberapa contohnya. Semoga bisa membantu Anda menemukan yang terbaik. Terakhir, jangan lupa lakukan cara mendapatkan subscribers supaya channel-nya makin keren dan cepat terkenal.

meri puspita
 

Seorang penulis dan penggiat sosial media yang selalu gatal untuk menulis tentang hal-hal baru seputar dunia teknologi dan sosial media dengan bahasa yang mudah dimengerti tanpa embel-embel IT

Butuh Bantuan? Chat dengan kami