7 Top Keyword Tool Youtube Gratis dan Berbayar

Mau view naik terus? Gunakan keyword tool youtube sebelum mengunggah konten Anda. Pilihan kata kunci yang tepat akan memudahkan para pencarinya.

Sebagai youtuber, ada banyak tahapan yang perlu dilalui supaya konten kita ditonton oleh banyak orang dan channel makin dikenal.

Artinya, Anda tidak boleh asal bikin video kemudian mengunggahnya ke Youtube, melainkan harus menggunakan cara-cara tepat supaya videonya masuk di halaman pencarian.

Salah satu tahapan atau caranya adalah melakukan riset key word.

Maksudnya, Anda harus melakukan riset mengenai kata kunci apa yang akan dicari orang tentang konten yang akan diunggah. Dilarang asal menebak karena tidak akan tertarget dengan baik.

Dengan melakukan riset keyword berarti Anda telah melakukan targetting pada orang-orang yang sekiranya membutuhkan atau ingin menonton konten tersebut.

Jika Anda mengunggah konten mengenai tutorial membuat roti misalnya, maka untuk mendapatkan banyak view Anda tidak bisa membuat roti sesuka hati. Yang perlu dilakukan adalah melakukan riset mengenai roti apa yang paling sering dicari atau sedang ingin dibuat orang.

Hal ini karena tidak semua roti disukai orang. Mereka cenderung lebih suka yang simpel, baik dari segi bahan maupun cara pembuatan.

Nah, untuk mendapatkan kata kunci yang tepat inilah dibutuhkan riset dengan menggunakan tools keyword.

Saat ini, ada banyak sekali keyword tool youtube yang bisa digunakan. Ada yang free (gratis), ada pula yang berbayar. Kami akan memberikan informasinya langsung di bawah ini. Selamat menyimak.

Daftar 7 keyword tool youtube terbaik yang gratis dan berbayar

Simak beberapa rekomendasi tool yang bisa digunakan untuk riset key word youtube berikut ini:

1.      Ahrefs

keyword tool youtube terbaik yang gratis dan berbayar - Ahrefs

Tools pertama yang paling sering digunakan oleh konten kreator adalah Ahrefs. Tools ini disukai karena hasilnya sangat detail dan cukup akurat. Anda bisa mencari kata kunci untuk konten berskala nasional maupun internasional dengan rincian volume pencarian hingga kompetisinya.

Lihat juga >>  Reupload Video Youtube, Larangan dan Cara Mengetahuinya

Ahrefs sebenarnya tidak hanya untuk Youtube saja. Jika Anda main website, pencarian keyword dan pengolahannya bisa dilakukan dengan tools satu ini.

Saat ini, Ahrefs tersedia dalam varian berbayar. Tarifnya sekitar 7$ untuk satu minggu. Itu pun sifatnya masih “Paid Trial”. Varian ini dulunya sempat gratis, tapi kini Anda sudah harus membayar untuk menikmati fasilitasnya yang tergolong cukup lengkap.

Karena durasinya hanya satu minggu, artinya waktu tersebut harus dimaksimalkan dengan baik supaya bisa mendapatkan kata kunci yang tepat dalam jumlah banyak.

2.      TubeBuddy

Keyword tool youtube berikutnya adalah TubeBuddy. Tool freemium ini bisa dinikmati dalam bentuk situs online dan aplikasi.

Varian aplikasinya jelas jadi favorit para pembuat konten karena lebih mudah dimonitor dari mana saja dan kapan saja.

Sementara varian online, bentuknya seperti ekstensi yang bisa dipasang di Google Chrome. Saat Anda menggunakan tools ini dan memasangnya di Chrome, maka akan muncul informasi search volume, search per month, dll di side bar tampilan Youtube yang Anda buka dari browser tersebut.

TubeBuddy juga merupakan tools yang direkomendasikan karena menampilkan data kata kunci secara gamblang dan bisa dijadikan patokan, baik kata kunci utama maupun related-nya.

3.      VidIQ

VidIQ ini hampir sama dengan TubeBuddy. Anda bisa memasang versi freemium extension-nya di Google Chrome sehingga bisa dipakai dengan lebih leluasa dan sifatnya detail.

Dengan VidIQ, Anda bisa memperoleh informasi mengenai statistik keyword, related, volume pencarian, kompetisi, hingga informasi mengenai top rank videonya.

Varian keyword yang ada di VidIQ juga bisa langsung dicopy dan disalin ke bagian tags Youtube. Jadi jelas akan mempermudah pekerjaan sebelum videonya diposting.

Lihat juga >>  Mengenal Youtube Analisis, Cara Melihat, dan Membacanya

4.      Morning Fame

Dengan Morning Fame, Anda bisa melakukan analisis sekaligus penelitian kata kunci. Anda bisa menggunakan Morning fame secara gratis dan berbayar.

Versi gratisnya hanya untuk undangan, yakni dengan memasukkan Morning Fame Invite Code. Setelah memasukkan kodenya, Anda bisa menikmati fasilitas gratis dari Morning Fame selama 1 bulan saja.

Setelah itu, Anda tetap harus membayar sesuai dengan tarif yang ditetapkan oleh developernya.

Keyword tool youtube satu ini berbeda dengan VidIQ dan TubeBuddy sebab proses risetnya dilakukan sebanyak empat langkah.

5.      Keywordtool.io (keyword tool free)

Kalau Anda membutuhkan keyword tool youtube yang gratis, maka Keywordtool.io adalah salah satu pilihan yang pas.

keyword tool youtube terbaik yang gratis dan berbayar - Keywordtool.io

Anda tinggal mengunjungi situsnya melalui browser, setelah itu masukkan kata kunci utama dan tekan enter. Layar akan menampilkan banyak data seperti keyword suggestions hingga hashtag.

Jika memilih versi gratis, maka cukup puaslah dengan informasi saran kata kunci dan tag. Namun bila ingin mendapatkan informasi lebih seperti volume pencarian, CPC, dan tren, maka beralihlah ke fitur pro.

Dengan fitur pro, Anda akan mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan detail. Tentu saja, info ini akan sangat berguna buat mengoptimasi video yang akan diunggah.

6.      Google Trends

Selain pakai tools di atas, Anda juga bisa memanfaatkan Google Trends. Dengan Google Trend ini Anda akan menemukan ide-ide konten yang sedang viral.

Untuk memanfaatkannya, Anda perlu berlangganan Google Trend sehingga pada saat ada info-info yang sedang viral akan ada email yang masuk sebagai pemberitahuan.

Selain lewat email langganan, Google Trend juga bisa dimanfaatkan dengan cara membukanya langsung melalui browser. Silakan sesuaikan saja lokasi yang ingin diketahui info trennya.

Lihat juga >>  Cara Riset Keyword Youtube Agar Dapat Banyak Viewers

Selanjutnya, Anda bisa mencari durasi atau waktu pencariannya. Apakah kata kunci tersebut hanya viral beberapa saat atau dalam waktu lama. Di sini, Anda bahkan bisa melihat langsung statistiknya per tahun. Jadi lebih detail dan bisa diandalkan.

7.      Youtube Auto Suggest

Youtube auto suggest merupakan tools yang sering digunakan oleh youtubers pemula dan belum berlangganan tools berbayar. Biasanya, opsi ini juga dipakai oleh youtuber yang mau riset kata kunci secara dadakan dan mencari related keyword dengan cepat.

keyword tool youtube terbaik yang gratis dan berbayar - Youtube AutoSuggest

Cara menggunakan Youtube auto suggest sangat mudah. Anda tinggal memasukkan kata kunci utama di search bar youtube. Kemudian, di bagian bawahnya akan muncul sejumlah kata kunci yang berhubungan dengan keyword utama yang dituliskan tadi.

Misalnya, Anda memiliki kata kunci utama “Cara Membuat Origami”, maka saat dimasukkan ke search bar, Anda akan menemukan beberapa pilihan related keyword, tag, atau bahan judul video agar kontennya bisa mendapatkan banyak view.

Selain bisa digunakan untuk membuat judul, tag, dan deskripsi konten, trik ini juga bisa dipakai untuk mencari inspirasi atau ide baru untuk video berikutnya.

Optimasi keyword tool youtube agar konten viral

Setelah melakukan riset hingga mengunggah videonya, Anda harus melakukan trik supaya video tersebut segera ditonton banyak orang. Di antaranya adalah dengan menghubungi tempat jual views youtube terbaik.

Terakhir, selain menggunakan keyword tool youtube untuk mengoptimasi konten, Anda juga harus sering mengecek konten dari pesaing. Setidaknya bisa dibuat ide atau mencari tahu keyword yang mereka gunakan. Agar bisa menonton video mereka dengan nyaman, silakan lakukan cara menghilangkan iklan di Youtube.

meri puspita
 

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Butuh Bantuan? Chat dengan kami