Cara Beriklan di Instagram Tertarget, Biaya, dan Cara Bayar

Target market Anda adalah para pengguna instagram? Cobalah ikuti cara beriklan di instagram yang tepat supaya audience-nya tertarget dengan baik.

Sebagaimana diketahui, IG memiliki fitur Instagram Ads yang diperuntukkan bagi para penjual atau pedagang online yang ingin memasarkan produknya lewat platform ini.

Sesuai dengan namanya, Anda bisa memasang iklan di sini. Tujuannya adalah agar akun dan postingan Anda dapat muncul di explore para pengguna IG yang sudah ditarget sebelumnya.

Dengan iklan ini diharapkan followers IG akan meningkat, kemudian diikuti dengan penjualan atau bisnis yang berkembang pesat.

Trik ini bisa dilakukan oleh siapa saja, baik untuk akun usaha yang baru dibuat maupun akun yang sudah lama ada dengan puluhan ribu atau bahkan ratusan ribu followers.

Apabila Anda tertarik untuk mencobanya, silakan simak ulasan ini sampai selesai.

Potensi instagram ads sebagai cara beriklan di instagram

Sebagai pedagang, tentu Anda perlu melakukan perhitungan apakah cara ini benar-benar efektif untuk meningkatkan penjualan atau tidak. Dengan begitu, Anda bisa membuat rencana perkembangan bisnis dengan lebih matang.

Potensi instagram ads sebagai cara beriklan di instagram

Menurut data statistika, jumlah pengguna IG di Indonesia tahun 2020 ini mencapai hampir 70 jutaan. Angka ini terus meningkat dari bulan ke bulan. Antara Januari sampai Mei 2020 saja, jumlahnya mencapai 69,2 juta users.

Dari semua pengguna tersebut, IG juga memiliki data pasti mengenai penggunanya. Data ini berisi jenis kelamin hingga usia. Bahkan, saking seringnya orang main instagram, instagram juga bisa melihat kebiasaan penggunanya, hingga minat dan kesukaannya.

Dari jumlah total pengguna, mayoritas berasal dari kaum milenial, yakni antara usia 18 – 35 tahun. Sementara untuk jenis kelamin, saat ini dimenangi oleh kaum wanita.

Pihak instagram memiliki data yang valid dan lengkap mengenai semua penggunanya. Data ini berbeda dengan data di insight instagram yang sifatnya masih umum dan tidak terlalu detail.

Itulah mengapa banyak sekali pengusaha online yang tidak hanya bergantung pada insight instagram, mereka cenderung rela menggelontorkan dana untuk membayar biaya iklan IG agar akunnya berhasil masuk ke jajaran top.

Lihat juga >>  Like Instagram Gratis: Aplikasi, Kelebihan, Kekurangannya

Dengan uraian di atas, rasanya cara beriklan di instagram ads layak Anda coba bila ingin cepat dikenal dan mendapatkan followers dalam waktu singkat.

Apa itu instagram ads?

Secara umum, instagram ads adalah fitur iklan di IG. Lebih detail, dengan fitur ini Anda bisa pasang iklan melalui feed atau stories.

Jika Anda pernah menggunakan FB Ads, maka IG Ads sudah bukan menjadi hal yang tabu. Hal ini karena keduanya memang sama-sama dapat dikelola melalui Facebook Ads Manager, bahkan langkah-langkahnya pun hampir sama.

Untuk membuatnya, Anda harus punya halaman facebook dulu. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah yang akan kami bahas di bawah ini.

Cara membuat iklan di instagram ads

Cara membuat iklan di instagram ads

Berikut ini adalah beberapa langkah yang harus dilakukan sebagai cara beriklan di instagram:

Buka facebook ads manager

Sebagaimana diketahui, salah satu syarat yang harus terpenuhi sebelum membuat IG ads adalah membuat halaman facebook. Jika sudah punya, maka silakan buka Facebook Ads Manager dan login ke halaman FB Anda.

Pilih menu buat iklan terpandu

Selanjutnya, Anda bisa masuk ke menu Kampanye kemudian klik buat iklan. Anda akan menemui dua opsi, yakni Iklan Cepat dan Terpandu.

Agar bisa menyentuh target market yang spesifik dan detail, sebaiknya pilih Pembuatan Iklan Terpandu.

Tujuan iklan

Setelah memilih opsi di atas, Anda akan diminta untuk menentukan tujuan iklan. Di sini, ada tiga kategori tujuan yang tersedia, yakni berdasarkan:

  1. Kesadaran, di antaranya kesadaran merek dan jangkauan.
  2. Pertimbangan, meliputi interaksi, lalu lintas kunjungan, pembuatan prospek, penayangan video, dan pemasangan aplikasi.
  3. Konversi, di antaranya kunjungan toko, penjualan katalog, dan konversinya.

Pilihlah opsi yang benar-benar ingin Anda capai sebagai tujuan utama pemuatan iklan. Silakan klik tujuannya dengan mempertimbangkan berbagai hal.

Sebagai contoh, jika Anda ingin iklannya dilihat oleh banyak orang, jumlah kunjungan meningkat, dan followers-nya juga naik, silakan pilih opsi lalu lintas kunjungan atau sering disebut trafik.

Namun, jika Anda ingin mendapatkan interaksi yang baik seperti like dan komentar, silakan pilih opsi interaksi.

Lihat juga >>  Cara Mengunduh Instagram MP4 Lewat Sosmedsave.com

Pilihan tujuan ini tentu tergantung pada akun atau produk yang dijual masing-masing orang. Jadi, selamat memilihnya.

Mengenal jenis iklan

Untuk diketahui FB ads manager memiliki dua opsi jenis iklan, yakni:

  1. Uji Split.
  2. Pengoptimalan Anggaran.

Opsi ini wajib dipilih salah satunya, tidak bisa digunakan bersama. Berikut ini penjelasannya:

Opsi Uji Split digunakan jika Anda ingin membandingkan konten iklan A dan B, mana yang lebih menarik. Jadi, nantinya Anda harus membuat dua iklan sekaligus dan memasangnya bersamaan. Mana yang lebih banyak mendapatkan interaksi baik, maka jenis iklan seperti itulah yang disukai oleh pasar.

Namun ingat bahwa opsi Uji Split ini akan membuat anggaran iklannya dobel. Hal ini sangat jauh berbeda dengan pilihan Pengoptimalan Anggaran yang jauh lebih aman dan hemat buat pemula.

Dengan Pengoptimalan Anggaran, Anda bisa menentukan berapa jumlah uang yang akan digunakan buat iklan dan dioptimalkan dengan baik hari per hari.

Pilih nama iklan, tujuan trafik, atau detail lainnya

Selanjutnya, silakan ketik nama iklan dan tujuan trafiknya. Pilihlah nama yang gampang diingat agar mudah dicek performanya.

Jika Anda memilih tujuan iklannya untuk trafik, maka tentukan tujuan trafiknya untuk apa. Apakah situs, messenger, aplikasi, atau whatsapp.

Menampilkan promo

Jika Anda sedang mengadakan promo toko, maka silakan centang opsi ini dan tampilkanlah.

Tentukan targetnya secara rinci

Inilah langkah terpenting yang membuat cara beriklan di instagram bisa tertarget dengan baik. Anda harus memilih pemirsa khusus (jika ada yang pernah berinteraksi secara online atau offline), lokasi, umur, jenis kelamin, hingga bahasa.

Anda bahkan bisa mengatur penargetan terperinci yang berisi kategori, minat, dll. Dengan begini, iklannya akan benar-benar sampai ke orang-orang yang tepat.

Penempatan

Anda bisa memilih penempatan iklan, mau di IG saja atau mengaturnya secara otomatis. Jika memilih otomatis, maka iklan tak hanya akan tampil di IG, tetapi juga di FB, dan platform yang bekerja sama dengan FB.

Apabila Anda ingin iklannya hanya ada di instagram, silakan centang pilihan instagram.

Pilih jadwal atau durasi iklannya

Anda bisa memilih durasi tampilan iklannya. Buatlah jadwal sesuai dengan anggaran yang ada.

Lihat juga >>  Cara Memperbarui Instagram di Android dan iPhone

Hubungkan dengan akun instagram

Selanjutnya, silakan hubungkan dengan akun IG. Sebaiknya, pilih IG khusus bisnis.

Tentukan format iklannya

Ada banyak pilihan format, seperti:

  1. Karosel.
  2. Gambar tunggal.
  3. Tayangan slide.
  4. Video tunggal.
  5. Koleksi.

Tampilan ini bisa disesuaikan dengan produk yang Anda jual. Pastikan bahwa gambar atau videonya jelas dan menarik.

Buat deskripsi iklan yang menarik

Selanjutnya, untuk membuat target market mau klik iklannya, silakan buat deskripsi yang menarik untuk kalimat iklan Anda.

Tulis judul, masukkan gambar yang ukurannya sesuai, dan input tautan

Tuliskan judul dan masukkan gambar yang size-nya sesuai dengan format pilihan. Jika ada tautannya, silakan langsung diinput sekalian.

Cara bayar iklan di instagram

Jika sudah, silakan lakukan pembayaran memakai kartu debit atau kredit. Anda tinggal memasukkan nomor kartu dan kode keamanan.

FB akan mereview iklan yang sudah dibuat. Apabila sudah memenuhi ketentuan, iklannya akan ditampilkan.

Mengetahui biaya iklan di instagram dan tips memaksimalkannya

Mengetahui biaya iklan di instagram dan tips memaksimalkannya

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat memasang ads instagram:

Tips memaksimalkan ads instagram

Ikuti beberapa tips di bawah ini supaya iklannya mendatangkan lebih banyak pengunjung:

  1. Aktifkan whatsapp bisnis dan cantumkan di bio.
  2. Maksimalkan lewat instagram story.
  3. Iklan yang natural dan tidak lebay.
  4. Visualisasi adalah kunci karena IG merupakan platform berbasis foto dan video.

Itulah beberapa cara untuk memaksimalkan iklannya. Sekarang, silakan cek biayanya di bawah ini.

Biaya

Jika Anda memilih jenis Uji Split maka biayanya akan banyak. Namun, bila ingin biayanya lebih hemat, maka pilihlah type ads Pengoptimalan Anggaran. Dengan pilihan ini, Anda bisa menentukan anggarannya dan mengelolanya secara optimal.

Untuk saat ini, dalam satu hari besaran biaya minimalnya adalah Rp 25.000,-. Semakin banyak alokasi yang disiapkan, Anda punya kesempatan mengatur jadwalnya secara leluasa.

Terakhir, apabila tujuan Anda melakukan cara beriklan di instagram adalah untuk mendapatkan followers dan interaksi, maka ada cara lain yang bisa dilakukan, yaitu dengan beli followers instagram terpercaya.

meri puspita
 

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Butuh Bantuan? Chat dengan kami