10 Jenis Konten Youtube Paling Dicari, Mudah Dapat Viewers

Pilih jenis konten youtube paling dicari agar viewers naik dengan cepat. Cari tahu cara dapat kata kunci yang tepat, sesuaikan dengan keahlian, kemudian lakukan eksekusi dengan baik.

Dengan trik sederhana ini, Anda bisa mendapatkan penonton dengan jumlah banyak dalam waktu singkat. Sebagian penonton juga bisa klik subscribe sehingga jumlah subscribers Anda akan bertambah.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa ide konten yang paling banyak dicari di Youtube Indonesia dan bagaimana cara menemukannya. Selamat menyimak.

Daftar ide jenis konten Youtube paling dicari di Indonesia

Daftar ide jenis konten Youtube paling dicari di Indonesia

Berikut ini adalah beberapa jenis ide konten Youtube yang memiliki rangking bagus di halaman pencarian:

1. Musik

Konten pertama yang selalu masuk halaman trending adalah video-video soal musik. Mulai dari musik dalam hingga luar negeri. Bentuknya bisa berupa teaser MV, behind the scene, kompetisi menyanyi seperti Indonesian Idol, hingga play list lagu dengan tema tertentu.

Tak hanya itu, musik-musik cover juga memiliki penggemarnya sendiri. Tidak jarang, saat ada satu jenis lagu yang sedang viral dan ada yang mencover-nya. Si pemilik channel coveran lagu tersebut akan ikut merasakan dampak positifnya. Yakni berupa peningkatan jumlah penonton dalam waktu cepat.

2. DIY atau lifehack

Selain musik, tutorial untuk membuat sesuatu dari alat sederhana juga sering masuk ke halaman trending. Tidak hanya satu atau dua hari, konten seperti ini bisa bertahan cukup lama karena pencarinya cukup banyak.

Yang menarik, jenis konten youtube paling dicari satu ini belum banyak pesaingnya di pasar Indonesia. Kebanyakan DIY yang muncul di halaman Youtube berasal dari luar negeri.

Untuk itu, kalau Anda punya ide-ide DIY yang unik atau lifehack yang simpel tapi bermanfaat, mengembangkan channel dengan niche semacam ini akan sangat potensial.

Lihat juga >>  10 Youtuber Indonesia dengan Subscribers Terbanyak, Ada yang Se-Asia Tenggara

3. Topik berita atau acara tertentu

Topik berita tertentu yang sedang mencuri perhatian publik juga mudah sekali mendapatkan viewers. Sebagai contoh, saat ada kejadian pesawat jatuh, para pemilik channel dengan niche seputar pesawat akan mendapat banyak sekali penonton.

Salah satu pemilik channel tersebut adalah Vincent Raditya yang berhasil mendapatkan jutaan viewers setelah mengunggah konten opininya tentang kejadian kecelakaan pesawat.

Hal yang sama berlaku untuk topik berita lain seperti Covid 19 dan berita viral lainnya. Termasuk juga saat ada acara atau orang/tokoh yang sedang viral

4. Vlog

Ada banyak artis yang kini terjun ke dunia Youtube. Mereka berlomba menyajikan konten yang isinya adalah vlog keseharian hingga talkshow. Yang menarik, kebanyakan konten ini sangat diminati di Indonesia.

Terbukti bahwa vlog semacam ini sangat banyak pencarinya dan sering kali masuk ke trending. Bila sudah masuk trending, maka vlog tersebut akan dapat dengan mudah mendapatkan viewers karena akan langsung masuk ke halaman pencarian.

5. Film, film pendek, dan drama

Berikutnya adalah film, film pendek, hingga drama korea. Yang dimaksud film di sini termasuk trailer, di mana para penonton biasanya memang sengaja mencarinya di Youtube sebagai referensi sebelum menonton full movie-nya.

Selain itu, saat ada film pendek yang sedang viral, contoh: Tilik, para pengguna Youtube yang penasaran juga akan segera mencarinya melalui kolom search. Namun perlu diingat bahwa konten semacam ini bersifat musiman.

Artinya, penontonnya hanya akan naik drastis saat sedang viral saja. Bisa jadi setelah viralnya selesai, penontonnya akan jarang sekali.

Bila Anda ingin mengunggah konten yang cukup banyak pencarinya di Indonesia tapi sifatnya long-term, maka cobalah drama korea.

Lihat juga >>  8 Penyebab Channel Youtube Di Banned yang Harus Anda Tahu

Drama ini sangat banyak peminatnya namun Anda harus hati-hati dengan copyright. Hal ini karena melanggar copyright merupakan salah satu hal yang baiknya jangan dilakukan seorang youtuber.

6. Gaming

Meski tidak semua pengguna Youtube doyan nge-game, tapi faktanya banyak yang mencari konten gaming. Tak heran bila banyak artis Indonesia yang juga menggarap ide konten youtube paling dicari ini di channel mereka.

Apabila Anda memiliki hobi bermain game online, maka tidak ada salahnya mencoba membuat konten gaming. Silakan pelajari cara membuat kontennya. Mulai dari proses perekaman gambar, perekaman layar, hingga editing dan pengunggahan video.

Jangan lupa gunakan kata kunci yang tepat supaya konten yang diunggah bisa masuk ke halaman pencarian dengan cepat.

7. Turnamen atau pertandingan olahraga

Konten pertandingan olahraga juga sangat banyak peminatnya. Tak hanya di Indonesia, pencarinya juga datang dari seluruh dunia.

Jenis olahraga yang cukup banyak penggemarnya adalah sepakbola, badminton, dan balapan.

8. Otomotif

Di Indonesia, konten otomotif ternyata memiliki banyak pencari. Apalagi jika sistemnya berupa kolaborasi antara beberapa youtuber.

Konten yang sering masuk ke halaman trending adalah video challenge dari youtuber Arif Muhammad, Fitra Eri, dan kawan-kawan.

Pada dasarnya, konten seperti ini merupakan kombinasi dari niche otomotif dan challenge secara bersambung sehingga membuat para penonton penasaran dan ingin terus menonton sampai diketahui pemenang tantangannya.

9. Sinetron yang sedang booming

Ada banyak sekali sinetron yang ada di Indonesia tapi tidak semua booming. Menariknya, sekarang ibu-ibu rumah tangga yang suka menonton sinetron mayoritas sudah tahu cara menontonnya di Youtube.

Maka dari itu, saat mereka ketinggalan satu episode karena tidak punya waktu atau tiba-tiba saluran TV-nya hilang, maka solusinya adalah mencarinya di kolom search Youtube.

Lihat juga >>  Cara Melihat Subscriber yang di Hidden atau Disembunyikan

Saat ini, salah satu contoh sinetron yang sedang booming dan sering ditonton melalui platform Youtube adalah Ikatan Cinta.

10. Fakta unik

Video dengan isi fakta-fakta unik dari berbagai belahan dunia juga cukup menarik sehingga pencarinya banyak. Anda bisa mencoba mencari fakta unik tentang hal-hal sederhana bila mau mencoba membuat channel semacam ini.

Selain 10 ide konten di atas, masih ada niche lain yang patut digarap. Misalnya edukasi dan kecantikan.

Cara mengetahui kata kunci Youtube yang paling banyak dicari

Perlu diketahui bahwa pengguna Youtube punya kecenderungan sendiri dalam mencari sesuatu di platform ini. Itulah mengapa ide kontennya juga bisa berubah.

Sebagai Youtuber, Anda perlu update informasi mengenai kata kunci yang paling banyak dicari secara berkala. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

Cek ke google tren

Cara mengetahui kata kunci Youtube yang paling banyak dicari - Fitur Google Trends

Cara pertama adalah mencarinya langsung ke Google Trends melalui browser. Selanjutnya, ikuti langkah di bawah ini:

  1. Login menggunakan akun email.
  2. Klik pada menu garis horizontal di pojok kiri atas.
  3. Pilih explore.
  4. Scroll ke bawah sedikit hingga menemukan beberapa menu yang ada anak panah ke bawahnya.
  5. Silakan pilih pencarian Indonesia dan Youtube Search.

Silakan amati dan analisa hasil yang ditampilkan di layar. Pilih salah satu kata kunci dan kembangkan dengan memanfaatkan keyword tool.

Gunakan fitur trending Youtube

Cara mengetahui kata kunci Youtube yang paling banyak dicari - Fitur Trending Youtube

Pakailah fitur trending Youtube untuk mengetahui konten apa saja yang sering dicari orang, langkahnya adalah:

  1. Buka aplikasi Youtube di android.
  2. Klik Eksplorasi.
  3. Pilih Trending.

Akan banyak konten yang masuk di halaman ini, silakan lakukan analisa sendiri.

Itulah beberapa pilihan jenis konten Youtube paling dicari dan cara mudah mendapatkan ide kata kuncinya. Semoga bermanfaat.

meri puspita
 

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Butuh Bantuan? Chat dengan kami