Cara Membuat Thumbnail Youtube Pakai HP dan PC

Meski tidak bisa desain, jangan khawatir soal cara membuat thumbnail youtube. Anda bisa mengunduh dan memasang aplikasi untuk mendesain dengan cepat secara instan.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengupas tuntas mengenai cara membuat thumbnail custom di youtube melalui PC dan android. Dengan fitur ini, Anda bisa mendapatkan jumlah penonton yang lebih banyak karena desain sampul video yang menarik.

Tidak hanya itu, jika Anda bisa membuat sampul video Anda jadi tematik dan unik, maka bukan tidak mungkin jumlah subscriber akan bertambah. Penasaran? Selamat menyimak.

Cara mengaktifkan thumbnail custom youtube

Perlu diketahui bahwa tidak semua pemilik akun youtube bisa mengubah sampul videonya secara custom. Youtuber baru biasanya hanya bisa menggunakan thumbnail yang sudah disediakan oleh youtube.

Cara mengaktifkan thumbnail custom youtube

Bila masih pada tahap ini biasanyaAnda akan mendapatkan 3 pilihan gambar yang bisa dijadikan sampul dari video yang baru saja diunggah.

Bila Anda ingin bisa mengubah sampul sesuai dengan desain sendiri agar menarik, maka ada syaratnya, yaitu verifikasi akun dulu.

Anda perlu melakukan verifikasi akun agar mendapatkan fitur custom thumbnail dan bisa meng-upload video dengan durasi minimal 15 menit.

7 Tips dalam cara membuat thumbnail youtube sendiri

Sebelum membahas alat-alat yang bisa dipakai dalam proses pembuatan, mari kita bahas dulu tips pembuatannya:

Tips dalam cara membuat thumbnail youtube sendiri

Perhatikan thumbnail youtube size, penting!

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah ukuran dari sampul tersebut. Usahakan untuk memakai ukuran yang disarankan oleh youtube, yakni 1280 x 720 piksel. Lebar minimumnya adalah 640 piksel dengan rasio umum 16:9.

Mematuhi aturan yang sudah ditetapkan dalam membuat sampul akan membuat gambar terlihat bagus, tidak pecah, dan resolusinya mantap.

Tulis judul di thumbnail

Bila diperhatikan, mayoritas youtuber sukses menuliskan kalimat di sampul video mereka. Tulisan ini biasanya adalah kalimat yang digunakan pada judul. Namun bisa juga kalimat lain yang lebih ringkas tapi masih senada dengan judul yang dipakai.

Lihat juga >>  Cara Mengganti Thumbnail Youtube di HP dan PC

Yang pasti, isi tulisan tersebut harus menarik dan mengundang klik.

Kalau bingung pilihan kalimat apa yang harus ditulis, baiknya buat catatan kecil dulu agar cara membuat thumbnail youtube yang Anda lakukan tak memakan waktu lama.

Pemilihan warna yang cerah dan kontras

Memilih warna-warna yang kontras dan cerah amat penting untuk membuat kesan hidup pada sampul.

Hindari memilih warna layu karena bisa berakibat pada kesan mengantuk dan malas yang akan berdampak pada rasa malas penonton untuk membuka video Anda.

Perpaduan warna yang kontras bisa diterapkan pada tulisan dan background dari sampul tersebut. Juga antara latar dengan foto yang dipakai pada thumbnails.

Kalau kesulitan memadukan warna yang pas, coba googling perpaduan warna terlebih dulu.

Pemilihan font yang tegas dan konsisten

Tulisan yang ada di thumbnail harus jelas. Untuk itu, gunakanlah font yang tegas dan tidak lebay. Pakailah jenis font ini secara terus menerus sehingga mudah diingat oleh para penonton.

Pilih gambar yang menarik

Karena video merupakan gabungan antara audio dan visual, maka Anda juga harus menggabungkan foto dan teks di thumbnail video. Pilihlah gambar yang menarik dengan resolusi yang bagus.

Hindari clickbait

Jangan hanya karena ingin mendapatkan banyak penonton, Anda lupa menjaga profesionalitas.

Ya, meski memang viewers yang banyak adalah tawaran yang menggiurkan, tapi jangan sampai clickbait.

Clickbait memang mungkin mendatangkan viewers. Tapi di saat yang bersamaan juga meningkatkan jumlah stop nonton pada video Anda. Ke depannya, penonton justru akan mengingat channel sebagai salah satu kanal yang suka clickbait.

Jangan terlalu suka bermain banyak warna

Untuk mendapatkan desain yang bagus, berangkatlah dari pikiran yang simpel. Jangan terlalu ruwet apalagi mau menggabungkan banyak warna dalam satu tempat.

Lihat juga >>  Cara Upload Video ke Youtube Lewat HP dan Laptop/Desktop

Itulah tujuh tips yang perlu dilakukan bila memang ingin serius dalam melakukan cara mendapatkan uang dari youtube.

Aplikasi youtube thumbnail maker dari HP

Mayoritas youtuber kini memanfaatkan smartphone untuk mengelola channel-nya. Termasuk saat hendak editing, membuat thumbnails, dan mengupload-nya.

Semua aktivitas ini diharapkan bisa dikerjakan melalui android atau iphone, yakni perangkat- perangkat yang setiap hari dipakai.

Nah, bila Anda ingin membuat sampul untuk video, maka salah satu caranya adalah dengan mengunduh aplikasi. Kabar baiknya, kini makin banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan, di antaranya adalah:

Canva

Ini adalah salah satu aplikasi yang akan mempermudah kerja para youtuber. Anda bisa memilih template lalu mengeditnya sesuai dengan kebutuhan. Template yang tersedia di sini sangat banyak dengan pilihan warna yang cantik dan menarik.

Jadi, tak perlu pusing memikirkan desainnya, Anda cukup mengganti teks dan gambarnya saja. Jangan lupa cek hasil akhirnya apakah sudah sesuai sebelum di-upload ke youtube.

Selain thumbnails, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membuat gambar mini dan saluran youtube.

Thumbnail maker

Aplikasi satu ini sangat simpel. Di sini, Anda bisa membuat desain sendiri, menentukan warna, latar, font, dan yang lainnya. Kebutuhan ruang di HP tak terlalu banyak jadi sangat recommended buat HP dengan memori yang tak terlalu besar.

Selain aplikasi-aplikasi di atas, masih banyak aplikasi lain yang bisa Anda gunakan. Misalnya Pixellab dan Kinemaster.

Mulailah mencari di Apps Store dan Play Store. Saran kami, jangan takut mencoba dan temukan sendiri mana aplikasi yang paling cocok. Sebab satu aplikasi bisa cocok untuk si A, tapi tidak cocok untuk si B. Sebab cocok itu relatif.

Lihat juga >>  Cara Hapus Video di Youtube Lewat HP dan PC/Laptop

Cara membuat thumbnail video di PC

Untuk membuat thumbnails melalui komputer atau laptop, Anda bisa melakukannya secara online dan offline.

Cara membuat thumbnail video di PC

Online

Kalau mau online, ada banyak sekali situs yang bisa dimanfaatkan. Misalnya Visme, Snappa, Picmaker, FotoJet, dan yang lainnya.

Biasanya untuk mulai membuat thumbnail, Anda perlu register dulu secara gratis dan mematuhi ketentuan yang sudah ditetapkan.

Khusus untuk FotoJet, Anda bisa mencoba dulu secara gratis. Di sini tersedia banyak sekali template yang bisa diedit langsung dari layar komputer.

Offline

Salah satu cara yang mudah adalah memakai Microsoft Power Point. Ms. Power Point terbaru kini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik untuk menggambar dan mengubahnya menjadi image.

Pembuatan gambar sama seperti saat Anda membuat slide presentasi. Tapi jangan lupa untuk mengubah ukurannya dulu sesuai dengan youtube thumbnail size.

Keuntungan yang bisa didapatkan bila Anda menggunakan Ms. Power Point untuk membuat thumbnails adalah kemudahan dalam penyimpanan dan duplikasi.

Sebagaimana diketahui, salah satu cara untuk bisa menarik perhatian adalah dengan konsistensi dari segi desain dan pilihan warna. Dengan Power Point, duplikasi slide bisa dilakukan dengan mudah.

Artinya, asalkan desain pertamanya sudah jadi, maka desain-desain thumbnails berikutnya akan jauh lebih cepat dan mudah.

Kelebihan menggunakan thumbnails yang menarik

Dengan meng-upload sampul video yang custom dan menarik, para penonton di youtube akan merasa lebih tertarik untuk menonton video. Ini jelas akan meningkatkan engagement, yakni jumlah waktu tonton dan subscriber.

Bila Anda menemukan kesulitan dalam menaikkan jumlah subscribers, silakan beli subscribers youtube terbaik saja.

Demikian informasi tentang cara membuat thumbnail youtube melalui HP dan PC yang sangat simpel dan mudah. Jangan takut mencoba dan selamat memulai!

meri puspita
 

Butuh Bantuan? Chat dengan kami