Cara Mendapatkan Uang dari Youtube dengan Android & PC

Sudah banyak orang yang sukses melakukan cara mendapatkan uang dari youtube. Kesuksesan ini tentu tidak bisa didapatkan dengan mudah. Butuh perjuangan, kerajinan, ketelatenan, dan konsistensi. Kalau Anda ingin mencobanya, silakan baca ulasan ini sampai selesai.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba mengulas mengenai beberapa tahapan dan cara menghasilkan uang melalui youtube. Tahapan-tahapan yang rasanya sederhana tapi sebenarnya butuh kegigihan untuk menjalankannya. Jadi, selamat membaca.

Cara mendapatkan uang dari youtube dengan android dan PC yang mudah!

Ada banyak alasan mengapa penghasilan dari youtube terasa sangat menggiurkan hingga banyak orang yang ingin mencobanya. Di antara alasan tersebut adalah fleksibilitas. Anda bisa menjalankannya baik lewat android maupun PC.

Cara mendapatkan uang dari youtube dengan android dan PC yang mudah

Mayoritas youtuber saat ini hanya berbekal HP atau smartphone untuk mengelola channel mereka. Hal ini karena gadget yang ringan dan bisa dibawa ke mana saja ini makin canggih dan dilengkapi dengan fitur-fitur yang selalu up to date.

Kameranya jernih dan spesifikasinya tinggi hingga bisa dipakai untuk edit video dengan mudah.

Di samping itu, kini makin banyak aplikasi yang tersedia di Apps Store dan Play Store yang bisa mendukung kinerja youtuber untuk menghasilkan video yang orisinal dan menarik melalui smartphone.

Meski begitu, sebagian youtuber tetap merasa perlu menggunakan PC atau laptop untuk kebutuhan editing sehingga rendering video tidak akan terganggu sama sekali.

PC atau laptop juga bisa digunakan untuk video-video khusus seperti animasi yang dalam pembuatannya tentu butuh spesifikasi perangkat yang lebih besar.

Untuk itu, sekarang tentukan dulu gagdet apa yang akan Anda pakai untuk mulai menghasilkan uang. Hanya android, PC, atau keduanya. Saran kami, Anda butuh keduanya.

Cara memasukkan video ke youtube dan menghasilkan uang

Berikut ini adalah beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan untuk bisa mulai memasukkan video ke youtube dan melakukan cara mendapatkan uang dari youtube:

Lihat juga >>  Berapakah Pendapatan YouTuber Atta Halilintar?
Cara memasukkan video ke youtube dan menghasilkan uang

Menentukan tema konten

Bila Anda perhatikan, ada banyak tema video yang cukup populer di youtube. Kalau artis, biasanya kanalnya akan ramai pengunjung dengan tema vlog keseharian. Namun, bagi youtuber-youtuber yang belum punya nama alias dari kalangan biasa, tema yang bisa dipilih adalah:

Tutorial

Ada banyak jenis tutorial yang bisa dipakai, contohnya adalah masak-masak, make up, pembuatan denah rumah, dan yang lainnya.

Konten ini terasa tak tergantikan sebab:

  1. Video masak akan memperjelas resep-resep yang biasanya hanya bisa dilihat dalam bentuk tulisan. Lewat video, orang yang menontonnya bisa langsung melihat bagaimana konsistensi adonan, encer tidaknya, warnanya, dan yang lainnya. Mereka bisa langsung menonton dan tidak hanya berimajinasi saja.
  2. Tutorial make up pun demikian. Dengan menonton video secara langsung para viewer akan melihat secara langsung bagaimana warna, ketebalan, dan alat apa saja yang diperlukan.

Review

Review produk elektronik, otomotif, alat make up, dan semacamnya tentu akan sangat berguna dan lebih terlihat nyata bila dilakukan dalam bentuk video.

Pendidikan

Anak-anak memiliki kecenderungan yang berbeda dalam cara belajar. Ada yang suka hanya dengan membaca, ada pula yang perlu mendengar, dan melihat secara langsung. Maka dari itu, selain bisa belajar dari buku, edukasi melalui video juga sangat dibutuhkan di era digital.

Musik

Jika Anda punya keahlian bermusik, cobalah untuk mengangkat tema ini. Sebab hiburan memiliki jumlah penonton yang cukup banyak.

Masih ada tema-tema besar lain yang bisa digarap. Dalam memilih tema, hendaknya harus berdasarkan dari kemampuan atau keahlian sendiri. Agar ke depannya Anda tidak akan menemukan kesulitan saat hendak mengembangkan channel.

Riset keyword

Ketika Anda sudah menentukan tema besarnya, kini saatnya untuk melakukan riset kata kunci yang lebih spesifik dari tema besar yang Anda buat.

Membuat video dengan kualitas yang bagus

Penonton tentu lebih senang dengan video yang gambarnya jelas dibanding yang blur, goyang, atau bermasalah. Jadi, selalu pakai video dengan hasil gambar yang jernih dan kualitasnya bagus.

Lihat juga >>  Syarat Monetasi Youtube Dan Menjadi Youtuber

Tak hanya kualitas gambar, Anda juga harus memastikan suara yang dikeluarkan dalam video tersebut jelas.

Judul, tag, dan deskripsi

Untuk meningkatkan engagement, Anda bisa mengoptimalkan pemilihan judul, tag, dan deskripsi. Kalimat-kalimat yang Anda buat ini harus berisi kata kunci yang sudah diriset sebelumnya. Supaya nantinya video akan lebih mudah ditemukan dan muncul dalam halaman pencarian youtube.

Namun, jangan sampai membuat judul yang cenderung spamming karena bisa menurunkan tingkat kepercayaan penonton terhadap kanal Anda.

Capai rangking tertinggi di youtube

Salah satu cara agar video Anda diputar oleh banyak orang adalah dengan menempati rangking tertinggi dalam halaman pencarian youtube. Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa mewujudkan hal tersebut:

  1. Jumlah komentar yang banyak.
  2. Penonton yang subscribe setelah menonton video.
  3. Sharing video.
  4. Durasi (total dan yang ditonton oleh pengunjung).

Hal-hal di atas bisa ditempuh secara manual. Tapi juga ada cara instannya. Salah satunya adalah mendapatkan subscriber lewat tempat jual subscribers youtube terbaik.

Selain dari cara ini, untuk mendapatkan subscriber Anda juga bisa membuat tombol call to action di video untuk langsung subscribe ke kanal setelah menonton.

Melakukan promosi untuk meningkatkan engagement

Jangan hanya mengandalkan hasil pencarian. Anda bisa meningkatkan jumlah engagement dengan melakukan promosi. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

  1. Membagikannya di media sosial (facebook, instagram, atau whatsapp).
  2. Menautkan langsung ke blog.

Dari dua cara di atas, cara pertama adalah yang tergolong paling simpel dan banyak dilakukan oleh para youtuber di Indonesia.

4 Cara membuat akun youtube yang menghasilkan uang

Ada beberapa pintu yang bisa Anda pilih untuk bisa menghasilkan uang di youtube:

Cara membuat akun youtube yang menghasilkan uang

Cara menyambungkan youtube channel ke adsense

Pilihan pertama yang paling terkenal adalah adsense. Anda harus mendaftar dulu agar bisa memonetisasi akun Anda. Sebelum mendaftar, silakan penuhi dulu syaratnya:

  1. Akun terverifikasi (cek cara verifikasi akun youtube agar lebih jelas).
  2. Memiliki subscriber minimal 1.000.
  3. Video orisinal dan tidak melanggar ketentuan youtube.
  4. Jam tayang mencapai 4.000 dalam 12 bulan terakhir.
Lihat juga >>  Cara Melihat Subscriber yang di Hidden atau Disembunyikan

Setelah mendaftar dan diterima, Anda barus bisa melakukan proses penautan adsense sehingga akan muncul iklan saat video diputar.

Afiliasi

Selain adsense, Anda juga bisa bekerja sama dengan afiliasi. Kalau yang ini skemanya adalah komisi. Sebelum jadi affiliater, Anda juga perlu mendaftar dulu ke perusahaan.

Menjual produk sendiri

Bila Anda memiliki produk yang sedang dijual, silakan lakukan promosi dengan cara membuat video dan diunggah di youtube. Ini tentu bisa jadi strategi yang bagus di era digital seperti sekarang.

Bekerja sama dengan brand

Salah satu contoh channel youtuber Indonesia yang sering bekerja sama dengan brand adalah channel artis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Ada banyak sekali brand yang bekerja sama dengan mereka. Baik brand yang bergerak dalam bidang barang maupun jasa.

Telaten dan konsisten

Keberhasilan seseorang sebagai youtuber tak lepas dari usahanya untuk mendapatkan kuantitas kunjungan dari kualitas video dan konten yang diunggah di platform tersebut.

Untuk benar-benar bisa jadi youtuber, Anda tidak bisa hanya membawa bekal latah. Misalnya, Si A bikin, Anda juga bikin.

Untuk ada di bidang ini butuh konsistensi. Maka dari itu, ide-ide baru harus terus dikembangkan agar konten yang dihasilkan adalah yang terbaik dan bisa memberikan wawasan dan pengetahuan baru pada para subscriber.

Jadi, bila ingin cara mendapatkan uang dari youtube ini berhasil, teruslah semangat dalam berkarya! Rasanya sangat perlu untuk membuat jadwal khusus buat upload video dan mengikuti jadwal tersebut secara teratur.

meri puspita
 

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Butuh Bantuan? Chat dengan kami