Apa Itu Copyright, Fungsi, dan Akibatnya Bila Melanggar

Kenali apa itu copyright dan fungsinya. Jangan sampai dilanggar bila tidak mau kena tegur dari pihak Youtube.

Copyright merupakan salah satu komponen penting yang harus diketahui oleh setiap pengguna youtube. Khususnya buat mereka yang berniat serius menghasilkan uang sebagai youtuber.

Jika Anda juga ingin sukses di platform ini, maka pengetahuan tentang copyright dan trik supaya tak melanggarnya harus diketahui dengan jelas.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya secara detail. Silakan menyimak sampai akhir demi konten yang berkualitas dan aman.

Apa itu copyright? Ini pengertian dan contohnya

Dalam bahasa indonesia, arti dari copyright adalah hak cipta. Istilah ini sudah tidak asing bagi seniman, baik di Indonesia maupun dunia.

Apa itu copyright Ini pengertian dan contohnya

Dalam dunia kreasi, mau itu musik, lagu, tulisan, fotografi, atau yang lain. Semuanya ada hak ciptanya sendiri-sendiri. Yakni sebuah hak yang dimiliki oleh pemilik atau penciptanya agar tidak mudah dipakai, dicuri, atau diplagiat oleh orang lain.

Maka dari itu, hak cipta ini menempel pada lagu, musik, klip, atau hasil kreasi lain yang diciptakan oleh pemiliknya.

Orang lain yang tidak ikut menciptakannya harus hati-hati dalam menggunakan hasil cipta orang lain. Mereka harus meminta izin dulu kepada si empunya atau minimal mencantumkan sumber.

Hak cipta merupakan hal yang sangat sensitif dalam dunia kreativitas, termasuk youtube. Bila Anda membuat sebuah konten kreatif yang menyertakan sebuah ciptaan orang lain, maka saat mengunggahnya di platform ini, harus ada link yang disertakan sebagai sumbernya.

Contoh copyright

Untuk memahaminya secara lebih jelas, berikut ini adalah contoh copyright yang ada di youtube:

  1. Menggunakan musik seseorang sebagai background music konten yang dibuat kemudian memberikan link sumber di bagian deskripsi.
  2. Pemakaian musik sebagai background untuk logo (intro) di awal video juga harus mencantumkan link sumber.
  3. Beberapa waktu lalu publik dihebohkan dengan lagu Kekeyi yang ditonton sampai belasan juta kali. Sayangnya, dalam lagu tersebut ada nada yang hampir sama dengan lagu milik Rini Wulandari sehingga video Kekeyi akhirnya ditakedown oleh Youtube karena dianggap melanggar hak cipta.
Lihat juga >>  Cara Menyembunyikan Subscribers Youtube Terbaru, Update!

Itulah beberapa contoh hak cipta. Intinya, meski sedikit hasil ciptaan yang dipakai. Para pengguna harus benar-benar hati-hati dan menaati peraturan yang ada di Youtube dengan baik.

Fungsi copyright

Dari awal dibuat, fungsi copyright adalah untuk melindungi pencipta agar hasil karyanya tidak disalahgunakan, dicuri, atau jenis penyelewengan lainnya.

Sekarang coba bayangkan, jika Anda membuat sesuatu. Mulai dari ide, eksekusi, dan semuanya sampai selesai Anda lakukan sendiri. Tiba-tiba pada suatu saat, ada orang yang mencuri atau menggunakannya tanpa izin.

Pastinya rasanya akan sangat kesal dan bikin mangkel sendiri. Sebab untuk bisa mendapatkan ide saja butuh waktu yang lumayan lama. Belum eksekusinya dan proses penyempurnaannya hingga bisa diterima oleh khalayak.

Bila ada tindakan pencurian atas karya yang digodog sedemikian rupa tentu rasanya akan sangat gemas dan bikin marah.

Maka dari itu, hak cipta ini diatur secara legal dalam undang-undang. Jika Anda pernah mendengar HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual), maka ini bisa dibilang sebagai payungnya para pencipta atas hak ciptaan mereka.

HAKI inilah yang akan memantau proses penciptaan dan penggunaan karya-karya. Agar kerugian para pencipta atas terjadinya penyelewengan bisa dicegah, diminimalkan, bahkan dihilangkan.

Di Indonesia, pelanggaran hak cipta sendiri sudah diatur secara legal di UU nomor 18 tahun 2014.

Dan lagi-lagi, kalau di Youtube, Anda minimal harus menyertakan link sumber di bagian deskripsi.

Akibat copyright youtube

Lantas, bagaimana jika dalam satu waktu Anda menggunakan sesuatu yang merupakan hasil karya orang lain dalam konten yang diunggah di youtube?

Akibat copyright youtube

Jika hal ini terjadi, tentu akan ada akibat yang terjadi pada konten yang dibuat. Pertama kali, mungkin Anda akan mendapatkan peringatan terlebih dulu.

Lihat juga >>  Cara Masukin Video ke Youtube dan Tips Biar Dapat Uang

Namun bila peringatan sudah tidak diindahkan, maka bisa jadi konten akan langsung menghilang dari hasil pencarian dan tidak bisa diakses lagi.

Meskipun engagement-nya di youtube analisis sudah tinggi. Bagi Youtube, selama video tersebut mengandung karya orang lain (tidak original), maka ini bisa dipersengketakan sehingga harus segera di-takedown.

Bila konten tersebut sudah ada iklannya atau akun sudah terdaftar di Google Adsense, maka imbasnya akan lebih parah lagi. Yakni penghasilan bisa jadi tidak akan cair selama beberapa bulan atau yang terparah akun akan tersuspend.

Jadi intinya, postinglah atau unggahlah konten yang memang berisi hasil karya pribadi. Bukan plagiat, tiruan, apalagi mengandung hak cipta orang lain.

Membuat konten terbaik yang aman dari copyright

Kami sadar, menciptakan video yang menarik dan mengundang banyak kunjungan atau viewer memang tidak semudah membalik telapak tangan.

Membuat konten terbaik yang aman dari copyright

Anda harus memikirkan bagaimana videonya, audionya, musik latarnya, dan penempatan-penempatan editing yang pas.

Masalahnya, skill seseorang kadang tidak cukup untuk melakukan itu semua. Belum lagi waktu yang dibutuhkan pasti sangat panjang.

Untuk itu, yang dibutuhkan adalah solusi supaya tetap dapat membuat konten kece tanpa merugikan pihak lain.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan musik atau hasil karya yang no copyright atau copyright free.

No copyright adalah

Setelah mengerti apa itu copyright, Anda juga harus tahu negasinya, yakni no copyright.

Pengertian no copyright adalah segala bentuk ciptaan atau hasil karya yang tidak punya hak cipta sehingga bebas digunakan oleh siapa saja. Biasanya tanpa perlu menyertakan sumber atau semacamnya.

Tapi, jika memang ada link sumber dan Anda mau menyertakannya pun tak jadi masalah. Ini adalah sebagai bentuk rasa terima kasih dan penghormatan secara pribadi kepada penciptanya.

Lihat juga >>  Yuk Benerin Ukuran Thumbnail Youtube Biar Dolar Jadi Lancar

Sebagai contoh, untuk pembuatan konten di youtube dibutuhkan musik latar yang beraneka ragam supaya penonton tak bosan.

Untuk mencukupi kebutuhan tersebut, sekarang ada banyak sekali tempat download musik yang tidak dilekati dengan hak cipta atau free hak cipta.

Tempat download musik free royalty

Berikut ini adalah beberapa situs yang bisa dipakai untuk mengunduh musik-musik free royalty:

  1. Bensound.com.
  2. Mixkit.co.
  3. Hooksounds.com.
  4. Filmstro.com, dll.

Sebenarnya, youtube sendiri punya koleksi musik yang dapat dipakai oleh penggunanya saat mengunggah sebuah konten. Akan tetapi pilihannya terbatas sehingga kemungkinan untuk bereksplorasi mungkin kurang.

Memakai aplikasi editing yang sudah ada musiknya

Agar makin mudah, Anda bisa pakai aplikasi editing video yang sudah ada musik latarnya. Di sini, biasanya ada info link musiknya sekalian yang bisa ditulis di kolom deskripsi pada saat mengunggah video.

Salah satu contohnya adalah aplikasi “Intro Maker”. Aplikasi ini khusus untuk membuat intro youtube yang sudah dilengkapi dengan musik-musik keren dan link-link sumbernya untuk dicantumkan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Youtube selalu menghendaki sebuah konten yang original. Untuk itu, agar bisa mendapatkan engagement dan like tinggi Anda harus membuat sesuatu yang menarik dan original.

Namun, bila memang tidak memungkinkan, Anda bisa beli views youtube atau terpaksa menggunakan karya orang lain tapi dengan menyertakan sumber.

Terakhir, sebagai youtuber yang sudah mengerti apa itu copyright hendaknya kita saling menghormati sesama pencipta. Menjaga sopan santun dan saling memohon izin bilamana menggunakan ciptaan orang lain. Dengan begini konten kita juga akan terjaga dari tindakan jahat dari orang lainnya.

meri puspita
 

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Butuh Bantuan? Chat dengan kami