Ukuran Video Instagram dan Cara Upload Agar Tak Terpotong

Pastikan ukuran video instagram yang akan diunggah sudah sesuai dengan standar. Dengan begitu, postingan akan terlihat presisi dan komposisinya pas.

Saat ini seluruh pengguna IG bisa mengunggah videonya di feed, instagram story, dan IG TV. Ketiganya memiliki durasi, resolusi, dan ukuran detail masing-masing.

Untuk itu, para pengguna sebaiknya mengetahui ukuran detail tersebut. Terlebih buat user yang lebih sering memposting video dibanding foto.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai size video yang direkomendasikan di IG. Kami juga akan membahas cara mengunggahnya agar tidak terpotong-potong (multiple post). Selamat menyimak.

Contoh akun dengan postingan video yang banyak

Ada banyak sekali contoh pengguna IG yang lebih sering memposting video dibanding foto. Sebagian besar adalah akun-akun yang isinya adalah tutorial. Berikut ini adalah contohnya:

Contoh akun dengan postingan video yang banyak

Akun tutorial memasak

Memasak kini tak hanya menjadi hobi, tetapi juga menjadi kebutuhan. Apalagi buat ibu rumah tangga yang baru saja pindahan, tutorial memasak tentu amat diperlukan.

Jauh dari keluarga membuat mereka harus belajar memasak dari awal tanpa dampingan orang tua. Solusinya adalah dengan melihat tutorial di Youtube atau Instagram.

Contoh akun yang membahas mengenai tutorial memasak di Indonesia adalah @yackikuka. Sebagian besar isi dari akun ini adalah  tutorial untuk memasak dengan menu makanan dari dalam dan luar negeri.

Tutorial memasak memang perlu sekali dibuat dalam bentuk video. Tujuannya adalah agar proses memasak hingga tekstur adonan bisa dilihat dengan lebih jelas.

Tutorial make up

Selain memasak, aktivitas lain yang hanya bisa dibagikan dalam bentuk tutorial video adalah make-up. Ada banyak sekali beauty vlogger yang membuat akun IG secara khusus untuk memperlihatkan kepiawaiannya dalam memulas wajah.

Lihat juga >>  Kenali Cara Membuat Instagram Bisnis, Fitur, dan Fungsinya

Sebagian besar dari mereka menjadi selebgram dan biasanya mendapatkan tawaran endorsement. Contohnya adalah @jharnabhagwani yang isi akunnya kebanyakan berupa video.

Toko online

Pemilik toko online kini juga sering terlihat membuat video untuk menarik pengunjung. Videonya secara umum berisi proses pengerjaan barang atau pemotretan produknya.

Terkadang, mereka juga membuat tutorial pemakaian produk agar bisa ditiru oleh pembelinya.

Contohnya adalah para pemilik toko online jilbab yang membuat tutorial hijab, pemilik warung makan online yang mengunggah konten pembuatan makanan secara higienis, dan lain-lain.

Jika Anda adalah pemilik toko online, maka cobalah unggah konten video agar jumlah engagement di akun Anda naik.

Hal ini terjadi lantaran kini banyak orang tertarik menonton video ketimbang foto. Konten seperti ini dinilai lebih riil, dinamis, dan tidak membosankan.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan engagement adalah dengan menghubungi tempat jual followers instagram terbaik. Anda pun bisa mencobanya.

Nah, perlu diketahui bahwa selain akun di atas masih ada akun-akun lain yang berisi video-video. Misalnya, akun video lucu, montesori anak, dll.

4 Ukuran video instagram: durasi, resolusi, aspek rasio, dan ukuran file

Sebelum Anda memposting konten di IG, perhatikan ukurannya dengan benar. Silakan cek ulasannya di bawah ini untuk melihat rekomendasi size masing-masing video yang akan diunggah.

Ukuran video instagram durasi, resolusi, aspek rasio, dan ukuran file

Ukuran video instagram landscape

Jika video yang Anda ambil menggunakan format landscape, maka resolusinya adalah 600 x 315 piksel dengan frame 30 fps dan aspek rasionya adalah Rp 1.91:1.

Durasi video yang diperbolehkan ada di feed adalah maksimal 60 detik atau 1 menit.

Size video portrait

Bila Anda mengambil video dengan format portrait atau vertikal, maka resolusinya adalah 600 x 750 piksel dengan frame 30 fps dan aspek rasio 4:5.

Lihat juga >>  Cara Endorse Instagram dan Rentang Harga Endorsement

Durasi yang diperbolehkan ada di feed maksimal selam 60 detik atau 1 menit.

Ukuran video square (persegi)

Kalau formatnya square atau persegi, maka rasio aspeknya adalah 1:1 dengan resolusi 600 x 600 piksel. Frame videonya adalah 30 fps dengan durasi maksimal 1 menit atau 60 detik.

Ukuran video instagram TV

Bila durasi 1 menit terlalu pendek, maka Anda bisa mengunggah konten berdurasi panjang ke IG TV. Perhatikan ukuran yang direkomendasikan buat postingan IG TV berikut ini:

Untuk postingan format lanskap, gunakan rasio 16:9 dengan resolusi minimal 720 piksel dan frame 30 fps. Sementara format potret, ketentuannya adalah rasio 9:16 dengan ukuran resolusi dan frame yang sama.

Format file yang bisa diunggah melalui IG TV hanya .mp4 dengan ukuran file maksimal 3,6 GB.

Selain itu, ada juga batasan durasi videonya. Jika diunggah lewat web, maka durasinya bisa 1 jam atau 60 menit. Namun, bila Anda mengunggahnya dari aplikasi, maka durasi maksimalnya hanya 15 menit saja.

Setelah diposting, IG TV ini nantinya juga akan memiliki cover dengan ukuran rasio aspek 1:1.55 dan resolusi 420 x 654 piksel.

Itulah beberapa ukuran post instagram khusus untuk video yang bisa Anda terapkan setiap kali memposting sesuatu di instagram.

Bila ukurannya tidak pas, maka ada kemungkinan konten akan terpotong, pecah, blur, atau semacamnya akibat dari compressing otomatis.

Untuk itu, pastikan pengaturan kamera HP Anda sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh IG atau edit dulu sebelum diposting jika memang diperlukan.

Cara upload video di IG lebih dari 1 menit tanpa terpotong di feed

Meski sudah ada fitur instagram TV yang bisa digunakan untuk upload video lebih dari 1 menit, nyatanya masih banyak orang yang menggunakan feed untuk upload konten video.

Cara upload video di IG lebih dari 1 menit tanpa terpotong di feed

Jika Anda juga memiliki kebiasaan yang sama, maka ada cara yang bisa dilakukan untuk menyiasati durasi video lebih dari 1 menit yang hendak diposting di feed. Berikut ini adalah pilihan caranya:

Lihat juga >>  2 Cara Mengganti Email IG Mudah Via PC dan HP

Pakai aplikasi inShot dan posting dengan cara multiple post

Cara pertama adalah dengan menggunakan aplikasi inShot yang bisa diunduh di Play Store. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memotong 1 video menjadi beberapa video dengan durasi masing-masing 60 detik.

Artinya, ukuran durasinya memang sudah pas untuk feed instagram.

Setelah dipotong atau ditrim, video-video tersebut bisa diunggah ke feed dengan memilih multiple. Jadi, setelah ter-upload, Anda bisa menggeser ke kiri untuk melihat videonya secara berkelanjutan.

Mempercepat durasi videonya

Selain menggunakan inShot, Anda juga bisa mengedit video terlebih dulu sebelum diunggah. Editingnya sangat sederhana, yakni dengan meningkatkan kecepatan videonya sebanyak 2 kali lipat atau lebih. Tergantung kebutuhan.

Di Play Store, ada banyak sekali aplikasi yang bisa dipilih. Termasuk salah satunya adalah Inshot tadi. Hal ini karena pada aplikasi ini sudah tersedia menu untuk mengatur speed sebuah konten.

Jika ingin yang lebih lengkap, Anda bisa menggunakan Filmora. Aplikasi ini memang lebih berat dan membutuhkan ruang lebih banyak di HP ketimbang inShot. Tapi fitur-fiturnya sangat lengkap dan bisa dioperasikan dengan mudah.

Sangat cocok buat editing konten secara dasar bagi para pemilik toko online karena fiturnya sangat lengkap dan akan mendukung kebutuhan bisnis atau toko.

Demikian informasi tentang ukuran video instagram dan cara upload videonya bila berdurasi lebih dari 1 menit. Semoga informasinya bermanfaat.

meri puspita
 

Butuh Bantuan? Chat dengan kami