Cara Riset Hashtag Instagram: Manual, Tools, Aplikasi Terbaru

Mau engagement IG meningkat? Maksimalkan postingan dengan riset hashtag instagram. Silakan pakai cara manual, tools, atau aplikasi untuk hasil terbaik.

Hashtag merupakan salah satu komponen di IG yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan lebih banyak followers dan engagement. Dengan hashtag, jangkauan postingan jadi lebih luas.

Secara statistik, 1 hashtag yang digunakan pada konten tertentu akan meningkatkan jangkauan audiens sebanyak 12,6%. Oleh karena itu, sayang sekali kalau fitur tagar ini tidak dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Namun, perlu diketahui juga bahwa penggunaan tagar pada konten tidak bisa sembarangan. Anda harus melakukan riset secara mendalam supaya konten tersebut tepat sasaran dan engagement-nya bertambah.

Percuma bila konten bisa menjangkau lebih banyak audiens tapi audiens-nya tidak tepat sasaran.

Artinya, benar bahwa konten akan dilihat lebih banyak orang, tapi orang tersebut tak akan tergerak untuk klik like atau komen karena tidak menyukainya.

Simak ulasan ini sampai selesai untuk mencari tahu bagaimana cara melakukan riset hashtag yang benar sehingga menjangkau penonton secara tepat.

Fungsi hashtag yang harus Anda tahu

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara risetnya, Anda harus tahu dulu kenapa pemakaian tagar bisa menaikkan engagement. Alasannya berhubungan erat dengan fungsi tagar sebagaimana ditulis di bawah ini:

Di IG ada fitur follow tagar

Tahukah Anda jika di IG ada fitur follow tagar? Ya, Anda bisa mengikuti tagar-tagar tertentu yang kontennya Anda sukai.

Misalnya, Anda mengikuti #menumasakanindonesia. Maka setiap hari saat membuka IG, explore akan dipenuhi dengan konten berisi masakan ala Indonesia.

Jadi keyword di search engine IG

Kata yang dipakai dalam hashtag secara otomatis akan menjadi kata kunci. Nantinya, hashtag ini akan muncul di hasil pencarian saat ada pengguna lain yang memasukkan kata kunci yang sama atau berkaitan di search engine IG.

Lihat juga >>  Cara Membuat Feed Instagram Nyambung, Aesthetic, Cantik

Trik hashtag instagram manual, semua bisa mencobanya!

Anda bisa riset tagar dengan cara-cara manual. Trik ini membutuhkan ketelatenan. Jadi bersiaplah. Here we go!

Mulai brainstorming kata kunci

Trik hashtag instagram manual - Brainstorming kata kunci

Sebelum memulai semuanya, buatlah list yang berisi kata kunci yang berhubungan dengan bisnis yang sedang dijalankan. Khususnya tentang konten yang di-posting.

Anda bisa melakukan brainstorming dengan cara menjawab pertanyaan di bawah ini:

  1. Konten apa yang diposting?
  2. Produk apa yang ditawarkan?
  3. Bagaimana momen yang ada di konten tersebut?
  4. Apa manfaat produknya?
  5. Di mana lokasinya?
  6. Siapa target audiens-nya?, dll.

Pertanyaan ini akan mempermudah Anda untuk menemukan follower yang memiliki ketertarikan yang sama dengan produk yang di-post. Dengan begini, Anda bisa menemukan calon follower tertarget.

Cek di fitur pencarian instagram

Jika daftarnya sudah siap, silakan cek hashtag tersebut di fitur pencarian instagram. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah tagarnya sudah ada atau belum di fitur pencarian. Berikut langkahnya:

  1. Masukkan kata kunci yang sesuai dengan bisnis Anda di halaman pencarian IG.
  2. Klik pada menu Tags.
  3. Catat 10 sampai 20 tags yang berhubungan dan menarik.
  4. Eksplorasi hasil pencarian dengan mencari tagar turunannya.
  5. Jangan lupa klik Accounts untuk mencari tahu pengguna lain yang memanfaatkan tagar tersebut. Akan lebih baik jika Anda mencatat akun-akun influencer yang mengikuti tagar ini.

Catat dengan jelas akun-akun dan tagar yang ada supaya optimasi dapat lebih maksimal.

Riset hashtag dengan memanfaatkan top post

Instagram punya top post yang akan keluar saat memasukkan tagar tertentu. Top post ini berisi konten yang disarankan oleh IG karena dinilai memiliki kualitas yang bagus.

Anda bisa cek salah satu postingan di menu top post untuk mencari tahu hashtag apa saja yang mereka pakai sehingga IG mau merekomendasikannya.

Lihat juga >>  Cara Promote IG Agar Followers Bertambah dengan Cepat!

Hashtag yang sering dipakai dan difollow oleh selebgram

Untuk mendapatkan kata kunci secara manual, Anda juga bisa memanfaatkan tagar yang sering dipakai atau difollow oleh selebgram

Untuk mengetahui tagar yang difollow selebgram, silakan ikuti cara berikut:

  1. Buka profil akun IG selebgram.
  2. Klik pada jumlah following.
  3. Pada bagian atas ada menu hashtags, silakan buka.
  4. Di situ, Anda akan menemukan hashtag yang diikuti oleh selebgram tersebut.

Untuk mengetahui tagar yang dipakai selebgram, silakan ikuti cara di bawah ini:

  1. Buka profil akun IG selebgram.
  2. Cek postingannya.
  3. Lihat caption-nya.

Cara mengetahui tagar yang sering dipakai selebgram ini memang tak bisa dihitung secara matematis.

Jadi, kita hanya bisa mengira-ngira tagar yang mereka pakai tanpa tahu angka eksak jumlah pencari tagar tersebut di search engine instagram.

Meski begitu, cara manual di atas tetap layak dicoba kalau punya cukup banyak waktu dan telaten mengerjakannya.

Riset hashtag instagram gratis pakai tools

Jika Anda tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan proses riset secara manual, maka ada banyak tools yang bisa dimanfaatkan. Di antaranya adalah:

  1. Hashtagify.
  2. TINT.
  3. Talkwalker.
  4. RiteTag.
  5. KeyHole.
  6. All Hashtag.
  7. Webstagram.
  8. Keywordtool.io.
  9. Seekmetrics.
  10. Displaypurposes.com, dll.
Riset hashtag instagram gratis pakai tools - hashtagify

Dari beberapa pilihan di atas, berikut ini ulasan dua tools riset hashtag instagram yang paling banyak dicari oleh warganet:

Seekmetrics

Dengan seekmetrics, Anda bisa mengetahui tagar yang sedang trending dan topik apa yang sedang banyak dibahas oleh warganet.

Cara menggunakan seekmetrics sangat mudah. Masukkan hashtag yang diinginkan ke kolom yang tersedia. Selanjutnya, tools akan mengeluarkan daftar rekomendasi hashtag yang sesuai setelah diolah oleh sistem.

All Hashtags

All Hashtags sangat cocok dipakai oleh para pemilik toko online yang menggelar lapak di IG. Ada fitur hashtag generator, analisa, creator, dan top hashtag pada tools ini.

Lihat juga >>  Apakah Benar Snapgram adalah Instagram Story?

Pemakaian tools di atas diharapkan bisa jadi cara memperbanyak followers instagram otomatis agar engagement postingan lebih optimal atau meningkat.

Aplikasi pencari hashtag instagram

Selain tools, Anda juga bisa menggunakan aplikasi untuk melakukan riset hashtag instagram. Ada banyak opsi yang dapat diunduh di Play Store, di antaranya adalah:

  1. Tagify.
  2. inTags.
  3. Hashtags.
  4. Hashtag for Instagram.
  5. Hashtag Inspector Pro.
Aplikasi pencari hashtag instagram - Tagify

Masing-masing aplikasi bisa men-generate tagar yang sesuai dengan tagar utama yang Anda masukkan ke apknya. Setelah tergenerate, Anda pun bisa langsung mencopypaste untuk dimasukkan ke caption sehingga konten bisa langsung diposting.

Mayoritas aplikasi di atas juga memiliki ulasan yang baik dari para penggunanya. Bintangnya di atas 4 dan jumlah unduhannya sudah jutaan.

Anda dapat memilih salah satu rekomendasi di atas atau mencari sendiri dengan kata kunci “riset hashtag IG”.

Yang jelas, dengan aplikasi ini diharapkan generate tagar bisa dilakukan dengan cepat. Hasilnya likes postingan akan bertambah.

Kalaupun belum ada kemajuan, Anda bisa langsung menghubungi tempat jual likes IG terbaik sebagai booster.

Demikian informasi tentang cara riset hashtag instagram baik secara manual maupun instan. Anda dapat melakukannya satu per satu atau langsung mengombinasikannya.

meri puspita
 

Butuh Bantuan? Chat dengan kami