3 Cara Menghapus Akun Instagram dari HP dan Laptop

Lakukan cara menghapus akun instagram dari aplikasi atau browser bila Anda ingin rehat dari dunia media sosial. Silakan pilih untuk menghapusnya secara permanen atau sementara.

Pilihan-pilihan tersebut tentu memiliki langkah yang berbeda. Namun yang jelas, keduanya bisa dilakukan baik melalui HP maupun laptop dan PC. Syarat utamanya adalah password IG.

Pastikan bahwa Anda tidak lupa kata sandi untuk masuk ke akun instagram pribadi. Sebab untuk bisa menghapus akun, baik sementara maupun permanen, pihak IG perlu memastikan bahwa yang menghapusnya adalah pemilik akun itu sendiri.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas lebih jelas mengenai perbedaan penghapusan permanen dan sementara sekaligus langkah-langkahnya. Simak sampai selesai bila sedang butuh informasinya.

Penghapusan account IG sementara vs permanen

Sebagaimana diketahui, instagram memberikan opsi kepada seluruh pengguna untuk dapat menghapus akunnya apabila dibutuhkan. Penghapusan ini bisa dilakukan secara permanen dan sementara.

Perbedaan keduanya bisa dilihat dalam uraian di bawah ini:

Hapus sementara (nonaktif account)

Opsi pertama adalah menghapus secara temporer atau sementara. Seringnya, tindakan ini juga disebut dengan istilah “Menonaktifkan Akun”.

Sesuai dengan namanya, penghapusan ini tidak akan menghilangkan akun secara permanen. Anda bisa sewaktu-waktu kembali menggunakannya apabila login dengan username dan kata sandi yang benar.

Sementara itu, selama account dihapus secara temporer atau lebih tepatnya disebut nonaktif, orang lain tidak akan dapat mengaksesnya, termasuk mencari di kolom pencarian dan membuka profil IG tersebut.

Kemudian, baru saat Anda login memakai username dan password yang benar, data IG akan dapat restore dan aktif kembali. Dengan kata lain, pengguna tidak akan kehilangan postingan yang ada di IG-nya selama nonaktif.

Pilihan pertama ini sangat cocok buat orang-orang yang ingin istirahat sementara di media sosial, khususnya instagram. Sebab kapan pun ingin kembali menggunakannya, mereka bisa langsung memakainya dengan cara log in seperti biasa.

Lihat juga >>  2 Cara Melihat Foto Profil Instagram dan Menyimpannya

Hapus permanen

Sesuai dengan namanya, ini adalah tindakan yang akan menghapus keseluruhan account, termasuk data atau postingan yang ada di dalamnya. Juga tag foto yang pernah disematkan di account tersebut.

Yang perlu digarisbawahi, jika memilih cara menghapus akun instagram secara permanen ini maka berarti Anda siap untuk kehilangan segala hal yang berhubungan dengan account tersebut. Termasuk di antaranya username atau nama pengguna, video, komentar, profil, hingga followers.

Cara hapus akun instagram ini biasanya dipilih oleh sebagian orang yang merasa sudah tidak nyaman dengan media sosial karena pengaruh bully atau semacamnya. Atau kadang juga dipilih oleh sebagian orang yang ingin membuka lembaran baru dalam hidupnya, yakni dengan cara membuat account baru yang lebih segar dan positif.

Apabila Anda melakukan cara hapus akun IG agar bisa lebih positif dan ingin cepat mendapatkan followers untuk account baru, maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan beli followers instagram terbaik.

Setelah follower terkumpul, Anda bisa menggunakan akunnya baik untuk pribadi maupun umum (contoh: jualan atau mengumpulkan massa).

3 Cara menghapus akun instagram di HP dan laptop

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghapus IG account baik lewat browser maupun aplikasi.

Cara hapus akun instagram di HP dan PC sementara (non aktif)

Cara menghapus akun instagram di HP dan laptop - Hapus Sementara - Non Aktif

Jika Anda hanya ingin menyembunyikan postingan dan hendak menggunakan akunnya lagi suatu hari nanti, maka silakan lakukan langkah di bawah ini:

  1. Buka instagram.com dari browser yang ada di HP atau instagram PC dan laptop. Pastikan untuk membukanya dari browser, sebab nonaktif account tidak bisa dilakukan via aplikasi.
  2. Silakan login menggunakan username dan password.
  3. Masuk ke halaman profil dan pilih Edit Profil.
  4. Scroll ke bawah sampai menemukan opsi Nonaktifkan Sementara Akun Saya atau Temporarily Disable My Account. Letaknya di bagian kanan bawah.
  5. Pilih salah satu alasan kenapa Anda perlu menghapus akun sementara.
  6. Masukkan kata sandi IG pribadi lalu klik opsi Nonaktifkan Sementara Akun Saya atau Temporarily Disable My Account.
Lihat juga >>  Contoh Nama Olshop yang Bagus dan Tips Membuatnya

Setelah langkah keenam, akun Anda akan secara otomatis disembunyikan sampai Anda login kembali memakai nama pengguna dan kata sandi yang benar.

Cara menghapus akun IG secara permanen dari browser

Apabila sudah yakin untuk kehilangan seluruh informasi dan postingan yang Anda buat di akun IG, maka silakan hapus permanen akunnya melalui browser. Boleh dari HP (iPhone atau Android), boleh juga pakai laptop, PC, atau desktop.

Gambar 2 - Cara menghapus akun IG secara permanen dari browser

Silakan ikuti langkah di bawah ini untuk mulai delete account IG Anda:

  1. Kunjungi instagram.com.
  2. Log in seperti biasa dengan memasukkan kata sandi dan nama pengguna.
  3. Di bagian kanan bawah ada banyak menu yang bisa dipilih, salah satunya Help. Klik di menu tersebut.
  4. Klik pada menu Mengelola Akun Anda kemudian pilih Hapus Akun Anda.
  5. Pilih Bagaimana Cara Menghapus Akun Instagram Saya?
  6. Scroll ke bawah sampai menemukan opsi Hapus Akun Anda yang berwarna biru. Silakan diklik.
  7. Anda akan masuk ke halaman penghapusan permanen dan perlu memilih alasan penghapusan. Silakan pilih salah satu alasannya.
  8. Masukkan kata sandi untuk mengonfirmasi bahwa yang menghapus akun adalah Anda sendiri.
  9. Klik Permanently Delete My Account.

Selesai! Anda sudah menghapus account IG secara permanen.

Hapus IG account secara permanen dari aplikasi

Gambar 3 - Cara menghapus akun instagram secara permanen dari Aplikasi

Selain via browser, pengguna android dan iPhone juga bisa menghapus permanen akunnya secara langsung melalui aplikasi. Silakan ikuti langkah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi IG dari HP.
  2. Klik ikon profil.
  3. Pilih garis datar tiga kemudian klik Pengaturan (Settings) yang ada di bagian bawah.
  4. Klik menu Bantuan.
  5. Pilih Pusat Bantuan.
  6. Layar smartphone akan menampilkan pilihan browser yang ada di smartphone. Silakan pilih salah satu, misalnya Mozilla Firefox atau Google Chrome.
  7. Anda akan langsung terhubung ke halaman Help.Instagram.com.
  8. Pilih Mengelola Akun Anda.
  9. Klik Hapus Akun Anda.
  10. Pilih Bagaimana Cara Menghapus Akun Instagram Saya?.
  11. Scroll ke bawah dan pilih opsi Hapus Akun Anda.
  12. Jika sudah login, Anda akan diminta untuk memilih alasan kenapa menghapus akun.
  13. Kemudian delete account permanen.
Lihat juga >>  Contoh Kalimat Promosi Bisnis Online dan Cara Membuatnya

Setelah menghapus account secara permanen, Anda tidak akan bisa mengaksesnya lagi. Jadi, pastikan sudah yakin sebelum melakukan setiap langkahnya.

Proses penghapusan akun

Ada beberapa tahap yang akan terjadi setelah Anda melakukan proses penghapusan secara permanen sebagaimana tertulis di atas, yakni:

Tahap 1 (30 hari pertama)

Pada 30 hari pertama setelah permintaan penghapusan, akun dan informasi yang menyertainya akan terhapus secara permanen. Sebagai pengguna yang sudah menghapusnya, Anda tidak bisa mendapatkannya kembali.

Di tahap ini, Anda dan orang lain sudah tidak bisa mengakses IG tersebut.

Tahap 2 (90 hari)

Untuk menghapus keseluruhan postingan dan data cadangan lainnya, butuh waktu sekitar 90 hari setelah permintaan proses penghapusan.

Itulah beberapa cara menghapus akun instagram melalui HP dan PC. Sebelum mencobanya, pikirkan dan yakinkan diri Anda terlebih dulu.

meri puspita
 

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Butuh Bantuan? Chat dengan kami