3 Cara Menghapus Akun Facebook dengan Cepat

Punya banyak FB dan ingin menghapus salah satunya? Lakukan cara menghapus akun facebook sekarang! Cara ini dapat dilakukan via HP atau PC baik dari browser maupun aplikasi.

Sebagai sosial media yang sudah berumur, FB memang memiliki pengguna yang sangat banyak. Penggunanya datang dari berbagai kalangan dengan usia yang beragam. Tua muda, kalangan menengah ke bawah dan ke atas, hampir semuanya memiliki account di FB.

Yang menarik, satu orang kini punya lebih dari satu akun FB. Kebanyakan mereka memilah mana akun utama dan mana akun samaran yang bisa dipakai untuk stalking saja.

Nah, saat ini facebook bisa terkoneksi ke berbagai situs seperti spotify, pinterest, hingga marketplace. Dengan kemudahan ini, para pengguna bisa menikmati banyak fitur dan fasilitas baik dari dalam maupun dari luar facebook.

Kemudahan ini tentu menjadi daya tarik tersendiri untuk semua orang, termasuk buat mereka yang belum bergabung. Tak heran bila semakin hari semakin banyak saja pengguna baru yang muncul.

Sayangnya, karena jumlah pengguna yang banyak dan berasal dari berbagai kalangan, para oknum memanfaatkannya untuk hal negatif.

Hal ini terlihat dari banyaknya penyalahgunaan akun FB. Ada banyak sekali kasus pencurian data jahat. Juga akun-akun yang tiba-tiba dihack dan digunakan untuk penipuan.

Nah, bila Anda pernah mengalami hal serupa maka salah satu jalan yang bisa dilakukan adalah menghapus akun. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas langkah mudah untuk melakukan penghapusan akun-akun di FB. Jadi, selamat menyimaknya sampai selesai.

Menghapus sementara dan permanen

Sebelum yakin menghapus akun, ada kalanya Anda mengerti bahwa facebook memberikan dua opsi kepada para penggunanya dalam hal penghapusan.

Menghapus sementara dan permanen

Pertama adalah pilihan untuk menonaktifkan, sedangkan kedua adalah pilihan untuk menghapus secara permanen.

Opsi ini diberikan kepada para pengguna agar semuanya bisa memilih mana tindakan yang paling tepat disesuaikan dengan kondisi yang sedang dialami.

Lihat juga >>  Cara Membuat Fanspage Facebook dan Trik Mengelolanya

Misalnya, jika Anda ingin sekedar rehat saja dari dunia media sosial, maka opsi yang harusnya diambil adalah yang pertama. Yakni melakukan cara menghapus akun facebook sementara.

Pasalnya, pilihan ini hanya akan menyembunyikan data dan informasi Anda. Dia tidak akan menghilangkan akun FB sampai tak berbekas.

Artinya, jika sewaktu-waktu Anda ingin menggunakan lagi akun tersebut, maka data-datanya akan ada dan aktif kembali. Anda pun bisa langsung berinteraksi dengan pengguna lain bila sudah login menggunakan email dan kata sandi yang benar.

Sementara itu, jika Anda ingin menghilangkan akun secara permanen karena alasan tertentu (misal dibajak atau sudah disalahgunakan oleh oknum), maka menghapusnya secara permanen (opsi kedua) adalah yang terbaik.

Sebab dengan begini, data dan informasi Anda akan langsung hilang dari FB. Dalam kurun waktu tertentu, seluruh postingan, pertemanan, dll juga akan ikut hilang tak berbekas. Anda pun tidak akan bisa mengakses dan login ke situs lain menggunakan akun tersebut.

3 Cara menghapus akun facebook dengan cepat di HP dan PC

Cara tutup akun FB dapat dilakukan lewat browser dan aplikasi. Artinya, langkah di bawah ini bisa dilakukan melalui HP dan laptop. Tergantung perangkat apa yang sering digunakan.

Cara menghapus akun facebook dengan cepat di HP dan PC

Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mulai menghapus FB account.

Cara delete akun facebook lewat HP (aplikasi)

Umumnya, orang menggunakan smartphone untuk login atau masuk ke akun FB mereka. Bila Anda juga demikian, maka penghapusan account dapat dilakukan dengan cara di bawah ini:

  1. Buka aplikasi FB (bukan lite) yang ada di smartphone dan pastikan Anda sudah log in.
  2. Klik titik 3 horizontal yang ada di sebelah kanan atas.
  3. Gulir atau scroll layar ke bawah sampai menemukan menu Pengaturan & Privasi. Silakan klik.
  4. Klik Pengaturan.
  5. Scroll lagi ke bawah sampai menemukan tab Informasi Facebook Anda.
  6. Pada tab tersebut ada beberapa opsi, silakan ketuk Kepemilikan dan Kontrol Akun.
  7. Klik pada menu Penonaktifan dan Penghapusan.
  8. Jika ingin menonaktifkan (menghapus sementara), maka silakan pilih opsi Nonaktifkan Akun dengan cara klik pada lingkaran kecil di depannya. Kemudian Lanjutkan ke Penonaktifan Akun.
  9. Jika ingin menghapus permanen, maka silakan pilih opsi Hapus Akun dengan cara klik pada lingkaran kecil di depannya. Kemudian Lanjutkan ke Penghapusan Akun.
  10. Setelah klik Hapus/Nonaktif Akun (tergantung pada pilihan yang diambil), Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi agar proses dapat dijalankan. Silakan masukkan password dengan benar lalu Lanjutkan.
Lihat juga >>  Cara Download Video di FB via PC dan HP (Browser + Apps)

Pada langkah ke 8-9, jika Anda berubah pikiran dan tidak ingin menghapus sementara atau permanen, tinggal klik Batalkan.

Cara menghapus akun FB dengan cepat via browser di PC dan HP

Cara menghapus akun FB dengan cepat via browser di PC dan HP

Sama halnya dengan cara menghapus akun instagram yang bisa dilakukan lewat browser yang ada di PC dan HP, penghapusan FB pun demikian. Berikut ini step-stepnya:

  1. Buka browser yang ada di perangkat Anda.
  2. Kunjungi situs facebook.com dari browser tersebut.
  3. Jika belum login, Anda perlu memasukkan email dan password. Silakan input keduanya dengan benar.
  4. Jika sudah berhasil masuk ke beranda, silakan klik titik 3 horizontal yang terletak di bagian kanan atas.
  5. Scroll ke bawah sampai menemukan opsi Pengaturan. Silakan klik.
  6. Scroll lagi ke bawah sampai menemukan tab Informasi Facebook Anda.
  7. Pada tab ini, ada beberapa opsi. Anda harus mengklik menu Kepemilikan dan Kontrol Akun.
  8. Jika sudah, silakan pilih menu Penonaktifan dan Penghapusan.
  9. Silakan pilih mau menghapus sementara (nonaktif) atau permanen (hapus akun). Pilihlah dengan cara klik pada lingkaran kecil yang ada di bagian depan opsinya.
  10. Kemudian klik Lanjutkan ke Penonaktifan Akun atau Lanjutkan ke Penghapusan Akun. Tergantung Anda memilih penghapusan sementara atau permanen.
  11. Silakan pilih salah satu alasan kenapa Anda menghapus account. Jika alasannya tidak ada pada pilihan yang tersedia, maka tuliskan atau ketikan alasannya.
  12. Klik Lanjutkan.
  13. Masukkan kata sandi untuk memproses penghapusan akunnya.

Link hapus akun FB

Selain lewat browser dengan tahapan di atas, Anda juga bisa langsung mengunjungi link facebook.com/help/delete_account untuk langsung menuju ke menu yang dibutuhkan.

Ketentuan penghapusan akun secara permanen

Ada beberapa tahapan yang perlu dilalui setelah Anda mengajukan proses penghapusan account. Tahapan ini merujuk pada ketentuan waktu yang dibutuhkan oleh pihak FB untuk benar-benar menghapus secara permanen.

Lihat juga >>  Syarat dan Cara Monetisasi Facebook Agar Menghasilkan

Tahap pertama (30 hari pertama)

Sejak penghapusan di 30 hari pertama, proses yang sedang berjalan bisa dibatalkan. Berikut adalah cara pembatalannya:

  1. Login ke FB menggunakan email dan kata sandi yang benar.
  2. Klik Batalkan Penghapusan.

Setelah membatalkan, account bisa digunakan kembali untuk berinteraksi dengan pengguna lain dan mendapatkan pertemanan yang lebih banyak.

Jika kesulitan mendapatkan interaksi di media sosial (FB, IG, dll.), maka silakan hubungi tempat jual followers instagram, facebook, atau media sosial lainnya. Hal ini karena kebanyakan media sosial kini dapat terkoneksi satu sama lain. Khususnya IG dan FB.

Tahap kedua (>30 hari – 90 hari)

Pengajuan pembatalan penghapusan yang dilakukan saat prosesnya berjalan lebih dari 30 hari sudah tidak bisa dilakukan. Sampai pada masa 90 hari setelah pengajuan, seluruh data, postingan, messenger, dll. akan menghilang dan terhapus.

Itulah beberapa cara menghapus akun facebook yang dapat dilakukan dengan cepat berikut ketentuannya. Pastikan diri Anda yakin dulu sebelum melakukan langkah penghapusan di atas.

meri puspita
 

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Butuh Bantuan? Chat dengan kami