Cara dark mode IG saat ini hanya bisa dilakukan via android 10 dan iOS 13. Jika OS HP Anda bukan keduanya, masih ada trik khusus untuk pengguna android versi lainnya.

Apabila Anda tertarik untuk mencoba menjalankan mode gelap IG di HP, maka silakan simak ulasan ini sampai selesai.

Kami akan memberikan tips dan trik supaya tampilan instagram Anda berbeda dari biasanya dan tidak bikin mata silau, capek, dan pedih. Selamat membaca.

Cara mode gelap IG android 10

Tutorial pertama yang akan kami sampaikan secara khusus untuk para pengguna HP bersistem operasi android 10. Panduan berikut ini bisa dipakai pada HP merek apa saja asalkan sistem operasinya sudah kompatibel dengan android 10.

Anda bisa mencobanya pada HP Oppo, Realme, Xiaomi, Samsung, atau yang lainnya. Asalkan OS android 10-nya sudah di-upgrade, maka besar kemungkinan langkahnya akan berhasil.

Berikut ini adalah cara mudah yang bisa membuat tampilan instagram menjadi mode gelap pada HP bersistem operasi android 10:

  1. Pastikan android10 yang Anda miliki sudah ter-upgrade ke versi terbaru. Jika belum, silakan di-upgrade terlebih dulu.
  2. Untuk mengetahui apakah OS yang Anda gunakan saat ini versi terbaru atau tidak, silakan masuk ke menu Settings atau Pengaturan. Kemudian pilih Pembaruan Perangkat Lunak.
  3. Jika OS yang dimiliki belum yang terbaru, maka akan ada pilihan pembaharuan. Namun jika sudah, akan ada info mengenai OS yang aktif pada HP Anda dan menampilkan info fiturnya. Jadi, jika Anda bertanya-tanya OS HP Anda saat ini, maka bisa dilakukan dengan cara tersebut juga.
  4. Apabila ternyata OS-nya sudah update, maka silakan mulai cara dark mode IG-nya.
  5. Silakan buka menu Settings atau Pengaturan yang ada di HP.
  6. Scroll ke bawah untuk menemukan Layar & Kecerahan atau opsi Display / Tampilan. Silakan klik opsi tersebut. Sebagai catatan, masing-masing merek HP punya penyebutannya masing-masing. Jadi, silakan disesuaikan saja. Yang terpenting, fokus menunya adalah untuk mengubah tampilan.
Cara mode gelap IG android 10 - Layar dan Kecerahan
  1. Jika menunya sudah terbuka, silakan gulir lagi ke atas bawah untuk menemukan pilihan Mode Gelap atau Dark Mode.
Opsi Dark Mode
  1. Apabila Anda sudah menemukannya, silakan aktifkan dengan menggesernya hingga berwarna biru atau hijau (disesuaikan dengan perangkatnya saja).
  2. Dengan mengaktifkan layanan dark mode, maka tema HP juga akan berubah. Maksudnya keseluruhan tampilan akan menjadi gelap, tidak hanya IG saja.
Tampilan IG Dark Mode
  1. Silakan buka aplikasi instagram yang ada di HP tersebut. Jika tampilannya belum mode gelap, bisa jadi karena aplikasinya sudah usang atau tidak pernah di-update. Silakan lakukan updating melalui Play Store terlebih dulu.
Lihat juga >>  Kumpulan Cara Cek Followers Instagram yang Super Lengkap

Untuk mengembalikan tampilan IG ke versi terang lagi, silakan non aktifkan saja.

Cara menonaktifkan dark mode instagram via android

Berikut ini cara mudah mengembalikan mode gelap ke terang via android:

  1. Buka menu Pengaturan yang ada di HP.
  2. Cari menu Tampilan / Display atau Layar & Kecerahan (sesuai merek HP masing-masing).
  3. Temukan menu Mode Gelap, nonaktifkan dengan menggesernya ke kiri sampai berubah warna.

Langkah di atas kami buat melalui HP Real Me. Jika Anda menggunakan HP merek lain, silakan disesuaikan saja dengan menu pengaturan masing-masing. Silakan dicoba ketersediaan menu dan tata letaknya.

Dark mode instagram android 9 dan non android 10 lainnya

Sudah diungkapkan di atas bahwa dark mode instagram hanya berlaku untuk android ber-OS 10 atau yang kompatibel dengan OS-10 dan sudah di-upgrade. Jika tidak kompatibel namun dipaksakan ber-OS 10, maka hasilnya juga tidak akan maksimal.

Sebagai gantinya, jika Anda tidak bisa menikmati dark mode instagram karena terkendala sistem operasi, cobalah cara lainnya.

Caranya adalah dengan mendaftar sebagai salah satu anggota Instagram Beta Program, yakni sebuah program pengujian untuk apk IG yang belum rilis.

Jadi, nantinya Anda bisa menjajal versi terbaru IG sebelum resmi bisa di-update. Tentu saja, Anda bisa mencoba berbagai fitur tambahan yang ada dalam paket upgrade tersebut.

Namun, perlu diketahui bahwa dalam aplikasi yang belum resmi rilis ini biasanya masih banyak bug yang belum ditemukan penyelesaiannya. Maka dari itu, banyak penguji yang akan mengalami masalah nge-lag saat main IG, freeze, atau tiba-tiba menutup sendiri.

Jika Anda siap dengan konsekuensi di atas, maka silakan coba cara mengubah tampilan dark mode IG pada android non 10 di bawah ini:

  1. Mendaftar ke Instagram Beta Program dengan klik testing app Instagram.
  2. Tim akan melakukan peninjauan atas registrasi yang Anda buat di program tersebut.
  3. Jika sudah diterima atau disetujui, Anda perlu uninstal aplikasi IG yang saat ini ada di HP.
  4. Kemudian, Anda bisa menginstal lagi aplikasi IG khusus testing.
  5. Jika sudah terinstal, bukalah aplikasinya.
  6. Silakan login dan selesai.
Lihat juga >>  Cara Memperbarui Instagram di Android dan iPhone

Jika Anda merasa tidak nyaman dengan keanggotaan di Instagram Beta Program, silakan keluar dengan baik-baik.

Cara dark mode instagram di iOS 13

Khusus untuk pengguna iPhone, maka perlu diketahui bahwa dark mode IG hanya bisa dinikmati oleh pengguna iOS 13 saja. Jika perangkat Anda tak kompatibel dengan iOS 13 tapi nekat melakukan upgrading, maka hasilnya akan nihil. Tema gelapnya tak akan aktif.

Jika sudah yakin bahwa OS yang ada di perangkat iPhone adalah iOS13, silakan ikuti langkah di bawah ini:

  1. Pastikan sekali lagi bahwa perangkatnya menjalankan sistem operasi yang tepat.
  2. Jika sudah, silakan masuk ke menu Settings.
  3. Lanjutkan dengan Display.
  4. Kemudian masuk ke Dark Mode.
  5. Selanjutnya, silakan buka aplikasi IG di HP tersebut.
  6. Apabila tampilannya belum berubah menjadi gelap, maka kemungkinan Anda masih menggunakan app IG versi lawas. Oleh karena itu, silakan di-update terlebih dulu melalui App Store.
  7. Jika sudah ter-update, silakan buka kembali aplikasinya.
  8. Done!

Sekarang, Anda sudah bisa menikmati tema gelap IG melalui iPhone.

Cara dark mode IG di laptop

Yang menjadi pertanyaan banyak orang yang sering membuka IG melalui laptop adalah cara membuka instagram tema gelap melalui perangkat laptop, PC, atau sejenisnya.

Perlu diketahui bahwa Anda punya kesempatan untuk mengubah tema gelap pada laptop asalkan menggunakan Windows 10. Berikut ini langkah yang bisa dilakukan untuk mengubah tampilan gelap di laptop:

  1. Pastikan OS-nya Windows 10.
  2. Jika sudah, masuklah ke menu Setting atau Pengaturan.
  3. Pilih menu Personalization.
  4. Klik Colors yang ada di sebelah kiri.
  5. Pada opsi Choose your default app mode, pilih Dark.
  6. Dengan memilih opsi ini, maka aplikasi atau software yang ada di laptop akan berubah gelap. Termasuk Microsoft Windows, Google Chrome, dan Mozilla Firefox.
Lihat juga >>  4 Cara Download Instagram PC untuk Windows dan MacBook

Pertanyaannya, apakah ini akan mengubah mode gelap di instagram.com?

Berbeda dengan cara upload IGTV melalui laptop yang bisa berdurasi lebih panjang ketimbang di HP, perubahan dark mode IG melalui laptop tampaknya tak berhasil.

Cara dark mode IG di laptop

Pasalnya, tampilan situs instagram akan tetap terang dengan warna dominan putih. Warna gelap hanya didapatkan di bagian pinggir-pinggir Google Chrome-nya saja.

Demikian informasi tentang cara dark mode IG di HP dan laptop. Anda bisa mencobanya sekarang untuk merasakan sensasinya sendiri secara langsung.


meri puspita

Seorang penulis dan penggiat sosial media yang selalu gatal untuk menulis tentang hal-hal baru seputar dunia teknologi dan sosial media dengan bahasa yang mudah dimengerti tanpa embel-embel IT