Tik Tok Adalah (Pengertian), Asal, Manfaat, Efek Negatifnya

Jangan sampai menganggap Tik Tok adalah sebatas aplikasi biasa. Tempat berbagi video pendek ini kini memiliki manfaat lebih dari itu, bahkan bisa buat branding dan marketing.

Meskipun sempat diblokir atau dicekal di Indonesia, kini TikTok sangat digandrungi di sini. Dia berubah menjadi platform sosial baru untuk menumpahkan ide, cerita, dll. kepada teman bahkan seluruh dunia.

Tentu saja, semua itu bisa dilakukan secara digital. Hanya tinggal klik satu dua kali.

Apa sebenarnya TikTok, siapa penciptanya, dari mana asalnya dan apa saja manfaatnya? Pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya secara lengkap.

Pengertian Tik Tok adalah…

Pengertian Tik Tok adalah

Tik Tok adalah sebuah aplikasi di mana para penggunanya bisa berbagi video musik dengan durasi pendek. Selain nama TikTok, dia juga dikenal dengan Douyin, sebuah video pendek vibrato.

TikTok dikenalkan dan diluncurkan pertama kali pada September 2016. Pada saat itu, aplikasi ini langsung diterima di Indonesia. Namun memang, saat itu banyak yang menyebut pengguna TikTok sebagai seorang alayers.

Kabar miring soal aplikasi ini tak berhenti di situ. Indonesia pada Juli 2018, melalui Menkominfo, Pak Rudiantara, sempat memblokir TikTok. Aplikasinya dinilai tidak ramah anak. Hal ini dibuktikan dari laporan dan komplain dari ribuan pengguna.

Di dalamnya ada banyak sekali konten negatif yang seharusnya tidak dipertontonkan kepada anak-anak.

Baru sepekan kemudian, TikTok bisa akses oleh pengguna Indonesia lagi. Hal ini terjadi setelah Tim TikTok melakukan negosiasi dan mengganti Term and Condition soal usia, dll. agar aksesnya bisa terbatas dan tak terlalu bebas.

Kemudian, TikTok semakin booming di Indonesia. Aplikasi ini kini tak hanya buat para alayers, tetapi juga untuk mereka yang ingin mengekspresikan diri dan berasal dari berbagai kalangan.

Aplikasi Tik Tok berasal dari mana?

TikTok dikembangkan oleh Beijing ByteDance Technology dan berasal dari Tiongkok. Dia bisa diunduh melalui Play Store untuk pengguna android dan App Store untuk pengguna iOS. Anda juga bisa membukanya melalui PC.

Lihat juga >>  10 Lagu Tiktok Terbaru yang Viral dari Barat, Indonesia, Korea

Siapa pencipta Tik Tok?

TikTok diciptakan oleh Zhang Yiming yang juga merupakan pendiri Toutiao. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa membuat video musik mereka sendiri dan bebas mengekspresikan diri.

Anda bisa memanfaatkannya untuk berbagi cerita, mengeluarkan uneg-uneg, memberikan kata motivasi, memberikan informasi tertentu, perform dance, unjuk bakat, atau yang lainnya.

Soal pemanfaatannya tergantung masing-masing orang, mau menggunakannya secara positif atau negatif.

Manfaat Tik Tok

Sebagaimana disebutkan di atas, soal pemanfaatan aplikasi ini mengikuti penggunanya. Tergantung mau digunakan secara positif atau negatif.

Manfaat Tik Tok

Di antara kegunaan Tik Tok adalah untuk hal-hal positif di bawah ini:

Olahraga

Salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh para pengguna adalah menari mengikuti irama musik atau lagu TikTok yang ada.

Nah, menari ini menjadi aktivitas yang bisa membakar kalori sekaligus menyehatkan badan. Sangat cocok buat yang mau berolahraga secara asyik.

Kreatif

Salah satu tujuan Tik Tok adalah membuat para penggunanya kreatif. Betapa tidak, sejak awal aplikasi ini dibuat dengan konsep video musik. Anda bisa mengisi atau membuat konten apa saja sesuai kreativitas.

Kalau memang mau membuat gerakan tari, Anda bisa melakukannya sendiri. Mau membuat ekspresi seperti emoji, Anda juga bisa melakukannya. Mau sedih, tertawa, bahkan melakukan hal yang lucu bisa dilakukan di TikTok.

Mengekspresikan diri

Di sini, Anda bebas mengekspresikan diri. Tapi kalau bisa jangan berlebihan apalagi sampai mengorbankan diri sendiri. Tetaplah sewajarnya.

Mengatasi masalah mental

Karena bisa mengekspresikan diri dan menuangkan ide, maka suasana hati akan jadi baik. Dengan berbagi pada orang lain dari berbagai belahan dunia akan membuat mental jadi lebih sehat. Tak merasa sendiri lagi dan mendapatkan banyak teman.

Lihat juga >>  15 Cara Membuat Video Tik Tok Masuk FYP Sampai Viral

Apalagi jika konten video yang dibuat memperoleh respons yang cukup baik dalam jumlah banyak. Jelas bisa memberikan rasa percaya diri yang lebih kepada penggunanya.

Memperbaiki suasana hati atau mood

Tidak harus mahal menghibur diri sendiri. Dengan mengekspresikan diri melalui gerakan atau penampilan, suasana hati akan kembali membaik.

Kampanye berbagi kepada orang lain

Semakin ke sini, makin banyak orang yang memakai TikTok untuk membuat konten yang bersifat berbagi. Sebagai contoh, saat ada orang yang membutuhkan di jalan, biasanya ada yang memberinya sesuatu dan dijadikan konten.

Meski banyak yang bilang pamer, tapi hal ini bisa menjadi sesuatu yang positif. Salah satunya adalah agar orang yang melihat konten tersebut bisa lebih aware dengan apa yang ada di sekitarnya. Lebih baik lagi jika mau ikut berbagi.

Branding diri

Meski tidak semua orang bisa, tapi nyatanya salah satu manfaat TikTok adalah sebagai branding diri. Hal ini dibuktikan dengan makin banyaknya artis yang lahir dari pengguna TikTok.

Biasanya, mereka dikenal karena kontennya yang banyak disukai orang sehingga punya penggemar.

Bahkan, para artis juga sering menggunakan aplikasi ini untuk mengekspresikan diri dan memperkuat branding-nya.

Nah, bila Anda mau melakukan branding seperti ini, maka dibutuhkan followers yang lumayan banyak. Kalau mau menaikkan followers dalam waktu cepat, silakan coba hubungi tempat jual followers Tik Tok terpercaya.

Mengembangkan bisnis dan pemasaran

Bila Anda memiliki produk yang ingin dijual, cobalah untuk membuat konten di Tik Tok berisi iklan produk. Isinya bisa yang ke arah informasi supaya jadi soft selling.

Selain buat para pengguna, manfaat TikTok buat bisnis dan pemasaran juga dimaksimalkan oleh kreator musik. Misalnya, penyanyi, musisi, hingga pencipta lagu.

Lihat juga >>  15 Cara Membuat Video Tik Tok Masuk FYP Sampai Viral

Caranya adalah dengan membuat challenge dengan backsound lagu mereka. Dengan begitu, nama mereka juga akan ikut terangkat dan lagunya bisa viral karena banyak yang menggunakan.

Hiburan untuk orang lain

Selain bisa berguna untuk diri sendiri, konten-konten yang ada di TikTok juga bisa berguna buat orang lain. Mereka yang melihat konten Anda bisa terinspirasi atau tertawa karena lucunya.

Dampak negatif Tik Tok

Dampak negatif Tik Tok

Berikut ini adalah beberapa hal yang cukup mengganggu dari penggunaan aplikasi Tik Tok:

Menyita waktu

Membuat konten untuk aplikasi ini cukup menyita waktu. Untuk dance misalnya, Anda harus berlatih gerakannya dulu, menghafalkan, dan mencocokkan dengan tempo musik.

Bahkan, untuk yang paling sederhana sekalipun kadang terasa tidak memuaskan bila dibuat ala kadarnya.

Membuat anak malas belajar

Bila pengguna TikTok masih anak-anak, bahayanya justru makin besar. Sebab mereka jadi lebih sering memegang HP dan bermain dari layar. Ini akan membuat mereka cenderung malas belajar.

Hanya membuat konten untuk viral dan mengorbankan diri sendiri

Sudah banyak kasus yang terjadi di mana karena ingin kontennya viral pengguna membuat konten yang memalukan bahkan mengancam nyawa.

Narsis

Karena menginginkan like dan komentar yang banyak, ini akan membuat pengguna jadi makin narsis dan mengagungkan diri saat bisa mencapainya.

Percakapan grup yang terbuka lebar

Pada aplikasi ini, Anda bisa mengobrol dalam percakapan grup dengan orang tidak dikenal sekalipun. Apabila tidak bijak dalam menggunakannya, dampak negatif yang akan ditimbulkan sudah sangat nyata.

Terakhir, pemanfaatan atau penggunaan aplikasi Tik Tok adalah bersumber dari diri sendiri. Mau positif atau negatif, Anda sendiri yang menentukannya.

meri puspita
 

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Butuh Bantuan? Chat dengan kami