Saat ini Tiktok berhasil menjadi salah satu platform berbagi video pendek yang populer di seluruh dunia. Aplikasi tersebut bahkan sudah diunduh lebih dari 500 juta kali di Google Play Store dan mendapatkan peringkat 4,5 dari total 5 bintang.

Pengguna Tiktok dari berbagai jenis kelamin, usia, dan status. Tujuan penggunaan aplikasi ini juga berbeda-beda. Ada yang sekedar berbagi, iseng, mengisi waktu, bisnis, berjualan, dan berbagai tujuan lainnya.

Terlepas dari semua itu, sebuah video pendek yang diupload di Tiktok sulit untuk mendapatkan banyak viewers jika tidak berhasil tranding dan masuk beranda. Lantas bagaimana cara agar video Tiktok muncul di Beranda atau disebut FYP? Ulasan di bawah ini akan menjawabnya.

Detail Ulasan 7 Cara Agar Video Tiktok Muncul di Beranda

Tips dan Cara Agar Video Tiktok Muncul di Beranda

1. Buat Konten yang Unik

Jika ingin video yang Anda upload di Tiktok bisa masuk beranda, buatlah konten video yang unik dan berkualitas. Apapun tema dari video tersebut, upayakan membuatnya terlihat unik dan berbeda dari yang lain. Dengan begitu, video tersebut akan cepat tranding.

Jangan selalu terpaku untuk membuat konten yang mudah dan biasa-biasa saja, karena hal tersebut hanya akan membuang-buang waktu. Cari ide sebanyak mungkin dan kembangkan kreativitas untuk bisa membuat konten video yang unik dan berkualitas.

Tentu saja hal tersebut lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Tapi jangan menyerah, Anda perlu melewati trial and error untuk bisa mendapatkan konsep pembuatan konten yang unik dan berkualitas, bahkan bisa menjadi ciri khas dari akun Tiktok Anda.

Lihat juga >>  Inilah Penyebab Kenapa Akun Tiktok Tidak Bisa Belanja

2. Pakai Audio yang Tren

Ketika membuat video pendek untuk konten tiktok, Anda tentu membutuhkan audio untuk backsound video tersebut. Oleh karena itu, jangan asal menggunakan audio. Sebab, audio turut mempengaruhi mudah tidaknya video masuk beranda atau FYP.

Sebaiknya gunakan audio yang lagi trending atau viral. Alasannya, algoritma Tiktok akan membaca audio yang lagi viral dan menempatkannya di beranda. Video tersebut akan ditempatkan oleh Tiktok di FYP pengguna yang sama-sama suka dan sering melihat video dengan backsound audio yang sama.

3. Gunakan Hashtag

Salah satu cara agar video Tiktok muncul di beranda adalah dengan menggunakan hashtag setiap kali mengupload video untuk konten akun Tiktok Anda. Faktanya, fungsi hashtag bukan sekedar kata-kata penghias atau kode yang dimasukkan begitu saja.

Hashtag juga berfungsi sebagai alat yang akan membantu video tersebut masuk ke dalam beranda atau FYP. Pengguna lain juga lebih mudah menemukan video Anda melalui hashtag tersebut. Oleh karena itu, gunakanlah hashtag yang lagi trending dan sesuai dengan konten Anda.

Agar konten Anda lebih berpeluang lagi untuk masuk di beranda Tiktok, cobalah gunakan hashtag #FYP atau #Foryourpage.

4. Tuliskan Caption

Setiap kali mengupload video di Tiktok, pastikan Anda tidak lupa menyertakan caption untuk konten tersebut. Berbeda dengan Instagram dan platform lainnya, deskripsi yang dijadikan caption untuk video tersebut tidak perlu panjang. Deskripsikan saja dengan tepat setiap video yang Anda upload tersebut.

Penggunaan caption yang tepat akan memudahkan konten tersebut untuk masuk beranda Tiktok atau FYP. Selain itu, pengguna lain juga lebih mudah untuk menemukan konten Anda dengan adanya caption yang tepat.

5. Upload Konten di Waktu yang Tepat

Gambar Cara Agar Video Tiktok Muncul di Beranda

Melakukan upload pada waktu yang tepat juga termasuk salah satu cara agar video Tiktok muncul di beranda. Ketika Anda mengupload konten pada waktu yang tepat, besar kemungkinan bisa mendapatkan banyak viewers. Otomatis, peluang untuk masuk beranda Tiktok jadi semakin besar.

Lihat juga >>  Cara Upload Video Ke Tiktok dengan Mudah

Oleh karena itu, upayakan untuk mengupload konten Anda pada pukul 12.00-13.00. Sebab di waktu tersebut, orang-orang kantor dan pekerja umumnya beristirahat. Salah satu aktivitas yang dilakukan ketika istirahat adalah melihat konten-konten menarik yang barusan di upload di Tiktok.

Selain itu, pukul 16.00 yang merupakan waktu pulang kantor dan pukul 19.00 yang merupakan waktu istirahat di rumah juga merupakan waktu yang tepat untuk mengupload konten Tiktok Anda. Perhatikanlah untuk mengupload konten pada waktu-waktu yang disebutkan di atas.

6. Ikut Tren Challenge

Bagi pengguna Tiktok tentu tidak asing lagi dengan yang namanya challenge. Tiktok memang sering melakukannya. Nah, pastikan Anda mengikuti challenge tersebut dengan cara membuat video yang unik dan berkualitas.

Ketika mengikut challenge, peluang video yang Anda upload untuk mendapatkan banyak viewers semakin besar. Dengan begitu, video tersebut semakin besar pula peluangnya untuk masuk beranda Tiktok.

7. Buat Video Pendek

Tiktok merupakan platform video pendek. Oleh karena itu, orang-orang yang ingin melihat berbagai konten yang ada di aplikasi tersebut tentu lebih senang dengan video yang berdurasi pendek. Jika terlalu panjang, besar kemungkinan akan cepat bosan dan langsung skip video Anda.

Buatlah video menarik dengan durasi maksimal 1 menit. Usahakan agar video tersebut padat dan betul-betul menghibur. Dengan begitu, konten Anda berpeluang untuk mendapatkan banyak viewers dan berpeluang besar untuk masuk di beranda.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *