Tiktok merupakan suatu aplikasi yang dibuat oleh Zhang Yiming. Konon diluncurkan pada September tahun 2016. Dimana pengguna dapat melihat video musik pendek, dan dilengkapi fitur shop. Namun ada beberapa hal yang menyebabkan kenapa akun Tiktok tidak bisa belanja.

Bagi para penjual, Tiktok shop menjadi salah satu pilihan untuk memperluas jangkauan pemasaran produk. Sebab, banyak masyarakat mulai dari anak muda hingga orang tua mulai kerap menggunakannya.

Banyak yang bertanya kenapa akun Tiktok tidak bisa belanja, itu disebabkan oleh beberapa faktor. Paling dominannya karena pengguna belum berusia lebih dari 18 tahun.

Memang benar kalau sebagian orang tidak bisa mengakses fitur shop. Maka dari itu, kita perlu mengetahui beberapa faktor kenapa akun Tiktok tidak bisa belanja. Mari kita simak penjelasan permasalahan yang umum terjadi di bawah ini.

Inilah Beberapa Alasan Kenapa Akun Tiktok Tidak Bisa Belanja

 1. Belum Mengaktifkan Fitur Tiktok Shop

 Penggunaan aplikasi ini sangat mudah, jika ingin menonton video kita tinggal menscroll ke atas ataupun ke bawah. Tidak heran banyak masyarakat yang minat untuk menggunakannya, terlebih lagi untuk mempromosikan sebuah produk.

Namun, ada sebagian pengguna yang belum paham betul mengenai cara pemakaiannya. Mereka bingung kenapa akun Tiktok tidak bisa belanja. Hal ini disebabkan karena fitur shopnya belum diaktifkan.

Apabila fitur shop pada akun Tiktok belum muncul. Langkah yang harus anda lakukan yaitu aktifkan fiturnya dengan cara klik profil. Selanjutnya masuk menu pengaturan.

Lihat juga >>  Cara Mencari Akun TikTok Dengan Nomor HP

Tidak heran jika menu Tiktok shop tidak muncul itu karena faktor di atas. Maka dari itu kita perlu menambah wawasan dengan melihat Youtube atau berbagai konten mengenai cara penggunaannya agar lebih maksimal ketika memakainya.

 2. Adanya Gangguan Sistem

Gambar Kenapa Akun Tiktok Tidak Bisa Belanja

 Adanya gangguan sistem atau biasa disebut eror menjadi salah satu penyebab kenapa akun Tiktok tidak bisa belanja. Pada umumnya memang wajar kalau sebuah aplikasi mengalami hal seperti ini. Kita sebagai pengguna perlu memakluminya ketika maintenance.

Jangan panik apabila Tiktok sedang ada gangguan sistem. Solusinya keluarlah dari aplikasinya, kemudian coba masuk kembali. Jika masih tetap begitu, tunggulah beberapa jam sampai pulih kembali agar dapat digunakan secara normal lagi.

3. Belum Mencapai Batas Usia

Konon pada tanggal 3 Juli 2018 aplikasi ini diblokir oleh pemerintah. Hal ini terjadi karena banyak laporan negatif tentang konten di dalamnya. Maka dari itu yang belum mencapai batas usia menjadi salah satu alasan kenapa akun Tiktok tidak bisa belanja.

Setelah aplikasi ini diblokir, seminggu kemudian resmi dibuka kembali. Sebab, sudah memenuhi syarat yang diberlakukan di Indonesia. Supaya masyarakat tidak bingung mengenai kenapa akun Tiktok tidak bisa belanja, tentunya wajib mencapai batas usia.

Adapun batas minimal usianya yaitu 18 tahun. Pengguna baru bisa menggunakan Tiktok terlebih fitur shop. Jadi, apabila masih di bawah umur tentu menjadi suatu penyebab kenapa akun Tiktok tidak bisa belanja.

Namun, jika anda sudah tidak sabar atau ingin mencoba menggunakan Tiktok. Bisa digunakan suatu cara, yaitu dengan merubah tanggal lahir, yaitu dijadikan lebih tua dari kelahiran aslinya supaya dapat memenuhi syarat memiliki akun.

Selain itu agar bisa belanja di fitur shop di Tiktok. Bisa kita sedikit melakukan perubahan data. Semua ini dapat dilakukan untuk memenuhi semua persyaratan kepemilikan akun. Namun, gunakanlah aplikasi ini dengan bijak jangan melanggar peraturan.

Lihat juga >>  Tik Tok Adalah (Pengertian), Asal, Manfaat, Efek Negatifnya

4. Melakukan Pelanggaran

Alasan Kenapa Akun Tiktok Tidak Bisa Belanja

 Setiap aplikasi memiliki aturan tersendiri, tentu harus ditaati oleh setiap pengguna. Ketika seseorang melakukan pelanggaran, hal ini menjadi suatu alasan kenapa akun Tiktok tidak bisa belanja. Bukan hanya fiturnya yang tidak tampil, status akun juga bisa terblokir.

Tindakan yang melanggar peraturan Tiktok, contohnya membuat konten porno, menghina suatu ras, dan lain sebagainya. Tentunya akun kita akan mendapat notifikasi bahwa ada pemblokiran, bahkan bisa dihapus oleh sistem

 5. Aplikasinya Belum Diperbaharui di Playstore

Aplikasi Tiktok versi lama, tentu fitur shop tidak akan muncul. Untuk mengatasi kenapa akun Tiktok tidak bisa belanja, yaitu perbaharuilah aplikasinya di Playstore. Supaya mendapat pembaharuan sistem terbaru agar semuanya lancar dipakai lagi.

Jika seseorang tidak mau memperbaharuinya, maka tidak akan bisa menikmati fitur Tiktok shop. Adapun jika handphone yang anda gunakan adalah android, maka silahkan update di Playstore. Namun, jika Iphone perbaharuilah di Appstore.

Apabila sudah mengupdate aplikasinya, pengguna tinggal melakukan langkah untuk belanja. Memilih produk yang di iklankan lewat video, lalu tanya ketersediaan barang masih atau tidak. Selanjutnya melakukan pembayaran agar yang dibeli dapat segera dikirim.

Demikian beberapa alasan kenapa akun Tiktok tidak bisa belanja. Memang ada hal yang membuat fitur shopnya tidak muncul atau belum bisa dipakai. Oleh sebab itu, kita perlu memahami beberapa faktor penyebabnya dengan baik.

 


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *