Cara Mencari Channel Telegram yang Menarik dan Contohnya

Mau channel telegram yang edukatif, kreatif, dan menarik? Cari channel-nya atau ikuti beberapa channel recommended yang akan dibahas dalam artikel ini.

Telegram merupakan salah satu platform media sosial yang makin lama makin berkembang. Jumlah penggunanya semakin bertambah seiring dengan namanya yang kian dikenal dan fiturnya yang kian lengkap.

Secara umum, fungsi telegram memang terlihat seperti whatsapp yang sudah lebih dulu tersohor di Indonesia. Dengan telegram Anda bisa berkirim foto, voice note, video hingga file-file atau document tertentu.

Anda pun bisa menggunakan telegram untuk berbisnis, sama halnya dengan WA yang punya fitur whatsapp bisnis.

Namun demikian, keduanya memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Perbedaan tersebut terlihat pada fitur channel yang ada di telegram tapi tidak ada di WA.

Jika Anda adalah pengguna baru, maka informasi mengenai channel ini tentu amat penting agar komunikasi bisa berjalan dengan lancar. Untuk itu, simak sampai selesai ulasan berikut.

Apa itu channel telegram?

Channel merupakan salah satu fitur sosial atau umum yang tersedia untuk para pengguna telegram. Anda bisa mengikuti atau join di channel apa saja sesuai tema dan kebutuhan. Namun ingat bahwa di channel hanya ada komunikasi satu arah.

Apa itu channel telegram

Artinya, hanya si pembuat yang bisa memposting sesuatu ke dalam channel-nya. Sementara pengguna yang join bisa memantau, membaca, atau mengunduh file yang dibagikan atau diposting.

File yang dibagikan dalam channel bisa dalam bentuk video, foto, dll. Anda dapat meninggalkan channel tersebut kapan saja. Selain itu, Anda juga dapat memilih opsi “Mute” jika tidak ingin notifikasinya berbunyi saat ada postingan diterbitkan.

Dengan demikian, meski channel-nya bersifat umum, Anda tetap memiliki kuasa untuk mengatur privasinya dengan baik.

Cara mencari channel telegram via HP dan PC

Sebagaimana disebutkan di atas, ada banyak sekali jenis channel telegram. Anda bisa memilihnya berdasarkan tema atau kebutuhan. Masalahnya, banyak pengguna baru yang kesulitan mencarinya.

Cara mencari channel telegram via HP dan PC

Nah, jika Anda masih baru memakai aplikasi satu ini, silakan cek cara mencari telegram channel di bawah ini.

Mencari telegram channel via aplikasi di HP

Jika Anda mencari channel via HP, maka silakan buka saja aplikasinya. Selanjutnya, ikuti tahapan di bawah ini:

  1. Buka aplikasinya.
  2. Di pojok kanan atas ada ikon search, silakan klik.
  3. Masukkan nama channel yang sedang ingin dicari.
  4. Hasil pencarian akan langsung muncul di bagian bawahnya. Masing-masing info channel akan dilengkapi dengan jumlah subscribers-nya. Silakan pilih salah satu.
  5. Klik join untuk mengikuti channel-nya.

Jika sudah join, maka Anda akan menerima notifikasi setiap kali ada postingan masuk. Sebaliknya, jika tidak ingin join, maka tak akan ada masalah. Selama channel-nya publik atau tidak private, Anda tetap bisa melihat postingannya meskipun tidak join.

Mencari telegram channel via PC / laptop / desktop

Jika Anda ingin mengecek atau mencari channel telegram lewat PC, maka silakan ikuti langkah di bawah ini:

  1. Buka browser yang ada di PC / desktop / laptop. Misalnya: Google Chrome atau Mozilla Firefox.
  2. Pada address bar, ketikan: site:t.me kata kunci “view channel”. Contoh: site:t.me movie “view channel”. Ini adalah contoh cara untuk mencari channel telegram movie.
  3. Kemudian silakan klik enter.

Yang muncul di hasil pencarian adalah channel-channel yang membahas mengenai film atau movie. Silakan pilih kemudian buka dan klik join jika ingin mengikutinya.

Note: Channel-channel yang masuk ke halaman pencarian di desktop selalu bersifat publik. Untuk yang diatur privat tidak akan muncul di hasil pencarian tersebut.

Rekomendasi channel telegram yang menarik sesuai hobi dan kebutuhan

Jika Anda bingung mau memasukkan kata kunci apa di halaman pencarian, maka ada beberapa rekomendasi kanal yang bisa diikuti. Berikut ini adalah beberapa rekomendasinya:

Channel telegram novel, buku, hingga manga

Buat Anda yang hobi membaca, kanal yang berisi novel tentu akan menjadi sesuatu yang sangat dinanti. Di channel-channel ini dibagikan berbagai macam novel, buku, hingga manga.

Lewat kanal ini, Anda bisa membaca novel atau buku kesukaan dari layar HP melalui link pdf yang dibagikan di dalamnya.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasinya:

  1. Books Mania.
  2. Magazines Daily.
  3. DailyBook.
  4. GetFreeBooks.
  5. Manga Library.
  6. PDF Books Channel.
  7. Novel Downloads, dll.

Silakan masukkan kata kunci di atas pada kolom pencarian yang ada di aplikasi. Selanjutnya, cek hasil pencarian dan klik pada kanal yang dituju untuk membukanya.

Jika Anda mencarinya dari PC atau laptop, silakan masukkan alamat berikut ke browser Anda:

  1. t.me/booksmania.
  2. t.me/magazinesdaily.
  3. t.me/daily_books.
  4. t.me/pdfbookshub.
  5. t.me/keralamanga.
  6. t.me/pdfbookschannel.
  7. t.me/noveldownloads, dll.

Masih banyak kanal yang bisa diikuti. Kalau Anda memasukkan alamat di atas langsung di address bar browser (Mozilla firefox atau Google Chrome), maka akan langsung masuk ke link kanalnya.

Channel telegram movie

Jika Anda suka menonton film, maka inilah beberapa kanal yang direkomendasikan:

  1. Neon Movie.
  2. Movies Counter.
  3. Entertainment.
  4. Free Movie 101, dll.

Silakan masukkan kata kunci di atas pada aplikasi telegram. Saat muncul hasil pencarian, silakan pilih salah satu yang paling menarik.

Jika Anda ingin mencari kanal-kanal di atas melalui browser dari PC, desktop, atau laptop, maka berikut ini alamat-alamatnya:

  1. t.me/movie_tg.
  2. t.me/moviescounter.
  3. t.me/entertainment.
  4. t.me/freemovie101, dll.

Silakan masukkan alamat di atas ke address bar yang ada di browser pilihan Anda. Jika ingin menemukan hasil pencarian lain, silakan gunakan kata kunci film atau movie sesuai dengan cara yang dituliskan di atas.

Contoh channel telegram yang menarik lainnya

Contoh channel telegram yang menarik lainnya

Berikut ini contoh kanal yang bisa diikuti:

  1. 9gag.
  2. The best video.
  3. AliExpress, dll.

Masih banyak kanal menarik lain, silakan manfaatkan search bar yang ada di aplikasi dan lakukan eksplorasi.

Keuntungan menggunakan telegram untuk bisnis

Telegram merupakan salah satu platform yang bisa mendukung bisnis Anda. Di sini tersedia banyak sekali fitur yang bisa dimanfaatkan untuk berbagi file.

File-file yang dibagikan tersebut bisa dishare ulang di media sosial lain secara langsung. Contohnya WhatsApp, Facebook, hingga Instagram.

Bahkan, ada beberapa MLM yang mewajibkan member-nya untuk membuat akun telegram sendiri. Di sinilah nanti mereka akan belajar bersama baik melalui channel maupun grup yang bersifat tertutup untuk anggotanya.

Anda pun bisa melakukan hal yang sama kepada para agen atau reseller agar usaha dapat berkembang dengan cepat. Pembagian video, foto, dokumen, caption, atau file lain bisa dilakukan secara lancar dengan aplikasi ini.

Yang menarik, telegram merupakan salah satu aplikasi yang sangat jarang mengalami gangguan. Pada saat WhatsApp mengalami gangguan misalnya, maka FB dan IG biasanya akan ikut terdampak karena ketiganya terhubung satu sama lain.

Namun tidak demikian dengan telegram. Aplikasi ini akan aman dan tetap bisa digunakan untuk berkomunikasi dan berbagi file selama masih ada sinyal internet di daerah Anda.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan channel telegram yang ada untuk pengembangan diri dan bisnis. Salah satunya untuk menambah followers IG. Jika mengalami kesulitan dalam meningkatkan pengikut, maka silakan hubungi tempat jual followers instagram terbaik untuk hasil instan.

meri puspita
 

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Butuh Bantuan? Chat dengan kami