3 Cara Top Up OVO Tokopedia dan Ketentuan Biayanya

Jangan sampai kehabisan saldo! Top up OVO Tokopedia Anda sekarang biar bisa bebas belanja tanpa rasa khawatir saldonya kurang. Pengisiannya mudah karena bisa pilih satu dari berbagai pilihan metode pembayaran.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas lebih jelas mengenai pengisian saldo OVO yang dapat digunakan untuk berbelanja di Tokped secara langsung. Simak sampai selesai.

Sekilas tentang pengertian OVO dan hal-hal terkait

Sebelum kita bahas lebih jauh mengenai cara top up OVO Tokopedia, mari bahas dulu apa pengertian dan hal-hal yang berhubungan dengannya.

Apa itu OVO?

OVO adalah sejenis dompet digital yang kini sudah menjadi metode pembayaran resmi di Tokopedia. Di sini, Anda bisa menyimpan uang dan menggunakannya untuk bertransaksi secara online.

Gambar 2 - Cara Top Up OVO Tokopedia dan biayanya

Selain di Tokped, dompet digital ini juga bisa dipakai untuk membayar parkir, merchant rekanan, dll. Dengan fitur ini, transaksi bisa dilakukan dengan mudah, cepat, dan aman.

Untuk bisa memanfaatkan dompet digital ini sebagai metode pembayaran buat Tokopedia, Anda perlu melakukan aktivasi.

2 Jenis Tokopedia OVO

Ada dua jenis OVO yang ada di Tokped, yakni:

OVO Cash

Ini adalah sejenis uang elektronik yang bisa dipakai untuk berbagai macam transaksi di Tokopedia. Jenis pertama ini juga dapat digunakan untuk membayar di berbagai merchant yang jadi rekanan.

Bila Anda ingin mengisi ulang, maka jenis pertama inilah yang uangnya atau dananya akan bertambah.

Jika Anda ingin mentransfer saldo uang elektronik ke rekening, maka ini bisa dilakukan lewat OVO cash. Uang elektronik ini juga tidak punya masa berlaku.

OVO points (cashback OVO Tokopedia)

Ini adalah poin yang didapatkan setelah bertransaksi di Tokopedia. Jadi, setiap kali Anda bertransaksi dan mendapatkan cashback, poinnya akan langsung masuk ke OVO Points.

Poin juga dapat digunakan untuk berbelanja lagi dengan nilai konversi sebagai berikut:

Lihat juga >>  Cek Resi Shopee, Express Standard, & Pembatalan Pesanan

1 poin = 1 rupiah.

Berbeda dengan versi cash yang tidak punya masa berlaku, versi points ini memiliki masa berlaku selama 18 bulan. Jadi, begitu dapat harus langsung dimanfaatkan.

Poin ini juga tidak dapat ditransfer ke rekening bank lain apalagi dicairkan. Fokusnya memang dipakai untuk berbelanja ulang.

Jadi, Anda bisa menggunakannya untuk berburu kupon dan mencoba cara pakai kupon undian Tokopedia.

Cara mengaktifkan OVO untuk berbelanja di Tokopedia

Jika Anda ingin menggunakan uang elektronik ini untuk berbelanja di Tokped, maka harus diaktifkan atau aktivasi dulu. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan:

  1. Klik Aktivasi OVO pada halaman Homepage bagian Akun Saya. Proses aktivasi ini hanya bisa dilakukan dengan menggunakan nomor lokal.
  2. Setelah mengklik menu aktivasi, Anda akan masuk ke halaman Syarat dan Ketentuan. Jika ingin membacanya klik “di sini” yang ada di layar tersebut. Namun, bila sudah yakin, silakan langsung klik Aktifkan OVO Sekarang.
  3. Kalau nomor yang Anda daftarkan di dompet digital ini sama dengan nomor yang digunakan di Tokped, maka Anda akan mendapatkan SMS yang berisi kode OTP. Silakan masukkan nomor OTP-nya.
  4. Sebaliknya, jika nomor HP yang terdaftar di keduanya berbeda, maka Anda akan diminta membuat akun OVO baru dengan nomor yang sama dengan nomor HP yang terdaftar di Tokped.
  5. Opsi lainnya, Anda bisa mengubah nomor HP yang ada di Tokped dengan nomor yang terdaftar di akun uang elektronik.
  6. Jika Anda memilih opsi di langkah keempat, maka silakan masukkan nama sesuai KTP ke akun baru OVO-nya. Kemudian masukkan kode OTP yang masuk lewat SMS.
  7. Jika memilih opsi di langkah kelima, maka Anda akan diarahkan untuk masuk ke halaman Ubah Profil dan silakan ganti nomor HP Tokped Anda. Jangan lupa sekalian masukkan nama sesuai KTP.
  8. Jika Anda belum mengaktifkan nomor PIN OVO, silakan buat terlebih dulu.
  9. Ketika PIN sudah selesai diverifikasi, maka akun OVO yang nomornya sama dengan Tokped bisa digunakan alias sudah aktif.
Lihat juga >>  4 Cara Kredit di Tokopedia dengan dan Tanpa Kartu Kredit

Untuk bisa memakainya sebagai metode pembayaran, Anda bisa menemukannya langsung pada saat sedang checkout pesanan dan memilih metode pembayarannya.

Jika memilih metode pembayaran OVO, maka sistemnya sudah online jadi langsung terverifikasi. Fitur ini akan memudahkan para pembeli. Jadi jangan heran bila banyak yang senang dengan dompet digital ini.

Ketertarikan ini membuat keberadaan OVO Tokopedia terasa cukup menguntungkan buat penjual. Jadi, jangan ragu untuk berjualan di Tokped dan naikkan follower Anda lewat jasa jual followers Tokopedia terbaik.

3 Cara Top Up OVO Tokopedia dan biayanya

Cara Top Up OVO Tokopedia dan biayanya

Untuk bisa memanfaatkan OVO secara bebas, jangan sampai saldonya kehabisan. Anda perlu mengisi saldonya dengan cara di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Tokopedia di smartphone.
  2. Pada bagian homepage, klik menu Tagihan.
  3. Pilih OVO.
  4. Pilih nominal top up yang ingin dibeli.
  5. Klik Beli.
  6. Layar akan menampilkan Detail Pembelian. Silakan cek lalu klik Lanjutkan.
  7. Anda akan masuk ke menu metode pembayaran. Silakan pilih.
  8. Lakukan pembayaran sesuai dengan metode yang dipilih.
  9. Jika pembayaran berhasil, saldo OVO cash akan langsung bertambah.

Jika sudah bertambah, Anda bisa memakainya untuk berbelanja lagi.

Sesuai dengan yang ditulis di atas, ada beberapa metode pembayaran yang bisa dipilih untuk mengisi saldo. Kami merangkumnya dalam 3 kategori utama berikut ini:

Transfer bank

Anda bisa memilih metode pembayaran melalui bank. Entah dengan cara transfer via ATM, virtual account dari internet banking, atau instant payment lainnya.

Jika Anda memilih metode ini, maka biaya yang dibebankan pada penyetor adalah sebesar Rp 1.000,- per transaksi. Misalkan Anda mengisi saldo Rp 100.000,- , maka yang perlu dibayarkan adalah Rp 101.000,-.

Cara top up dengan pembayaran lewat debit online

Jika Anda menggunakan metode pembayaran menggunakan debit online, maka biayanya adalah 1,5% dari jumlah top upnya.

Lihat juga >>  Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang, Mungkinkah?

Misalnya, Anda mengisi saldo senilai Rp 100.000,-, maka biaya adminnya adalah Rp 1.500,-. Biaya admin ini akan terus meningkat mengikuti nominal pengisian saldonya.

Cara top up OVO di Alfamart dan gerai retail rekanan lainnya

Pengguna Tokped juga bisa memilih metode pembayaran melalui gerai retail, salah satunya adalah Alfamart.

Cara top up OVO di Alfamart dan gerai retail rekanan lainnya

Pada masing-masing gerai retail ini, transaksi top up memiliki biaya admin yang berbeda. Khusus untuk Alfamart, biayanya adalah Rp 2.500,- per transaksi.

Cara bayarnya sangat mudah, yakni:

  1. Berbelanja seperti biasa.
  2. Pilih metode pembayaran ke Gerai Retail lalu Checkout.
  3. Anda akan mendapatkan email yang berisi kode pembayaran. Gunakan kode ini untuk membayar di gerai yang dalam hal ini adalah Alfamart.

Khusus pembayaran via Alfamart, nominal maksimal transaksi yang dapat diterima adalah senilai Rp 2.500.000,-. Nominal ini akan berbeda untuk gerai-gerai retail lainnya.

Perlu diketahui bahwa informasi biaya di atas bisa berubah sewaktu-waktu.

Cara top up OVO di Indomaret, bisa atau tidak?

Jika Anda ingin melakukan pembayaran OVO tokopedia via indomaret, maka fitur ini saat ini tidak tersedia. Selain Indomaret, pembayaran juga tidak bisa dilakukan dengan memakai:

  1. Saldo refund.
  2. Kartu kredit.
  3. Metode bayar untuk cicilan kartu kredit.

Agar lebih jelas, silakan cek langsung di Tokopedia.

Demikian informasi tentang cara top up OVO Tokopedia. Selamat menggunakan fasilitas ini buat berbelanja dan memanfaatkan fitur-fitur cashback yang menguntungkan.

meri puspita
 

Butuh Bantuan? Chat dengan kami