Proteksi Gadget Tokopedia dan Cara Klaim Tagihan Agar Cair

Takut pesanan Anda rusak saat dikirim? Berikan proteksi gagdet tokopedia pada pesanan saat checkout! Dengan begitu, produk akan terlindungi selama 12 bulan pertama pembelian.

Untuk memanfaatkan fitur ini, Anda harus tahu banyak hal. Mulai dari cara mengaktifkan asuransinya, syarat dan ketentuan, hingga cara klaimnya bila terjadi sesuatu.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya secara lengkap. Jadi, simak sampai selesai.

Definisi atau pengertian proteksi gadget tokopedia

Definisi atau pengertian proteksi gadget tokopedia

Sesuai dengan namanya, fitur ini bisa didapatkan oleh para pengguna tokopedia yang membeli gadget. Untuk bisa memberikan asuransi, pihak Tokopedia bekerja sama dengan Fuse, Tecprotec, dan Adira.

Anda bisa mengaktifkan pilihan proteksi ini pada saat mau checkout ketika melakukan pemesanan. Pembeli harus membayar premi yang nominalnya disesuaikan dengan harga produk. Jadi, beda harga beda preminya. Semakin mahal harga barang, semakin mahal preminya.

Bila terjadi kerusakan seperti rusak fisik atau kemasukan air, Anda bisa klaim dalam jumlah tertentu. Jadi sangat menguntungkan.

Sama halnya dengan cara goyang shopee, asuransi Tokopedia ini juga akan meningkatkan kuantitas pembeli. Khususnya mereka yang ingin produk yang dibeli secara online bisa aman dalam durasi waktu tertentu.

Cara menggunakan proteksi gadget Tokopedia

Fitur ini bisa aktif jika Anda membayar premi dengan mencentang pilihan “Takut gadget baru kamu rusak?” pada saat hendak checkout. Di bawah opsi ini, biasanya juga tertera informasi premi yang harus dibayarkan. Preminya sangat murah, jadi recommended untuk dicoba.

Tipe proteksi dan aturan dasar

Cara menggunakan proteksi gadget Tokopedia - Tipe proteksi dan aturan dasar

Perlu diketahui bahwa tidak semua pesanan bisa dicover dengan asuransi tokped ini. Sesuai dengan namanya, fitur ini hanya khusus untuk pesanan dalam bentuk gadget yang dibeli secara resmi (official store) di Tokopedia. Berikut ini daftarnya:

  1. HP.
  2. Laptop.
  3. Smartphone.
  4. Wearable devices.
  5. Tablet.
Lihat juga >>  Cara Jualan di Lazada via HP dan Laptop Agar Cepat Laku

Jadi, untuk elektronik selain yang tertulis di atas, proteksi gadget tokopedia ini tidak berlaku.

Selain ketentuan di atas, harga produk juga memiliki batasan, yakni dari Rp 100.000,- sampai Rp 40.000.000,-.

Barangnya juga harus barang yang dibeli secara resmi dan punya nomor IMEI. Bukan produk yang dibeli di pasar gelap. Proteksinya tidak berlaku untuk pembelian barang bekas (hanya barang baru saja).

Batasan klaimnya bisa berganda atau maksimal sesuai dengan gadget yang diproteksikan atau dijaminkan.

Manfaat perlindungan

Kasus-kasus yang bisa diklaimkan adalah:

  1. Kebakaran.
  2. Sambaran petir.
  3. Ledakan.
  4. Penodongan.
  5. Perampokan.
  6. Terkena atau kemasukan cairan.
  7. Kerusakan tidak terduga.
  8. Kerusuhan.
  9. Pemogokan.
  10. Perbuatan jahat orang lain.

Selain rusak, perlindungan ini juga termasuk hilang dengan masa proteksi selama 12 bulan (1 tahun) dihitung sejak konfirmasi barang diterima.

Cara aktivasi proteksi gadget Tokped yang benar

Untuk menggunakan manfaat ini, Anda perlu mengaktifkannya dengan memasukkan nomor IMEI pada email yang diterima dari Fuse.

Dengan aktivasi seperti ini, bila memang terjadi sesuatu yang membutuhkan klaim, maka prosesnya akan lebih mudah.

3 Cara klaim proteksi tagihan tokopedia

Cara klaim proteksi tagihan tokopedia

Bila terjadi sesuatu selama 12 bulan pertama dan seluruh persyaratan telah terpenuhi, maka Anda bisa klaim dengan 3 cara di bawah ini:

Klaim online di Tokped

Opsi pertama adalah melakukan klaim secara online melalui situs marketplace-nya. Login ke akun Tokopedia Anda kemudian ikuti langkah di bawah ini:

  1. Masuk ke halaman Klaim Asuransi.
  2. Pilih Belanja dan Tagihan.
  3. Pilih produk yang mau diklaim.
  4. Pelaporan klaim ini memiliki batasan maksimal 3 hari sejak adanya insiden. Jadi, memang harus dilakukan dengan cepat.
  5. Isi IMEI dengan benar dan pilihlah benefit atau keuntungan yang akan diklaim.
  6. Siapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan dalam bentuk soft copy. Contohnya adalah KTP, bukti kerusakan atau kehilangan, dan dokumen pendukung lainnya.
  7. Lengkapi formulir klaimnya dengan menceritakan kronologi yang sebenar-benarnya.
  8. Cek apakah data-data yang dilampirkan sudah sesuai dan lengkap. Apabila sudah yakin, silakan klik Submit.
  9. Cek email yang Anda daftarkan di Tokped setelah mengklik pilihan submit.
  10. Mitra Tokped akan memroses dalam waktu 5 hari kerja. Silakan cek secara berkala riwayat klaimnya.
Lihat juga >>  Cara Dropship di Bukalapak dan Beragam Keuntungannya

Sabarlah menunggu dan berdoa semoga pengajuan klaim bisa diterima.

Klaim lewat service center resmi

Bila klaim dilakukan setelah dari service center resmi, maka caranya adalah dengan menghubungi nomor telepon customer care. Salah satu nomor yang dapat dihubungi adalah 021.5020.0879.

Bila memilih cara ini, berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengajukan klaim proteksi gadget Tokopedia:

  1. Laporkan klaim secara langsung melalui nomor di atas dengan batasan maksimal waktu 3 hari setelah insiden terjadi.
  2. Lengkapi formulir klaim.
  3. Lengkapi dokumen-dokumen pendukung sebagai bukti pengajuan klaimnya. Dokumen yang umumnya diperlukan adalah invoice pembelian dari Tokped, fotokopi identitas tertanggung yang masih aktif atau berlaku, analisa teknis, bukti biaya perbaikan, dan dokumen lain sesuai dengan klaim.
  4. Jelaskan secara rinci kronologi insiden yang bisa menyebabkan kerusakan atau kehilangan.
  5. Sertakan juga informasi lainnya yang mungkin diperlukan untuk pengajuan klaimnya.
  6. Formulir klaim, dokumen pendukung, dan informasi lainnya wajib diserahkan (kepada Fuse) maksimal 30 hari sejak hari pelaporan.
  7. Pihak pembeli (tertanggung) harus memberikan suku cadang, barang, dan komponen lainnya kepada Penanggung sebelum dilakukan pembayaran oleh si Penanggung.

Seluruh proses di atas hanya bisa dilakukan di hari Senin-Jumat mulai pukul 8 pagi sampai 8 malam. Khusus di hari Sabtu dan Minggu, prosesnya bisa dilakukan pada jam 9 pagi hingga jam 6 sore saja. Anda tidak bisa melaporkan insiden klaim pada hari libur Nasional jika memilih opsi metode kedua ini.

Service center tak resmi

Prosedur untuk mengajukan klaim setelah dari service center tak resmi sama dengan ke service center resmi. Caranya semua sama.

Mulai dari menelepon ke nomor customer care, melengkapi formulir, mengirimkan dokumen pendukung, menceritakan kronologinya secara detail, hingga pengiriman suku cadang sebelum uang pertanggungan dibayarkan.

Lihat juga >>  Cara Jadi Reseller Baju Online Tanpa Modal, Tak Perlu Ijazah!

Yang perlu dijadikan catatan adalah dokumen dalam bentuk soft copy bisa dikirim lewat email langsung dengan subject “Klaim Proteksi Gadget Tokopedia – nomor polis asuransi.”   Alamat email fuse-nya adalah [email protected]

Baca syarat & ketentuan secara detail

Proses klaim barang kadang memang membuat jengah dan lelah. Tapi kadang juga bisa lancar jaya tanpa hambatan.

Guna menghindarinya, Anda perlu membaca syarat dan ketentuan dengan lebih detail supaya bisa menyiapkan segala dokumen bilamana ada yang dibutuhkan saat proses pengajuan klaim.

Jika ingin bertanya lebih jauh, Fuse juga memiliki nomor whatsapp yang bisa dihubungi di jam 8 pagi sampai jam 8 malam di hari Senin sampai Jumat. Juga jam 9 pagi sampai jam 6 sore di hari Sabtu dan Minggu.

Nomor Whatsapp Fuse: 0821.2496.7500.

Keuntungan program asuransi tokopedia untuk penjual

Penjual gadget resmi akan mendapatkan Rp 5.000,- untuk setiap IMEI yang masuk dari gadget yang dibeli di tokonya.

Ini tentu cukup menguntungkan buat penjual. Maka dari itu, bila Anda jualan smartphone atau tablet, segera cari tempat jual followers tokopedia terbaik agar pembelian makin meningkat dan kans untuk mendapatkan pelanggan loyal makin besar.

Demikian informasi tentang proteksi gadget tokopedia, ketentuan, cara menggunakan, aktivasi, dan cara klaimnya. Selamat mencoba dan semoga beruntung.

meri puspita
 

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Butuh Bantuan? Chat dengan kami