Menjadi Official Store Tokopedia, Keuntungan, dan Biayanya

Banjir promo dan fasilitas dengan menjadi official store tokopedia. Ketahui kategori, keuntungan, cara mendaftar, dan biayanya di sini!

Sudah bukan rahasia lagi jika dengan menjadi toko resmi di Tokopedia, seller akan mendapatkan berbagai keuntungan dan promo. Sebagai contoh riil adalah fitur Bebas Ongkir yang hanya diberikan kepada Power Merchant dan toko resminya saja.

Dengan meningkatkan level toko ke official, tentu akan bisa meningkatkan penjualan Tokopedia dengan cepat pula. Mau tahu lebih banyak? Simak ulasan ini sampai selesai.

Official store tokopedia adalah…

Mungkin banyak dari Anda yang bertanya apa itu toko official. Official store Tokopedia adalah layanan penjual yang dikhususkan buat seller yang ingin mengembangkan tokonya secara eksklusif di Tokopedia.

Official store tokopedia adalah

Bila Anda menginginkannya, silakan coba daftar. Tapi perlu diperhatikan juga apakah sudah memenuhi syarat atau belum. Silakan baca ulasan di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Kategori penjual yang bisa menjadi Official Store Tokopedia

Semua bisa menjadi toko resmi di Tokped, termasuk perusahaan, badan usaha, dan perorangan. Agar lebih jelas, berikut ini adalah beberapa kategori yang bisa mendaftar toko resmi di Tokped:

Kategori penjual yang bisa menjadi Official Store Tokopedia

Brand ternama

Yang termasuk dalam brand ternama adalah pemilik merek resmi atau pemegang hak merek dagang yang sah atau resmi dan diakui di Indonesia. Syaratnya adalah KTP, NPWP, SIUP, Akta Perusahaan, SKPPKP, SKT, dan HAKI.

Contohnya adalah Samsung, Levi’s, Kao, dan yang lainnya.

Distributor resmi

Seorang distributor yang sudah mengantongi lisensi distribusi sebuah merek resmi yang ada di Indonesia juga boleh mendaftar. Syaratnya hanya KTP, SIUP, NPWP, dan Surat Resmi Penunjukkan Distributor.

Contohnya adalah Erafone, Yamaha Jatim, dan yang lainnya.

Penjual terpilih Tokopedia

Seller terpilih adalah mereka yang memiliki Reputasi Gold 1 dan aktif berjualan minimal 6 bulan dengan syarat mengantongi lisensi secara resmi atas produk yang dijual. Syarat mendaftarnya adalah KTP, NPWP, dan SIUP.

Lihat juga >>  Cara Menjadi Agen Bukalapak, Cara Kerja, & Keuntungannya

Contohnya adalah Raja Susu, Oke Chuku, dll.

Pengusaha lokal

Yang termasuk dalam kategori ini adalah pengusaha-pengusaha kreatif yang sudah memiliki izin dagang secara sah untuk berjualan. Syarat pendaftarannya adalah SIUP, NPWP, dan KTP.

Contohnya adalah Maison Elmesa, Kanduran Studio, dll.

Dari ulasan di atas bisa dilihat bahwa jika Anda adalah perorangan, pilihannya adalah masuk ke kategori distributor resmi, penjual terpilih, atau pengusaha lokal. Biasanya yang masuk ke pengusaha lokal ini adalah pemilik UMKM dengan merek produk yang sudah berizin.

Keuntungan Official Store Tokopedia

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan menaikkan level toko ke Official, di antaranya adalah:

Keuntungan Official Store Tokopedia

Bisa diskusi dengan Relationship Manager Tokped

Anda bisa mendiskusikan bisnis dengan tim manager dari Tokopedia. Dari sini, muncul strategi-strategi baru agar pangsa pasar meluas dan penjualan meningkat.

Menjadi pilihan utama pembeli

Ada banyak pilihan fitur eksklusif yang hanya bisa diberikan kepada pembeli jika Anda menjadi official store Tokopedia. Dengan fitur eksklusif ini para pembeli akan tertarik dan mulai berbelanja di tempat Anda.

Bisa mengatur toko dengan lebih mudah

Ada fitur API Tokopedia yang bisa digunakan untuk mengatur stok barang, lokasi pengiriman, hingga menganalisa statistik dari lapak Anda.

Bebas mengatur ekspedisi pengiriman

Seller memiliki kebebasan untuk memilih ekspedisi. Boleh pakai kurir yang tersedia di Tokopedia bisa juga pakai kurir sendiri. Jadi, pembeli juga lebih leluasa dalam memilih ekspedisi pada saat membuat pesanan dan checkout.

Pengaturan diskon

Pihak official juga bebas mengatur diskon yang akan diberikan kepada pembeli. Agar tidak mengganggu jumlah laba yang didapat, seller bisa menghitungnya berdasarkan keuangan dan anggaran.

Kepercayaan pembeli meningkat dan terjamin

Sebagai seorang pembeli, melakukan transaksi dengan toko resmi rasanya lebih nyaman dan aman ketimbang yang biasa. Meskipun memang harganya kadang sedikit lebih tinggi, tapi rasa aman bertransaksi tak akan bisa terbeli.

Lihat juga >>  Cara Aktifkan dan Belanja Tokopedia Bayar Ditempat

Apalagi dengan menjadi Official Store, pembeli juga bisa mendapatkan perlindungan asuransi gratis dari Tokped.

Data statistik toko yang lengkap

Anda juga bisa melihat data statistik penjualan secara lengkap. Pergerakan pasar dan hasil penjualan bisa dilihat dan didiskusikan langsung dengan Relationship Manager untuk menentukan strategi dan cara penjualan yang menghasilkan banyak uang.

Perbedaan Power Merchant dan Official Store Tokopedia

Ada tiga kategori toko yang ada di Tokped, yakni Reguler, Power Merchant, dan Official Store. Kalau reguler, fasilitasnya sangat terbatas. Mereka hanya mendapatkan statistik toko dan fitur keuangan biasa dengan batasan yang cukup signifikan.

Nah, yang menjadi pertanyaan banyak orang adalah perbedaan antara power merchant dan official store. Hal ini karena keduanya memang dinilai lebih baik dari pada versi reguler. Silakan simak daftar perbedaannya di bawah ini:

Kepercayaan pembeli

Dilihat dari kepercayaan pembeli, power merchant memang sudah cukup baik. Tapi versi official jauh lebih trusted.

Statistik toko dan fitur keuangan

Keduanya sudah mendapatkan fitur statistik toko dan fitur keuangan. Hanya saja, toko resmi bisa langsung diskusi dengan tim relationship manager.

Promo eksklusif

Dua kategori toko ini juga sama-sama bisa memanfaatkan promo eksklusif. Misalnya bebas ongkir.

Fitur yang tidak dimiliki power merchant tapi ada di official store

Selain 3 perbedaan di atas, ada beberapa fitur yang hanya bisa didapatkan di toko resmi, di antaranya adalah:

  1. Pengaturan diskon toko.
  2. Asuransi barang.
  3. Adanya tim bisnis khusus.
  4. Bisa langsung integrasi ke API tokopedia.

Cara daftar official store di Tokopedia

Untuk bisa mendaftar, Anda harus melalui tahapan di bawah ini:

  1. Siapkan syarat pendaftaran sesuai dengan kategori penjual yang ditulis di atas.
  2. Mendaftar langsung dengan membuka halaman Seller Tokopedia.
  3. Mengatur strategi penjualan.
  4. Mengembangkan bisnis bersama Tokped.
Lihat juga >>  Contoh Kata-Kata Promosi Olshop, Bikin Bisnis Makin Moncer

Biaya bulanan official store Tokopedia

Perhitungan biaya di toko resmi Tokopedia dihitung berdasarkan persentase dari harga barang yang dijual. Tergantung ada di kategori apa produk tersebut. Agar lebih jelas, silakan cek daftar biaya di bawah ini:

  1. Otomotif, komisinya dari 2% sampai 5%.
  2. Kecantikan dan Perawatan, komisinya 7,5% sampai 12%.
  3. Elektronik, komisinya 2% sampai dengan 5%.
  4. Fashion, komisinya 10% sampai 15%.
  5. Makanan dan kesehatan, komisinya 5% sampai 8%.
  6. Handphone, komisinya 2% sampai 5%.
  7. Hobi, komisinya 7,5% sampai 12%.
  8. Home and Living, komisinya 5% sampai 8%.
  9. Mom & Baby, komisinya 5% sampai 8%.

Perlu diketahui bahwa sebuah toko resmi perlu melakukan security deposit dengan nominal minimal Rp 1.000.000,-. Besaran persentase komisi yang dikeluarkan di atas masih dikategorikan lagi berdasarkan tipe penjualnya.

Demikian informasi tentang cara menjadi official store Tokopedia. Bila pendaftaran Anda belum disetujui atau sudah menjadi toko resmi tapi belum punya follower banyak, silakan hubungi tempat jual followers tokopedia terbaik.

Dengan begini, jumlah pengikut store Anda akan meningkat. Hasilnya, kans untuk mendapatkan pembeli lebih banyak juga terbuka lebar. Sebab banyak pengikut berarti lebih bisa dipercaya.

meri puspita
 

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Butuh Bantuan? Chat dengan kami