Mitra Bukalapak: Daftar, Banner, Cara Kerja, dan Berjualan

Warung Anda akan naik kelas bila jadi mitra bukalapak. Caranya mudah dan untungnya banyak. Mau coba? Cek ulasannya dalam artikel ini.

Sebagaimana diketahui, sejak beberapa tahun terakhir Bukalapak membuka kesempatan untuk warung-warung, pemilik toko kelontong, atau usaha offline lainnya agar bisa menjadi mitra dan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Program ini berbeda dengan program markertplace utama yang memang khusus dipakai untuk jual beli online antar penjual dan pembeli.

Artinya, untuk menjadi mitra di salah satu marketplace di Indonesia ini, Anda perlu mengunduh aplikasinya secara khusus terlebih dulu.

Apa itu Mitra Bukalapak?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai program ini, mari kenalan dulu dengan programnya.

Apa itu Mitra Bukalapak

Program kemitraan ini ditujukan untuk semua individu atau pemilik warung yang sudah menjual barang dagangan secara offline untuk menjadi seorang mitra.

Mitra-mitra ini berkesempatan untuk menjual semua produk yang ada di BL secara offline. Tujuannya adalah agar semua orang yang masih tabu dengan penjualan online, masih takut berbelanja daring, atau tidak punya akses internet tetap bisa merasakan manfaat pembelanjaan online.

Jadi nantinya, saat calon pembeli tersebut butuh barang, mitra akan mencarikannya di sistem bukalapak. Setelah barang terjual, mitra akan mendapatkan komisi penjualan.

Cara mendaftar mitra bukalapak

Nah, bila Anda adalah pemilik toko atau seseorang yang ingin jadi mitra, silakan mendaftar terlebih dulu. Proses pendaftaran bisa dilakukan langsung melalui aplikasi mitra bukalapak. Silakan ikuti langkah di bawah ini untuk mendapatkan aplikasi resminya.

Cara mendaftar mitra bukalapak

Cara daftar mitra bukalapak melalui HP android

  1. Kunjungi play store lewat HP android.
  2. Download dan instal aplikasi mitra dengan mencarinya di kolom pencarian terlebih dulu.
  3. Bila sudah terinstal, silakan buka aplikasinya.
  4. Klik Mulai untuk mulai melakukan registrasi.
  5. Masukkan nomor HP dan klik Masuk.
  6. Aplikasi akan mengirimkan kode lewat SMS/WA ke nomor yang sudah Anda daftarkan.
  7. Isikan kode tersebut ke kotak yang tersedia untuk masuk ke proses berikutnya.
  8. Isikan data-data yang diminta, misalnya nama lengkap, jenis kelamin, dan password.
  9. Untuk kode referral, boleh diisi boleh tidak.
  10. Silakan centang pada jawaban atas pertanyaan “Apakah kamu memiliki usaha?” atau “Apa Jenis Usaha Kamu Saat ini?” (klik pilih jenis usaha).
  11. Klik daftar.
  12. Done!

Meskipun sudah terdaftar, untuk bisa mulai bertransaksi Anda perlu verifikasi akun terlebih dulu. Untuk melakukan ini, Anda perlu foto KTP (identitas diri) dan foto diri. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi.
  2. Log in menggunakan akun yang sudah terdaftar di atas.
  3. Klik Verifikasi.
  4. Silakan upload data-data yang dibutuhkan.
  5. Selesai.
Lihat juga >>  Sejarah Shopee, Model Bisnis, dan Visi Misinya

Bila semua proses sudah selesai dan Anda bisa bertransaksi sebagai mitra, maka sebaiknya segera cari banner bukalapak untuk mengenalkan pada lingkungan sekitar bahwa Anda adalah mitra bukalapak resmi.

Hal ini perlu dilakukan agar usaha Anda makin dikenal dan orang-orang yang akan membeli di situ tidak ada ragu lagi.

Mendaftar melalui laptop atau PC

Bila Anda terbiasa menggunakan perangkat komputer atau PC, pendaftaran bisa dilakukan langsung melalui situs resmi bukalapak. Silakan ikuti langkah di bawah ini:

  1. Silakan kunjungi https://mitra.bukalapak.com/register melalui desktop.
  2. Masukkan nomor HP dan data diri yang diperlukan.
  3. Anda akan menerima kode verifikasi via WA atau SMS.
  4. Ikuti langkah pendaftaran sampai selesai.
  5. Bila sudah, silakan langsung verifikasi akun dengan menyertakan foto KTP dan diri sendiri agar kemitraannya bisa langsung dimanfaatkan.

Setelah berhasil mendaftar dan verifikasi akun, silakan pesan banner kemitraan agar bisa segera melakukan transaksi dan penjualan.

Cara mendapatkan banner mitra bukalapak

Banyak sekali mitra yang merasa kesulitan untuk mendapatkan banner. Hal ini karena banner  ini tidak langsung disediakan oleh tim Bukalapak.

Bila Anda ingin mendapatkan banner, ada banyak penjual di Bukalapak yang menawarkannya. Carilah ukuran dan harga yang sesuai dengan kebutuhan.

Cara lain yang bisa dilakukan  adalah mengikuti forum yang membahas soal banner. Bila beruntung, Anda mungkin akan mendapatkan file dan bisa mencetak banner-nya di percetakan terdekat di daerah lingkungan tempat tinggal.

Keunggulan jadi mitra

Ketika akun sudah terverifikasi dan sudah bisa dipakai bertransaksi, serta sudah memiliki banner, maka berarti Anda sudah siap berjualan sebagai mitra.

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan saat seseorang menjadi mitra, di antaranya adalah:

  1. Mendapatkan keuntungan yang jelas.
  2. Memulai usaha dengan modal ringan, bahkan tanpa modal.
  3. Transaksi bisa dilakukan secara aman dan mudah.
  4. Bukalapak merupakan marketplace berpengalaman jadi sangat terpercaya.
  5. Banyak promo yang bisa diikuti.
  6. Mendapatkan bonus poin.
  7. Bisa COD.
  8. Proses pengiriman barang sangat cepat. Bahkan satu hari bisa sampai.
Lihat juga >>  Sejarah Tokopedia, Award, Cara Jualan, Belanja, Kredit, COD

Dengan keuntungan di atas, rasanya sangat sayang bila kesempatan ini dibiarkan berlalu begitu saja.

Cara kerja mitra bukalapak

Meski jumlah mitra yang ada di bukalapak sudah cukup banyak, tapi faktanya masih ada yang bingung dengan cara kerjanya.

Cara kerja mitra bukalapak

Pada dasarnya, cara kerja kemitraan ini sangat mudah. Agar jelas, silakan ikuti contoh di bawah ini:

Anda adalah seorang mitra BL. Pada suatu ketika, teman Anda, sebut saja X sedang mencari blender dengan budget sebesar 300 ribu rupiah. Anda kemudian menawarinya untuk mencarikan barang sesuai dengan kebutuhannya.

Ketika si X menyanggupi, Anda pun bisa mulai mencari produk tersebut di aplikasi Bukalapak. Nah, pada saat mencari produk, pastikan bahwa harganya di bawah 300 ribu, bahkan setelah ditambah dengan ongkos kirim dan biaya lainnya.

Jadi, selisihnya bisa menjadi margin atau laba usaha.

Bila sudah ketemu, silakan hubungi si X. Setelah si X memberi uang, lanjutkan dengan bertransaksi melalui Bukalapak. Setelah barang diterima oleh X, Anda akan mendapatkan komisi yang akan langsung masuk ke dompet akun.

Cara berjualan sebagai mitra di Bukalapak

Nah, karena cara kerjanya sangat mudah dan potensi untungnya banyak. Anda harus memanfaatkannya dengan baik. Caranya adalah dengan mengoptimasi akun mitra Anda. Bagaimana caranya?

Setelah membuat akun, jangan langsung dibiarkan begitu saja. Silakan promosi ke akun sosial media, misalnya lewat Whatsapp, facebook, atau instagram. Untuk promosi via instagram, Anda bisa mencoba like instagram gratis.

Selain lewat sosial media, Anda juga harus meningkatkan layanan dan keberhasilan penjualan di toko online sehingga followers di Bukalapak meningkat.

Peningkatan pengikut pada sebuah akun di marketplace memang tidak mudah didapatkan. Terlebih untuk pengguna baru yang minim pengalaman.

Lihat juga >>  Sejarah Bukalapak, Cara Kerja, Kekurangan, & Kelebihannya

Oleh karena itu, jika mengalami kesulitan untuk mendapatkan followers, silakan menghubungi tempat jual followers bukalapak terbaik terlebih dulu. Dengan begitu, para pengikut akan melihat setiap kali produk naik dan Anda pun bisa menambah penghasilan dari marketplace satu ini.

Demikian informasi tentang cara daftar mitra bukalapak, keuntungan, cara kerja, dan cara berjualannya yang baik dan menghasilkan. Yang paling penting dari bisnis adalah berani memulai dulu lalu konsisten menjalaninya. Jangan bosan, selalu berusaha, dan tetap semangat!

meri puspita
 

Butuh Bantuan? Chat dengan kami