Meningkatkan Penjualan Tokopedia Sejak Bulan Pertama Join!

Segera lakukan cara meningkatkan penjualan Tokopedia Anda sejak awak join. Start yang bagus akan membuat bisnis Anda makin lancar. Bingung bagaimana caranya? Simak lengkap dalam ulasan di bawah ini.

Jalan menjadi penjual sukses memang tidak selalu mudah. Pasti ada rintangan dan jelas butuh perjuangan. Maka dari itu, semuanya harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dari awal.

Saat pertama kali buka toko di marketplace, jelas seseorang memiliki banyak ide, keinginan, dan harapan. Saat inilah semangat berjuang masih segar atau fresh. Jadi, agar semangat ini terus menggebu, performa toko harus bagus.

Jika performa toko bagus, mengelola semangat pun akan makin mudah. Sebaliknya, bila setelah membuat akun toko ternyata penjualan tak seperti harapan, maka biasanya semangat itu pun akan kendur dan tidak terkelola dengan baik.

Cara berjualan di Tokopedia agar cepat laku dengan mempercantik tampilan

Sebelum membahas tentang tips berjualan, perlu diketahui bahwa pemilihan nama toko berpengaruh terhadap penjualan. Silakan pilih nama toko yang menarik dan mudah diingat serta sesuaikan dengan barang yang dijual.

Cara berjualan di Tokopedia agar cepat laku dengan mempercantik tampilan

Bila memang nama yang Anda pilih dirasa tidak memenuhi kriteria tersebut, silakan coba ganti nama toko di Tokopedia terlebih dulu.

Setelah membuat lapak, jangan hanya berpikir bahwa semuanya cukup dengan profil dan produk. Anda harus memperhatikan tampilannya dengan baik agar menarik dan ditaksir oleh pembeli. Berikut ini adalah beberapa trik yang bisa dilakukan:

Perhatikan cara menulis nama produk

Hal pertama yang perlu dilakukan agar produk Anda menarik adalah memperhatikan pemakaian namanya. Berikut ini cara menulis nama produk di Tokopedia:

  1. Gunakan kata kunci yang sering dipakai pembeli di kolom pencarian dalam nama tersebut.
  2. Jangan gunakan kode khusus yang hanya diketahui oleh Anda dan karyawan pada nama produk. Hal ini hanya akan mengurangi jatah karakter tanpa bisa dipahami oleh calon buyer.
  3. Pakailah sinonim dari kata kunci pencarian atau nama produknya sehingga kemunculannya di hasil pencarian bisa meningkat. Contoh: Bantal menyusui jadi bansui.
  4. Manfaatkan juga penulisan kata kunci yang umum keliru (typo) dari para calon pembeli.
  5. Nama produk Tokopedia maksimal 70 karakter, maksimalkan dengan baik.
  6. Pakailah rumus dasar jenis + merek + keterangan yang perlu + kata promosi untuk membuat sebuah nama produk.
Lihat juga >>  4 Cara Kredit di Tokopedia dengan dan Tanpa Kartu Kredit

Nama yang dibuat dengan trik di atas biasanya akan jauh lebih mudah muncul di hasil pencarian. Nantinya, apakah pembeli akan membuka atau tidak produk tersebut tergantung pada foto yang diunggah. Maka dari itu, penting untuk membuat foto Anda menarik.

Cara membuat foto produk yang baik dan menarik

Agar foto yang Anda panjang di marketplace dilirik calon pembeli, silakan lakukan cara di bawah ini:

  1. Gunakan pencahayaan yang baik saat memotret produk. Dengan pencahayaan yang baik, gambar jadi lebih jelas, detail, dan bagus.
  2. Fotolah produk dari berbagai sisi sehingga calon pembeli akan melihatnya dengan lebih jelas dan tidak akan ragu pada kredibilitas toko.
  3. Sewa model dan pakailah make up jika Anda menjual pakaian atau produk fashion lainnya.
  4. Pastikan real pict. Jangan banyak mengedit karena warnanya bisa berbeda dengan aslinya yang nantinya akan memberi dampak kurang bagus. Biasanya akan terlihat saat pembeli memberikan feedback.

Tulis deskripsi yang menarik, begini caranya!

Setelah berhasil memikat mereka dengan foto hingga mau membuka produk Anda, selanjutnya yang akan membuat mereka memutuskan untuk membeli atau tidak adalah deskripsi.

Di deskripsi inilah tertulis apakah benda yang mereka butuhkan adalah produk Anda atau bukan. Jadi, begini cara menulis deskripsi yang baik:

  1. Pakailah poin-poin dalam menuliskan deskripsi sehingga mudah dibaca secara singkat, ringkas, padat, dan jelas.
  2. Paparkan manfaat produknya.
  3. Sebaiknya hindari menuliskan kalimat dan istilah yang sifatnya subyektif.

Cara berjualan di tokopedia untuk pemula, cara laku sejak bulan pertama

Bila produk Anda sudah siap menarik pelanggan, kini saatnya membuat produk-produk tersebut bisa menghasilkan uang. Bagaimana caranya?

Cara berjualan di tokopedia untuk pemula, cara laku sejak bulan pertama

Bangun dan tingkatkan traffic ke toko

Caranya adalah dengan melakukan promosi, baik itu ke orang-orang terdekat maupun di media sosial. Anda bisa mulai sharing link produk yang sedang mereka cari atau menyebarkannya melalui grup FB atau WA. Ini akan menaikkan jumlah kunjungan langsung ke toko.

Lihat juga >>  Cara Dropship di Shopee dan Tokopedia Mudah Menghasilkan

Manfaatkan iklan berbayar

Siapkan dana untuk promosi dengan cara membayar iklan. Di tokopedia, ada yang namanya TopAds. Jadi pakailah dana tersebut untuk memasang iklan di TopAds.

Biasanya, dengan mengeluarkan modal di awal, Anda juga akan berusaha lebih keras karena tidak mau merasakan kerugian.

Membeli follower dari partner terpercaya

Cara selanjutnya adalah dengan beli follower tokopedia terpercaya. Jumlah follower akan meningkatkan kans untuk mendapatkan kunjungan dan trust dari calon pembeli.

Sebarkan konten menarik lewat berbagai jalan

Buatlah konten yang bisa menjangkau seluruh audiens. Jadi, tak hanya ada di lingkaran Anda saja. Caranya adalah dengan menyewa endorser atau membangun partnership.

Dengan begini, pangsa pasar Anda akan lebih luas. Jumlah orang yang tahu dagangan Anda makin banyak. Artinya, persentase orang yang akan membeli produk juga bisa bertambah.

Evaluasi dan terus tingkatkan mana yang paling memberikan hasil

Meningkatkan penjualan Tokopedia hanya bisa terjadi bila Anda mau melakukan evaluasi terhadap alat-alat iklan yang digunakan. Teliti mana alat iklan yang memberikan dampak signifikan, mana yang tidak.

Kalau ada yang memberikan dampak signifikan, tambahkan dana iklannya.

Meningkatkan penjualan tokopedia secara signifikan

Bila langkah pertama untuk membuat produk Anda laku sudah didapatkan, sekarang saatnya membuat angka penjualan tersebut stabil dan meningkat. Ikuti langkah di bawah ini:

Meningkatkan penjualan tokopedia secara signifikan

Promosi atau promote tokopedia

Anda bisa mulai mempromosikan barang melalui TopAds. Cara lainnya adalah dengan menyewa jasa influencer, dan memberikan sampel buat para pembeli. Mungkin bisa dalam bentuk bonus pembelian agar feedback toko menjadi bagus.

Tingkatkan performa toko

Ada banyak cara yang bisa dilakukan supaya performa toko Anda meningkat, di antaranya adalah:

  1. Berikan respons cepat kepada pembeli. Responsif merupakan kunci agar mereka merasa terlayani dengan baik.
  2. Bila ada pesanan, segera diproses dengan cepat. Jangan tunda-tunda.
  3. Naikkan level ke Power Merchant agar bisa memanfaatkan fitur Bebas Ongkir.
  4. Agar barang lebih cepat sampai, cobalah memakai fitur fulfillment.

Kualitas komunikasi harus terus dijaga

Hubungan penjual dan pembeli tak hanya terjalin satu dua hari. Anda tentu ingin mereka jadi langganan. Agar semua ini terwujud, kuncinya ada di komunikasi.

Lihat juga >>  Resi Otomatis Tokopedia JNT JNE Si Cepat Buat Dropshipper

Belajarnya untuk berkomunikasi dengan baik dan berkualitas. Selalu follow up mereka, jadilah orang yang ramah, dan yang paling penting cepat tanggap.

Buatlah keuangan yang mendetail untuk penjualan

Bisnis dilakukan secara berkelanjutan. Agar bisa mendapatkan untung secara stabil, Anda harus mengatur keuangan dengan baik. Langkah yang bisa dilakukan adalah:

  1. Buat pembukuan dengan rapi.
  2. Masukkan atau input alur kas secara detail.
  3. Pastikan pembayaran-pembayaran yang perlu dilakukan tepat waktu.

Dengan cara meningkatkan penjualan tokopedia di atas, Anda akan bisa menjalankan bisnis secara berkelanjutan. Jangan takut terseok-seok karena itu bagian dari pengalaman. Temukan solusinya dan majulah lagi. Mundur selangkah, maju dua langkah!

meri puspita
 

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Butuh Bantuan? Chat dengan kami