Cara Menjadi Agen Bukalapak, Cara Kerja, & Keuntungannya

Menjadi agen bukalapak itu gampang! Anda cukup mendaftar dan mengikuti cara kerjanya yang benar supaya menghasilkan dan menguntungkan.

Bukalapak menjadi salah satu marketplace ternama di Indonesia. Bagi orang yang terbiasa berbelanja secara daring, e-commerce ini jadi salah satu pilihan untuk mencari produk berkualitas bagus dan murah.

Penjual yang tergabung dalam marketplace ini juga bertambah setiap harinya. Penjual tersebut bervariasi, dari penjualan barang kebutuhan sehari-hari hingga yang mahal atau jadi kebutuhan tersier.

Maka dari itu, peluang untuk menghasilkan dengan menjadi agen di tempat ini sangat besar dan terbuka lebar. Anda pun bisa ikut memanfaatkannya. Baca ulasan ini sampai selesai untuk mendapatkan informasi lengkap.

Perbedaan agen dan mitra bukalapak

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai sistem agen di Bukalapak, lebih dulu kita akan membahas apa bedanya agen dengan mitra. Sebab sekarang istilah yang sering digunakan adalah mitra.

Perbedaan agen dan mitra bukalapak

Agen dan mitra sebenarnya sama. Sebelum menggunakan istilah mitra, BL memang menggunakan sistem keagenan atau memakai istilah agen. Namun, karena satu dan lain hal, pemakaian istilah agen ini dihentikan dan diganti dengan mitra.

Jadi, kalau ada yang bertanya apa perbedaan agen dan mitra bukalapak, tentu jawabannya adalah sama. Termasuk fasilitas, aturan, komisi, dan ketentuan lainnya.

Sumber keuntungan menjadi agen bukalapak

Bila Anda tertarik untuk menghasilkan uang di Bukalapak dengan menjadi agen, berikut ini adalah beberapa sumber keuntungan yang bisa didapatkan:

Sumber keuntungan menjadi agen bukalapak
  1. Jualan produk grosir untungnya adalah mendapatkan harga murah, pengiriman barang cepat (sehari sampai), dan gratis ongkos kirim.
  2. Bila jualan pulsa maka akan dapat potongan harga secara langsung.
  3. Produk paket data untungnya berupa potongan harga langsung.
  4. Token listrik bisa dapat untung dari potongan harga.
  5. Pembayaran BPJS bisa untung dari cashback senilai Rp 1.000,-.
  6. Pembayaran listrik pasca bayar bisa untung dari cashback senilai Rp 2.000,-.
  7. Untuk angsuran kredit untungnya senilai Rp 2.000,- dari cashback.
  8. Pembayaran PDAM bisa untung sebesar Rp 1.000,- dari cashback.
  9. Penjualan tiket kereta untungnya dari cashback dengan nominal Rp 4.500,-.
  10. Penjualan tiket bus untungnya sebesar 3% berupa cashback.

Selain daftar rincian keuntungan di atas, masih ada keuntungan-keuntungan lainnya. Semuanya disesuaikan dengan barang yang sedang dijual.

Lihat juga >>  Sejarah Shopee, Model Bisnis, dan Visi Misinya

Sekilas tentang agen bukalapak pulsa, rekomendasi bisnis menguntungkan

Salah satu pilihan yang paling menguntungkan buat para agen adalah dengan menjual pulsa saja. Fokus di situ. Hal ini karena perhitungan keuntungannya lebih mudah dan cenderung bisa menghasilkan dengan cepat.

Meski memang nominalnya tidak terlalu besar, tapi seperti kata pepatah. Sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit.

Terlebih lagi, menurut pengalaman para agen yang sudah bertahun-tahun menjadi mitra terungkap bahwa menjadi agen pulsa di Bukalapak lebih menguntungkan dibanding menjual barang.

Kalau menjual barang, kadang komisinya jauh lebih kecil dibandingkan dengan biaya administrasi yang harus dibayarkan.

Namun demikian, ini tergantung pintar-pintarnya agen mencari keuntungan saat menjual produknya kepada pembeli. Jadi, bisa dikembalikan ke masing-masing individu.

Cara kerja mitra bukalapak di keagenan

Berikut ini adalah langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk mulai menghasilkan uang dengan menjadi agen bukalapak.

Cara kerja mitra bukalapak di keagenan

Mendaftar

Sebelum mulai berjualan, Anda harus mendaftar dulu sebagai agen atau mitra. Proses pendaftaran harus dilakukan melalui aplikasi mitra bukalapak yang kini sudah tersedia di Play Store.

Bila Anda lebih senang mendaftar dari laptop atau desktop dan PC, silakan kunjung situs mitra dan mendaftar di sana.

Proses pendaftarannya sangat mudah, silakan siapkan nomor telepon dan data diri agar prosesnya bisa berjalan lancar.

Proses pendaftaran ini perlu verifikasi menggunakan foto KTP untuk perorangan. Sementara pada pemilik usaha, Anda perlu menyertakan bukti foto usaha atau tokonya.

Mulai berjualan dan caranya

Setelah terverifikasi, Anda bisa melakukan transaksi dengan mudah. Silakan mulai berjualan dengan memasang banner bukalapak di rumah atau tempat usaha. Ini akan menjadi penanda bahwa Anda adalah agen resmi.

Lihat juga >>  Cara Kredit di Bukalapak dengan Akulaku, Kartu, & Kredivo

Jadi, orang yang akan membeli pun bisa lebih leluasa, aman, dan merasa lebih percaya.

Selain banner, Anda juga perlu melakukan promosi melalui media sosial untuk memberi tahu teman-teman dan menjangkau lebih banyak orang.

Salah satu platform yang bisa dimanfaatkan sebagai media promosi di media sosial adalah facebook dan instagram. Tergantung mana platform yang sudah dikuasai dengan baik. Bila memang terbiasa menggunakan FB, fokuslah di situ dulu sambil belajar berpromosi di IG atau media sosial lainnya.

Menjaga kepercayaan pelanggan

Agar jualan terus lancar, pelayanan adalah hal yang harus diutamakan. Dengan melayani secara baik, kepercayaan pembeli bisa meningkat.

Artinya, orang yang tadinya hanya menjadi pembeli biasa akhirnya akan menjadi pelanggan dan selalu mempercayakan produk yang ingin dibeli kepada toko Anda.

Jika pembeli sudah percaya, lapak Anda di marketplace ini juga akan dibanjiri dengan followers dan testimoni. Untuk awal-awal, beli followers bukalapak terbaik biasanya ditempuh oleh para penjual yang baru bergabung.

Kelebihan berbisnis sebagai agen bukalapak

Menjadi agen bukalapak memberikan Anda keleluasaan untuk mengelola usaha dengan lebih baik. Berikut ini adalah beberapa daftar kelebihannya menurut kami:

Produk jualan yang lebih beragam

Anda bisa menjual lebih banyak jenis produk. Bila biasanya warung hanya bisa menjual makanan dan toko kelontong menjual kebutuhan sehari-hari, maka dengan program kemitraan ini semua bisa dilakukan lebih dari itu.

Warung makan bisa ikut menjual bahan makanan lewat toko grosir di bukalapak dan produk lainnya. Sementara toko kelontong juga bisa sekalian jualan pulsa, pembayaran BPJS, dan yang lainnya. Lengkap.

Tanpa modal, jam kerja fleksibel, dan mudah

Bagi individu yang belum memiliki usaha tetap tapi ingin memulainya, kemitraan juga membuka peluang yang sangat lebar. Ini memungkinkan seseorang menjalankan bisnis tanpa modal secara fleksibel.

Lihat juga >>  Tips Menaikkan Reputasi Tokopedia & Penyedia Jasa Terbaik

Fleksibilitasnya ditentukan berdasarkan waktu yang perlu diluangkan untuk berdagang. Bila memang sedang sibuk, Anda tidak harus menjaga toko terus-terusan. Jadi, sesuaikan dengan jadwal harian.

Bahkan, karyawan pun bisa menjadi mitra dan menjalankan bisnis agen bukalapak ini saat tidak berada di jam kerja.

Harga yang kompetitif

Harga yang disajikan dalam aplikasi sangat kompetitif sehingga mudah sekali menjual barangnya. Terlebih ada harga khusus untuk para agen yang tentunya jauh lebih murah dan bisa memperbesar profit margin.

Komisi yang beragam dan banyak

Setiap agen berkesempatan untuk dapat komisi langsung, mingguan, dan bulanan. Juga ada promo-promo khusus sesuai dengan penawaran yang ada di aplikasi bukalapak.

Metode pembayaran yang banyak dengan akses mudah

Untuk membayar pesanan yang sudah dilakukan, para pengguna atau agen juga bisa melakukannya dengan mudah. Berikut ini adalah beberapa metode yang bisa dipilih:

  1. Transfer bank.
  2. Indomaret.
  3. Alfamart.
  4. Kartu kredit.
  5. BukaDompet.
  6. Pos Indonesia, dll.

Demikian informasi menjadi agen bukalapak, keuntungan, cara kerja, dan kelebihannya yang sangat menarik dan layak dicoba. Terakhir, jangan takut untuk mencoba dan memulai.

meri puspita
 

Butuh Bantuan? Chat dengan kami