Cara Ganti Nama Toko di Tokopedia Sekaligus Akunnya

Nama toko bisa jadi berpengaruh terhadap kenaikan jumlah pembeli, segera lakukan cara ganti nama toko di Tokopedia bila memang namanya tidak mudah diingat dan terkesan dibuat secara asal-asalan.

Sebagian besar orang yang membuat akun toko pertama kali tidak sadar bahwa ada trik-trik yang perlu dilakukan supaya penjualannya bagus. Di antaranya adalah memilih nama unik untuk tokonya, memilih nama toko yang sesuai dengan produk yang dijual, atau semacamnya.

Biasanya, seller baru sadar bahwa memilih nama ini penting setelah nyemplung ke dalamnya dan mengalaminya secara langsung. Maka dari itu, mayoritas orang baru punya ide mengganti nama di tengah-tengah masa penjualan. Bukan pada saat awal hendak menjual barang.

Bila Anda adalah salah satu pemilik toko yang ada di Tokped, kali ini kami akan ajak Anda untuk melihat beberapa trik untuk mengganti nama akun toko. Jadi, silakan baca sampai habis.

Cara ganti nama toko di Tokopedia, bisa atau tidak?

Dalam syarat dan ketentuan yang ada di Tokopedia bagian B poin ke-17 disebutkan bahwa pengguna platform ini tidak berhak melakukan perubahan nama toko dan atau nama domainnya.

Cara ganti nama toko di Tokopedia, bisa atau tidak

Sesuai dengan hal ini artinya Anda tidak bisa mengubah sendiri nama toko secara leluasa. Namun, sebagai solusi atas masalah ini, Tokopedia memberikan saran untuk menutup akun sementara kemudian membuat akun toko baru.

Namun begitu, ada beberapa pengguna yang memiliki pengalaman mengganti nama tokonya lewat halaman bantuan. Artinya, Anda harus mengajukan penggantian nama ke Tokopedia dan menunggu supaya pengajuan tersebut diterima.

Langkah ini bisa dicoba terlebih dulu sebelum penutupan akun. Sebab kadang sebagian orang merasa sayang menutup akun lama karena merasa seperti memulai semuanya dari nol (awal).

Lihat juga >>  Mitra Bukalapak: Daftar, Banner, Cara Kerja, dan Berjualan

Selain itu, rasa khawatir kehilangan followers dari toko lama juga menjadi alasan mengapa banyak yang enggan melakukan hal ini. Apalagi jika performa lapak sudah bagus atau histori transaksinya sudah banyak.

Maka dari itu, Anda bisa mencoba langkah di bawah ini dulu sebelum menutup toko sementara dan membuat akun toko baru:

  1. Silakan siapkan perangkat laptop, PC, atau desktop.
  2. Kunjungi tokopedia.com lewat browser dan masuk ke akun Anda.
  3. Bila sudah berhasil log in, silakan masuk ke pusat bantuan Tokped. Anda juga bisa langsung mengunjungi www.tokopedia.com/contact.pl.
  4. Pilih opsi Hubungi Kami, lokasinya di bagian bawah.
  5. Layar akan menampilkan halaman kontak dari Tokped.
  6. Silakan masukkan judul dan kategori, kemudian isi kolom pesan dengan alasan kenapa Anda perlu mengganti nama toko. Pastikan untuk menggunakan bahasa yang komunikatif dan bisa diterima oleh tim Tokopedia dengan baik agar pengajuan bisa disetujui.
  7. Jika sudah lengkap dan yakin dengan isian datanya, silakan klik Kirim.
  8. Langkah selanjutnya adalah menunggu balasan dari tim bantuan Tokped. Anda bisa menunggu respons tersebut paling lambat 2 x 24 jam.
  9. Bersabarlah menunggu dan berdoalah semoga pengajuannya disetujui.

Catatan: Dalam membuat pengajuan cara ganti nama toko di tokopedia di atas, hal yang paling krusial adalah menuliskan alasan. Bila Anda bisa menuliskannya dengan penuh keyakinan dan runut, maka bisa jadi pengajuan akan diterima.

Lantas, bagaimana bila ditolak? Kembali ke solusi yang disarankan oleh pihak marketplace sendiri, yaitu tutup akun sementara lalu buat akun baru.

Soal followers yang mungkin akan hilang, solusinya Anda bisa coba beli followers tokopedia terbaik untuk mendapatkan pengikut baru dalam waktu singkat sambil terus melakukan promosi pada toko baru Anda.

Lihat juga >>  Meningkatkan Penjualan Tokopedia Sejak Bulan Pertama Join!

Cara membuat toko baru di Tokopedia

Nah, jika permintaan Anda benar-benar sudah pasti ditolak, silakan ikuti langkah di bawah ini untuk membuat toko baru. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat akun baru kemudian jika sudah berhasil, Anda bisa membuka toko dengan cara di bawah ini:

Cara membuat toko baru di Tokopedia
  1. Buka aplikasi Tokped melalui HP Anda.
  2. Login dulu ke akun yang akan dibuat tokonya.
  3. Klik Akun yang ada di pojok kanan bawah.
  4. Klik Akun Toko pada menu yang muncul di layar.
  5. Pilih Buka Toko Gratis.
  6. Masukkan nomor ponsel dan lanjutkan dengan verifikasinya.
  7. Input nama pemilik akun.
  8. Silakan tentukan domain dan nama toko yang akan Anda gunakan. Pilih dengan benar karena ini tidak bisa diganti. Jangan sampai menyesal bila namanya tak sesuai harapan.
  9. Isilah survei singkat agar Tokped makin mengenal Anda sebagai seorang penjual.
  10. Input alamat secara lengkap.
  11. Selesai! Toko sudah bisa beroperasi.

Dengan begini, Anda sudah bisa memiliki toko baru dengan nama dan domain yang sesuai dengan keinginan. Agar performa toko selalu baik, lakukanlah promosi besar-besaran melalui sosial media atau iklan bila perlu. Jika memang ada dana untuk hal tersebut.

Jangan lupa upload produk pertama Anda maksimal 90 hari setelah lapak Anda di Tokopedia jadi. Agar makin mahir jadi seller dan aktivitas jadi seller semakin dimudahkan, baiknya Anda mengunduh aplikasi Tokopedia Seller sekalian.

Agar performa makin baik, silakan verifikasi akun Anda dengan menyertakan KTP dan dokumen yang dibutuhkan. Selanjutnya aktifkan Power Merchant bila sudah memenuhi syarat. Hal ini penting karena dengan menjadi Power Merchant, Anda akan bisa melakukan cara setting free ongkir di tokopedia.

Lihat juga >>  Cara Setting Free Ongkir di Tokopedia, Syarat & Ketentuannya

Dengan mengaktifkan fitur ini, jumlah pembeli bisa mudah meningkat karena kebanyakan mereka memang melihat apa saja kemudahan yang ditawarkan oleh sebuah toko sebelum membeli. Yang menarik, bebas ongkir adalah salah satu kemudahan yang paling banyak dicari karena dinilai sangat menguntungkan buat pembeli.

Ketentuan ganti nama akun toko Tokopedia Vs akun pembeli (pribadi)

Sudah disebutkan di atas bahwa setiap user tidak memilih hak untuk mengubah akun toko. Yang bisa diubah adalah nama akun pembeli (akun pribadi). Itu pun hanya bisa diubah 1 kali saja. Bila Anda ingin tahu, berikut ini adalah tutorialnya:

Ketentuan ganti nama akun toko Tokopedia Vs akun pembeli (pribadi)
  1. Buka aplikasi Tokopedia di HP atau smartphone Anda.
  2. Masuk menggunakan no. HP.
  3. Tokopedia akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor HP tersebut melalui pesan singkat SMS. Silakan masukkan kodenya ke kolom yang tersedia.
  4. Bila sudah berhasil masuk, maka silakan klik akun yang ada di pojok kanan bawah.
  5. Jika sudah, klik roda gigi yang ada di pojok kanan atas, di samping ikon lonceng dan amplop.
  6. Klik pada opsi akun yang ada di bagian atas sendiri.
  7. Pilih Data Diri.
  8. Ketuk Ubah pada kolom Nama.
  9. Silakan masukkan nama baru sesuai keinginan Anda. Pastikan namanya sudah benar sebab penggantian nama akun di Tokopedia hanya bisa dilakukan sekali.

Artinya, bila sudah pernah mengubah nama akun, Anda tidak bisa melakukan tahapan di atas. Kalau pun belum dan berhasil mengganti nama akun, maka penggantian tidak akan bisa dilakukan di masa yang akan datang.

Demikian informasi tentang cara ganti nama toko di Tokopedia. Semoga ulasannya bermanfaat dan semoga usahanya makin lancar.

meri puspita
 

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Butuh Bantuan? Chat dengan kami