Cara Menjadi Star Seller di Shopee, Syarat, Profit, dan Biaya

Cari tahu syarat dan cara menjadi star seller di Shopee sekarang agar bisnis makin kencang. Kenali keuntungan dan biayanya untuk menghitung jumlah income keseluruhan secara harian maupun bulanan.

Star seller merupakan salah satu jenis penjual yang ada di Shopee. Jika Anda membuka aplikasi Shopee dan mencari produk tertentu, maka pada hasil pencarian akan muncul beberapa produk yang sudah berlogo star seller berwarna oranye di bagian pojok kiri.

Logo atau bagde tersebut merupakan penanda bahwa produknya dijual oleh seller terpilih di Shopee. Biasanya, penjual ini memiliki tingkat kepercayaan yang lebih baik ketimbang  penjual biasa.

Maka dari itu, bila Anda sedang ingin menjual barang di Shopee dengan hasil penjualan yang lancar, menaikkan level toko ke star bisa jadi pilihan yang bisa diambil.

Kami akan membahas lengkap mengenai salah satu jenis seller di Shopee ini. Selamat menyimak.

Pengertian dan syarat star seller Shopee terbaru

Sebelum dikenal dengan nama starseller, dulunya dikenal dengan sebutan Penjual Terpilih. Sesuai dengan sebutannya, ini adalah sebuah bentuk apresiasi dari Shopee kepada para penjual yang selalu aktif dan memberikan layanan terbaik kepada para pelanggannya.

Pengertian dan syarat star seller Shopee terbaru

Bila Anda ingin menjadi salah satunya, maka perhatikan syarat di bawah ini:

  1. Sudah mengunggah KTP di Shopee atau sudah terdaftar dan disetujui oleh pihak marketplace.
  2. Persentase chat dibalasnya harus lebih dari sama dengan 80% (minimal 80%).
  3. Penilaian yang didapat toko minimal 4,5.
  4. Toko mempunyai persentase dan jumlah produk PO (pre order) minimal 20% selama maksimal 5 hari. Perhitungan ini hanya akan dilakukan jika pada bulan sebelumnya toko mendapatkan pre order lebih dari atau sama dengan 300.
  5. Jumlah transaksi berhasil minimal 30 atau pendapatan bersih pada bulan sebelumnya minimal Rp 100.000.000,-. Pendapatan bersih yang dimaksud di sini tidak termasuk biaya lain-lain.
  6. Seller tidak punya poin penalti.
  7. Pada bulan sebelumnya, toko harus melayani pembeli minimal 10.
  8. Seller harus tidak pernah memiliki riwayat pesanan yang tidak wajar, tidak pernah menyalahgunakan program Shopee untuk kepentingan pribadinya, atau tidak ada kejanggalan pada akun.
Lihat juga >>  Cek Resi Shopee, Express Standard, & Pembatalan Pesanan

Apabila Anda memenuhi kriteria di atas, maka secara otomatis akan mendapatkan undangan dari Shopee. Undangan ini biasanya datang di hari Kamis pada jam 16.00 WIB.

Cara menjadi star seller di Shopee

Untuk menjadi star seller di Shopee hal utama yang perlu dilakukan tentu adalah memenuhi persyaratan sebagaimana dituliskan di atas. Hal ini karena memang program ini hanya diperuntukkan bagi “Penjual Terpilih”.

Maka dari itu, agar terpilih Anda perlu berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi kriteria. Bila memang sudah mendapatkan undangan dan mengaktifkannya. Anda pun wajib menjaga performa toko agar status tersebut tidak dicabut oleh marketplace.

Cara menjadi star seller di Shopee

Berikut ini adalah kriteria supaya status star seller tidak berganti atau hilang:

  1. Penilaian toko stabil minimal 4,5.
  2. Persentase chat yang dibalas minimal 70%.
  3. Jumlah pesanan produk pre order minimal 20% dalam maksimal 5 hari. Perhitungan ini dilakukan jika jumlah pre order bulan sebelumnya minimal 300.
  4. Jika toko dapat poin penalti, maka jumlahnya harus di bawah 3.
  5. Jumlah transaksi minimal yang terjadi di toko adalah 15 atau pendapatan bersihnya senilai minimal Rp 50.000.000,- pada bulan sebelumnya. Ini adalah pendapatan bersih, jadi tidak termasuk biaya lain-lain.
  6. Pada bulan sebelumnya, toko harus melayani minimal 9 orang pembeli.
  7. Seller tidak memiliki riwayat pesanan yang tak wajar, tidak menyalahgunakan program yang ada di Shopee untuk kepentingan pribadi, atau adanya kejanggalan aktivitas pada akun.

Untuk menjaga supaya tetap berada di kriteria di atas, performa toko harus bagus. Bila memang merasa kesulitan, Anda bisa coba beli followers Shopee dulu.

Keuntungan star seller Shopee

Ada banyak profit yang bisa didapatkan bila Anda mengaktifkan program ini saat mendapat undangan. Keuntungan ini tidak didapatkan oleh toko-toko yang masih berstatus reguler atau biasa.

Lihat juga >>  Cara Kerja Dropship, Tanpa Modal, Mudah, dan Untung!

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa didapat saat status starseller Anda aktif:

Program gratis ongkir khusus

Dengan mengikuti program Penjual Terpilih ini, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan program Gratis Ongkir spesial. Di mana nominal pembelanjaan sebagai syarat mendapatkan free ongkir lebih rendah dibandingkan toko-toko reguler.

Sebagai contoh, untuk toko reguler minimum belanjanya mungkin adalah Rp 120.000,- atau bRp 150.000,- agar bisa memberikan fitur free ongkir. Tapi di Starseller bisa cuma Rp 50.000,- bahkan Rp 0,-. Hal ini tergantung promo yang sedang aktif di Shopee.

Bisa masuk langsung ke hasil pencarian kategori Star Seller

Ketika calon pembeli hendak membeli sebuah barang. Mereka akan mencarinya dengan menuliskan nama produk.

Nah, pada halaman pencarian akan muncul produk-produknya dengan menu bar yang bisa diklik pada bagian atas untuk filter produk berdasarkan kategori tertentu, salah satunya adalah Star Seller.

Selain lewat kategori, pembeli juga bisa melakukan filter dengan klik menu filter yang ada di pojok kanan atas, kemudian pilih StarSeller yang ada di kolom Tipe Penjual.

Tag atau logo eksklusif di profil dan masing-masing produk

Pada profil toko Anda akan ada logo Starseller. Logo ini juga akan muncul pada masing-masing produk yang dijual dan akan muncul pada saat dicari oleh para calon pembeli.

Akses ke fitur dan program terbaru

Anda akan dapat mengakses fitur terbaru yang ada di Shopee seperti Flash Sale, Shopee Live, dll.

Biaya program gratis ongkos kirim Xtra yang lebih murah

Biaya layanan untuk gratis ongkir Xtra hanya 2,5% saja.

Produk yang bisa diunggah lebih banyak dan bonus kreditnya maksimal

Anda bisa mengunggah sampai dengan 10.000 produk bila jadi Star Seller. Selain itu, saat top up kredit iklanku, Anda juga bisa mendapatkan bonus kredit senilai 5% atau maksimal Rp 50.000,- per bulan.

Lihat juga >>  5 Cara Menjadi Reseller di Lazada yang Mudah Buat Pemula

Biaya star seller Shopee

Sama halnya seperti saat menjadi official store tokopedia yang ada biaya admin atau komisinya, di sini ada perhitungan final biaya admin untuk setiap transaksi penjualan yang dilakukan.

Biaya star seller Shopee

Berbeda dengan di Tokped di mana persentase komisinya berdasarkan kategori produk yang dijual, biaya admin di sini dipukul rata alias sama saja. Besarnya adalah 1% dengan rumus sebagai berikut:

Biaya admin final Star Seller = 1% x (Harga asli produk – diskon & voucher yang ditanggung penjual)

Sebagai contoh:

Seorang pembeli membeli produk seharga Rp 200.000,- dengan diskon sebesar 5%. Maka biaya adminnya adalah:

Potongan harga yang ditanggung penjual = 5% x Rp 200.000 = Rp 10.000,-

Biaya admin = 1% x (200.000 – 10.000)

Biaya admin = 1% x 190.000 = Rp 1.900,-

Jadi, pendapatan bersihnya adalah 190.000 – 1.900 = Rp 188.100,-

Demikian informasi tentang cara menjadi star seller di Shopee, syarat, keuntungan, dan biaya-biayanya. Perhitungan biaya admin yang ditulis di atas bisa digunakan untuk menentukan harga jual produk bila Anda mau memberi diskon pada pelanggan.

meri puspita
 

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Butuh Bantuan? Chat dengan kami