Cara Setting Free Ongkir di Tokopedia, Syarat & Ketentuannya

Tingkatkan penjualan Anda dengan mencoba cara setting free ongkir di tokopedia. Pelajari syarat dan ketentuannya, kemudian lakukan secara bertahap.

Untuk membantu Anda, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai fitur bebas ongkos kirim yang ada di salah satu marketplace besar di Indonesia ini.

Bila Anda membuka merchant di marketplace ini, maka bersiaplah untuk meng-upgrade informasi supaya performa bisnis meningkat.

Syarat dan ketentuan bebas ongkir Tokopedia

Sebagai pengguna, khususnya seller Anda harus tahu apa saja yang menjadi syarat dan ketentuan supaya bisa memanfaatkan fitur bebas ongkir yang ada di marketplace ini. Berikut ini adalah beberapa hal utama yang harus diperhatikan:

Syarat dan ketentuan bebas ongkir Tokopedia

Free ongkir hanya berlaku untuk Power Merchant dan Official Store

Hal pertama yang perlu digaris bawahi dan menjadi syarat mutlak fitur gratis ongkir adalah kategori toko. Pastikan bahwa toko Anda sudah masuk dalam jenis Power Merchant atau bahkan jadi Official Store sekalian.

Bagi penjual kategori individu, biasanya yang bisa dilakukan adalah menaikkan lapaknya menjadi Power Merchant agar bisa menikmati fitur ini.

Khusus untuk Ekspedisi Si Cepat dan AnterAja (Reguler)

Layanan bebas ongkos kirim ini hanya berlaku untuk ekspedisi si Cepat dan Anteraja (khusus reguler). Jadi, Selain jadi power merchant, Anda juga perlu mengaktifkan ekspedisi ini dengan setting airway bill atau resi otomatis dan non tunai.

Secara detail, berikut ini Mitra yang berpartisipasi dalam fitur Bebas Ongkir di Tokopedia:

  1. Grab, Anteraja, dan Gojek untuk versi Instant & Same Day.
  2. SiCepat dan JNE untuk versi cargo.
  3. SiCepat dan Anteraja untuk versi reguler.

Oleh karena itu, cara setting free ongkir di Tokopedia yang harus Anda lakukan setelah menjadi Power Merchant aktif adalah mengaktifkan layanan reguler untuk siCepat dan Anteraja. Selanjutnya, aktifkan juga fitur AWB otomatis dan non tunai.

Lihat juga >>  Jualan Online Terlaris Saat Ini yang Bikin Bisnis Menggurita

Pastikan bahwa lokasi toko berada di area SiCepat dan Anteraja

Meskipun sudah mengaktifkan ekspedisi sesuai dengan syarat dan ketentuan, hal ini akan sia-sia jika area toko Anda tidak berada di coverage penjemputan SiCepat dan Anteraja. Jadi sebaiknya, pastikan dulu hal ini.

Tuliskan berat produk secara akurat

Dalam pengisian deskripsi produk, pastikan mengisi detail beratnya dengan tepat. Bila perlu timbang dulu masing-masing produk yang hendak Anda jual.

Agar lebih aman, silakan beri tambahan berat sebagai tolak ukur tambahan berat packaging. Sebab masing-masing paket membutuhkan tingkat keamanan dengan ketebalan kardus yang berbeda.

Nominal biaya kirim yang digratiskan

Untuk biaya kirim Non Reguler, jumlah subsidinya adalah Rp 5.000,-. Sedangkan untuk versi reguler, nominalnya adalah Rp 20.000,- untuk intra pulau. Sementara jika posisinya intra pulau subsidinya sampai Rp 40.000,-.

Minimal pembelian agar bisa mendapatkan bebas ongkir dimulai dari Rp 50.000,-.

Yang dimaksud dengan intra pulau adalah antar kota dalam satu pulau. Sementara interpulau adalah antar kota beda pulau.

Misalnya:

  1. Jika seorang pembeli dari Malang membeli produk toko di Jakarta, maka subsidinya adalah Rp 20.000,-.
  2. Jika seorang pembeli dari Aceh membeli produk toko yang ada di Jakarta, maka subsidinya adalah Rp 40.000,- karena sudah beda pulau.

Cara setting free ongkir di Tokopedia yang mudah

Sebagaimana syarat dan ketentuan yang tertulis di atas, maka untuk mengatur gratis ongkos kirim di Tokped, Anda harus melakukan langkah di bawah ini:

Cara setting free ongkir di Tokopedia yang mudah

Cara menjadi power merchant tokopedia

Jika bingung bagaimana caranya meng-upgrade toko jadi Power Merchant, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan:

Memenuhi persyaratan untuk jadi power merchant

Berikut ini adalah syarat sebelum Anda mengajukan diri jadi power merchant:

  1. Lakukan verifikasi toko.
  2. Performa toko Anda minimal 75 poin.
Lihat juga >>  Cara Mendapatkan Gratis Ongkir di Shopee untuk Pembeli

Bila sudah memenuhi syarat di atas, lanjutkan dengan proses aktivasi power merchant.

Cara bergabung atau mendaftar

Berikut beberapa opsi yang bisa dilakukan untuk bergabung jadi power merchant:

  1. Login ke akun Tokped dan kunjungi Pusat Seller. Pilihlah Power Merchant, lalu klik Upgrade Tokomu.
  2. Masuk ke akun dan klik Aktifkan Power Merchant yang ada di menu side bar.
  3. Masuklah ke aplikasi TopSeller. Pilih menu di sebelah kiri atas. Klik Upgrade Tokomu untuk mengaktifkan Power Merchant.

Silakan pilih salah satu opsi di atas, mana yang sekiranya paling mudah.

Selain bergabung, Anda juga bisa berlangganan dengan cara sebagai berikut:

  1. Gunakan desktop atau PC untuk masuk ke akun Tokopedia.
  2. Kunjungi seller.tokopedia.com/edu/power-merchant.
  3. Silakan pilih paket berlangganan yang tersedia di sana.
  4. Lanjutkan dengan memilih Metode Pembayaran.
  5. Klik bayar.
  6. Lakukan pembayaran seperti biasa.

Dengan bergabung sebagai Power Merchant, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Di antaranya adalah mendapatkan badge di toko, produk Anda akan jauh lebih sering dipromosikan atau tampil di hasil pencarian, dan bisa mendapatkan ikon Bebas Ongkir.

Dengan ikon ini, pembeli biasanya akan jauh lebih tertarik. Sebab faktanya dibandingkan dengan cashback dan promo lain, free ongkir memiliki daya pikat yang luar biasa sehingga banyak pembeli yang memilihnya.

Selanjutnya, agar angka pembelian semakin meningkat, Anda bisa menghubungi tempat jual followers Tokopedia.

Mengaktifkan fitur gratis ongkir Tokopedia SiCepat dan gratis ongkir AnterAja

Aktivasi fitur ini memiliki sejumlah keuntungan, di antaranya paket yang akan dikirim bisa langsung diambil oleh kurir (pick up). Waktu yang dibutuhkan sekitar 1 x 24 jam setelah pengajuan pick up.

Selanjutnya, saat barang sudah dikirim, Anda tidak perlu menuliskan AWB karena ini akan masuk secara otomatis.

Lihat juga >>  Cara Aktifkan dan Belanja Tokopedia Bayar Ditempat

Untuk aktivasi keduanya sangat mudah karena ada di menu seller Tokopedia. Yang perlu Anda pastikan adalah saat ada pesanan, jangan lupa untuk mencetak label pengiriman dan kode booking kemudian menempelkannya di paket.

Pastikan Anda mengikuti seluruh S & K di atas

Setelah bisa mendapatkan fitur bebas ongkos kirim, hendaknya Anda mengikuti syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Tokopedia.

Jangan lupa juga untuk terus memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan yang membeli dari toko Anda agar testimoni positif bisa didapatkan.

Testimoni semacam ini akan berpengaruh pada poin toko dan secara tidak langsung mempengaruhi performa toko ke depan.

Tips meningkatkan penjualan di marketplace

Selain dengan bebas ongkos kirim, penjualan sebuah toko bisa meningkat dengan cara-cara tertentu. Salah satunya adalah fitur cicilan. Tokopedia sebagai pendahulu juga menyediakan fitur pembayaran secara cicilan, sama dengan cara kredit di Bukalapak.

Tips meningkatkan penjualan di marketplace

Bila Anda mengaktifkan fitur ini, maka bukan tidak mungkin pembelian di toko akan meningkat. Terlebih bila harga produk yang Anda jual rata-rata jutaan dan hanya bisa dibeli dengan sistem angsuran oleh beberapa orang.

Asalkan semua fitur yang bisa menguntungkan pembeli sudah tersedia di toko Anda, maka artinya toko tersebut menawarkan berbagai kemudahan yang akan menarik para pelanggan.

Itulah beberapa info tentang cara setting free ongkir di Tokopedia berikut syarat dan ketentuannya. Saran kami, sebagai pengguna yang baik Anda harus membaca S&K nya langsung di Tokopedia karena ketentuan ini berkekuatan hukum.

meri puspita
 

Butuh Bantuan? Chat dengan kami