Maksud hati ingin share foto keren di Instagram, namun yang terjadi malah hasil upload hanya berupa gambar hitam tanpa objek. Apakah kamu pernah mengalami hal tersebut dan tahu kenapa mau upload foto di Instagram jadi hitam? Apakah ada solusinya?

3 Alasan Kenapa Mau Upload Foto di Instagram Jadi Hitam

Kenapa Mau Upload Foto di Instagram Jadi Hitam

Ternyata berdasarkan pengalaman pengguna Instagram yang pernah mengalami masalah foto hitam saat diunggah tersebut, ada tiga penyebab utamanya. Bisa jadi karena kondisi foto atau spesifikasi HP yang digunakan.

  • Ukuran Resolusi Foto yang Diunggah

Instagram ternyata memiliki batas tertentu, soal ukuran resolusi gambar yang mau diunggah. Ada pengaturan resolusi yang bisa dipilih, kalau kamu pilih resolusi rendah otomatis ketika resolusi foto yang mau diunggah sangat besar maka tidak akan terbaca oleh sistem dan ditolak otomatis.

Sedangkan kalau kamu memilih resolusi tinggi, maka ketika resolusi foto yang diunggah ternyata sangat rendah juga akan ditolak. Hasilnya, foto unggahan menjadi hitam dan tidak terlihat.

Contoh, ketika mengunggah empat foto dengan resolusi 4000 x 4000 piksel sementara pengaturannya resolusi rendah dibawah 1000 piksel. Tentu saja tak bisa diproses dan diunggah maksimal.

Kamu bisa membaca postingan kami tentang: “Ukuran Post Instagram Lengkap: Foto, Video, Iklan, dan IG TV” untuk mengetahui detail batasan-batasan konten dari instagram.

  • Kualitas Kamera HP

Kualitas kamera HP yang dipakai, juga menjadi alasan kenapa mau upload foto di Instagram jadi hitam. Ketika kualitas kameranya tinggi, maka hasil foto juga memiliki resolusi tinggi. Namun jika kualitas kamera rendah, otomatis resolusi foto yang dihasilkan juga rendah.

Lihat juga >>  Cara Membuat Link Email di Instagram

Biasanya, untuk HP dengan kamera belakang standar bahkan di bawah rata-rata, seperti HP kategori low end yang hebat pada memori penyimpanan namun tidak bagus soal hasil foto. 

Bahkan ada yang membandingkan, dua HP yaitu HP low end dan high end dengan objek foto yang sama. Ternyata saat diunggah ke Instagram, hanya foto dari HP high end yang terbaca sistem sementara hasil jepretan ponsel low end menjadi hitam.  Karena itu pastikan kamera hp kamu tidak terlalu jadul ya ketika menggunakan kamera kamu untuk menggunggah foto ke instagram.

  • GPU Masih Jadul

Berdasarkan hasil pengujian beberapa pengguna Instagram diperoleh data bahwa, ponsel dengan GPU kualitas rendah seperti Adreno 505 atau di bawahnya akan sulit menjadi media unggah foto resolusi besar di Instagram

Kenapa begitu? Alasan utamanya karena dapur pacunya minim, tidak bisa dipaksakan mengunggah foto dengan resolusi tinggi.

Solusi Mengatasi Foto Hitam Saat Diunggah ke Instagram

Jangan khawatir jika ternyata hasil upload foto yang kamu lakukan, ternyata menghitam dan tidak sesuai yang diharapkan. Coba pakai salah satu solusi berikut ini, setelah kamu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

  • Restart Perangkat

Cara pertama adalah coba kamu restart HP terlebih dahulu, siapa tahu masalahnya adalah karena lag dan kebanyakan aplikasi yang dibuka. Sehingga ketika upload foto ternyata sistem tidak bekerja maksimal.

Setelah restart, coba aktifkan lagi HP dan buka lagi aplikasi Instagram kamu. Pastikan tidak ada aplikasi lain yang dibuka, supaya sistem bisa fokus mengunggah foto ke media sosial tersebut.

Cara ini hanya akan berhasil, kalau masalah utama dari foto hitam tersebut memang lag atau debug dari Instagram pada perangkat ponsel kamu.

  • Uninstall Instagram

Kalau cara pertama tidak berhasil dan kamu masih bertanya-tanya, kenapa mau upload foto di Instagram jadi hitam maka lanjutkan mencoba cara kedua. Yaitu dengan menghapus dan uninstall terlebih dahulu aplikasi Instagram di ponsel kamu.

Lihat juga >>  Caption Instagram Tidak Muncul di Postingan? Ini 4 Penyebabnya!!

Bisa langsung dengan klik kanan pada logo Instagram lalu pilih opsi uninstall dan tunggu sampai ikon IG hilang. Lalu untuk memastikan proses uninstall berhasil, kamu dapat cek di daftar aplikasi terhubung yaitu melalui menu application manager.

Kalau ternyata sudah tidak ada aplikasi Instagram terdeteksi maka proses bisa dilanjutkan, yaitu dengan download dan install IG kembali. Pastikan kalau aplikasi yang mau diunduh tersebut, sudah merupakan versi terbarunya.

  • Turunkan Resolusi Gambar

Ada lagi langkah cepat dapat digunakan, yaitu menurunkan resolusi gambar yang mau di upload melalui media sosial IG kamu. Yang dibutuhkan hanya membuka foto tersebut, kemudian klik kanan dan pilih pengaturan.

Setelah itu, kamu bisa cek berapa resolusi foto tersebut. Jadikan resolusi rendah, jika pengaturan resolusi foto di Instagram memang rendah. Begitu juga kalau kamu pakai pengaturan resolusi tinggi di akun IG.

Kalau rasanya sulit untuk menurunkan resolusi foto melalui IG, maka kamu bisa memindahkan terlebih dahulu foto tersebut ke perangkat komputer. Kemudian, ubah resolusinya menggunakan aplikasi online dan gratis

  • Pakai Aplikasi Instasize

Untuk yang lebih mudah, kamu cukup download aplikasi Instasize pada smartphone. Lalu pilih foto yang mau di posting dan buka di halaman baru Instasize.

Setelah itu, kamu resize ukuran foto dan simpan hasilnya dengan menggunakan nama file baru. Barulah coba lagi untuk upload di akun Instagram. Biasanya cara ini berhasil, asalkan pengaturan resolusi sudah kamu sesuaikan dengan resolusi foto yang mau diunggah.

Setelah tahu alasan kenapa mau upload foto di Instagram jadi hitam, sekarang kamu sudah bisa menghindari masalah foto unggahan yang hitam tersebut.

Lihat juga >>  Ini Dia 4 Cara Mudah Kirim Followers IG Tanpa Bantuan Aplikasi 2023

Pojoksosmed merupakan website penyedia jasa sosial media. Kami menawarkan berbagai macam service yang bisa kamu beli untuk mengembangkan akun instagram kamu dengan cepat. Kamu bisa membeli followersmembeli likes maupun membeli viewers untuk konten-konten instagram kamu


morgan

Social Media merupakan trend terbaru dalam 10 tahun belakangan ini dan akan tetap eksis selama 20 tahun kedepan. Saya mencoba untuk membedah serta memanfaatkan sosial media yang ada untuk keperluan bisnis maupun pribadi.

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *