IG memang menjadi salah satu platform media sosial yang paling disukai saat ini. Dengan aplikasi ini, seseorang bisa mengakses informasi berbentuk foto dan video dengan lebih mudah dan juga lebih cepat. Sayangnya, tidak sedikit pengguna IG yang merasa privasi mereka terganggu, terutama ketika pengguna lain membagikan foto mereka seenaknya. Inilah salah satu alasan cara private IG perlu diketahui.

Sebagai dukungan untuk memberikan privasi pengguna yang lebih baik, IG memang menyediakan fitur private yang bisa dimanfaatkan. Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas cara untuk mengatur profile IG kamu menjadi private.

Penasaran bagaimana caranya? Simak ulasannya!

Sekilas Tentang Private IG

Cara Membuka Akun Instagram yang Telah di Private Lewat HP

Apa sih yang sebenarnya dimaksud dengan private IG?

Dalam pengertian singkat, private IG adalah cara yang dilakukan untuk membatasi tampilan profile IG yang dimiliki. Saat kamu mengatur profile IG menjadi private, maka tidak semua pengguna IG bisa mengetahui postingan yang ada di profile kamu. Mereka yang bisa melihat hanyalah follower saja.

Tidak hanya itu, nantinya, ketika ada pengguna IG lainnya ingin mengikuti akun IG kamu, maka ia tidak bisa otomatis melakukannya. Kamu akan mendapatkan notifikasi adanya pengguna IG yang mengajukan permintaan following. Nah, jika kamu memberikan izin, maka ia akan mendapatkan akses untuk melihat profile IG yang kamu miliki.

Selain itu, kamu juga memiliki akses untuk menolak permintaan tersebut. Tentu saja, saat kamu memutuskan tidak memberikan izin following, pengguna IG tersebut tidak akan mendapatkan notifikasi dari sistem aplikasi.

Cara Membuat Profile IG Private

Pertanyaan yang kemudian muncul terkait private IG adalah bagaimana cara untuk mengatur profile IG menjadi private? Sebenarnya, cara untuk membuat IG menjadi private sangat mudah dilakukan. Namun, bisa jadi, beberapa pengguna IG belum mengetahuinya. Terlebih, jika mereka adalah pengguna baru.

Lihat juga >>  2 Cara Mengetahui Instagram Login Dimana Saja, Wajib Tahu!

Nah, untuk mengatur IG menjadi private, ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan. Beberapa langkah tersebut adalah:

  1. Buka aplikasi IG yang sudah kamu instal sebelumnya dan pastikan kamu sudah melakukan login akun seperti biasa
  2. Apabila sudah masuk ke akun IG kamu. maka langsung saja klik foto profil IG kamu yang terletak di pojok kanan bawah pada tampilan aplikasi
  3. Selanjutnya, klik ikon tiga garis yang ada di bagian pojok kanan atas aplikasi IG
  4. Nah, di dalam menu di ikon tiga garis tadi, pilih opsi pengaturan atau setting
  5. Di opsi setting, klik pada opsi privacy atau privasi
  6. Selanjutnya, masuk ke menu account privacy atau privasi akun
  7. Untuk mengubah profile IG kamu menjadi private, kamu tinggal menggeser tombol di opsi private account hingga menjadi biru
  8. Selesai

Nah, dengan langkah di atas, kamu sudah berhasil mengubah pengaturan profile IG menjadi private. Tentu, sekarang, tidak semua pengguna IG bisa melihat profile IG kamu dengan bebas dan hanya mereka yang menjadi followers saja yang bisa mengeceknya.

Lalu, bagaimana jika ingin mengembalikan pengaturan profile IG menjadi publik?

Tentu saja caranya sangat gampang. Kamu tinggal mengulangi cara di atas dan non-aktifkan pengaturan private account yang tadi kamu nyalakan. Nantinya, secara otomatis, pengaturan profile IG kamu akan berubah menjadi publik lagi dan bisa dilihat dengan bebas oleh pengguna IG lainnya.

Demikian beberapa ulasan tentang cara private IG yang perlu kamu ketahui. Ubah pengaturan akun IG kamu untuk mendapatkan privasi yang lebih baik!

Pojoksosmed merupakan website penyedia jasa sosial media. Kami menawarkan berbagai macam service yang bisa kamu beli untuk mengembangkan akun instagram kamu dengan cepat. Kamu bisa membeli followersmembeli likes maupun membeli viewers untuk konten-konten instagram kamu.

Lihat juga >>  Pengertian, Penyebab, dan 4 Ciri Ciri Akun IG Dibatasi 2023