12 Cara Menjadi Selebgram Pemula dan Menghasilkan Uang

Kini Anda bisa cari duit dengan cara menjadi selebgram. Tinggal posting foto di sosmed, dapat engagement tinggi, terima endorse, beres!

Sebagaimana diketahui, selebgram saat ini memang menjadi profesi baru bagi para pengguna sosial media, salah satunya instagram. Hanya dengan modal postingan, mereka bisa mendapatkan like dan komenyang pada akhirnya mendatangkan ribuan bahkan ratusan ribu followers.

Jika sudah demikian, para selebgram ini akan membuka endorsement, yakni dengan memasang tarif tertentu untuk setiap postingan iklan yang dipesan oleh user lain di akunnya. Dengan cara tersebut, mereka pun akhirnya dapat menghasilkan uang.

Karena kerjanya terlihat sangat simpel, ada banyak orang yang tertarik untuk mencobanya. Namun pada kenyataannya, tidak semua orang dapat berhasil menjadi selebgram.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan merangkum beberapa trik supaya bisa menjadi selebgram pemula.

Cara menjadi selebgram IG pemula dan mendapat endorse

Cara menjadi selebgram IG pemula dan mendapat endorse

Ada banyak langkah yang dapat dilakukan agar bisa menjadi “artis” di dunia maya, berikut ini beberapa di antaranya:

Mengenali persona diri secara positif untuk bahan konten utama

Yang paling dasar dalam cara menjadi selebgram adalah mengenali siapa Anda dan apa yang ingin Anda tampilkan kepada orang lain. Inilah yang nantinya akan menjadi konten utama dalam akun yang sedang dikelola.

Sebagai contoh, Anda memilih untuk menampilkan diri Anda sebagai seseorang yang hobi menyanyi. Maka cobalah membuat konten yang memang khusus mengcover lagu-lagu kekinian dan sedang hits.

Para user dengan hobi sama atau tertarik dengan suara Anda tak akan segan menjadi pengikut atau bahkan menjadi salah satu fans.

Yang perlu diketahui, Anda tidak bisa sembarangan memutuskan konten yang akan Anda tampilkan kepada orang lain. Pilihan tema konten harus memenuhi syarat seperti di bawah ini:

  1. Sesuatu yang Anda kuasai.
  2. Unik dan menarik.
  3. Bukan hasil jiplakan.
  4. Bermanfaat secara positif.
  5. Bisa dilakukan dalam jangka waktu panjang, dll.
Lihat juga >>  Cara Memilih Hastag IG Terpopuler Agar Konten Viral

Temukanlah sesuatu dengan persyaratan di atas dan fokuslah dengan konten tersebut di akun instagram.

Buat profil yang menarik untuk personal branding

Ketika Anda sudah berhasil menemukan hal unik dalam diri Anda yang bisa menarik perhatian orang lain sehingga bisa dijadikan konten, kini saatnya Anda melakukan branding.

Cobalah buat profil media sosial yang menarik dan mencerminkan diri Anda. Tentu saja profil ini harus sesuai dengan konten yang Anda pilih. Jelaskan secara menarik di bio IG mengenai akun tersebut.

Sebagai contoh, jika Anda membuat akun untuk membagikan resep masakan, maka silakan sertakan kata cooking atau kata kunci serupa di Bio. Tambahkan ikon menarik agar bio terlihat makin cantik.

Pahami ilmu dasar fotografi

Cara menjadi selebgram IG berikutnya adalah dengan memahami dasar fotografi. Hal ini karena instagram merupakan media berbagi foto dan video. Di mana untuk bisa memposting hal bagus, paling tidak Anda harus tahu cara-cara dasarnya.

Cara menjadi selebgram IG - Ilmu Dasar Fotografi

Dasar fotografi seperti mencari angle yang pas saat memotret, memotret tanpa goyang, hingga memilih kombinasi warna foto yang pas adalah ilmu yang harus dikuasai.

Saat masih pemula, Anda boleh latihan. Tapi seiring berjalannya waktu, coba luangkanlah waktu untuk mencari ilmu tentang fotografi baik dari Youtube, buku, atau media lainnya.

Harus punya akun sosial media lain

Menjadi selebgram bukan hanya soal IG, tetapi juga media sosial lain. Untuk itu, Anda harus mempunyai akun di sosial media lain seperti Facebook, TikTok, YouTube, channel telegram, dll.

Bahkan, Anda pun disarankan membuat situs pribadi agar bisa diakses oleh seluruh fans atau followers saat mereka sedang browsing-browsing.

Dengan begini, market branding akan lebih luas dan menyentuh berbagai kalangan. Artinya, kans untuk lebih terkenal pun makin besar.

Lihat juga >>  5 Jasa Titip (jastip) Terpercaya di IG

Postinglah foto yang berkualitas

Kesan pertama dapat memberikan dampak yang luar biasa ke depannya. Untuk mendapatkan kesan pertama yang bagus di instagram, Anda harus membuat postingan foto yang menarik dan berkualitas.

Agar cara menjadi selebgram ini berhasil, Anda harus menyeleksi foto, gambar, atau video yang diposting. Pilihlah yang kualitasnya bagus, gambarnya jernih, tidak pecah, dan menarik.

Buatlah caption yang menarik

Selain kualitas foto, caption adalah salah satu kekuatan dari postingan instagram. Meski terkesan sepele, tapi ternyata deskripsi foto yang bagus dapat menarik minat seseorang untuk memberikan komentar atau minimal like pada foto yang diposting.

Oleh karena itu, deskripsikanlah postingan sebaik mungkin. Buatlah kalimat yang simpel tapi mengundang orang untuk ikut memberikan interaksi.

Pilih dan beri tagar yang sesuai, jangan spam!

Untuk menjangkau lebih banyak orang di instagram, salah satu cara yang bisa ditempuh adalah memberi tagar atau hashtag.

Pada setiap postingan yang diunggah, berilah tagar secara tepat dan unik. Jangan gunakan semua tagar karena ini bisa terlihat seperti spam dan membuat tampilan caption jadi kurang menarik.

Cobalah pilih dua hingga tiga hashtag terbaik untuk dimasukkan ke dalam caption foto atau video yang diunggah.

Buat jadwal posting secara teratur

Untuk menjadi selebgram, Anda harus benar-benar serius dan tekun memposting. Untuk itu, cobalah buat jadwal postingan lalu ikuti jadwal tersebut secara teratur.

Cara menjadi selebgram - Buat Jadwal Teratur

Dalam membuat jadwal, silakan sesuaikan dengan kebiasaan para followers Anda. Jika target market-nya adalah remaja, maka postinglah di luar jam sekolah mereka. Dilakukan demikian agar postingan video dan foto bisa langsung masuk ke explore saat mereka buka aplikasi IG.

Lihat juga >>  Cara Promote IG Agar Followers Bertambah dengan Cepat!

Buatlah kesan positif kepada para followers

Jadilah seseorang yang humble di dunia maya. Jangan buat gap dengan followers. Jadilah pribadi yang santun dan positif.

Untuk bisa memberikan kesan demikian, jaga selalu isi konten yang dibuat. Jangan buat konten yang provokatif dan negatif.

Selain itu, luangkan waktu membalas komentar dari para followers. Kalaupun tidak bisa semuanya, paling tidak ada 5-10 orang yang bisa Anda sapa lewat kolom komentar setiap harinya.

Jangan segan memakai aplikasi editing atau pendukung

Membuat konten dengan tema sama dalam waktu yang lama kadang memang bikin bosan. Tidak hanya untuk Anda tetapi juga buat para followers yang melihatnya.

Nah, agar postingan tidak monoton, bernilai seni, dan terlihat kreatif, cobalah untuk menggunakan aplikasi dari pihak ketiga. Gunakan aplikasi edit foto, video, background, dll.

Berkolaborasi

Sekarang bukan saatnya untuk terus berkompetisi. Sebaliknya, kolaborasi merupakan salah satu cara mendapatkan engagement tinggi di dunia maya. Hal ini sudah banyak dilakukan oleh selebgram terkenal, sebagai pemula Anda pun bisa mencobanya.

Tentukan tarif endorse yang sesuai

Jika masih pemula (awal), usaha yang dilakukan adalah fokus pada pengumpulan dan peningkatan followers.

Anda bisa mendapatkannya dengan membuat postingan yang bagus seperti yang dijelaskan di atas. Cara lainnya, coba beli followers IG agar pertumbuhan pengikut dapat melaju dengan cepat.

Jika sudah banyak followers-nya, maka Anda bisa menentukan tarif endorse yang sesuai dengan jumlah followers tersebut. Jangan lupa untuk menentukan tarif berbeda untuk feed dan instastory.

Terakhir, selamat mencoba cara menjadi selebgram di atas dan jangan berpuas diri. Terus gali kemampuan diri agar bisa menghasilkan uang dengan mudah lewat sosial media.

meri puspita
 

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Butuh Bantuan? Chat dengan kami