Ketika ada teman yang upload story Instagram atau Instastory menarik, secara otomatis kita akan screenshot untuk menyimpannya. Tahukah kamu, jika kini ada cara mengetahui orang yang screenshot story Instagram, lho.

Cara Mengetahui Orang yang Screenshot Story Instagram

Cara Mengetahui Orang yang Screenshot Story Instagram

Bagaimana cara mengetahui orang yang screenshot Instastory, itulah pertanyaan yang masih membuat penasaran para pengguna Instagram. Hal itu berkaitan dengan update IG terbaru, yang memungkinkan para penggunanya untuk menerima notifikasi yang cukup unik.

Ya, notifikasi tersebut berisikan pemberitahuan mengenai siapa saja yang telah screenshot Instastory, DM, bahkan feed sekalipun. Nah, bagi kamu yang penasaran tentang cara mengetahui orang yang screenshot story Instagram, simak informasi berikut ini.

1. Mengecek pengaturan notifikasi di Instagram

Bisa dibilang jika notifikasi screenshot ini menjadi satu dengan notifikasi seluruh aktivitas yang terjadi di akun Instagram milikmu. Jadi pada saat fitur notifikasi screenshot ini diaktifkan, tentu saja semua notifikasi termasuk screenshot akan muncul di ponselmu.

Biasanya, notifikasi sendiri akan aktif secara otomatis setelah aplikasi Instagram diinstall. Namun, terkadang karena ada kesalahan pengaturan, membuatnya statusnya menjadi nonaktif. Nah, berikut ini cara untuk mengecek apakah notifikasi Instagram tersebut aktif atau tidak.

  1. Langkah pertama, silahkan buka aplikasi Instagram yang ada di HP kamu.
  2. Oh iya, jangan lupa jika kamu sudah login dengan akun IG milikmu, ya.
  3. Setelah itu, tap pada menu profil IG yang ada di bagian kanan bawah halaman.
  4. Kemudian tap pada tombol dengan logo tiga garis yang ada di sisi atas kanan.
  5. Setelah menu pop-up sudah muncul, tap pada menu Pengaturan atau Settings.
  6. Nah, sekarang perhatikan pada bagian Notifications. Apakah fitur notifikasi screenshot tersebut sudah aktif atau tidak. 
Lihat juga >>  5 Cara Melihat Last Seen Instagram yang Disembunyikan Paling Efektif 2023

2. Mengaktifkan fitur notifikasi di Instagram

Cara mengetahui orang yang screenshot story IG berikutnya adalah dengan mengaktifkan notifikasi di Instagram. Seperti yang sebelumnya sudah dikatakan, terkadang aplikasi Instagram yang kita gunakan tidak mengaktifkan fitur notifikasi ini secara otomatis.

Jadi mau tidak mau kamu harus mengaktifkannya sendiri. Notifikasi yang bisa muncul dari IG cukup beragam, seperti post, komentar, story, DM, dan lain sebagainya. Untuk mengaktifkannya, kamu bisa menyimak langkah-langkah berikut.

  1. Tap pada bagian opsi Notification yang ada di dalam menu Settings atau Pengaturan Instagram.
  2. Nantinya, kamu akan diminta untuk memilih jenis notifikasi apa saja yang akan diaktifkan.
  3. Silahkan pilih notifikasi mana saja yang diinginkan, dan jangan lupa untuk tap pada notifikasi screenshot.
  4. Tanda jika notifikasi tersebut sudah aktif, adalah toggle yang ada di bagian samping tulisan warnanya sudah berubah menjadi hijau.

3. Mendapatkan notifikasi screenshot dari Instagram

Instagram Analitik untuk Screenshot

Setelah mengubah pengaturan notifikasi screenshot di Instagram menjadi On, kamu hanya perlu menunggu sampai ada notifikasi yang masuk. Jadi misalnya saja kamu membuat sebuah Instastory, dan ada orang yang screenshot Instastory tersebut.

Secara otomatis kamu akan mendapat pemberitahuan dari Instagram mengenai aktivitas screenshot story Instagram yang terjadi. Nantinya, pemberitahuan tersebut akan masuk melalui DM Instagram, yang dikirimkan oleh akun yang screenshot story kamu.

Jadi secara tidak langsung, mereka akan mengirimkan pesan DM berupa konfirmasi karena sudah melakukan screenshot Instastory kamu upload. Kamu pun juga bisa langsung membalas pesan tersebut, dan memergokinya karena sudah screenshot tanpa izin pada pemilik story IG terlebih dahulu.

4. Memperbarui aplikasi Instagram

Jika cara mengetahui orang yang screenshot story Instagram di atas sudah dilakukan tapi tidak berhasil, kemungkinan aplikasi Instagram yang kamu gunakan belum di-update ke versi yang terbaru. Perlu untuk diketahui, bahwa fitur yang satu ini masih sangat baru.

Lihat juga >>  Akun IG Kena Checkpoint? Kenali Penyebab dan 3 Solusinya 2023

Selain itu, ternyata fitur notifikasi screenshot ini baru bisa dirasakan oleh beberapa pengguna saja. Nah, jika kamu merasa aplikasi Instagram yang digunakan belum diperbarui ke versi yang terbaru, langsung saja update aplikasi instagrammu dengan cara sebagai berikut.

  1. Pertama, kamu bisa membuka aplikasi Google Playstore pada ponsel yang digunakan.
  2. Setelah itu, navigasikan pada menu yang terletak di bagian pojok atas kiri halaman.
  3. Kemudian tap pada opsi Aplikasi dan Game Saya, nantinya akan muncul beberapa sub-menu.
  4. Langkah berikutnya, pilih sub-menu Pembaruan.
  5. Nah, di dalam menu tersebut, kamu akan melihat aplikasi dan game apa saja yang tersedia update ke versi yang terbaru.
  6. Sekarang kamu coba bisa mencari, apakah di dalam menu tersebut ada aplikasi Instagram.
  7. Jika ada tap pada aplikasi tersebut, dan tap lagi tombol Update yang tersedia.
  8. Nantinya proses update dari aplikasi Instagram akan berjalan secara otomatis.
  9. Pastikan koneksi internet yang digunakan lancar, dan tunggu saja sampai proses update yang berjalan selesai.

Perlu untuk kamu ketahui, bahwa cara mengetahui orang yang screenshot story Instagram tersebut hanya bisa dilakukan untuk Instastory yang telah diatur untuk ditampilkan sekali saja. Sedangkan untuk Instastory biasa, seperti pihak Instagram belum menyematkan fitur notifikasi yang satu ini.

Pojoksosmed merupakan website penyedia jasa sosial media. Kami menawarkan berbagai macam jasa seperti jasa tambah followers instagramjasa tambah likes instagram maupun jasa tambah viewer instagram yang bisa membantu kamu mengembangkan akun instagram kamu dengan cepat.


morgan

Social Media merupakan trend terbaru dalam 10 tahun belakangan ini dan akan tetap eksis selama 20 tahun kedepan. Saya mencoba untuk membedah serta memanfaatkan sosial media yang ada untuk keperluan bisnis maupun pribadi.

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *