Terkadang karena alasan tertentu kita ingin melihat postingan terdahulu di media sosial. Oleh karena itu, pada kali ini akan dibahas secara lengkap mengenai cara melihat postingan lama di Instagram. Cara ini bisa dilakukan tanpa maupun menggunakan aplikasi.

Alasan Ingin Melihat Postingan Lama

cara melihat postingan lama di Instagram

Biasanya ada beberapa hal yang menyebabkan kita ingin melihat postingan lama tersebut. Berikut adalah contoh-contohnya.

  1. Mengenang masa lalu

Setiap orang pasti memiliki kenangan masing-masing di masa lalu. Tidak jarang kenangan tersebut diabadikan pada postingan Instagram. Oleh karena itulah banyak orang yang ingin melihat foto-foto tersebut, apalagi jika sudah bertahun-tahun lamanya.

  1. Mencari informasi penting

Mungkin beberapa tahun silam Kamu pernah memposting sesuatu yang cukup penting seperti infografik atau sebagainya. Di saat inilah sangat penting untuk melihat postingan lama tersebut apabila ingin mengakses informasi serupa.

  1. Stalking akun orang lain

Melihat postingan lama yang dimaksud di sini bukan hanya akun kita saja, melainkan akun orang lain juga. Biasanya seseorang ingin stalking atau mencari tahu orang lain jauh lebih dalam dengan melihat postingan-postingan mereka terdahulu.

  1. Ingin menghapus

Tidak sedikit orang yang merasa malu ketika menyadari pernah membuat postingan tertentu seperti foto yang tidak pantas atau memalukan. Oleh karena itu, untuk menghapus foto tersebut tentu saja kita harus mencarinya, terlebih jika postingan itu sudah sangat lama diterbitkan.

2 Cara Melihat Postingan Lama di Instagram

Melihat postingan lama di Instagram dengan mudah

Berikut ini akan dijelaskan dua metode yang bisa Kamu lakukan, yakni secara manual dan menggunakan bantuan aplikasi. Untuk lebih jelasnya, silakan simak pembahasan di bawah ini.

  1. Melihat menggunakan cara manual

Untuk melihat secara manual, kita hanya perlu masuk ke halaman profil akun. Selanjutnya, scroll di bagian feed hingga menemukan postingan yang dicari. Setelah menemukan, maka Kamu cukup klik ke foto kecil untuk melihat postingan lebih lengkap.

Lihat juga >>  2 Cara Mengganti Tema Instagram Tanpa Aplikasi Dengan Mudah!!

Perlu diketahui bahwa cara ini memang simpel. Akan tetapi, apabila jumlah postingan sudah sangat banyak, yakni ratusan hingga ribuan, maka Kamu akan sedikit kesulitan dan memakan waktu cukup lama. Oleh karena itu, cara ini hanya bisa digunakan untuk jumlah postingan di bawah 200.

  1. Melihat menggunakan aplikasi Timehop

Cara berikutnya adalah menggunakan bantuan aplikasi TImehop. Timehop memang sudah terkenal di kalangan para pelaku sosial media. Pasalnya, tidak hanya melihat postingan lama di Instagram saja, beberapa platform lain seperti Twitter atau Facebook juga bisa terapkan.

Untuk mendapatkannya, Kamu bisa download secara gratis di Google Play Store. Setelah itu, klik Instal dan tunggu sampai aplikasi berhasil terpasang. Selanjutnya, Timehop sudah siap untuk digunakan.

Cara Menggunakan Aplikasi Timehop

Cara Menggunakan Aplikasi Timehop

Terkait dengan pembahasan di bagian sebelumnya, berikut ini adalah panduan jika Kamu ingin menggunakan aplikasi Timehop untuk melihat postingan lama.

  • Download Timehop di Google Play Store
  • Instal aplikasi
  • Login menggunakan Facebook
  • Atur media sosial apa saja yang ingin dihubungkan
  • Jangan lupa pilih Instagram
  • Selesai

Setelah melakukan cara di atas, setiap hari aplikasi ini akan menampilkan postingan kita satu tahun yang lalu. Sayangnya, postingan yang ditampilkan adalah yang dipunggah pada hari yang sama.

Sebagai contoh, jika hari ini adalah 15 Agustus 2022, maka kita hanya bisa melihat postingan di tanggal 15 Agustus saja, baik itu tahun lalu, dua tahun lalu, atau selebihnya.

Cara Melihat Story yang Lama

Selain postingan berupa feed, story terkadang juga cukup penting untuk dilihat kembali. Seperti kita ketahui, story hanya akan bertahan selama 24 jam setelah diterbitkan. Namun, sebenarnya Kamu masih bisa melihat story tersebut.

Lihat juga >>  4 Langkah Cara Menghilangkan Insight di Instagram 2023 yang Mudah dan Cepat - 100% SUKSESS!

Setelah masa berlaku habis, maka story akan disimpan dalam arsip akun. Untuk melihatnya, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Instagram
  • Masuk ke halaman profil
  • Pilih menu di bagian kanan atas
  • Pilih Archive
  • Pilih Stories Archive
  • Kamu juga bisa melihat feed pada Post Archive dan live pada Live Archive
  • Selesai

Cara di atas akan memungkinkan Kamu melihat berbagai postingan mulai dari feed, live, dan story yang pernah dibuat sebelumnya. Jadi, ketika merasa di postingan tersebut ada hal yang penting maka bisa langsung dilihat dengan mudah.

Cara Melihat Postingan yang Pernah Kita Sukai

Mengatasi Gagalnya Simpan Foto Instagram

Hal ini juga kerap menjadi pertanyaan banyak pengguna. Pasalnya, ketika mereka menyukai postingan tertentu, artinya postingan tersebut menarik dan layak untuk dilihat ulang. Kabar baiknya, kita sebenarnya bisa melihat postingan yang pernah kita sukai sebelumnya.

Langkah-langkahnya pun juga cukup mudah. Kita hanya perlu menggunakan fitur Your Activity yang disediakan oleh Instagram. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Buka Instagram
  • Masuk ke menu profil utama
  • Klik ikon menu di pojok kanan atas
  • Pilih Your Activity
  • Pilih Archived
  • Akan muncul berbagai postingan yang pernah kita sukai
  • Selesai

Sebagai catatan, fitur ini hanya tersedia pada Instagram versi 220.0.0.16.15 saja. Untuk versi lain mungkin Kamu bisa menyesuaikan atau menggunakan cara di bagian sebelumnya.

Cara Mengembalikan Postingan yang Sudah Dihapus

Cara-cara di atas hanya bisa dilakukan apabila postingan tersebut belum dihapus. Akan tetapi, apabila memang telanjur sudah terhapus, Kamu masih bisa menggunakan cara berikut, yakni melalui fitur Recently Deleted.

Fitur ini memang sengaja dibuat oleh Instagram untuk memfasilitasi pengguna yang ingin mengembalikan postingan terhapus. Berbagai jenis postingan seperti image, reels, IGTV, hingga story bisa diterapkan menggunakan cara ini.

Lihat juga >>  3 Cara Melihat Video Yang Telah Ditonton di Instagram Reels 2023

Sebagai catatan, batas waktu pemulihan untuk story adalah 24 jam setelah dihapus. Sementara itu, konten lain seperti video, reels, IGTV, maupun foto di feed hanya bisa dipulihkan maksimal 30 hari setelah dihapus.

Apabila melewati waktu tersebut, maka mau tidak mau kita harus merelakan konten tersebut terhapus selamanya. Berikut adalah langkah menggunakan fitur Recently Deleted.

  • Buka Instagram
  • Buka halaman profil
  • Pilih ikon menu di pojok kanan atas
  • Klik Pengaturan
  • Klik Akun
  • Cari menu Baru Saja Dihapus
  • Kamu akan melihat postingan yang sudah dihapus dalam 30 hari terakhir
  • Pilih postingan yang ingin dikembalikan
  • Klik menu titik tiga di kanan atas
  • Klik Pulihkan
  • Selesai

Meskipun dibatasi maksimal 30 hari setelah dihapus, namun fitur ini benar-benar membantu ketika kita ingin melihat postingan lama dan telah terhapus. Mungkin saja post tersebut cukup penting dan mengandung informasi-informasi tertentu.

Apakah Bisa Melihat Postingan Lama Melalui PC?

Mungkin banyak yang bertanya tentang hal tersebut. Sebenarnya, bisa saja untuk melihat postingan lama melalui PC. Hanya saja, fiturnya tidak akan sebaik di aplikasi.

Sebagai contoh, apabila menggunakan Instagram Web, kita tidak bisa melihat postingan yang pernah disukai sebelumnya. Jadi, apabila ingin melakukannya, sebaiknya gunakan saja aplikasi agar hasilnya lebih maksimal.

Demikian pembahasan mengenai cara melihat postingan lama di Instagram dengan berbagai metode. Silakan pilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Kamu saat ini. Selamat mencoba.

Pojoksosmed merupakan website penyedia jasa sosial media. Kami menawarkan berbagai macam jasa seperti jasa tambah followers instagramjasa tambah likes instagram maupun jasa tambah viewer instagram yang bisa membantu kamu mengembangkan akun instagram kamu dengan cepat.


morgan

Social Media merupakan trend terbaru dalam 10 tahun belakangan ini dan akan tetap eksis selama 20 tahun kedepan. Saya mencoba untuk membedah serta memanfaatkan sosial media yang ada untuk keperluan bisnis maupun pribadi.

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *