Syarat dan Cara Monetisasi Facebook Agar Menghasilkan

Kabar gembira! Kini Anda bisa mendapatkan uang dengan cara monetisasi facebook. Kelola halaman, buat video sebagai postingan, dan dapatkan penghasilan.

Tidak hanya YouTube, kini Facebook juga membuka kesempatan untuk semua penggunanya agar bisa berpenghasilan dari sosial media.

Caranya simpel, Anda tinggal mengelola halaman kemudian membagikan video di page tersebut. Selanjutnya, Anda akan menghasilkan uang bila kontennya menarik, mendapatkan banyak interaksi, dan layak untuk dimonetisasi.

Untuk mengetahui apakah halamannya bisa dimonetisasi atau tidak, Anda harus tahu persyaratannya. Kami akan membahas semuanya secara lengkap dalam artikel ini. Selamat menyimak.

Langkah sederhana monetisasi facebook

Langkah sederhana monetisasi facebook

Sebelum mulai membahas mengenai persyaratannya, kami akan memberikan ringkasan langkah monetisasinya di bawah ini:

  1. Buat halaman. Boleh lebih dari satu.
  2. Buat konten menarik kemudian terbitkan di halaman tersebut.
  3. Pantau kinerja atau statistik videonya.
  4. Cek apakah halamannya memenuhi syarat untuk dimonetisasi atau tidak.
  5. Bila sudah memenuhi syarat, silakan monetisasi dan hasilkan uang dari iklan-iklan yang muncul di video.

Langkah di atas memang terkesan sederhana. Akan tetapi ternyata tidak semua halaman bisa dimonetisasi. Hanya yang memenuhi syaratlah yang bisa. Untuk itu, Anda perlu memenuhi persyaratannya dengan baik.

Syarat monetisasi facebook

Untuk bisa memonetisasi halaman FB, silakan siapkan syarat berikut ini:

Punya 10.000 pengikut

Tak hanya cukup membuat halamannya, Anda perlu mengumpulkan sebanyak minimal 10.000 pengikut agar memenuhi syarat. Artinya, kalau baru dibuat, halamannya tidak akan bisa langsung dimonetisasi.

Dengan kata lain, sama seperti salah satu cara menjadi selebgram, Anda perlu membuat konten yang bagus supaya orang-orang tertarik untuk menjadi pengikut.

Dapat 30.000 view untuk video berdurasi 3 menit

Dalam 60 hari terakhir, Anda harus mendapatkan 30 ribu view dengan waktu tonton selama 1 menit untuk video berdurasi minimal 3 menit.

Lihat juga >>  11 Cara Menambah Viewer Youtube yang Aman dan Terhitung

Konten-konten seperti ini akan direview dulu oleh tim facebook apakah boleh dimonetisasi atau tidak.

Memenuhi standar kelayakan monetisasi

Berikut ini adalah beberapa standar kelayakan agar video dapat dimonetisasi:

  1. Memenuhi standar komunitas yang ditetapkan oleh FB. Anda bisa membacanya langsung di syarat dan ketentuan yang ada di halaman FB Anda.
  2. Mematuhi ketentuan pembayaran.
  3. Patuh terhadap ketentuan halaman.
  4. Taat terhadap kebijakan monetisasi konten.
  5. Membaca dan mau setuju terhadap ketentuan monetisasi kontennya.
  6. Membuat dan membagikan konten yang original dan autentik.
  7. Membangun eksistensi yang baik di FB.

Jika Anda serius ingin menghasilkan uang melalui facebook, maka penuhilah semua persyaratan di atas saat hendak membuat dan membagikan video ke page yang dibuat.

Cara cek kelayakan monetisasi facebook

Jika Anda sudah cukup lama punya halaman facebook, maka cobalah cek apakah halaman tersebut layak untuk dimonetisasi atau tidak. Siapa tahu sudah layak dan bisa mulai dimonetisasi dari sekarang.

Cara cek kelayakan monetisasi facebook

Untuk melakukan pengecekan, silakan ikuti langkah di bawah ini:

  1. Buka Creator Studio facebook dan pastikan sudah login ke akun Anda.
  2. Klik opsi Monetisasi yang ada di sebelah kiri.
  3. Pilih halaman yang akan dicek kelayakannya.

Anda akan melihat tampilan kelayakan untuk masing-masing halaman. Biasanya ditandai dengan beberapa warna, yakni:

  1. Hijau, artinya sudah memenuhi syarat. Umumnya, warna hijau ini juga dilengkapi dengan kalimat “Memenuhi Syarat”.
  2. Kuning, artinya masih ada masalah pada halaman yang mempengaruhi kelayakan monetisasi facebook dalam menghasilkan uang.
  3. Merah, artinya halaman tersebut memiliki masalah yang serius. Anda tidak bisa memonetisasi dan menghasilkan uang dari sana.

Umumnya, ada informasi tanggal pada masing-masing tanda kelayakan tersebut. Misalnya, saat halaman sudah memenuhi syarat, maka ada tanggal estimasi di bagian bawah kata “Memenuhi Syarat”. Tanggal estimasi ini akan di-update setiap hari.

Lihat juga >>  Format Video untuk Youtube dan Tips Menjaga Kualitasnya

Cara monetisasi facebook agar mendapatkan penghasilan

Sebagaimana disebutkan di atas bahwa secara sederhana Anda bisa melakukan monetisasi terhadap halaman FB yang dikelola. Caranya hanya dengan membuat konten, mendapatkan pengikut dan interaksi, memastikan halaman tersebut layak dimonetisasi, dan mendaftarkannya.

Agar lebih jelas, silakan cek ulasan di bawah ini:

Membuat halaman

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat halaman. Facebook fanpage ini boleh lebih dibuat lebih dari satu. Admin yang mengelola masing-masing halaman pun boleh lebih dari satu.

Kenali jenis iklan di FB

Sama dengan YouTube yang memiliki banyak jenis iklan, facebook pun demikian. Sebelum memonetisasi, Anda harus mengetahuinya. Berikut ini di antaranya:

  1. Iklan in-stream, yakni iklan pendek yang dimasukkan dalam video agar dapat menghasilkan uang. Syarat iklan in-stream ini sama seperti yang disebutkan di atas. Kontennya juga harus sesuai untuk iklan dan durasinya minimal 3 menit.
  2. Pengelola kolaborasi merek, yakni kemitraan berbayar dengan merek-merek yang ingin berkolaborasi.
  3. Langganan penggemar, yakni Anda bisa membuat langganan untuk halaman yang Anda buat. Dari sana, silakan tentukan tarif langganannya.

Dari ketiga jenis cara menghasilkan uang di facebook di atas, iklan in-stream adalah yang paling banyak diminati sebab konsepnya terbilang umum dan sederhana.

Buat konten menarik

Mulailah membuat konten video yang menarik dan disukai banyak orang. Jika Anda belum mengerti cara membuat video yang bagus, cobalah belajar dasar fotografi. Sambil belajar, silakan cari inspirasi atau ide untuk membuat konten yang bisa mendatangkan banyak interaksi.

Bila satu dua kali mencoba belum ada interaksi positif, maka jangan menyerah dan cobalah terus. Sambil terus mengasah kemampuan Anda membuat video berkualitas, kenali jenis konten apa yang disukai para pengguna FB.

Lihat juga >>  Cara Riset Keyword Youtube Agar Dapat Banyak Viewers

Dapatkan banyak pengikut dan interaksi

Pengikut dan interaksi positif tak hanya bergantung pada bagus tidaknya konten yang dibuat. Anda bisa meningkatkan kans untuk mendapatkan followers lewat berbagai cara, contohnya:

  1. Membuat situs yang terintegrasi langsung dengan fanpage tersebut.
  2. Mengoneksikan atau membagikan fanpage ke media sosial lain seperti instagram.

Apabila trafik situs dan followers instagram Anda tinggi, maka jumlah pengikut di fanpage biasanya juga akan mengikuti.

Maka dari itu, selain memperbaiki kualitas konten, Anda perlu memperbaiki trafik website dan menambah jumlah followers instagram dengan menghubungi tempat jual followers IG terbaik.

Pantau terus statistik atau insight-nya

Kalau di YouTube kita mengenal analitik, maka di facebook ada insight. Anda bisa cek performa konten, statistiknya, hingga interaksinya di sini.

Dengan pengecekan mendalam, Anda bisa tahu konten-konten seperti apa yang disukai para pengikut halaman dan pengguna FB lainnya.

Cek kelayakan monetisasi FB

Selanjutnya, silakan cek kelayakan monetisasi facebook dengan cara yang sudah dipaparkan di atas.

Siapkan atau daftarkan untuk ditinjau

Cara monetisasi facebook agar mendapatkan penghasilan - Siapkan atau Daftarkan untuk Ditinjau

Apabila sudah ada lampu atau tanda “Hijau” dari facebook, maka silakan siapkan atau daftarkan untuk dimonetisasi. Lengkapi hal-hal yang perlu disiapkan dan ajukan aplikasinya apabila semua sudah siap.

Selanjutnya, tunggu review akhir dari tim FB sambil berdoa agar aplikasi monetisasi facebook yang diajukan dapat diterima. Jika sudah terima, maka jagalah konten-kontennya agar selalu mengikuti kebijakan yang ditetapkan oleh facebook.

meri puspita
 

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Butuh Bantuan? Chat dengan kami