Syarat Monetasi Youtube Dan Menjadi Youtuber

Anda pasti sudah mendengar bahwa youtuber bisa menghasilkan uang ratusan juta dari youtube. Lalu bagaimana cara menghasilkan uang dari youtube. Inilah hal yang tidak diketahui oleh semua orang. untuk mendapatkan penghasilan dari youtube memang tidak semudah yang dipikirkan.

Ada syarat yang harus terpenuhi. Oleh karena itu kita akan membahas tentang syarat monetasi youtube dan menjadi youtuber yang tepat.

Apa Itu Adsense, Youtube Adsense dan Monetisasi

gambar youtube

Sebelum membahas tentang syaratnya, anda harus tahu perbedaan adsense, youtube adsense dan monetisasi. Ketika hal ini saling berhubungan satu sama lain. untuk lebih jelasnya perhatikan hal berikut ini:

     Google adsense merupakan program kerjasama periklanan yang melalui media internet yang dilakukan oleh google. Dengan menggunakan google adsense, anda bisa mendapatkan izin untuk memasang iklan di website atau channel youtube. Dengan begitu anda bisa menghasilkan uang dari google.

     Youtube adsense lebih spesifikasi dibandingkan google adsense. Iklan ini hanya di pasang di video youtube anda. Tentunya ada syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mendaftarkan sebagai youtube adsense. Semakin banyak penonton video semakin banyak uang yang didapatkan.

     Monetisasi atau monetize merupakan mengubah konten yang dibuat dan dibagikan di internet melalui video atau blog, yang dulunya hanya sebagai hobi diubah menjadi alat untuk menghasilkan uang.

Dari penjelasan diatas, anda tahu beda dari google adsense, youtube adsense dan juga monetisasi. Lalu bagaimana cara mengubah akun youtube yang hanya hobi menjadi akun yang bisa menghasilkan?

Syarat dan Ketentuan Untuk Mendapatkan Monetisasi Youtube

gambar monetasi youtube

Ada beberapa syarat monetasi youtube dan menjadi youtuber yang harus anda penuhi. Syarat ini memang semakin sulit. Yaitu :

     Akun youtube terverifikasi

Akun youtube yang anda miliki harus sudah terverifikasi. Anda juga sudah memenuhi semua peraturan standar yang ditetapkan oleh youtube. Aktifkan semua fitur yang disediakan oleh youtube. Sehingga akun anda akan lebih mudah termonetisasi.

     4,000 Jam Tonton

Channel youtube harus memenuhi syarat 4000 jam tonton dari total video yang dimiliki selama 12 bulan terakhir. Syarat ini harus anda penuhi. Syarat ini cukup mudah untuk dilakukan dibandingkan harus mendapatkan 10.000 kali penayangan.

Untuk memenuhi syarat ini, sebaiknya anda menpost video yang tidak terlalu pendek, minimal 5 menit atau lebih. Dengan begitu, jam tayang yang di dapat akan lebih banyak dibandingkan video 1 menit.

     1,000 Subscriber

Syarat yang ketiga adalah anda harus memiliki minimal 1000 subscriber. Bagi akun pemula pasti sulit untuk mendapatkan 1000 subscriber. Apalagi anda bukan orang terkenal yang sudah diketahui banyak orang. untuk mendapatkan banyak subscriber, anda harus membuat video yang berkualitas dan viral. Sehingga semakin banyak orang yang tahu akun youtube anda.

Jika anda sudah memenuhi syarat tersebut, bisa menghubungi pihak youtube. Tentunya youtube harus melihat kondisi akun anda. Jadi mungkin di awal anda akan ditolak terlebih dahulu. Oleh karena itu perbanyak konten. Buatlah konten yang berkualitas, sehingga semakin banyak orang yang mengetahuinya.

Untuk mendapatkan iklan youtube, tidak harus menjadi seorang publisher google adsense. Tetapi anda bisa bekerjasama dengan penyedia iklan. Seperti AdNow, MGID, PropellerADs, RevenueHits, Popcash, Infolink dan lainnya. setiap penyedia iklan memilki syarat dan kebijakan sendiri dalam monetisasi video youtube atau blog. Penghasilan yang diberikan pun berbeda-beda.

Untuk memenuhi syarat diatas memang cukup sulit. Lalu bagaimana cara menjadi youtuber yang berpengasilan besar? Ada banyak hal yang harus dilakukan, anda pun harus displin untuk membuat video yang berkualitas.

Cobalah untuk membuat konten youtube yang berkualitas. Buat video yang bisa viral dan ditonton banyak orang. berikut ini kriteria video yang bisa di monetisasi:

     Video atau konten yang dibuat dan dibagikan harus sesuai dengan advertiser atau pengiklan

     Video dibuat oleh anda sendiri atau sudah mendapatkan izin menggunakannya secara komersial

     Anda bisa mengajukan dokumen untuk membuktikan bahwa anda memiliki hak komersial atas semua konten yang ada di youtube anda

     Video yang dibuat harus mematuhi kebijakan program partner youtuber, pedoman komunitas dan persyaratan layanan youtube

     Iklan yang ditayangkan sudah ditinjau oleh tim kebijakan iklan youtube atau partner tertentu

Dengan memenuhi syarat dan kriteria diatas, akun youtube anda bisa di monetisasi. Anda bisa menghasilkan uang dari youtube. Ada banyak sekali video yang tidak memenuhi kriteria diatas. Misalnya video musik yang memiliki hak cipta, rekaman dari televisi,mengedit video gabungan, terdapat unsur kekerasan, seksual dan lainnya.

Jadi untuk bisa menghasilkan uang dari youtube, anda harus memenuhi semua syarat diatas. Di awal memang sulit, karena anda harus memiliki jumlah penonton dan subsriber yang banyak. oleh karena itu promosikan video anda sebaik mungkin. sekian artikel tentang syarat monetasi youtube dan menjadi youtuber. Semoga bermanfaat.

morgan
 

Social Media merupakan trend terbaru dalam 10 tahun belakangan ini dan akan tetap eksis selama 20 tahun kedepan. Saya mencoba untuk membedah serta memanfaatkan sosial media yang ada untuk keperluan bisnis maupun pribadi.

1
Halo, terima kasih telah menghubungi pojoksosmed.com
Ada yang bisa di bantu?
Powered by