22 Ide Video untuk Konten Youtube yang Menarik Buat Pemula

Mau menaikkan subscribers? Pilih ide video untuk konten youtube yang bagus. Kalau bisa, sesuaikan juga dengan keahlian dan passion Anda agar hasilnya makin maksimal.

Meskipun di Indonesia sudah banyak youtuber yang mengambil tema-tema tertentu, tapi faktanya masih banyak ladang yang belum digarap atau sudah digarap tapi belum maksimal.

Yang jelas, karena pengguna Youtube di Indonesia sangat besar, potensi perkembangan channel di negara ini juga ikut besar.

Apabila Anda ingin serius menjadi youtuber, maka mau tidak mau Anda harus memilih tema yang sesuai dan melakukannya sepenuh hati supaya menghasilkan.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa ide yang bisa digarap sebagai konten di Indonesia.

Daftar ide video untuk konten Youtube yang bagus

Berikut ini adalah beberapa contoh niche yang bisa Anda buat untuk mengisi konten di Youtube:

Tutorial memasak

Memasak menjadi aktivitas harian yang dilakoni oleh ibu rumah tangga. Potensi konten ini besar karena banyak sekali istri yang baru menikah ingin belajar memasak. Dari pada ikut cooking class yang biayanya mahal, maka belajar dari youtube bisa jadi pilihan.

Daftar ide video untuk konten Youtube yang bagus - Tutorial memasak

Selain oleh wanita yang baru menikah, konten seperti ini juga sering dicari oleh ibu rumah tangga yang ingin menyajikan makanan berbeda setiap harinya kepada seluruh anggota keluarga. Selain itu, para pedagang yang sedang mencari ide makanan untuk bisnis juga kadang mencarinya di sini.

Untuk membuat konten ini tentu saja Anda harus pandai memasak dan menyediakan peralatannya.

Tutorial makeup

Selain masakan, makeup juga memiliki penontonnya sendiri. Berbeda dengan tutorial memasak yang lebih banyak ditonton oleh wanita yang sudah menikah, make up memiliki pasar perempuan remaja hingga dewasa. Mulai dari siswa, mahasiswa, hingga wanita karier baik yang sudah menikah maupun yang belum.

Lihat juga >>  11 Youtuber Indonesia dengan Subscribers Banyak Gaji Miliaran

Kalau Anda punya keahlian di sini, maka silakan coba buat konten dengan beragam ide riasan masa kini.

DIY

Ide video untuk konten Youtube berikutnya adalah DIY atau Do It Yourself. Konten ini berisi cara-cara membuat sesuatu. Misalnya, pembuatan jebakan tikus, pembuatan rangkaian bunga, dll.

Daftar ide video untuk konten Youtube - DIY

DIY membutuhkan ketrampilan dan kreativitas dari sang kreator. Jadi, pastikan Anda mampu membuat barangnya sebelum membuat videonya.

Berita dan informasi

Berita dan informasi juga menjadi salah satu konten yang cukup banyak peminatnya. Hal ini terbukti dengan makin banyaknya stasiun TV yang menayangkan berita melalui kanal Youtube mereka.

Jika Anda mau mencobanya, silakan mulai dari berita lokal dan informasi daerah. Tapi perlu diketahui, konten ini cukup banyak pesaingnya.

Menggambar

Jika punya keahlian menggambar, sebaiknya pilihlah konten tutorial untuk membuat gambar-gambar secara sederhana dan mudah. Banyak viewers yang merasa tidak bisa menggambar akan menontonnya untuk belajar.

Inspirasi ini juga cocok buat Anda yang merasa introvert karena fokus pengambilan videonya pada gambar yang dibuat. Kontennya tidak perlu menunjukkan wajah pembuatnya.

Unboxing

Hobi belanja? Bagaimana kalau sekalian menjadikan hobi tersebut menghasilkan. Silakan lakukan unboxing produk setiap kali Anda melakukan pembelanjaan.

Selain unboxing, konten ini juga dapat dikembangkan ke arah informasi perbedaan produk asli dan palsu. Peminatnya juga lumayan banyak, jadi sangat potensial.

Travelling

Ini adalah salah satu ide konten yang masih cukup langka di Indonesia. Sebaliknya, di luar negeri, video travelling sudah sangat banyak dan peminatnya tinggi.

Jika Anda mencari konten youtube luar negeri yang belum ada di Indonesia, maka travelling bisa masuk dalam daftar tersebut. Meski memang sebenarnya sudah ada hanya belum terlalu banyak.

Lihat juga >>  Siapakah Atta Halilintar?

Kuliner

Masih berhubungan dengan travelling, kuliner juga menjadi ide video untuk konten youtube yang paling banyak diminati.

Di konten ini, Anda bisa memberikan rekomendasi tempat makan sekaligus memberikan review mengenai kuliner di daerah tertentu.

Mainan

Mainan anak menjadi salah satu obyek video yang sangat potensial. Selain lewat review mainan, Anda juga bisa mengembangkan sebuah cerita fiksi kemudian memanfaatkan mainannya sebagai obyek videonya.

Musik

Di Indonesia, ada cukup banyak penyanyi yang memanfaatkan keahlian menyanyinya di Youtube, salah satunya adalah dengan mengcover lagu. Konten ini banyak peminatnya, baik dalam bentuk satu lagu maupun play list.

Pendidikan

Ada banyak tema pendidikan yang bisa digarap. Mulai dari pelajaran sekolah, pendidikan anak usia dini, hingga pelajaran islam. Anda mungkin butuh membuka file-file lama untuk belajar lagi.

Hiburan (prank, vlog, dll)

Mayoritas artis Indonesia membuat konten hiburan, misalnya daily vlog. Kadang mereka juga menambahkan prank agar lebih variatif. Ide semacam ini cocok dilakukan oleh youtuber yang sudah memiliki basis fans.

Komedi

Acara komedi juga memiliki rating yang bagus di Youtube. Penontonnya bahkan mencapai ratusan ribu begitu diposting.

Kartun, film, dan animasi

Inilah salah satu ide yang belum banyak pesaingnya di Indonesia namun penontonnya sangat tinggi. Contohnya adalah pembuatan animasi atau kartun anak. Viewers-nya mayoritas anak-anak yang sedang main gadget. Kalau di luar negeri ada Cocomelon, maka silakan buat sendiri animasi khas dari Indonesia.

Gaming

Apabila Anda hobi bermain game, maka silakan buat konten gaming dan unggah ke Youtube. Penontonnya adalah sesama gamers, khususnya para pemula.

Hewan peliharaan

Konten hewan peliharaan ternyata cukup banyak peminatnya. Tema kontennya hobi dan peminatnya adalah mereka yang benar-benar butuh hiburan atau informasi mengenai hewan peliharaan.

Lihat juga >>  Cara Minimize Youtube di PC, Android, dan iPhone

Olahraga

Sama halnya dengan pusat kebugaran dan studio senam yang penuh pengunjung, tema olahraga juga banyak pencarinya. Hal ini karena mereka yang tidak punya waktu untuk berolahraga di luar bisa mencoba olahraga sederhana dari rumah dengan menonton tutorialnya melalui Youtube.

Kendaraan dan otomotif

Ide video untuk konten Youtube - kendaraan dan otomotif

Niche kendaraan dan otomotif juga sangat potensial. Beberapa youtuber Indonesia sudah membuktikannya, di antaranya Fitra Eri, Arif Muhammad, Mas Wahid, dll.

Video reaksi

Meski sudah banyak yang menggarap video reaksi, tapi pasarnya tetap potensial. Bila Anda tertarik untuk membuatnya, maka berhati-hatilah dengan copyright atas video yang direaksikan.

Ulasan produk atau review

Anda bisa membuat konten khusus berisi review produk yang Anda pakai sehari-hari. Viewers-nya adalah orang yang mencari testimoni produk saat berencana membelinya.

Sharing tips dan pengetahuan

Jika Anda punya tips-tips tertentu, misal tips diet, maka silakan bagikan ke Youtube. Selain diet, masih banyak contoh tema pengetahuan lain. Silakan cari sesuai passion atau perbanyak baca supaya mendapatkan ide yang brilian.

Challenge

Mayoritas orang senang bila dapat melalui sebuah challenge, bahkan cukup dengan menontonnya saja kadang sudah memunculkan kepuasan. Tak heran bila penonton video ini sangat banyak.

Tips meningkatkan view Youtube buat pemula

Berikut ini adalah beberapa tips untuk meningkatkan jumlah tontonan di Youtube:

  1. Tentukan tujuan dan target market-nya
  2. Pilih temanya.
  3. Lakukan riset kata kunci dan rencanakan pembuatan video.
  4. Edit videonya sebelum diunggah.
  5. Upload dengan mengoptimasi SEO-nya terlebih dulu.

Agar bisa mendaftar ke Google Adsense, silakan lakukan cara ini untuk mendapatkan 4000 jam tayang dan 1000 subscribers.

Itulah ide video untuk konten youtube yang menarik. Selamat memilih yang paling cocok dengan profil Anda.

meri puspita
 

Seorang penulis dan penggiat sosial media yang selalu gatal untuk menulis tentang hal-hal baru seputar dunia teknologi dan sosial media dengan bahasa yang mudah dimengerti tanpa embel-embel IT

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Butuh Bantuan? Chat dengan kami