Jika kamu sering menggunakan YouTube, mungkin kamu pernah menemukan ada masalah dengan server 400 YouTube. Tak perlu panik, kamu bisa mengatasinya dengan mudah. Setidaknya, ada 4 cara yang bisa kamu coba untuk mengatasinya.

Jika Ada Masalah dengan Server 400 YouTube, Bagaimana Mengatasinya?

Ada Masalah dengan Server 400 YouTube

Pada dasarnya, YouTube error 400 merujuk pada kondisi di mana server tak dapat memahami permintaan aplikasi. Masalah ini bisa terjadi jika permintaantidak tepat, cookie/cache sudah usang, berkas terlalu besar, ada kerusakan data, dll. Untuk mengatasinya, kamu bisa coba beberapa cara berikut ini.

1. Refresh Koneksi

Masalah ini dapat terjadi akibat jaringan kurang memadai. Akibatnya, server tak mampu memahami permintaan. Solusinya, kamu perlu menyegarkan koneksi internet:

  • Pertama, aktifkan mode pesawat (Airplane).
  • Setelah itu, tunggu beberapa saat.
  • Kemudian, non-aktifkan mode pesawat agar koneksi internet kembali aktif, baik paket data maupun Wi-Fi.
  • Sekarang, coba buka lagi YouTube dan tonton video yang kamu mau.

Selain itu, kamu bisa mencoba jaringan lain seperti beralih dari data seluler ke Wi-FI, maupun ke operator lain.

2. Bersihkan Data & Cache

Penyebab masalah server 400 bisa karena cache yang usang. Jika kasusnya demikian, kamu harus membersihkan data dari aplikasi YouTubeagar diproduksi lagi nanti. Caranya adalah dengan Langkah-langkah berikut:

  • Masuk ke menu ‘Settings’
  • Pilih menu ‘Manage Apps’ atau ‘Apps’
  • Pilih opsi ‘YouTube’
  • Buka pada bagian ‘Storage’
  • Untuk membersihkan data & cache, klik ‘Clear Cache’ atau ‘Clear Data’.
Lihat juga >>  Cara Edit Video Youtube Lewat HP dan Laptop/PC

3. Install Ulang Aplikasi

Bisa jadi, ada masalah dengan server 400 YouTube karena aplikasi memang butuh pembaruan. Untuk itu, kamu perlu memperbarui atau menginstall ulang aplikasi YouTube. Caranya sangat mudah dengan Langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka Google Play Store dan cari aplikasi YouTube.
  • Klik opsi ‘Uninstall’.
  • Setelah proses uninstall selesai, klik ‘Install’.

Setelah pembaruan aplikasi YouTube selesai, kamu bisa coba lagi untuk nonton video di YouTube dan lihat apakah masih terjadi masalah yang sama atau tidak.

4. Perbarui Sistem Operasi HP

Perbarui Sistem Operasi HP Android

Kesalahan pada sistem operasi juga bisa mempengaruhi layanan YouTube, termasuk masalah server 400. Untuk memperbaikinya, kamu harus memperbarui atau mengupdate sistem operasi pada ponsel pintar yang kamu pakai. Langsung saja, ikuti Langkah-langkah sederhana di bawah ini:

  • Langkah pertama, masuk ke ‘Settings’.
  • Setelah itu, cari dan pilih ‘System Update’.
  • Langkah selanjutnya, pilih opsi ‘Check for Updates’.
  • Terakhir, install kalau ada update atau pembaruan.

5. Update atau Perbarui Aplikasi

Jika cara-cara di atas sudah kamu lakukan, tapi masalah yang sama masih juga tetap terjadi, mungkin saja memang ada masalah atau bug dari aplikasi YouTube itu sendiri. Biasanya, masalah seperti ini hanya bisa diatasi dengan cara mengupdate aplikasi.

  • Pertama-tama, buka Google Play Store.
  • Setelah itu, cari aplikasi YouTube.
  • Kemudian, pilih opsi ‘Update’
  • Tunggu hingga proses pembaruan selesai.

Namun, jika opsi ‘Update’ tidak tersedia, artinya memang belum ada pembaruan dari pihak pengembang. Jadi, kamu harus menunggu sampai ada pembaruan sehingga kamu bisa melakukan update aplikasi.

6. Gunakan Browser untuk Membuka YouTube

Kita tidak pernah tahu kapan akan ada pembaruan aplikasi dari pihak pengembang. Daripada menanti tidak tahu sampai kapan, kamu bisa mencoba alternatif lain.

Lihat juga >>  Cara Membuat Channel Youtube Menarik dan Menghasilkan

Maksudnya, agar kamu tetap bisa mengakses YouTube dengan normal, kamu bisa membuka YouTube melalui browser di HP atau bisa juga melalui PC atau laptop. Misalnya, kamu bisa mengguakan Google Chrome atau peramban lainnya yang menurutmu paling nyaman.

Mengakses YouTube melalui browser tak kalah menyenangkan. Kamu tetap bisa menikmati fitur-fitur yang ada seperti biasanya. Melalui browser, masalah server error 400 tidak akan terjadi lagi selama koneksi internet stabil.

Sekarang, jika ada masalah dengan server 400 YouTube, kamu sudah bisa mengatasinya tanpa perlu panik lagi. Mudah-mudaha, panduan ini akan membantumu untuk tetap bisa mengakses konten-konten YouTube dengan lacar tanpa masalah serupa.

Pojoksosmed merupakan website social media marketing agency. Kami menawarkan berbagai macam jasa untuk mengembangkan channel youtube kamu dengan cepat. Kamu bisa membeli berbagai macam kebutuhan untuk channel youtube kamu seperti untuk menambah subscriber channel youtubebeli viewer video youtube maupun jasa tambah jam tayang 


morgan

Social Media merupakan trend terbaru dalam 10 tahun belakangan ini dan akan tetap eksis selama 20 tahun kedepan. Saya mencoba untuk membedah serta memanfaatkan sosial media yang ada untuk keperluan bisnis maupun pribadi.

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *