Psst, ini loh 9 tips tersembunyi untuk optimasi video youtube kamu agar video kamu ditonton banyak orang!!


By signing up you agree to our terms

Sebagai pembaca setia blog pemasaran, kotak masuk dan Feedly saya terus dipenuhi dengan informasi tentang Teknik pemasaran yang fantastis di Google+, Twitter, dan Facebook.

Meski saya sering menggunakan situs-situs media sosial ini, saya ingin menghadirkan platform pemasaran lain yang tak kalah hebat (tapi sering diabaikan) – YouTube.

100 Ribu Pertama

Pada awal tahun 2013, saya dan mitra bisnis saya memutuskan untuk mencoba taktik pemasaran yang berbeda untuk perusahaan Pendidikan drum kami (yang berkembang lambat saat itu), yaitu Flight Drummers.

Kami terus menggunakan Facebook dan Twitter sebagai sumber pemasaran utama kami, tapi saya sadar bahwa itu tidak akan bertahan lama jika kami tidak mendapatkan trafik atau membuat penjualan yang lebih banyak.

Bulan itu, kami serius mempelajari kompetisi pasar kami dan menyadari bahwa YouTube adalah komoditas pemasaran yang langka di industri drum. Tentu, Sebagian besar perusahaan Pendidikan drum punya chanel YouTube. Tapi jumlah penayangan, jumlah subscriber, dan interaksinya sedikit.

Melihat ini adalah strategi pemasaran yang sulit untuk persaingan di bidang kami, kami memutuskan untuk memanfaatkan kelemahan mereka dengan merekam beberapa video YouTube.

Bulan berikutnya, kami menyiapkan, memfilmkan, mengedit hampir 70 video, dan mulai memanfaatkan kegunaan YouTube yang sebenarnya.

Dalam 3 bulan, kami telah mendapatkan lebih dari 100 ribu penayangan YouTube dan 1,8 ribu subscriber. Pada bulan ke-10, kami telah mendapatkan 500.000+ penayangan, memiliki 8,4 ribu subscriber, dan mendirikan anggota berbayar di 14 negara – terutama melalui YouTube.

Terlepas dari kesuksesan kami dengan pemasaran YouTube saat ini, itu semua tidak akan tercapai tanpa mengikuti 8 langkah ini. Kami mulai mendapatkan 2 – 3 ribu penayangan per hari (5 – 7 ribu penayangan pada hari saat video diunggah) dan juga basis subscriber/pelanggan yang sangat interaktif.

Mari kita mulai!

Berikut adalah 8 langkah untuk mendapatkan 500 ribu penayangan YouTube hanya dalam 10 bulan:

  • Ikuti pesaing kalian

Meski terdengar agak aneh, tapi ini perlu. Jadilah subscriber ke beberapa chanel YouTube yang akan bersaing dengan kalian untuk mendapatkan penayangan, subscriber, dan penjualan. Tujuannya adalah untuk belajar dari kesalahan mereka dan menghasilkan kesuksesan yang lebih cepat.

Beberapa hal yang perlu dipelajari adalah:

  • Hari dan Waktu Posting (Temukan hari apa dan jam berapa mereka posting video dalam seminggu terakhir. Kemudian kalian juga coba seperti itu. Kemungkinannya adalah, jika mereka sudah melakukannya cukup lama, mereka tahu kapan waktu terbaik untuk posting agar bisa mendapatkan penayangan yang banyak. Ini bisa menghemat banyak waktu untuk mencari waktu spesifik yang paling efektif untuk posting video di YouTube. Kemi menyimpulkan bahwa waktu terbaik untuk posting video (di industry kami) adalah hari Senin dan Rabu kira-kira setelah jam 6 sore. Pada waktutersebut, kebanyakan orang tidak sedang sibuk dan siap untuk menjelajahi media sosial)
  • Bahan Postingan (Apakah konten mereka mendapatkan komentar atau justru orang-orang menanggapinya secara negative? Temukan kesalahan mereka, dan lakukan yang seharusnya)
  • Frekuensi Posting Video (Kami melihat bahwa pesaing kami rata-rata memposting video seminggu sekali. Kami melakukannya 3 kali per minggu yang menempatkan kami sebagai sumber yang lebih informatif. Hal ini berhasil meningkatkan penayangan kami. Orang-orang menyukai chanel yang memberikan konten terbaru secara konsisten)
Lihat juga >>  Optimasi Video Youtube Agar Banyak Penonton

Setelah kalian melakukan riset, kalian bisa mulai mengembangkan rencana pemasaran YouTube yang solid.

  • Persiapkan Semuanya

Ini mungkin hambatan terbesar bagi kebanyakan orang (termasuk saya).

Membeli kamera yang bagus, software edit video, dan peralatan audio memerlukan biaya yang banyak, terutama jika kalian tidak tahu apa yang kalian butuhkan.

Kalian bisa menghrmat biaya, tergantung apa yang kalian rekam. Untuk persiapan yang sederhana (seperti presentasi), kalian bisa menggunakan webcam standar di computer kalian, mikrofon biru (untuk suara yang jernih), dan program edit videoyang gratis seperti iMovie.

Untuk persiapan yang lebih kompleks dan berkualitas tinggi, saya merekomendasikan kamera Canon T3i atau yang lebih baru (dengan harga lebih dari 500 dolar), Adobe Premiere Pro (29.99 dolar per bulan) untuk pengeditan video, Logic Pro (199 dolar) untuk pengeditan audio/suara, dan Audio Technica Wireless Mic (101 dolar).

  • Kembangkan Tema

Langkah ini akan membuat sukses chanel YouTube kalian, atau bisa juga justru menghancurkannya. Sangat mudah kalau hanya ingin membuat chanel YouTube dan memposting video sembarangan. Tapi jangan lakukan itu!

Chanel pertama yang saya buat terdiri dari video cover musik, Tips Pemasaran Facebook, dan tutorial investasi. (Apa yang saya pikirkan?)

Hal itu membuat saya mendapat banyak komentar bahwa chanel saya tidak relevan secara keseluruhan dan membuat saya putus asa untuk posting video lagi.

Pikirkan, apa kesamaan umum dari chanel-chanel YouTube yang bagus? Mereka berpegang pada satu tema saja.

Tyler Ward termasuk musik, Jenna Marbles termasuk humor, Epic Rap Battles of History termasuk remix, dan seterusnya.

Jadi, sebelum kalian mulai membuat video, temukan persamaan kalian dengan mereka dulu!

  • Konsisten

Seperti halnya pemasaran konten, ini adalah langkah di mana banyak orang melakukan kesalahan.

Lihat juga >>  7 Cara Mudah Menjadi Youtuber Modal HP Doank

Konsistensi itu sulit. Perlu waktu, energi, dan motivasi – yang sulit dipertahankan saat video kalian hampir tidak ada yang menonton dan tidak mendapatkan subscriber.

Kami mencoba melakukan Marketing YouTube selama sekitar 1 tahun, tapi tidak konsisten dan rata-rata video kami hanya ditonton sekitar 16 – 30 kali sehari. Setelah kami konsisten merilis 2 – 3 video per minggu, video kami ditonton sekitar 1000 kali sehari dalam kurun waktu 1 bulan.

rajin posting video baru

Contoh konsistensi yang bagus adalah Ray William Johnson. Dia memulai chanel blogging video pada tahun 2007 dan memposting 3 – 4 video per minggu secara konsisten. Kini chanel YouTube-nya sangat popular dan memiliki 10,7 juta subscriber & 2,6 miliar penayangan.

  • Tambahkan anotasi ke apa saja

YouTube punya fitur hebat yang memungkinkan kalian memiliki popup ‘anotasi’ pada video saat penonton melihat video kalian. Ini sangat bagus untuk membangun basis pelanggan/subscriber kalian dan memberitahy orang-orang tentang tur selanjutnya, rilis produk, penawaran gratis, dll.

Tambahkan anotasi ke apa saja

Ketika Flight Drummers melakukan tur, kami menambahkan anotasi ke setiap video yang mendorong orang untuk membeli tiket festival drum kami yang akan datang. Saat kami memutuskan untuk beralih dari keanggotaan berbayar ke keanggotaan gratis, kami melakukan hal yang sama dan mendapatkan lebih dari seribu orang ke daftar tunggu keanggotaan kami dalam 2 blan pertama – semuanya dari YouTube.

  • Menghadirkan tamu

Jika kalian ingin menghasilkan eksposure yang maksimal, kalian perlu menghadirkan tamu dalam video-video kalian.

Saat pertama kali kami memulai pemasaran lewat YouTube, kami memfilmkan diri kami sendiri dan terus berkembang. Setelah kami memperkenalkan tamu, semuanya berubah.

Orang-orang yang menonton video kami berlipat ganda dalam semalam setelah kami merilis penampilan tamu pertama kami. Setelah kami merilis semua 11 video tamu, penonton bertambah 4x lipat secara permanen.

Meski menghadirkan tamu memerlukan biaya, hasilnya luar biasa. Berikut beberapa alasan kenapa kalian harus menampilkan tamu di chanel kalian.

  • Basis penggemear mereka menjadi milik kalian (Mereka memang tidak menyerahkan seluruh basis penggemar mereka ke kalian. Tapi saat mereka mempromosikan video kalian, trafiknya luar biasa dan membuat subscriber kalian meningkat pesat)
  • Jumlah penayangan harian video kalian meningkat (Biasanya, video pertama mereka yang dirilis mengalami lonjakan penayangan yang besar. Dalam seminggu, antusiasme mengalami penurunan meski penayangannya tidak)
  • Kalian bisa menjadi lebih kredibel (Setelah kalian menghadirkan beberapa tamu ternama, kredibilitas kalian dalam industry kalian meningkat. Flight Drummers telah menghadirkan beberapa drummer terbesar untuk wawancara, pertunjukan, dll.Dan sejak saat itu, kami memperoleh sponsor-sponsor besar dengan mudah)
  • Buat playlist

Jujur saja, penonton ingin menemukan video dengan cepat dan lebih banyak menghabiskan waktu untuk menontonnya.

Lihat juga >>  Inilah 5 Tingkatan Play Button Youtube Yang Harus Dimiliki Youtuber

Di situlah manfaatnya playlist. Biasanya, Ketika seseorang menemukan chanel kalian, mereka ingin menemukan konten yang menarik minat mereka dengan mudah. Jika kalian punya banyak video tapi tidak memiliki playlist, mencari video yang sesuai minat mereka layaknya mencari jarum di tumpukan Jerami. Sangat sulit!

Playlist memungkinkan kalian mengelompokkan video-video ke dalam topik tertentu yang memudahkan penonton mencari video sesuai topik yang mereka inginkan dengan cepat.

Misalnya, jika kalian punya chanel yang membahas aspek bisnis dan punya 50 tutorial tentang pemasaran, media sosial, dan blogging, akan sangat bermanfaat jika kalian memiliki playlist video yang relevan (yaitu Tips Pemasaran Konten, Pemasaran Media Sosial, dll).

Pat Flynn melakukan pekerjaan yang hebat dengan playlist-playlist yang sudah dikategorikan.

Buat playlist

Secara keseluruhan, playlist memberikan beberapa manfaat:

  • Lebih banyak penayangan
  • Lebih profesional

Saat penonton melihat video dalam playlist, biasanya hal itu mendorong mereka untuk menonton lebih banyak video sehingga jumlah penayangan meningkat. Lebih penting lagi, playlist memposisikan kalian sebagai pakar/ahli dalam industrinya karena playlist menampilkan pengetahuan kalian tentang relevansi dalam video-video kalian.

  • Umumkan Jadwal Posting Video

Langkah terakhir dan terpenting dalam strategi pemasaran YouTube adalah mengumumkan tanggal atau hari kalian upload video.

Di akhir video, dalam anotasi, di situs media sosial, atau bahkan di deskripsi video, beri tahu penonton kapan kalian biasanya mengupload video baru (Misalnya Senin dan Rabu)

Seperti halnya menjalankan blog, penting untuk membuat pengunjung Kembali karena merekalah orang-orang yang prospek untuk menjadi pelanggan kalian. Saya sarankan kalian untuk mengirim email ke daftar kontak kalian dan mengumumkan tanggal rilis video di situs media sosial kalian setidaknya 24 – 48 jam sebelumnya untuk memaksimalkan jumlah penayangan, komentar, dll.

Rangkuman

Baik kalian sudah mempertimbangkan untuk menggunakan YouTube sebagai alat pemasaran atau ingin meningkatkan upaya pemasaran YouTube kalian, Langkah-langkah berikut ini bisa membantu kalian mencapai target tersebut. Kami bisa mendapatkan 500 ribu penayangan YouTube dalam 10 bulan pertama setelah mengikuti Langkah-langkah ini dan bisnis kami tidak akan bisa seperti ini tanpa Langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas.

Bagaimana kalian menggunakan YouTube untuk pemasaran? Jangan lupa tinggalkan komentar kalian di bawah ini!

Sumber:

8 Steps to Capturing 500,000 YouTube Views in 10 Months: Case Study

Categories: youtube

morgan

Social Media merupakan trend terbaru dalam 10 tahun belakangan ini dan akan tetap eksis selama 20 tahun kedepan. Saya mencoba untuk membedah serta memanfaatkan sosial media yang ada untuk keperluan bisnis maupun pribadi.

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *