Perhitungan 4000 Jam Berapa Menit + Cara Mendapatkannya

Hitung 4000 jam berapa menit dengan tepat, kemudian estimasikan berapa lama jam tayang ini akan dicapai. Dengan begini, Anda bisa memenuhi syarat untuk mendaftar adsense di Youtube!

Sebagaimana diketahui, dua syarat utama yang menjadi momok bagi para youtuber pemula agar bisa memonetisasi akun Youtube-nya adalah jumlah subscribers dan total jam penayangan selama satu tahun.

Agar bisa mendaftar adsense, seorang youtuber harus punya minimal 1.000 subscribers dan jumlah tayangan sebanyak 4.000 jam dalam kurun waktu satu tahun.

Bila salah satunya tidak terpenuhi, maka Anda tidak bisa mendaftar atau memonetisasi akun tersebut.

Untuk mendapatkan jumlah subscribers sebanyak 1.000 sebenarnya bukanlah hal yang susah, apalagi jika mau bersabar. Faktanya, ada yang bisa mendapatkannya dalam waktu 3 bulan, 1 bulan, bahkan dalam hitungan hari.

Nah, yang menjadi masalah adalah syarat view (jam tayang). Meski jumlah subscribers sudah banyak, kadang konten yang kita buat tidak bisa menarik mereka untuk menonton sehingga jumlah view-nya sedikit.

Belum lagi, meski sudah ditonton pun syarat penayangannya terbatas dalam waktu satu tahun. Artinya, jumlah tayang kita harus stabil “bagus” dalam setahun sehingga bisa mencapai syarat 4.000 jam.

Pada kesempatan kali ini, kami akan menuliskan hitungan matematis mengenai 4.000 jam berapa menit dan trik untuk mendapatkannya. Selamat menyimak sampai selesai.

Hitungan jumlah tayang 4000 jam berapa menit untuk Youtube

Secara hitungan matematika sederhana, 4000 jam itu berarti sekitar 167 hari atau 5,5 bulan. Artinya, target jumlah tayang di Youtube sebenarnya kurang dari setengah tahun.

Hitungan jumlah tayang 4000 jam berapa menit untuk Youtube

Padahal, waktu tayang 4000 jam ini harus dicapai dalam waktu 1 tahun. Jika dilihat demikian, rasanya memang tidak terlalu berat.

Namun karena dalam Youtube Studio digunakan hitungan menit, maka yang dihitung adalah menitnya.

Sebagaimana kita tahu, 1 jam = 60 menit. Artinya, waktu 4.000 jam itu adalah:

4.000 x 60 menit = 240.000 menit.

Dengan kata lain, Anda harus mencapai jumlah view 240.000 menit dalam satu tahun. Boleh lebih tapi tidak boleh kurang jika ingin mendaftar di Google Adsense.

Lihat juga >>  Cara Mendapatkan Uang dari Youtube dengan Android & PC

Pertanyaannya, bagaimana mendapatkan hitungan view 4000 jam berapa menit ini untuk konten-konten yang Anda buat di Youtube?

Ilustrasi perhitungan dasar perolehan view 4.000 jam atau 240.000 menit

Ada dua hal utama yang dijadikan faktor perhitungan jumlah tayang, yakni durasi dan jumlah videonya.

Pertama, Anda bisa membuat durasi video yang panjang agar kans jumlah tayangan dengan durasi yang lama meningkat. Namun perlu diketahui bahwa durasi video yang paling banyak disukai orang tak lebih dari 10 menit.

Hal ini karena durasi konten yang kepanjangan bisa menyebabkan rasa bosan saat menonton sehingga tidak akan berhasil dengan maksimal.

Kecuali jika konten yang Anda sajikan adalah video berkelanjutan berupa soal dan jawaban yang selalu bikin penasaran. Misalnya, tutorial yang harus ditonton sampai selesai atau konten mengenai pembahasan soal yang harus dijelaskan sampai tuntas.

Apabila tidak bisa membuat konten yang demikian, maka Anda harus memaksimalkan faktor kedua, yakni jumlah video.

Karena durasinya tidak bisa dipanjangkan, maka seharusnya yang dibanyakkan adalah jumlah videonya. Hal ini dilakukan agar kans untuk mendapatkan view jadi lebih besar karena ada tambahan dari video-video baru yang dibuat.

Untuk melengkapi penjelasan di atas, simak ilustrasi berikut:

  1. Anda membuat konten sebanyak 2.400 video dengan durasi 10 menit. Jika masing-masing video ditonton 10 kali sampai selesai, maka target 240.000 menit sudah cukup terpenuhi.

Sayangnya, ini mustahil. Sebab membuat konten ribuan dalam satu tahun tak seperti membalik telapak tangan. Belum lagi, durasi tonton realnya belum tentu 10 menit semua.

  • Anda membuat konten sebanyak 240 video dengan durasi 10 menit. Jika masing-masing video ditonton sebanyak 100 kali sampai selesai, maka target 240.000 menit sudah terpenuhi.

Namun, untuk mendapatkan ini perlu usaha yang cukup keras dan cerdas. Sebab Anda perlu menyiapkan konten ratusan dalam satu tahun, memastikan kontennya ditonton sampai selesai, dan mendapatkan view masing-masing 100x.

Lihat juga >>  Cara Mengganti Thumbnail Youtube di HP dan PC

Dua pemisalan di atas hanya sebuah ilustrasi. Biasanya, orang-orang tidak tahan menonton video dengan durasi yang terlalu lama. Sehingga yang terjadi adalah, meski video dibuat dengan durasi rata-rata 10-15 menit, durasi tonton realnya berada di bawah waktu tersebut.

Artinya, untuk memaksimalkan perolehan view 240.000 menit, Anda perlu rencana cadangan, misalnya dengan memperbanyak video atau menaikkan view.

Perhitungan tayangan 240.000 menit berdasarkan view dan jumlah video

Perhitungan tayangan 240.000 menit berdasarkan view dan jumlah video

Berikut ini adalah perhitungan untuk memperbanyak video dan view agar target 240.000 menit terpenuhi:

Memperbanyak video

Jika dimisalkan, waktu tonton realnya adalah 5 menit per video, maka Anda harus membuat konten 2x lipat lebih banyak.

Perhatikan ilustrasi di bawah ini:

Misalnya Anda membuat video berdurasi 10 menit berjumlah 240 dengan jumlah tonton 100 kali, maka target 240.000 menit sudah tercapai.

Sayangnya, pada kenyataannya meski ditonton 100 kali, durasi tonton realnya hanya 5 menit sehingga jumlah tayangannya hanya:

5 menit x 100 kali tonton x 240 video = 120.000 menit.

Nah, untuk tetap mendapatkan hasil 240.000 menit, Anda bisa menaikkan jumlah videonya menjadi 480 video.

Karena dalam satu tahun ada 52 minggu, berarti dalam satu minggu Anda harus unggah 9-10 video. Ini cukup mustahil untuk dilakukan mengingat Anda perlu merekam, mengedit, dll.

Menaikkan view atau jumlah tayangan

Masih dengan pemisalan yang sama, yakni masing-masing video ditonton selama 5 menit dan jumlah videonya tetap 240 dengan jumlah view masing-masing 100, maka untuk mendapatkan 240.000 menit tayangan, Anda bisa menambah view-nya sebanyak 200 kali.

Perhitungannya menjadi:

5 menit x 200 kali tonton x 240 video = 240.000 menit.

Ini adalah perhitungan yang lebih masuk akal, karena jumlah view bisa terus meningkat selama kontennya mendapatkan engagement yang bagus dari para penonton. Dengan kata lain, kunci suksesnya adalah meningkatkan view pada masing-masing konten yang dibuat.

Lihat juga >>  5 Cara Download Video Dari Youtube

Trik 4000 jam Youtube view

Trik 4000 jam Youtube view

Sekarang adalah saatnya Anda melakukan cara konkret supaya ilustrasi pencapaian target di atas dapat terpenuhi. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan:

Buatlah konten yang bagus

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memperbaiki kualitas konten yang diunggah ke Youtube. Untuk membuat konten yang berkualitas, Anda perlu mempertimbangkan banyak hal, seperti:

  1. Materi apa yang Anda kuasai?
  2. Konten apa yang dibutuhkan oleh penonton?
  3. Bagaimana kualitas video yang dibuat?
  4. Audionya harus jelas.
  5. Konten menarik dan tidak membosankan, dll.

Untuk membuat konten seperti ini dibutuhkan kemampuan dasar yang baik dan pengalaman yang banyak. Untuk itu, terus belajar, tekun, dan mau bersabar bisa dijadikan kunci.

Optimasi video agar bisa masuk di halaman pencarian

Jika sudah membuat konten, jangan lupa optimasi dengan memilih judul yang bagus, maksimalkan kata kunci dengan mencarinya terlebih dulu pakai keyword tool youtube, masukkan tag, dan buatlah deskripsi yang menarik.

Cara ini akan membantu video Anda masuk ke halaman pencarian sehingga bisa menambah view dari non subscribers.

Agar bisa bersaing dengan konten serupa di halaman pencarian, Anda harus membuat thumbnail semenarik mugkin.

Beli view Youtube real yang aman

Selanjutnya, Anda harus menetapkan target waktu yang jelas agar bisa mulai menghasilkan di Youtube. Apabila dalam waktu setengah sampai satu tahun usaha untuk mendapatkan 4000 jam tayang tak kunjung berhasil, cobalah cara lainnya.

Salah satunya adalah dengan menghubungi tempat jual view youtube Indonesia real. Cara ini tergolong aman asalkan penyedianya terpercaya.

Dengan mengeluarkan sedikit modal untuk membeli view, Anda dapat mencapai target 4000 jam berapa menit dalam waktu yang sangat singkat sehingga bisa segera memonetisasi akun dan menghasilkan dolar dari Youtube. Selamat mencoba!

meri puspita
 

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments
Butuh Bantuan? Chat dengan kami