Kelebihan Instagram Sebagai Media Promosi + Efektivitasnya

Wow! Menurut studi, efektivitas instagram sebagai media promosi sangat positif. Kenali kelebihannya dan manfaatkan dengan baik.

Instagram merupakan salah satu platform yang perkembangannya terus mengalami peningkatan sejak diluncurkan. Jika dulu pengguna IG hanya memakai platform ini untuk berbagi foto dan video pribadi, sekarang sudah lebih luas.

Para pebisnis atau pemilik toko online memakai platform media sosial ini untuk memasarkan produk dan nyatanya berhasil.

Feed IG yang dulu isinya foto selfie atau kegiatan sang pemilik, kini tak ubahnya seperti sebuah etalase produk.

Setiap hari, jumlah pengguna yang memakai akunnya untuk berjualan semakin bertambah. Dari penjualan brand besar hingga yang masih dropship pun ada.

Nah, bila Anda juga sedang bertekad memakai platform ini untuk berjualan, silakan simak ulasan ini sampai selesai.

Paling tidak, ada info mengenai kelebihan IG buat jualan agar bisa dimaksimalkan. Atau Anda jadi tahu kekurangannya agar bisa diatasi segera. Selamat menyimak.

11 Kelebihan instagram sebagai media promosi

Ada banyak sekali kelebihan IG sebagai tempat pemasaran atau digital marketing, di antaranya adalah:

Gratis

Kelebihan instagram sebagai media promosi

Ini adalah aplikasi yang sangat mudah diunduh dan gratis. Anda tidak perlu membayar untuk mengunduh dan memasang aplikasinya di HP. Silakan download free di Play Store atau App Store.

Saat memposting produk pun, tak ada uang yang harus Anda bayarkan. Artinya, pengguna bebas memposting barang yang dijual selama itu bukan sesuatu yang terlarang.

Hal seperti ini tentu menguntungkan bagi para pemilik online shop, sebab bisa menekan biaya iklan yang sangat mahal.

Penggunanya sangat banyak

Kegiatan promosi dengan promotion strategy terbaik melalui IG bisa dilakukan dengan mudah dan  jangkauannya luas.

Hal ini karena ada banyak pengguna IG yang berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari kalangan menengah, menengah ke bawah, dan menengah ke atas, semua ada. User IG juga tersebar di seluruh dunia, tak hanya di Indonesia.

Saat ini, di Play Store saja sudah ada 1 Milyar lebih pengguna IG dari seluruh dunia. Belum lagi dari perangkat lain seperti iPhone (App Store).

Lihat juga >>  Cara Memperbarui Instagram di Android dan iPhone

Semua pengguna, khususnya yang berada di Indonesia merupakan pangsa pasar buat para pemilik toko online yang menggelar lapak di instagram.

Aplikasinya mudah digunakan

Aplikasi ini sangat mudah digunakan, bahkan oleh pemula sekalipun. Fitur-fiturnya simpel tapi bermakna. Bagi mereka yang sudah sering memakai sosial media, rasanya tidak akan terlalu sulit beradaptasi dengan IG.

Bisa dikoneksikan dengan media sosial lain

Yang lebih menarik lagi, Anda bisa mengoneksikan IG dengan akun media sosial lain, yakni facebook. Hal ini sangat menguntungkan penjual karena jadi praktis.

Anda bisa posting di salah satu media sosial, nantinya postingan tersebut akan muncul di dua media sosial yang tertaut. Selanjutnya, postingan ini dapat dilihat oleh follower IG dan teman Anda di FB.

Mudah sekali untuk melakukan promosi

Media sosial instagram sebagai sarana promosi? Pasti bisa dan mudah sekali.

Pertama, Anda bisa memanfaatkan feed, instagram story, dan IG TV secara gratis.

Selanjutnya, jika ingin yang berbayar, Anda bisa memanfaatkan fitur iklan atau instagram ads yang disediakan langsung oleh platformnya.

Iklan di IG ads jauh lebih murah dibandingkan dengan biaya iklan konvensional. Apalagi di sini, Anda bisa memilih target iklannya berdasarkan umur, jenis kelamin, hobi, dll. Jadi, pangsa pasarnya jelas.

Berikutnya, opsi lainnya adalah endorsement di selebgram atau artis. Kalau memilih ini, biasanya pemilik toko online harus rela antre dan perlu menunggu lama sampai produknya diposting oleh si selebgram.

Semuanya tergantung budget iklan yang disediakan. Jika besar, Anda bisa pasang iklan atau endorse. Kalau sedikit, bisa ambil pilihan yang gratis lewat postingan. Jika budget-nya sedang-sedang saja, tinggal beli likes instagram yang terbaik.

Konsumen mudah menjangkau akun IG bisnis Anda

Para pengguna IG yang sedang mencari produk bisa langsung menghubungi Anda dengan cepat melalui akun. Mereka bisa menjangkau Anda sehingga bisa berinteraksi dengan mudah.

Lihat juga >>  5 Cara Copy Link Instagram Terbaru di HP dan PC

Meningkatkan statistik pengunjung website

Bila Anda memiliki website khusus untuk menjual produk, maka lewat IG Anda bisa meningkatkan performa atau traffic-nya.

Caranya adalah dengan memasang link di bio. Atau pada saat memposting di instagram story, Anda gunakan fitur link dengan memakai “swipe up”.

Dengan cara ini, para followers juga makin mudah menjangkau dan menemukan situs toko online Anda. Di situs tersebut, penjual dan pembeli bisa bertransaksi dengan lebih mudah.

Bisa mengenal pelanggan secara lebih dekat

Karena pembelinya sesama pengguna IG, Anda bisa langsung membuka profilnya sekedar mencari tahu bagaimana orangnya untuk kenal lebih dekat. Di profil ini ada banyak informasi mengenai pembeli dan kesehariannya.

Anda juga bisa bertukar komentar di postingan sebagai bentuk komunikasi pemasaran. Hal-hal kecil seperti inilah yang akan membuat penjual dan pembeli semakin dekat.

Selain komentar, bertukar pesan melalui DM juga jadi pilihan yang akan mengeratkan hubungan dan meningkatkan rasa kepercayaan pembeli.

Meningkatkan brand awareness

Brand merupakan sesuatu yang penting buat pemilik usaha. Dengan brand yang sudah dikenal, penjualan dapat dilakukan dengan mudah karena pembeli bisa langsung mencari brand-nya.

Tak heran bila kini banyak sekali username yang memakai nama brand agar mudah diingat oleh pembelinya. Sebagai contoh @dresssofia dan @vanillahijab

Dengan begini followers tak hanya akan ingat username-nya saja tetapi juga nama brand atau produk tersebut.

Bisa memberikan respon yang cepat buat pelanggan

Lewat media sosial, Anda bisa dengan mudah berkomunikasi dengan pembeli. Saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya kesalahan pengiriman atau komplain lainnya. Semuanya bisa ditangani dengan cepat.

Termasuk pada saat ada chat masuk untuk memesan atau menanyakan ketersediaan stok. Respons tercepat dengan komunikasi pemasaran yang bagus bisa langsung diberikan oleh admin yang mengelola akun toko Anda.

Analisa pasar jadi lebih mudah

Di instagram ada fitur insight yang bisa dipakai untuk menganalisa kunjungan dan engagement. Fitur ini berguna untuk membantu menentukan konten terbaik sehingga bisa disukai para followers.

Dari insight ini bisa terlihat secara jelas siapa saja followers IG Anda, umurnya, jenis kelaminnya, dan yang lainnya. Maka dari itu, proses analisa pasar bisa dilakukan dengan mudah.

Lihat juga >>  Begini Cara Memperbanyak Followers Instagram Otomatis

Kekurangan instagram sebagai media promosi dan solusinya

Meski kelebihan dan manfaatnya banyak, platform ini juga punya kekurangan. Di antaranya adalah:

Kekurangan instagram sebagai media promosi dan solusinya

Harus rajin update

Penjualan yang meningkat dan engagement yang tinggi hanya bisa dicapai bila pengikut Anda banyak. Agar pengikut banyak, salah satu hal yang perlu dilakukan adalah rajin update.

Dengan seperti ini, akun akan terlihat aktif sehingga bisa muncul di explore. Kalau memang Anda tidak bisa menembus explore atau top post, salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah menghubungi jasa like instagram.

Rentan spamming

Apabila Anda berkunjung ke akun selebritas tanah air dan melihat komentar di salah satu postingannya. Di situ ada banyak sekali komentar iklan spamming yang bagi sebagian orang meresahkan. Iklan ini bisa diblok jika memang Anda menginginkannya.

Efektivitas instagram sebagai media promosi

Efektivitas instagram sebagai media promosi

Melihat betapa banyak kelebihan media instagram untuk menjual produk, banyak orang yang mempertanyakan efektivitasnya. Jawabannya, platform ini efektif buat jualan. Asalkan tahu strategi promosi dan mengerti cara pengelolaannya dengan benar.

Kalau tidak mengerti strategi pemanfaatan media sosial instagram ya sama saja. Hasilnya akan nihil.

Materi efektivitas IG terhadap penjualan ini sudah diteliti dalam bentuk skripsi. Hasilnya, IG memiliki efektivitas yang positif karena bisa meningkatkan attention, interest, desire, dan action.

Artinya, lewat media promosi online di IG orang biasanya akan tertarik kemudian berkeinginan untuk langsung membeli produk yang dijual.

Jadi, bila Anda memang sudah memantapkan diri untuk membuka toko online di IG, maka pastikan untuk memaksimalkan instagram sebagai media promosi dengan baik. Teruslah bersemangat, jangan naik turun. Jika ups and downs terus, maka hasilnya juga tidak akan baik.

meri puspita
 

Butuh Bantuan? Chat dengan kami