Apa itu TikTok Shop Seller? Artikel kali ini akan menjelaskannya secara panjang lebar bagi Anda. Dari namanya, tentu bisa tergambar bagi Anda kalau fitur ini berkaitan dengan penjualan barang.

Faktanya memang demikian, TikTok Shop Seller merupakan fitur terbaru TIkTok yang memungkinkan Anda selaku pengguna bisa memasarkan produknya melalui video atau live streaming.

Dengan demikian, selain bisa menaikkan popularitas, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Sebagai informasi, sekarang banyak pengguna mulai melirik TikTok Shop sebagai platform e-commerce.

Agar bisa berjualan di aplikasi TikTok, Anda hanya perlu mendaftar langsung ke TikTok Shop Seller Center Indonesia. Laman tersebut memang khusus untuk penjual atau seller produk. Selain mendaftar, Anda juga bisa mengatur produk dan menetapkan harga dari produk yang akan dijual.

Apa itu TikTok Shop Seller?

Penjelasan Apa itu TikTok Shop Seller

Untuk melengkapi pembahasan mengenai apa itu TikTok Shop Seller, perlu diketahui bahwa fitur tersebut merupakan fitur terbaru yang dihadirkan oleh aplikasi TikTok. Fitur yang memiliki nama TikTok Shop tersebut masih belum lama diluncurkan oleh TikTok di aplikasinya.

Persis namanya, TikTok Shop adalah  sebuah layanan e-commerce yang ada dalam aplikasi TikTok. Lewat fitur ini, pengguna dapat melakukan kegiatan jual-beli secara online di aplikasi tersebut.

Dengan aplikasi ini, Anda tidak lagi menggunakan endorse dalam memasarkan produk. Sebab, Anda tinggal memakai fitur TikTok Shop di akun TikTok Anda untuk memasarkan produk jualan Anda.

TikTok Shop merupakan kerjasama TikTok dengan Shopify. Dilansir dari Hootsuite, TikTok Shop membuat pengguna bisa menelusuri, memilih, dan membeli barang tanpa keluar dari aplikasi tersebut.

TikTok Shop dirilis oleh pengguna di Amerika Serikat, Inggris serta Kanada. Sekarang, TikTok Shop sudah ada untuk pengguna di banyak negara di seluruh dunia, salah satunya Indonesia.

Lihat juga >>  Cara Mencari Akun TikTok Dengan Nomor HP

Berjualan di TikTok berpotensi untuk mendapatkan banyak konversi atau penjualan. Pasalnya, aplikasi tersebut digunakan orang-orang dari berbagai kalangan, bukan anak-anak muda dan generasi milenial saja.

Sedikitnya terdapat sekitar 1 miliar pengguna aktif bulanan di TikTok. Berjualan di TikTok pun lebih efektif karena pengguna TikTok biasanya menghabiskan waktu lebih dari satu jam dalam  sehari.

Oleh karena itu, bagi Anda yang serius ingin berjualan di TikTok dan mendapatkan tingkat penjualan yang memuaskan, pastikan Anda memanfaatkan fitur terbaru yang dirilis oleh TikTok tersebut.

Cara Daftar TikTok Shop Seller

Mengenal Apa itu TikTok Shop Seller

Seperti kita ketahui bersama, belanja online tengah digandrungi banyak orang saat ini. Oleh karena itu, para penjual berlomba-lomba memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk memasarkan produknya.

Salah satu platform yang banyak dimanfaatkan para penjual saat ini untuk berjualan yaitu  TikTok. Terlebih lagi setelah munculnya TikTok Shop yang semakin memudahkan aktivitas berjualan.

Menurut laman TikTok, TikTok shop merupakan tempat bagi konsumen lokal agar bisa membeli berbagai jenis barang sambil berpeluang mengiklankan bisnis, menarik pelanggan, serta memanfaatkan sumber daya sebagai kreator.

Untuk mendaftar di TikTok shop, Anda hanya perlu melakukan langkah-langkah berikut ini :

  • Buka laman https://seller-id.tiktok.com/account/welcome.
  • Pilih“Sign up with TikTok Account”.
  • Kemudian pilih “Sign Up” kalau belum memiliki akun. Jika sudah punya, tinggal login saja.
  • Setelah akun dibuat, login dengan akun TikTok yang sudah ada.
  • Selanjutnya, Klik “Authorize” agar mengizinkan TikTok Shop akses ke akun TikTok.
  • Setelah itu, lakukan verifikasi kode agar bisa lanjut berjualan di TikTok Shop.

Agar bisa mulai berjualan lebih baik verifikasi dokumen lebih dulu dengan klik tombol “Upload Documents”.

Selain itu, untuk menambahkan produk yang akan dijual di TikTok Shop, silahkan pilih menu “Add First Product”, lalu pilih “add product”.

Lihat juga >>  Tik Tok Adalah (Pengertian), Asal, Manfaat, Efek Negatifnya

Cara lainnya, Anda bisa klik “Products”, lalu tap “Add New product” agar bisa mulai menambahkan produk barang yang akan dijual.

Cara Belanja di TikTok Shop

Selain berjualan, tentu saja Anda juga bisa berbelanja di TikTok Shop. Banyak barang-barang menarik yang ditawarkan dengan harga murah di sana. Jika ingin berbelanja, Anda hanya perlu melakukan langkah-langkah berikut ini :
Buka aplikasi TikTok di lalu klik menu “Discover”.

  • Cari toko, lalu ketuk profil toko itu.
  • Pilih menu “Shop”, kemudian cari produk yang mau dibeli.
  • Selanjutnya, tap tombol “Buy with coupon” atau “Buy now”.
  • Tentukan varian dan masukan jumlah barang yang mau dibeli
  • Klik “Shipping address”, kemudian masukan alamat pengiriman, lalu pilih “Save”
  • Tentukan “Payment Method”, dengan cara memilih metode pembayaran yang diinginkan.
  • Terakhir, klik “Continue”, setelah itu “Place order”.
  • Selesaikan pembayaran.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu TikTok Shop Seller. Hanya dengan beberapa langkah sederhana, Anda sudah bisa berjualan di TikTok Shop Seller. Dengan menggunakan fitur terbaru TikTok tersebut, jualan Anda akan lebih menarik dan lebih mudah mendapatkan pelanggan.

Tapi harus diingat bahwa kesuksesan tidak bisa didapatkan secara instan. Butuh kesabaran dan sikap pantang menyerah. Oleh karena itu, ketika Anda berjualan di TikTok Shop Seller, pastikan untuk terus belajar dan mengembangkan kemampuan agar bisa mendapatkan metode penjualan yang paling tepat.

 


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *