Media sosial apapun tentu memiliki pengaruh dan dampak bagi penggunanya. Selain dampak positif, tidak sedikit dampak negatif yang bisa ditimbulkannya. Tiktok tentu saja termasuk dalam hal ini. Lantas apa sajakah dampak negatif Tiktok? Ulasan ini akan membahasnya.

Saat ini Tiktok termasuk media sosial terbesar dan terlaris. Platform berbagi video  pendek ini sangat disukai oleh berbagai kalangan, terutama remaja dan anak-anak muda. Berbagai konten menarik yang ada di dalamnya menjadikan para pengguna tidak pernah bosan aktif di dalamnya.

Terlepas dari itu, setiap pengguna Tiktok seharusnya mewaspadai dampak negatif yang bisa ditimbulkan oleh platform berbagi video pendek tersebut. Karena bagaimanapun, segala sesuatu hanya bisa digunakan ketika dampak positifnya lebih besar dan dampak negatifnya lebih kecil dan bisa dicegah.

Inilah 7 Dampak Negatif Tiktok yang Perlu Diketahui

daftar dampak negatif tiktok

1. Menimbulkan Kecanduan

Tiktok merupakan platform berbagi video pendek yang menawarkan berbagai jenis video yang unik dan menarik. Belum lagi interaksi sesama pengguna Tiktok yang sangat mudah dan menyenangkan. Sejak awal perilisannya, pengguna Tiktok terus bertambah banyak, khususnya dari kalangan remaja dan anak-anak muda.

Bagi kalangan remaja dan anak-anak muda, hal-hal yang seperti ini tentu sangat mengasikkan dan menyenangkan. Tidak heran jika banyak dari mereka yang sampai menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk aktif di Tiktok.

Bahkan, banyak dari mereka yang rela meninggalkan berbagai rutinitas selama ini hanya untuk aktif di Tiktok. Tidak diragukan lagi bahwa hal ini merupakan efek dari kecanduan Tiktok. Oleh karena itu, salah satu dampak negatif Tiktok yang patut diwaspadai adalah kecanduan.

Lihat juga >>  7 Cara Agar Video Tiktok Muncul di Beranda

2. Membuang-buang Waktu

Setiap orang tentu memahami betapa berharganya waktu dalam kehidupan. Terkadang kita mendapati kondisi di mana waktu yang dimiliki tidak cukup untuk menyelesaikan beberapa aktivitas yang bermanfaat.

Keasikan bermain Tiktok seringkali menjadikan penggunanya mampu menghabiskan waktu berjam-jam, bahkan tanpa memerdulikan waktu makan dan istirahat. Bahkan, tidak sedikit dari pengguna Tiktok yang sampai melalaikan tugas dan pekerjaan mereka karena keasikan bermain Tiktok.

Oleh karena itu, tidak diragukan lagi bahwa salah satu dampak negatif Tiktok yang perlu diwaspadai adalah membuang-buang waktu. Coba saja pikirkan, berapa jam yang harus dihabiskan bermain Tiktok. Jika waktu bermain Tiktok digunakan untuk hal-hal yang lebih penting, tentu manfaatnya lebih besar lagi.

3. Mengurangi Kepekaan Sosial

Di era digital saat ini khususnya sejak kehadiran smartphone dan berbagai aplikasi menarik termasuk Tiktok, banyak orang mulai meninggalkan interaksi sosial. Mereka lebih memilih berkutat dengan smartphone dan menghabiskan waktu untuk menikmati berbagai hiburan di internet melalui smartphone.

Banyak dari mereka yang mulai kehilangan kepekaan sosial. Hal itu karena mereka tidak mau ambil pusing dengan kondisi di sekitar mereka. Tidak masalah apapun yang terjadi di sekitarnya, selama bisa bermain smartphone dan mengakses Tiktok sepuasnya.

4. Banyak Konten Negatif

Tidak diragukan lagi bahwa salah satu dampak negatif Tiktok adalah banyaknya konten negatif yang ada di sana. Tidak sedikit konten yang mengarah kepada pornografi dan hal-hal negatif lainnya. Wanita berjoget ria sambil memamerkan bagian- bagian tubuhnya merupakan hal yang banyak ditemui diTiktok.

Akibat dari konten-konten negatif tersebut, banyak dari konten-konten positif bahkan yang bersifat edukasi jadi tersingkirkan. Terkadang harus menghabiskan banyak waktu hanya untuk mencari konten-konten positif dan bersifat edukatif.

Lihat juga >>  7 Cara Report Akun TikTok dengan Mudah

5. Mengikis Budaya Malu

7 dampak negatif tiktok

Sejak munculnya Tiktok, banyak terlihat gadis-gadis muda yang menampakkan bagian-bagian tubuh mereka yang harusnya ditutupi. Bahkan, mereka melakukan gerakan-gerakan yang tidak pantas saat memperlihatkannya.

Parahnya lagi, video-video seperti ini tidak hanya dibuat dan dibagikan oleh gadis-gadis remaja, tetapi juga wanita-wanita yang sudah menikah dan berkeluarga. Hal seperti ini tentu saja lambat laun akan mengikis budaya malu.

6. Mengurangi Produktifitas

Hidup di dunia ini tidak melulu bersenang-senang dan bersantai. Sebagai makhluk sosial, setiap dari kita memiliki tanggung jawab dan tugas masing-masing. Apapun profesi Anda, tetap dituntut untuk bisa produktif dalam profesi yang dijalani.

Nah, salah satu dampak negatif Tiktok adalah mengurangi produktifitas. Hal ini terlihat jelas dari banyaknya waktu yang terbuang percuma untuk bermain Tiktok. Akibatnya, hal-hal yang lebih bermanfaat jadi terlalaikan.

7. Mengurangi Waktu Istirahat

Tidak diragukan lagi kalau bermain Tiktok menyebabkan waktu istirahat berkurang, terlebih lagi waktu tidur di malam hari. Akibatnya saat terbangun keesokan hari, tubuh tidak dalam kondisi prima untuk melakukan rutinitas harian.

Efek dari kurangnya waktu istirahat akibat keasikan bermain Tiktok tentu akan memberikan imbas terhadap banyak hal, di antaranya adalah kondisi kesehatan yang menurun dan produktifitas yang berkurang. Bahkan, banyak hal-hal positif dan bermanfaat yang tidak bisa lagi dilakukan akibat kondisi badan yang tidak mendukung.

Itulah tadi 7 dampak negatif Tiktok yang penting untuk diketahui. Setelah mengetahui dampak negatif yang ada, tentu Anda bisa lebih waspada ketika bermain Tiktok. Selain itu, Anda juga bisa melakukan introspeksi diri, apakah selama ini nilai positif yang lebih Anda rasakan atau justru dampak negatif.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *